Article

Homepage Article Fashion Design 3 Jenis Jersey Sepeda dan…

3 Jenis Jersey Sepeda dan Kegunaan Masing-Masing

Gemar melakukan aktifitas bersepeda saat akhir pekan?. Untuk memaksimalkan performa anda saat melakukan aktifitas bersepeda, pastikan baju jersey yang anda pilih benar-benar dibuat dari bahan yang berkualitas dan memiliki model yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jersey Sepeda

Jersey sepeda yang biasa disebut pula dengan cycling jersey, merupakan sejenis baju jersey yang dirancang secara khusus untuk menunjang kegiatan bersepeda. Untuk alasan kenyamanan jersey sepeda inipun umumnya juga dilengkapi dengan resleting atau zipper pada di bagian badan depan.

  • Resleting pada jersey sepeda bukan hanya berfungsi untuk memudahkan pemakainya saat membuka dan memakai jersey tetapi juga sebagai ventilasi.
  • Pada cuaca yang panas atau pada tanjakan yang menuntut otot lebih intensive, resleting tersebut dapat dibuka agar tubuh tidak mengalami overheat (kelebihan panas).

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.bicycling.com/

Selain memiliki fitur yang berbeda dengan kebanyakan jersey olahraga, untuk mengatur hambatan dan meminimalisir gesekan dengan angin jersey sepeda harus dibuat dengan model yang tepat sesuai kebutuhan.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.bicycling.com/

Jenis-Jenis Jersey Sepeda

Berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya jersey sepeda sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai variasi model atau desain yang cukup beragam. Beberapa jenis jersey sepeda yang dimaksud yakni berupa jersey relaxed fit, race dan aero (pro).

1. Relaxed Fit

Relax fit merupakan sejenis jersey sepeda yang didesain agak longgar, tidak terlalu ketat di badan. Karenanya jersey ini sangat cocok digunakan untuk keperluan rekreasi atau bersepeda gunung.

  • Jersey relax fit bentuknya lebih santai dan lebih terlihat natural.
  • Jersey relax fit tidak terlalu memperlihatkan lekukan tubuh.
  • Jersey relax fit bisa dipakai untuk kegiatan lain.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.pactimo.com/

Khusus untuk keperluan rekreasi jersey yang dipakai oleh pada pesepeda biasanya dilengkapi dengan karet di bagian bawah serta kantong di bagian belakang yang bisa dipakai untuk menyimpan berbagai peralatan penting.

Sementara untuk keperluan bersepeda gunung jersey yang longgar diperlukan agar memudahkan tubuh saat bermanuver. Desain jersey yang longgar juga membuat tubuh lebih nyaman ketika menambahkan elbow pads dan juga alat pelindung lainnya.

2. Race

Race merupakan sejenis jersey sepeda yang didesain dalam potongan fit to body, semacam kulit kedua yang menempel sesuai dengan otot badan.

  • Jersey sepeda tipe race cenderung cepat menguapkan keringat dan bersifat aerodinamis.
  • Jersey sepeda tipe race cocok digunakan untuk kegiatan sepeda cepat.
  • Jersey sepeda tipe race masih mempunyai kantong.

Jersey Sepeda

Sumber : https://luxa.cc/

Kantung belakang yang terdapat pada jersey ini sangat sempurna untuk menyimpan makanan ringan, dompet, ponsel, maupun peralatan pribadi lainnya yang mungkin dibutuhkan ketika di jalan.

3. Aero (Pro)

Aero (pro) merupakan sejenis jersey sepeda yang desainnya lebih mengutamakan efisiensi dan meminimalkan hambatan yang ditimbulkan oleh angin (aerodinamis). Jersey ini biasa dipakai oleh pengendara pro racing atau road bike.

  • Jersey aero (pro) umumnya didesain dalam potongan yang pas badan.
  • Jersey aero (pro) dibuat tanpa kantong dan aksesoris, murni untuk mengejar kecepatan.
  • Bagian bekalang jersey aero (pro) umumnya dibuat lebih panjang supaya bisa menutupi pinggang pemakainya saat membungkuk.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk mendapatkan ukuran jersey yang tepat, anda sebaiknya memastikan ukuran pada bagian berikut:

  • Ukur lingkar dada tepat di bawah lengan bagian dalam. Tapi bila anda memiliki dada yang bidang, lakukan pengukuran di area dada yang paling lebar.
  • Ukur area pinggang yang paling luas agar jersey yang anda pilih nantinya tidak akan terasa sempit ketika digunakan.
  • Ukur tubuh bagian atas untuk menentukan pnjang jersey yang ideal. Dalam hal ini posisikan tubuh dalam keadaan tegap dan pastikan punggung anda lurus.

Untuk mengurangi angin dingin yang menerpa tangan dan melindungi kulit dari paparan sinar UV gunakan jersey sepeda yang dilengkapi dengan lengan panjang. Jika anda ragu tidak masalah juga jika anda mengenakan jersey sepeda yang didesain dalam lengan pendek.

Terkait dengan bahan kain yang dapat dipakai untuk membuatnya, jersey sepeda semestinya harus dibuat dari material yang bisa menghilangkan kelembapan di tubuh selama bersepeda. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud misalnya saja berupa kain drifit, kain hyget dan kain lotto.

  • Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Selain kuat dan tidak mudah sobek, kain drifit ini juga dikenal halus, sangat lembut, ringan dan mudah menyerap keringat.

Simak juga 10 Alasan Mengapa Jersey Berbahan Drifit Sangat Recommended Untuk Olahraga.

  • Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Bahan hyget terbaik yang banyak digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga yaitu berupa hyget super, hyget serena dan hyget spandek.

  • Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis kain yang memiliki karakteristik yang halus dan lemas. Pakaian yang dibuat dari kain lotto cocok dipakai untuk semua jenis cuaca, baik dalam suhu panas ataupun lembab karena jenis bahannya yang memiliki daya serap tinggi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam potongan jersey sepeda yang banyak dijual di pasaran. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda dalam memilih dan menyesuaikan jersey yang tepat dengan gaya bersepeda.

Selain memperhatikan kesesuaian jenis jersey dengan kebutuhan perhatikan pula beberapa hal berikut saat anda memilih jersey sepeda.

  • Coba jersey sepeda untuk melakukan gerakan membungkuk, karena itulah posisi yang biasa dilakukan ketika bersepeda.
  • Lihat panjang jersey sepeda yang anda pilih apakah cukup nyaman ketika ada di posisi membungkuk.
  • Jersey sepeda wanita yang ideal umumnya memiliki bentuk yang agak melebar dan menonjol di bagian pinggul dan dada. Sementara jersey pria bentuknya lebih kotak dan lurus.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey sepeda atau pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan referensi sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Drifit, Kain Lotto dan Kain Hyget yang kami miliki.

Simak juga pembahasan mengenai 9 Tips Memilih Baju Jersey Yang Keren Untuk Bersepeda kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih jersey sepeda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.