Article

Homepage Article Kain 6 Tips Memilih Kain Ihram…

6 Tips Memilih Kain Ihram Yang Tepat Untuk Keperluan Haji dan Umrah

Dikenal sebagai salah satu perlengkapan jamaah haji dan umrah yang paling penting bagi jamaah laki-laki, berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih kain ihram laki-laki lengkap dengan tata cara memakainya yang perlu kamu ketahui.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Ihram

Kain ihram dapat didefinisikan sebagai suatu bahan kain berwarna putih yang memiliki makna simbolis dalam ibadah haji dan umrah, yakni komitmen untuk menjalankan ibadah dengan tulus dan khusyuk. Karenanya alasan itu pula dalam memilih kain ihram untuk laki-laki, pada prinsipnya ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan.

  • Untuk haji dan umrah, para jamaah laki-laki wajib memakai dua lembar kain ihram, satu untuk membungkus bagian tubuh bagian atas dan satu untuk membungkus bagian tubuh bagian bawah.
  • Meski hanya sebatas memakai kain putih, namun jika pemakaiannya tidak dilakukan dengan benar maka hal tersebut bisa saja membuat ibadah kurang nyaman bahkan jadi tidak sah.

Kain Ihram

Sumber : https://www.amazon.com/

Tips Memilih Kain Ihram

Berbicara mengenai kain ihram, lantas apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih kain ihram itu sendiri?. Biar ga salah pilih berikut kami bagikan beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan kain ihram laki-laki yang tepat.

1. Bahan Kain

Pertama pilih kain ihram yang bahannya ringan, lembut dan nyaman. Dari sekian banyak kain yang ada, Kain Katun menjadi salah satu bahan pilihan yang umum digunakan karena memiliki sifat yang mudah menyerap keringat dan cepat kering.

Selain katun, kamu bisa juga memilih kain ihram laki-laki yang memilliki tekstur berbulu seperti handuk dimana tekstur ini cendrung lebih empuk, memiliki daya serap tinggi serta lebih nyaman digunakan saat haji dan umrah.

Kain Ihram

Sumber : https://www.hajjsafe.com/

2. Warna Kain

Soal warna pilih kain ihram yang memiliki warna putih cerah dan tidak tembus pandang. Alasan digunakannya kain putih untuk haji dan umrah yaitu karena warna putih melambangkan kesucian, kesederhanaan dan kesatuan di hadapan Allah.

Kain Ihram

Sumber : https://almanaar.co.uk/

3. Ukuran Kain

Pastikan ukuran kain ihram laki-laki yang kamu pilih sesuai dengan ukuran tubuh, dalam artian mencukupi untuk membungkus tubuh. Kalau kain ihram yang kamu pilih terlalu kecil atau besar yang ada kenyamanan kamu selama beribadah jadi terganggu.

Ukuran standard untuk kain ihram dewasa adalah ukuran 115 cm x 225 cm. Namun ada juga variasi ukuran yang lebih besar atau big size seperti ukuran 120 cm x 250 cm, ukuran 120 cm x 300 cm.

Kain Ihram

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain itu ada pula kain ihram yang didesain untuk anak usia balita/TK dengan ukuran 35 cm x 80 cm atau untuk anak usia SD dengan ukuran 80 cm x 160 cm.

Kain Ihram

Sumber : https://www.tokopedia.com/

4. Perhatikan Detail

Periksa dengan cermat semua detail kain ihram laki-laki, pastikan tidak ada kekurangan atau cacat pada kain yang dapat mengganggu penggunaan atau estetika kain ihram.

5. Motif Kain

Berikutnya pilih motif kain ihram laki-laki yang paling sesuai dengan selera kamu.

Motif yang digunakan untuk kain ihram umumnya berupa motif kotak-kotak standard yang biasa diproduksi dengan mesin tenun dobby.
Terdapat pula kain ihram yang memiliki motif dinamis seperti motif mozaic, motif lurik, motif batik dimana proses tenunnya lebih rumit sehingga memerlukan mesin tenun khusus.

