Article

Homepage Article Fashion Design 4 Jenis Produk Mode Berdasarkan…

4 Jenis Produk Mode Berdasarkan Kesesuaian Trend

Punya ketertarikan tersendiri untuk menggeluti bisnis fashion?. Sebelum memutuskan untuk terjun langsung dalam industri tersebut, penting bagi anda untuk mengetahui bahwa berdasarkan kesesuaian trend yang berkembang ternyata produk mode sendiri dapat dibedakan lagi ke dalam beberapa kategori.

Beberapa point penting yang akah dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Trend Fashion

Fashion dapat dipahami dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan trend mode dan segala perkembangannya. Lebih lanjut fashion juga dapat dimaknai sebagai gaya hidup seseorang yang ditunjukkan melalui cara seseorang dalam mengenakan pakaian dan aksesoris, bahkan dalam bentuk model rambut serta make up.

Produk Mode Sesuai Trend

Berdasarkan kesesuaian trend misalnya, produk fashion sendiri secara umum dapat dibedakan dalam empat kategori utama yakni berupa avant garde, kontemporer, new basic dan basic. Semakin unik suatu busana semakin kecil permintaan pasar, sebaliknya semakin basic semakin besar pasar.

Mau tahu lebih detail lagi tentang hal-hal yang membedakan avant garde, kontemporer, new basic dan basic?. Supaya anda tidak makin penasaran langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Avant Garde

Avant garde merupakan bentuk kata sifat yang merujuk kepada orang atau karya yang bersifat kreatif, terlihat sangat modern, unik dan eksperimental atau inovatif dalam desain serta teknik pengerjaannya.

  • Avant garde sendiri termasuk style yang extreme dalam fashion.
  • Avant garde dipandang eksentrik, aneh dan hanya pantas dikenakan di panggung peragaan busana.
  • Avant garde kebanyakan mengadaptasi gaya teatrikal yang unik dan berbeda dengan gambaran normal cara berbusana pada umumnya.
  • Avant garde tidak hanya terfokus pada bahasan tentang pakaian saja melainkan make-up dan acessories.

Produk Mode

Sumber : https://www.jared-cummings.com/

Dengan tampilannya tidak biasa, busana yang didesain berdasarkan konsep avant garde memanglah sangat aneh jika dikenakan sebagai busana sehari-hari. Namun bukan berarti juga busana avant garde hanya bisa dikenakan pada panggung pertunjukan.

Sebab dalam berbagai kesempatan khusus seperti pesta haloween, pesta ulang tahun dan pesta kostum lainnya, busana avant garde ini justru kerap diburu banyak orang.

2. Kontemporer

Kontemporer merupakan salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi. Dalam konteks fashion istilah kontemporer dapat diartikan sebagai gaya yang lebih berani, eksploratif, asimetris dan modern.

  • Busana kontemporer memiliki arti kekinian atau modern.
  • Busana kontemporer terus berubah sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam setahun sekali, bahkan sering terjadi beberapa tema atau gaya.
  • Busana kontemporer umumnya memiliki desain lebih kreatif.
  • Busana kontemporer dibuat berdasarkan trend yang sedang diminati masyarakat.
  • Dalam satu macam outfit bisa saja ada bermacam-macam bahan, warna serta motif.

Produk Mode

Sumber : https://id.pinterest.com/

Busana kontemporer desainnya akan berubah dari masa ke masa. Jadi apabila ada trend fashion baru yang muncul, maka trenf fashion yang sebelumnya sudah dianggap kuno lambat laun akan ditinggalkan.

Tapi sekalipun trendnya berubah-ubah, fashion kontemporer biasanya dapat berulang kembali setelah beberapa tahun dengan variasi tampilan yang baru dan beda.

3. New Basic

Konsep new basic didedikasikan untuk melahirkan sebuah busana yang memiliki sentuhan memukau. Busana yang dirancang sesuai konsep new basic ini umumnya memiliki desain yang simple tapi di dalamnya tetap ada sentuhan yang sedikit modern.

4. Basic

Busana basic termasuk ke dalam salah satu jenis busana yang banyak diproduksi sebagian besar garment indonesia. Sedikit berbeda dengan tiga jenis busana sebelumnya, busana basic ini umumnya memiliki desain yang simple dan timeless.

Beberapa contoh model busana basic yang sampai sekarang masih banyak diproduksi oleh desainer diantaranya ada kemeja, baju blus wanita, rok wanita, celana, baju piyama dan berbagai model pakaian lain yang sejenis.

  • Baju Kemeja

Baju kemeja termasuk ke dalam jenis wardrobe essential yang bisa diandalkan sebagai pakaian sehari-hari.

  • Baju kemeja umumnya cenderung bermodel basic, berkerah basic dan berkancing penuh di bagian depan.
  • Baju kemeja lengan pendek identik untuk acara casual sementara baju kemeja lengan panjang lebih identik dengan acara formal.

Produk Mode

Sumber : https://www.amazon.com/

  • Baju Blus Wanita

Baju blus wanita dapat dikategorikan ke dalam jenis busana penutup tubuh bermodel longgar yang memiliki ukuran panjang hingga sebatas pinggang jadi terkesan menggantung di atas tubuh saat dikenakan.

  • Baju blus wanita bisa dibuat tanpa kancing penuh di bagian depan, dengan ataupun tanpa kerah basic.
  • Lengan pada baju blus wanita bisa berupa lengan pendek, lengan panjang, bahkan ada juga yang tidak berlengan.
  • Baju blus wanita yang berlengan tidak selalu menggunakan manset.

Produk Mode

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Rok Wanita

Rok wanita merupakan sejenis pakaian yang penggunaannya dimulai dari bagian pinggul kebawah dan berfungsi untuk menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki.

  • Berdasarkan ukuran panjangnya, rok wanita dapat dibedakan menjadi rok micro, rok mini, rok kini, rok midi, rok maxi dan rok floor.
  • Berdasarkan siluetnya, rok wanita dapat dibedakan menjadi rok dari pola dasar, span dan semi span, rok pias, rok kerut, rok kembang, rok lipit dan rok bertingkat.

Produk Mode

Sumber : https://www.myntra.com/

  • Celana

Produk mode berikutnya yang termasuk ke dalam kategori item fashion basic yakni berupa celana. Celana untuk wanita biasa disebut dengan slack sedangkan celana untuk pria disebut dengan pantalon.

Produk Mode

Sumber : https://www.mozetty.com/

  • Baju Piyama

Baju piyama merupakan sejenis busana khusus yang awalnya didesain sebagai baju tidur namun kini bisa juga digunakan sebagai baju santai.

  • Bentuk paling standar dari baju piyama yakni terdiri dari baju berkancing depan yang dibuat dengan atau tanpa kerah.
  • Sementara untuk bagian bawahnya dibuat dalam bentuk celana dan dilengkapi dengan tali elastis sehingga sangat mudah untuk dikenakan.

Produk Mode

Sumber : https://fitinline.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai pengelompokan produk mode berdasarkan kesesuaian trend yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang istilah penting yang biasa digunakan dalam dunia mode simak terus artikel dari kami ya.

Buat anda yang tertarik untuk membuat baju sendiri tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya, anda bisa mendownlod pola baju siap pakai dari kami.

Simak juga pembahasan mengenai Cara Praktis Membuat Berbagai Model Rok Untuk Penjahit Pemula kalau sahabat Fitinline juga tertarik untuk membuat berbagai model rok wanita.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.