Article

Homepage Article Fashion Design 10 Film Dokumenter Tentang…

10 Film Dokumenter Tentang Fast Fashion Yang Wajib Kamu Tonton

Ungkap dampak buruk fast fashion, sepuluh rekomendasi film dokumenter berikut bisa menjadi renungan buat kamu untuk lebih bijak dalam berbelanja pakaian dan memilih pakaian yang diproduksi secara bijak tanpa harus mengganggu keseimbangan lingkungan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

  • Sekilas Tentang Fast Fashion
  • Film Dokumenter Fast Fashion
  • Kesimpulan

Sekilas Tentang Fast Fashion

Fast fashion adalah istilah modern yang menggambarkan konsep pergantian mode secara cepat dalam kurun waktu tertentu. Produk yang dihasilkan umumnya juga memiliki banyak model dan selalu mengikuti trend terbaru, walaupun prosesnya sendiri memiliki dampak buruk yang cukup besar terhadap lingkunga.

Simak juga Fenomena Fast Fashion, Dampak Yang Ditimbulkan dan Cara Mengatasinya.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang realita di balik industri fast fashion?. Untuk mengungkap tantangan yang dihadapi oleh para pekerja garmen, termasuk upah rendah, jam kerja panjang dan kondisi kerja yang berbahaya kamu bisa melihat kembali film dokumenter yang dibuat oleh para pemerhati lingkungan dan pembuat film.

Film Dokumenter Fast Fashion

Berikut beberapa film dokumenter yang mengulas tentang industri fast fashion, dampaknya terhadap lingkungan dan kondisi kerja yang tidak manusiawi di pabrik-pabrik produksi.

1. The Machinists (2010)

Pertama ada film dokumenter Inggris tahun 2010 berjudul “The Machinists” yang disutradarai oleh Hannan Majid dan Richard York. Fokus utama dari film ini yaitu menggambarkan kehidupan pekerja di garmen di Dhaka, Bangladesh dan perjuangan berat yang mereka hadapi untuk meningkatkan kondisi kerja dan upah yang adil.

Film Dokumenter

Sumber : https://en.wikipedia.org/

2. Unravel (2012)

Kedua ada film dokumenter Unravel yang mengungkapkan perspektif dan pendapat unik para pekerja di India tentang mengapa begitu banyak pakaian dibuang oleh Barat. Dalam film unravel ini pula digambarkan bagaimana pakaian bekas yang dibuang dari negara-negara Barat didaur ulang di India dan diubah menjadi benang.

  • Film dokumenter Unravel menyoroti fasilitas daur ulang yang menjadi tempat berakhirnya pakaian dan barang-barang dari industri fast fashion.
  • Film dokumenter Unravel juga menyadarkan betapa kita seringkali sembrono dalam memperlakukan pakaian dan betapa borosnya industri ini secara keseluruhan.

Film Dokumenter

Sumber : https://www.consciouslifeandstyle.com/

3. The Next Black (2014)

Ketiga ada film The Next Black yang menampilkan wawancara dengan berbagai pemimpin dan inovator di bidang fashion, serta mengeksplorasi masa depan industri fashion dan bagaimana inovasi teknologi dapat mengubah cara kita memproduksi maupun menggunakan pakaian.

Film Dokumenter

Sumber : https://www.imdb.com/

4. The True Cost (2015)

Keempat ada film dokumenter The True Cost yang disutradarai oleh Andrew Morgan. Selain menyelidiki dampak sosial dan lingkungan dari industri fast fashion, film ini juga mengungkap bagaimana pakaian murah yang dijual di toko-toko besar dihasilkan di negara berkembang.

  • The True Cost menjadi salah satu referensi utama dalam diskusi mengenai isu keberlanjutan dalam industri fashion.
  • The True Cost juga menggambarkan banyak hal mulai dari biaya dan dampak lingkungan dari industri mode.

