Kupnat

Kupnat (dart) merupakan lipatan pada pakaian, biasanya dijahit membujur pada pinggang, untuk mengepas pakaian dan bentuk tubuh. Kupnat sering digunakan pada pakaian wanita, kupnat membuat pakaian terlihat pas di badan. Bagian pakaian wanita yang khas adalah menjahit kupnat. Bagian ini menjadi ciri khas baju wanita, baik itu model kemeja, rok, dress, atau celana. Penjahit biasanya menggunakan dua cara, yaitu lipat jahitan atau potong lekuk kupnat saat membuat pola. Sehingga, bagian itu tidak terlihat di detail jahitan. Menurut letaknya, kupnat bisa diletakkan dimanapun sesuai dengan keinginan dan desain yang hendak dibuat.

Kupnat

kupnat

Sumber: http://www.myhappysewingplace.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Tipe kupnat pada bagian atas pakaian wanita sangat bermacam-macam yaitu shoulder dart (kupnat bahu), center dart (kupnat bahu), bust dart (kupnat dada), waist dart (kupnat pinggang), dan french dart (kupnat garis perancis). Tipe tersebut bisa dikembangkan sedemikian rupa sehingga menjadi jahitan kupnat dan unik.

Kupnat

Kupnat

Sumber: http://www.myhappysewingplace.com

Kupnat sering digunakan pada pakaian karena memberi kesan langsing dan cantik ketika pakaian dikenakan. Pakaian dengan banyak kampuh akan memberi kesan vintage. Dan kombinasi kupnat di beberapa bagian akan memberi siluet pakaian yang unik.

Kupnat

Kupnat

Sumber: http://csulaart106.wordpress.com

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Kupnat merupakan hal yang tampak sederhana, bentuk jahitan segitiga kecil yang sederhana dan mungkin tampak seperti hanya satu fitur kecil dari pola menjahit. Namun kupnat sebenarnya memberidakpak yang besar terhadap hasil jahitan anda. Kupnat pada pakaian bisa memberikan rasa percaya diri yang lebih kenika memakaianya, karena wanita selalau ingin tampil sempurna dengan pakaiannya.

Kupnat

kupnat

Sumber: http://www.lyst.com

Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.