Article

Homepage Article Fashion Design 4 Jenis Bur Yang Umum Digunakan…

4 Jenis Bur Yang Umum Digunakan Pada Jaket

Jadi salah satu bagian penting yang tidak hanya memberikan rasa nyaman tetapi juga menambah gaya pada desain jaket, berikut adalah beberapa jenis bur yang biasa digunakan pada jaket lengkap dengan kelebihan masing-masing.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Bur

Bur merupakan komponen penting yang biasanya dipasangkan dibagian pergelangan tangan, bagian pinggang dan bagian leher jaket. Tujuan utamanya yaitu untuk memperbaiki bentuk jaket sekaligus sebagai aksesoris penyempurna tampilan agar terlihat lebih menarik dan trendy.

  • Bur jaket berfungsi untuk menutup pergelangan tangan dengan rapat dan membantu menjaga kehangatan tubuh.
  • Bur jaket dapat dipakai untuk meningkatkan kenyamanan jaket dan memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dari udara dingin.
  • Bur biasanya ditemukan pada jaket varsity, jaket sukajan, jaket bomber, jaket musim dingin atau jaket outdoor.
  • Bur jaket yang memiliki warna berbeda atau kontras dari bagian tubuh jaket dapat menjadi aksen visual yang menarik.

Jenis Bur Pada Jaket 

Sumber : https://jacobsgalleryshop.com/

Jenis Bur Pada Jaket

Dilihat dari segi bahan atau material utamanya, bur pada jaket biasanya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda, misalnya saja cotton, PE, TC dan lainnya yang mempunyai kelenturan atau bisa melar sesuai dengan bentuk, sehingga lebih nyaman saat dipakai.

1. Bur Jaket Katun

Bur jaket katun merupakan bur pada jaket yang dibuat dari bahan katun. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa bur ini banyak digunakan pada jaket yaitu:

  • Bur jaket katun bahannya lembut, halus dan nyaman di kulit.
  • Bur jaket katun memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap keringat dan menjaga kulit agar tetap kering terutama dalam cuaca panas.
  • Bur jaket katun lebih ramah untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif dan minimalisir risiko alergi atau iritasi dibandingkan dengan bahan sintetis lainnya.
  • Bur jaket katun memiliki daya tahan yang baik dan tidak mudah rusak atau meregang terutama jika dirawat dengan benar.
  • Bur jaket katun memberikan tampilan alami dan kasual yang cocok dengan berbagai jenis jaket, mulai dari jaket varsity hingga jaket kasual sehari-hari.

Jenis Bur Pada Jaket 

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Bur Jaket PE

Bur jaket PE merupakan bur pada jaket yang dibuat dari bahan PE atau poliester. Kelebihan bur jaket yang dibuat dari bahan PE (poliester) diantaranya:

  • Bur jaket PE memiliki sifat elastis alami yang membantu manset rajut tetap pas di pergelangan tangan.
  • Bur jaket PE lebih tahan lama, tahan terhadap gesekan, sobekan, serta tidak mudah aus dibandingkan katun.
  • Bur jaket PE tidak menyerap kelembapan, sehingga tetap nyaman digunakan bahkan dalam kondisi lembap atau hujan ringan.
  • Bur jaket PE tidak menyusut atau meregang seiring waktu, sehingga bentuk aslinya tetap terjaga dengan baik meskipun dicuci berulang kali atau digunakan secara intensif.
  • Bur jaket PE umumnya lebih ringan daripada bahan rajut katun.
  • Bur jaket PE memiliki sifat anti-bakteri dan tahan jamur yang membuatnya lebih higienis dan aman digunakan terutama dalam kondisi lembap.

Jenis Bur Pada Jaket 

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Bur Jaket CVC   

Bur jaket CVC merupakan bur pada jaket yang dibuat dari bahan CVC (Chief Value Cotton),  campuran serat katun dan poliester dengan komposisi katun yang lebih tinggi dibandingkan serat poliester.

Karena dibuat dari campuran katun dan poliseter, maka bur jaket CVC ini juga mewarisi kelebihan dari kedua serat tersebut.

  • Bur jaket CVC memiliki keseimbangan antara kelembutan katun dan kekuatan poliester.
  • Bur jaket CVC lebih tahan lama dibandingkan bur yang terbuat dari katun murni.
  • Bur jaket CVC dapat menyerap keringat dengan baik, tetapi juga cepat kering karena kandungan poliester.
  • Bur jaket CVC nyaman dipakai dan mudah dirawat, dengan sedikit risiko penyusutan.

Jenis Bur Pada Jaket

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Bur Jaket Casmilon   

Bur jaket casmilon merupakan bur yang dibuat dari benang cashmilon, sejenis bahan sintetis yang menyerupai wol atau kasmir. Bahan ini sering digunakan sebagai material utama bur karena memberikan kehangatan dan kelembutan seperti serat alami, tetapi harganya jauh lebih terjangkau.

  • Bur jaket casmilon memiliki tekstur yang halus dan lembut, sehingga terasa nyaman di kulit dan tidak menyebabkan iritasi.
  • Bur jaket casmilon tidak mudah menyusut atau berkerut seperti bahan alami.
  • Bur jaket casmilon cepat kering, tidak mudah kusut, dan tidak memerlukan perawatan khusus.
  • Bur jaket casmilon cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah luntur, membuatnya cocok untuk penggunaan harian atau intensif.

Jenis Bur Pada Jaket 

Sumber : https://www.amazon.com/

Sementara jika dilihat dari segi warna maupun motifnya, bur yang digunakan pada jaket juga cukup beragam. Berikut adalah beberapa jenis bur yang digunakan pada jaket.

1. Bur Polos

Bur dengan desain polos dan elastis merupakan jenis bur yang paling umum digunakan untuk menjaga kehangatan dan kenyamanan di pergelangan tangan.

Jenis Bur Pada Jaket 

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Bur Bergaris

Bur dengan aksen garis atau warna kontras di ujungnya merupakan bur yang dapat digunakan untuk menambah detail visual yang menarik pada jaket dan memberikan tekstur tambahan pada jaket.

Jenis Bur Pada Jaket

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Simak juga Cara Menjahit Bur Pada Sweater, Jumper dan Jaket.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai fungsi bur dan jenis-jenis bur yang biasa digunakan pada jaket. Dengan berbagai variasi desain, pola dan warna yang dimilikinya, bur bisa diadaptasi untuk menciptakan tampilan yang unik pada jaket.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket terbaik yang kami miliki.

Download juga pola jaket siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat jaket sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bemanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.