Film Dokumenter

Sumber : https://truecostmovie.com/

5. Udita (2015)

Kelima ada film dokumenter Udita yang menjadi sebuah semi-tindak lanjut dari The Machinist yang dirilis pada tahun 2010 yakni memberikan pandangan jangka panjang tentang perubahan yang terjadi di industri garmen Bangladesh selama lima tahun lamanya.

  • Fokus utama film Udita sendiri yaitu menggambarkan kehidupan para wanita di pusat gerakan akar rumput di industri garmen.
  • Udita mengisahkan perjuangan panjang para pekerja dan pemimpin serikat pekerja wanita hingga diakhirinya eksploitasi pekerja garmen di seluruh dunia.
  • Dalam film ini digambarkan pula runtuhnya pabrik garmen Dhaka 2013 yang menyebabkan kematian 1.134 pekerja untuk bisa bekerja dengan perlindungan yang layak.

Film Dokumenter

Sumber : https://www.rainbowcollective.co.uk/

6. Machines (2016)

Ke enam ada film dokumenter berjudul Mashines yang disutradarai oleh Rahul Jain. Film ini memberikan pandangan mendalam tentang kondisi kerja di pabrik tekstil di Gujarat, India.

  • Dengan penggambaran visual yang kuat, “Machines” menunjukkan kehidupan keras para pekerja dan rutinitas yang mereka jalani setiap hari.
  • Film dokumenter yang dirilis pada tahun 2016 ini juga mengajak penonton untuk merenungkan harga sebenarnya dari pakaian murah yang kita beli.

Film Dokumenter

Sumber : https://docsbarcelona.com/

7. Minimalism: A Documentary About the Important Things (2016)

Ke tujuh ada film Minimalism: A Documentary About the Important Things yang dirilis pada tahun 2016. Meski tidak sepenuhnya tentang fast fashion, dokumenter ini mengeksplorasi gerakan minimalis dan bagaimana konsumerisme yang berlebihan, termasuk dalam hal fashion.

Film Dokumenter

Sumber : https://www.imdb.com/

8. Slowing Down Fast Fashion (2016)

Ke delapan ada film Slowing Down Fast Fashion yang Disutradarai oleh Alex James. Selain mengeksplorasi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh industri fast fashion dan mencari solusi untuk mengurangi dampaknya, film ini juga memberikan pandangan tentang alternatif mode yang lebih berkelanjutan dan etis.

Film Dokumenter

Sumber : https://www.sustainablefashionweek.uk/

9. RiverBlue (2017)

Ke sembilan ada film dokumenter River Blue yang mengeksplorasi dampak industri fashion terhadap sungai-sungai di seluruh dunia. Dengan fokus pada polusi yang dihasilkan oleh pewarnaan tekstil dan proses produksi lainnya, film ini menyoroti krisis air yang diperburuk oleh praktik-praktik industri fashion.

Film Dokumenter

Sumber : https://www.imdb.com/

10. Made in Bangladesh (2019)

Kesepuluh ada film dokumenter Made in Bangladesh yang mengisahkan Shimu, seorang pekerja tekstil di Bangladesh yang dengan berani melawan manajemen dan ketidaksetujuan suaminya untuk memperjuangkan hak-hak buruh setelah kematian rekan kerjanya.

  • Made in Bangladesh menjadi saksi perjuangan Shimu yang amat kontroversial dalam memperjuangkan sesama pekerja wanita untuk memastikan kondisi kerja yang aman.
  • Made in Bangladesh juga menggambarkan potret nyata dari pemberontakan sosial dan pernyataan feminis yang kuat.

Film Dokumenter

Sumber : https://en.wikipedia.org/

Kesimpulan

Itu dia sepuluh rekomendasi film dokumenter tentang fast fashion yang bisa memberikan wawasan berharga buat kamu, tentang bagaimana industri fashion modern dapat mempengaruhi dunia dan mendorong perubahan menuju praktik yang lebih berkelanjutan dan etis.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana pria, busana wanita dan busana anak-anak?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.