Article

Homepage Article Jahit Menjahit 5 Bagian Penting Dari Ritsleting…

5 Bagian Penting Dari Ritsleting Yang Musti Anda Ketahui

Seperti kita ketahui bersama, resleting merupakan salah satu komponen penting dalam dunia jahit menjahit. Fungsi utamanya tidak lain adalah untuk menutup dan membuka belahan yang terdapat pada pakaian, lenan rumah tangga, tas, bahkan sepatu. 

Ritsleting

Sumber : http://sewthispattern.com/

Berdasarkan komponen penyusunnya ritsleting yang biasa diaplikasikan pada produk jahit menjahit sendiri pada prinsipnya tersusun atas berbagai komponen penting yang saling berkaitan satu sama lain. 

Ritsleting

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Mau tahu komponen penting apa saja yang biasa terdapat pada ritsleting?. Untuk lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan berikut. 

Ritsleting

Sumber : http://www.ykksz.com/

Top Stop

Top stop merupakan perangkat yang biasa ditempatkan pada ujung atas resleting. Fungsinya untuk mencegah slider keluar dari gigi ritsleting.

Ritsleting

Sumber : http://www.kayospruce.com/

Slider

Slider merupakan alat yang dapat digerakkan ke arah atas dan bawah ritsleting. Fungsi utamanya untuk menyatukan dan memisahkan gigi metal atau plastik yang terdapat pada ritsleting. Bagian dari slider yang berfungsi untuk memindahkan slider ke atas atau ke bawah dinamakan pull tab.

Ritsleting

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Element

Element merupakan serangkaian komponen yang bentuknya menyerupai deretan gigi. Ketika slider digerakkan rangkaian ini akan menyatu dengan posisi saling mengunci atau interlock. Bagian yang terbentuk ketika gigi yang terdapat pada sisi kanan dan kiri ritsleting saling menyatu dinamakan chain.

Ritsleting

Sumber : https://swoonpatterns.com/

Tape

Tape merupakan komponen yang sengaja dibuat khusus untuk menjadi bagian dari ritsleting. Sebagian besar terbuat dari polyester namun ada juga yang dibuat dari bahan syntetic, fiber tape, vinyl tape maupun cotton tape. 

Ritsleting

Sumber : https://www.amazon.com/

Bottom Stop

Botton stop merupakan sebuah perangkat yang ditempatkan pada bagian bawah ritsleting. Fungsi utamanya kurang lebih hampir sama dengan top stop yaitu untuk mencegah slider agar tidak terlepas dari jalur gigi ritsleting.

Ritsleting

Sumber : https://www.lellemoda.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.