Kain Ihram

Sumber : https://www.indiamart.com/

Dibandingkan dengan kain ihram yang memiliki motif kotak-kotak biasa, kain ihram dengan motif dinamis biasanya memerlukan proses produksi yang lebih lama dan rumit sehingga harganya juga cendrung lebih mahal.

6. Harga Kain

Sesuaikan harga kain ihram dengan anggaran yang kamu miliki karena di pasaran sendiri ada berbagai pilihan harga kain ihram yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Tapi ingat jangan sampai kamu mengorbankan kualitas hanya untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Kalau kamu merasa tidak yakin untuk memilih kain ihram sendiri, mintalah saran dari orang-orang yang telah melaksanakan haji atau umrah sebelumnya terkait rekomendasi tentang merek atau jenis kain ihram yang baik untuk haji dan umrah.

Cara Memakai Kain Ihram

Terkait dengan tata cara penggunaan kain ihram, mungkin hal tersebut akan terlihat sulit bagi yang awam karena memang cara penggunaannya berbeda dengan baju pada umumnya. Padahal kenyataannya cara pemakaian kain ihram tidaklah sesulit yang mungkin kamu bayangkan. 

Berikut tata cara pengunaan kain ihram pada tubuh bagian bawah untuk laki-laki.

  • Siapkan selembar kain ihram (kain putih polos) untuk menutupi bagian bawah.
  • Tutup aurat mulai dari atas pusar hingga bagian bawah lutut.
  • Cara melipatnya cukup mudah karna hampir sama seperti penggunaan sarung.
  • Saat memakai kain ihram, pastikan bahwa kain ihram tersebut terlipat sempurna dan jangan biarkan aurat terlihat saat duduk ataupun jongkok.
  • Selain itu pastikan lipatan pada kain ihram juga jangan terlalu kencang agar kamu bisa tetap berjalan dengan mudah.

Sementara untuk menutup tubuh bagian atas berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Selesai menggunakan kain ihram di bagian bawah tubuh, kamu bisa langsung menggunakan selembar kain yang tersisa untuk diselempangkan agar menutup bagian pundak kanan dan kiri.
  • Jika sudah kaitkan antara ujung satu sisi dengan yang lainnya agar tidak mudah lepas.

Adapun beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat menggunakan kain ihram (kain putih polos) yaitu:

  • Sebisa mungkin pastikan kain ihram yang kamu pakai untuk menutup tubuh bagian bawah jangan sampai melewati batas mata kaki.
  • Gunakan kain ihram yang bersih dan tidak boleh terkena kotoran.
  • Ketika memakai kain ihram kamu juga tidak perlu menggunakan pakaian dalam ataupun aksesori lain.

Saat tawaf jamaah laki-laki disunahkan memakai kain ihram dengan cara idhtiba’ yaitu meletakkan bagian tengah selendang di bawah bahu kanan sedangkan kedua ujungnya di atas bahu kiri. Sementara selain waktu thawaf, kain yang diselendangkan bisa digunakan untuk menutupi seluruh badan bagian atas.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih kain ihram lengkap dengan tata cara memakainya yang bisa kamu coba. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih kain ihram yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Pada dasarnya kain ihram untuk laki-laki terdiri dari dua lembar kain tanpa jahitan. Dua helai kain ihram tersebut meliputi bagian selendang (ridaa’) serta bagian sarung (izaar).

  • Bagian izaar dapat dikenakan dengan cara disarungkan.
  • Bagian selendang dapat dikenakan dengan cara diselempangkan dengan posisi pundak kanan terbuka sementara pundak kiri tertutup.

Untuk menutup aurat bagian atas dan seluruh bagian bawah, kain ihram disunahkan berwarna putih (kain putih polos) dan pastinya tidak boleh menerawang atau membentuk lekukan tubuh saat digunakan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.