Article

Homepage Article Jahit Menjahit 3 Persyaratan Benang Untuk…

3 Persyaratan Benang Untuk Bahan Kain

Benang merupakan sejenis serat berukuran panjang yang biasa dipergunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai macam jenis kain termasuk bahan pakaian, tali dan sebagainya. Untuk menghasilkan sebuah bahan kain yang berkualitas baik, benang yang dipergunakan untuk membuat bahan kain setidaknya harus memenuhi sejumlah persyaratan khusus.

Persyaratan Benang

Sumber : http://peribahasa.info/

Kekuatan Benang

Kekuatan benang diperlukan bukan saja untuk menghasilkan bahan kain yang kuat. Tetapi juga diperlukan untuk untuk menjamin kelancaran proses produksi dan pembuatan bahan kain.  Hal-hal yang dapat mempengaruhi kekuatan benang ini diantaranya berupa sifat-sifat bahan baku dan konstruksi benang.

Persyaratan Benang

Sumber : http://indonesian.polyesterspunyarns.com/

Kemuluran Benang

Selain menentukan kelancaran dalam proses pengolahan benang selanjutnya, perubahan panjang benang akibat tarikan juga berpengaruh terhadap sifat dan mutu bahan kain yang akan dihasilkan. Benang yang mulurnya sedikit akan sering putus pada pengolahan selanjutnya. Sebaliknya benang yang terlalu banyak mulur akan menyulitkan dalam proses selanjutnya. 

Persyaratan Benang

Sumber : http://media.viva.co.id/

Kerataan Benang

Kerataan sebuah benang sangat dipengaruhi oleh kerataan panjang serat, halus kasarnya benang, pengolahan benang, kerataan antihan, serta banyaknya nep.

  • Kerataan Panjang Serat : Semakin halus dan semakin panjang seratnya makin tinggi pula tingkat kerataan benangnya.
  • Halus Kasarnya Benang : Tergantung dari kehalusan serat yang dipergunakan, semakin halus benangnya makin baik kerataannya.
  • Pengolahan Benang : Semakin kasar serat yang dipergunakan maka akan semakin sulit penyetelannya pada mesin, akibatnya  benang yang dihasilkan juga menjadi tidak rata.
  • Kerataan Antihan : Antihan yang tidak rata akan menyebabkan benang yang tidak rata pula.
  • Banyaknya Nep : Semakin banyak nep atau kelompok-kelompok kecil serat yang kusut pada benang akibat pengaruh proses pengerjaan mekanik, akan membuat benang menjadi tidak rata. 

Persyaratan Benang

Sumber : http://www.fineweavetextile.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.