Article

Homepage Article Kain 4 Rekomendasi Bahan Kain…

4 Rekomendasi Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Jubah Toga

Dikenal sebagai salah satu atribut penting yang lazim digunakan dalam acara-acara penting, seperti upacara keagamaan, acara politik, acara wisuda dan perayaan khusus, jubah toga ternyata dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda-beda lho. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jubah Toga

Toga merupakan salah satu jenis atribut berbentuk jubah panjang yang dulunya kerap digunakan sebagai bagian dari pakaian kostum atau seremonial di era Romawi Kuno. Cara penggunaannya sendiri yaitu dengan disusun di atas tunik dan dilingkarkan di sekeliling tubuh serta bahu.

  • Pada zaman Romawi Kuno jubah toga biasa digunakan untuk acara-acara penting seperti upacara keagamaan, perayaan publik dan pertemuan politik.
  • Bentuk, warna dan lipatan jubah toga dapat mencerminkan status sosial, pangkat dan usia individu yang mengenakannya.
  • Selain itu jubah toga juga digunakan sebagai simbol kewarganegaraan bangsa Romawi Kuno.

Jubah Toga

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dari yang awalnya digunakan sebagai pakaian resmi bangsa Romawi Kuno seiring berjalannya waktu, pemakaian jubah toga mulai bergeser dari busana sehari-hari menjadi pakaian resmi seremonial, termasuk acara kelulusan.

  • University of Oxford dan University of Cambridge tercatat sebagai perguruan tinggi yang pertama meresmikan pakaian kelulusan dalam bentuk toga wisuda.
  • Sebagai atribut wisuda bentuk jubah toga pun kemudian dimodifikasi menjadi jubah longgar yang berukuran cukup panjang.
  • Dalam beberapa tradisi akademis, jubah toga digunakan sebagai pakaian seremonial selama upacara wisuda.
  • Toga akademis / jubah toga wisuda sering memiliki warna dan desain tertentu yang menunjukkan fakultas atau jurusan tertentu.

Jubah Toga 

Sumber : https://topitogawisuda.com/

Selain digunakan untuk acara wisuda, dalam acara keagamaan toga biasanya juga kerap digunakan sebagai jubah kebesaran para imam Katolik (bahasa Inggris: Cassock, bahasa Perancis: Soutane, bahasa Italia: Abito talare), jubah para pendeta Protestan (bahasa Inggris: Geneva gown), serta jubah dalam persidangan (bahasa Inggris: Court dress).

Bahkan dalam konteks modern, jubah toga juga sering digunakan sebagai pakaian kostum dalam acara-acara atau drama yang menggambarkan zaman Romawi kuno. Termasuk dalam perayaan kostum, pesta atau acara tema tertentu.

Bahan Untuk Jubah Toga

Terkait dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya, jubah toga yang berkembang saat inipun secara umum dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang beragam dan dikenakan setelah setelan baju dalam yang menutupi bahu, dada maupun punggung.

Mau tahu apa saja jenis-jenis bahan terbaik yang cocok dipakai untuk membuat jubah toga?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa contoh bahan kain untuk jubah toga yang perlu kamu ketahui.

1. Kain Bestway

Pertama ada kain bestway / new best way airmaxx yang diciptakan menggunakan teknik tenun khusus inovasi Textileone dengan mesin AIRJET. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain bestway dengan bahan kain yang lain yaitu:

  • Kain bestway bahannya terkenal dingin, lembut dan trendy.
  • Kain bestway mampu memberikan kenyamanan yang optimal bagi tubuh.
  • Kain bestway memiliki daya serap keringat yang baik sehingga terasa sejuk / tidak panas.
  • Kain bestway cenderung tidak mudah kusut dan perawatannya juga tidak terlalu rumit.

Jubah Toga

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain difungsikan untuk membuat jubah toga, kain bestway bisa juga digunakan untuk membuat seragam dinas. Bahkan kain bestway inipun telah ditetapkan sebagai seragam standar seluruh kementrian kesehatan sejak tahun 2012.

2. Kain Satin

Kedua ada kain satin yang terasa licin saat dipegang dan memiliki tampilan yang mengkilap. Efek inilah yang membuat semakin terlihat memancarkan kewibawaan bagi penggunanya.

Untuk pilihan bahannya kain satin yang biasa dipakai untuk membuat toga yaitu berupa kain satin bridal yang terkenal halus, lembut, licin, cenderung agak berat, kaku dan berkilau pada sisi luarnya.

Jubah Toga

Sumber : https://www.blibli.com/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain satin dengan bahan kain yang lain yaitu:

  • Kain satin memiliki permukaan yang mengkilap dan halus sehingga tampilannya tampak elegan dan mewah.
  • Kain satin terbuat dari serat yang halus, sehingga dapat memberikan rasa lembut dan nyaman saat disentuh.
  • Kain satin cenderung tahan terhadap lipatan dan kerutan sehingga tampilannya akan tetap tampak rapi dan teratur walau dipakai dalam jangka waktu lama.
  • Kain satin memiliki kemampuan draping yang baik, artinya saat dipakai jatuhnya akan terlihat bagus dan dapat menyesuaikan bentuk tubuh.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jubah toga?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan Kain Satin Bridal (NGR) yang kami miliki.

3. Kain Tessa

Jenis kain berikutnya yang dapat digunakan untuk membuat toga yaitu berupa kain tessa. Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain tessa dengan bahan kain yang lain yaitu:

  • Kain tessa memiliki tekstur yang cukup halus.
  • Kain tessa juga termasuk ke dalam jenis bahan kain yang tebal dan tidak mudah kusut.
  • Kain tessa saat dipakai dapat memberikan rasa hangat pada tubuh.
  • Kain tessa memiliki kualitas warna yang baik jadi cenderung tidak mudah luntur ataupun pudar.

Jubah Toga

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/

Selain dipakai untuk membuat toga kain tessa ini bisa juga digunakan untuk membuat jaket dan semi jas dengan harga yang ekonomis.

4. Kain Beludru

Keempat ada kain beludru yang bertekstur rata dan memiliki permukaan kain yang lembut serta berkilau. Karena alasan itulah kain beludru ini sangat cocok dijadikan sebagai pilihan utama untuk membuat toga.

  • Kain beludru memiliki tekstur yang sangat halus dan lembut saat disentuh.
  • Kain beludru memiliki kilau yang khas dan dapat mempresentasikan kesan mewah serta galmor.
  • Kain beludru memiliki karakteristik visual yang unik karena cenderung memantulkan cahaya dengan cara yang menarik.
  • Kain beludru sering kali dianggap sebagai kain dengan kualitas premium.

Jubah Toga

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa jenis bahan kain yang biasanya dimanfaatkan dalam pembuatan toga. Selain nyaman dipakai, kain-kain yang dijadikan sebagai bahan utama toga umumnya sengaja dipilih yang memiliki karakteristik mewah agar pemakainya terlihat lebih anggun dan berwibawa. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.