Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Kamu Harus…

10 Alasan Mengapa Kamu Harus Memilih Kain Linen Crinkle Untuk Busana Casual

Mencari alternatif bahan kain yang bagus dipakai untuk membuat busana casual?. Untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam berbusana, mungkin anda bisa memilih kain linen crinkle sebagai bahan utamanya. Selain menarik dari segi tampilan kain ini juga unggul dari segi kualitas bahannya lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Linen Crinkle

Kain linen crinkle merupakan variasi kain linen yang memiliki efek crinkle dan kerutan halus yang terlihat jelas pada permukaannya. Tapi meski teksturnya tidak rata atau bisa dibilang berkerut namun ketika dipegang bahan ini akan tetap terasa lembut dan nyaman ketika dipakai.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Berdasarkan komposisi penyusunnya, kain linen crinkle sendiri umumnya banyak dibuat dari campuran linen dan nilon dengan perbandingan tertentu misal 88% linen dan 12% nilon.

  • Serat nilon membuat kain linen crinkle mempunyai sifat jatuh, susut 0%, cepat kering, tahan lama dan anti robek.
  • Sedangkan serat linen yang diperoleh dari tanaman Flax membuat kain linen crinkle mempunyai sifat halus dan adem.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Karakteristik Kain Linen Crinkle

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain linen crinkle sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari diantaranya:

1. Mempunyai Efek Airflow

Kain linen crinkle termasuk ke dalam varian kain linen yang mempunyai efek airflow.

  • Efek airflow sendiri merupakan efek kerut halus yang khas.
  • Efek airflow membuat kain menjadi lebih jatuh gloyor dan adem.

2. Lembut dan Nyaman Dipakai

Sekalipun kain linen crinkle memiliki tekstur yang tidak rata atau bisa dibilang berkerut, namun ketika dipegang atau diraba dengan telapak tangan bahan ini akan tetap terasa lembut dan nyaman dipakai.

3. Warnanya Tidak Mudah Kusam

Kain linen crinkle termasuk ke dalam jenis kain yang warnanya terus cerah, tidak akan luntur dan tidak kusam walaupun sudah dicuci berulang kali karena kain ini diproses dengan celupan disperse.

4. Tidak Berbulu Setelah Pencucian

Selain tidak mudah kusam, kain linen crinkle juga memiliki kelebihan lain yakni tidak menjadi cepat buluk dan berbulu setelah dipakai dan dicuci berulang kali, tidak seperti bahan lain yang memiliki banyak kandungan serat katun.

5. Tahan Lama dan Anti Robek

Kain linen crinkle dikenal sebagai salah satu bahan kain yang mempunyai sifat jatuh, susut 0%, tahan lama dan anti robek karena memiliki kandungan serat nilon di dalamnya.

6. Bahannya Cepat Kering

Kain linen crinkle diketahui lebih cepat mengering dibandingkan dengan bahan kain yang memiliki banyak kandungan cotton. Karakteristik kainnya yang cepat kering ini juga dipengaruhi oleh kandungan serat nilon yang ada pada kain linen crinkle.

7. Bahannya Tidak Menerawang

Kain linen crinkle termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki ketebalan medium sehingga bahannya cenderung tidak menerawang. Ketika digunakan sebagai bahan pakaian, penggunan kain furing pada kain linen crinkle inipun sifatnya optional.

8. Cocok Dipakai di Cuaca Panas

Kain linen crinkle cocok digunakan untuk cuaca panas karena memiliki rongga yang mempermudah akses udara untuk keluar masuk serta memiliki sifat serap dan pelepasan kelembaban yang lebih cepat dibandingkan bahan lainnya.

  • Kain linen crinkle memiliki sirkulasi udara yang sangat baik.
  • Kain linen crinkle nyaman digunakan meskipun cuaca panas.

9. Mudah Menyerap Keringat

Kelebihan lain yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain linen crinkle yaitu bahannya mudah menyerap keringat serta tidak meninggalkan rasa gatal di kulit.

10. Tidak Perlu Disetrika

Untuk mempertahankan kerutan pada permukaannya kain linen crinkle tidak perlu disetrika agar tekstur kusutnya tidak hilang.

Pemanfaatan Kain Linen Crinkle

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion kain linen crinkle ini umumnya lebih banyak digunakan untuk membuat berbagai model busana casual. Beberapa contoh busana yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kemeja

Kemeja menjadi salah satu jenis busana yang paling banyak dibuat dari kain linen crinkle. Warna, gaya dan berbagai detail yang ditambahkan pada kemeja inipun bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://www.lazada.co.id/

2. Blus Wanita

Berikutnya ada baju blus wanita yang dapat dibuat dalam berbagai variasi model dan ukuran. Sedikit berbeda dengan kemeja, blouse tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depan dan model kerahnya pun cenderung lebih beragam.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Gamis

Untuk pelengkap gaya penampilan berhijab, kain linen crinkle sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan gamis. Model gamis yang dibuat dari bahan inipun cukup bervariasi, beberapa diantaranya:

  • Gamis dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah, leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depannya.
  • Gamis full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depannya.
  • Gamis layering yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Download pola gamis siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

4. Outer

Fashion item berikutnya yang juga bisa dibuat dari kain linen crinkle yakni berupa outer. Model outer yang dimaksud antara lain berupa:

  • Blazer  yang memiliki bentuk sangat mirip seperti jas tetapi potongannya tampak jauh lebih santai.
  • Long cardigan yang memiliki potongan lebih panjang hingga ke betis bahkan mencapai mata kaki.
  • Kimono cardigan yang memiliki desain layaknya kimono atau yukata, dimana lengan tangannya dibuat lebar.

Kain Linen Crinkle Kain Linen Crinkle

Sumber : https://shopee.co.id/, https://www.lazada.co.id/

5. Tunik

Dengan karakteristik bahannya yang ringan, jatuh dan tidak panas saat dipakai, kain linen crincle juga sangat ideal digunakan sebagai bahan pembuatan tunik, sejenis pakaian longgar yang menutupi dada, bahu serta bagian punggung dan panjangnya bisa sampai menutupi lutut hingga pertengahan betis.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. Celana

Tak kalah menarik dari sejumlah fashion item yang sudah disebutkan di atas, kain linen crinkle sebenarnya bisa juga dipakai untuk membuat celana yang akan membuat penampilan anda jadi makin modis dan stylish.

Salah satu model celana yang paling banyak dibuat dari bahan ini yaitu berupa celana kulot yang memiliki potongan longgar dan tampilannya sepintas lebih menyerupai rok karena pembagiannya tidak terlihat begitu jelas.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://shopee.sg/

Download pola celana kulot siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Simak juga Kulot Crinkle, Salah Satu Trend Fashion yang Kini Digemari Gen-Z.

7. Rok

Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih feminim saat hangout atau sekedar bersantai di rumah anda juga bisa memanfaatkan kain linen crinkle sebagai bahan pembuatan rok kini, rok midi dan rok maxi yang kekinian.

Kain Linen Crinkle

Sumber : https://www.dhgate.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memili bahan kain linen crinkle untuk pelengkap gaya sehari-hari. Dengan mengetahui hal tersebut semoga kedepannya anda tidak lagi menemukan kesulitan ketika hendak memilih bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Butuh bahan kain linen crinkle berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model busana casual?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Linen Crinkle (BFC) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.