Article

Homepage Article Kain 9 Tips Memilih Baju Jersey…

9 Tips Memilih Baju Jersey Yang Keren Untuk Bersepeda

Dalam melakukan aktifitas olahraga apapun termasuk bersepeda, menggunakan baju jersey yang nyaman jelas menjadi suatu hal penting yang dibutuhkan oleh banyak orang. Maka dari itu untuk mendapatkan kenyamanan saat bersepeda penting bagi anda untuk memilih baju yang tepat baik dari segi bahan, ukuran dan modelnya.

Pengertian Jersey Sepeda

Jersey sepeda merupakan salah satu pakaian atau baju yang dirancang secara khusus untuk olahraga bersepeda. Bagi para pesepeda profesional baju jersey sendiri tidak hanya berfungsi sebagi penutup dan pelindung bagian tubuh namun juga memiliki arti dan fungsi lebih dari sekedar pakaian bersepeda.

Bagi pesepeda profesional, jersey sepeda bisa menjadi salah satu barang kebanggaan apalagi yang mengenakannya adalah team juara. Karena itulah sebagian besar jersey sepeda banyak dibuat dalam kombinasi warna-warni favorit pembalap sepeda yang mengenakannya dan diberi sablon sesuai nama tim klub sepeda.

Sejarah Jersey Sepeda

Dilihat dari sejarahnya, jersey sepeda sendiri awalnya banyak terbuat dari bahan wool dengan penempatan saku di bagian depan dada. Pemilihan wool sebagai bahan jersey sepeda memang dirasa baik dalam kondisi dingin, tapi bahan ini menimbulkan masalah lain yakni terasa panas ketika dikenakan untuk mendaki gunung.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.dmarge.com/

Masalah lain kemudian muncul ketika jersey sepeda menjadi berat ketika dikenakan saat hujan dan membentang karena basah sampai ia terlihat lebih seperti gaun. Untuk menggantikan bahan wool lalu muncullah penggunaan bahan poliester buatan yang selanjutnya merubah pola pengembangan jersey sepeda.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.bikeradar.com/

Berawal dari situ lantas dibuatlah varian bahan poliester seperti kain drifit, kain hyget dan kain lotto yang lebih nyaman digunakan dalam suhu apapun. Kantong saku pada jersey sepeda pun selanjutnya juga dipindahkan ke punggung bawah agar tidak membebani dan mengganggu aktifitas pesepeda.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.dmarge.com/

Fungsi Jersey Sepeda

Saat ini sangat banyak jersey sepeda yang didesain dalam berbagai model dan warna, tetapi pada intinya semua memiliki fungsi yang sama. Beberapa fungsi utama dari jersey sepeda yang perlu anda ketahui diantaranya:

  1. Jersey sepeda menjadi salah satu jenis pakaian yang paling efektif digunakan untuk mengurangi hambatan dari udara atau angin.
  2. Jersey sepeda dirancang sedemikian rupa dari bahan kain yang berpori dengan tujuan untuk mengeluarkan keringat dan mengalirkan udara panas.
  3. Jersey sepeda berguna untuk mengurangi potensi kecelakaan atau cidera lain yang tidak diinginkan saat bersepeda di jalan raya atau offroad.

Kriteria Jersey Sepeda

Untuk memaksimalkan performa dari pesepeda bahan yang digunakan untuk membuat jersey sepeda minimal harus memiliki karakteristik lentur, tidak mudah kusut, mudah menyerap keringat dan terasa sejuk di kulit. Kriteria jersey sepeda yang bagus untuk aktifitas olahraga diantaranya:

  1. Memiliki desain yang keren namun tetap terasa nyaman saat dikenakan. Jersey sepeda sendiri bisa memakai lengan panjang atau lengan pendek.
  2. Jersey sepeda yang baik harus dibuat dari bahan kain yang lentur, berpori, mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik supaya tidak menggangu pergerakan saat bersepeda.
  3. Dilengkapi dengan resleting atau zipper pada bagian depan supaya dapat dibuka ketika tubuh mengalami overheat (kelebihan panas).
  4. Memiliki jahitan yang bagus dan halus untuk menambah kenyamanan selama bersepeda.
  5. Memiliki banyak kantung untuk menyelipkan handuk, handphone, uang maupun barang-barang penting lainnya yang mungkin diperlukan selama bepergian dengan sepeda.
  6. Untuk mengatur hambatan dan meminimalisir gesekan dengan angin jersey sepeda harus dibuat dengan model yang tepat sesuai kebutuhan.
  7. Celana yang dipakai bersepeda akan lebih baik jika dilengkapi dengan padding atau busa pada bagian belakang untuk menopang tubuh agar tidak terkena gesekan kursi sepeda.

Tips Memilih Jersey Sepeda

Berencana untuk membeli jersey sepeda tapi masih bingung harus memilih baju jersey yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih jersey sepeda berikut kami bagikan beberapa tips bisa anda coba.

1. Nyaman Ketika Digunakan

Pertama pilih jersey sepeda yang nyaman digunakan agar anda bisa bergerak lebih leluasa dan tidak merasa terbatasi. Dengan memakai jersey sepeda yang nyaman aktifitas yaang anda lakukan pasti juga akan berjalan dengan baik dan lebih menyenangkan.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.campagnolo.com/

2. Pilih Bahan Yang Tepat

Untuk menunjang aktifitas bersepeda sebaiknya pilih bahan jersey sepeda yang nyaman, mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu keringat yang keluar dari dalam tubuh anda bisa dengan cepat diserap ke luar pakaian.

  • Jersey sepeda hendaknya dibuat dari bahan kain yang lentur dan tidak mengganggu ruang gerak pemakainya.
  • Jersey sepeda yang lentur tidak akan menggangu gerakan saat bersepeda.
  • Selain itu jika modelnya lentur, andapun akan merasa nyaman mengenakannya saat bersepeda.
  • Bahan jersey sepeda yang baik tidak boleh menyimpan dan menahan kelembaban tetapi harus mampu melakukan penguapan dengan baik jadi harus dipilih yang berpori dan memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Bahan kain yang dipilih untuk membuat jersey sepeda minimal harus memiliki daya serap keringat yang bagus dan terasa nyaman saat dipakai.
  • Memberikan efek lebih sejuk dan tidak panas saat digunakan berolahraga.
  • Ringan dan mudah dilipat menjadi kriteria berikutnya yang harus dimiliki bahan jersey sepeda.
  • Bahan jersey sepeda sebaiknya juga tidak mudah kusut agar tampilannya senantiasa terlihat rapi meski digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Terkait dengan bahan kain yang dapat dipakai untuk membuatnya jadi sebenarnya terdapat banyak sekali jenis kain yang biasa dijadikan jersey sepeda, mulai dari kain drifit, kain hyget dan kain lotto.

a. Kain Drifit

Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun. Sebagai bahan pembuatan kaos jersey, kain drifit secara umum tersedia dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda-beda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa:

  • Drifit Mtiis

Drifit mtiss merupakan salah satu jenis kain drifit yang berpori-pori zig-zag dan berkarakteristik halus, sangat lembut, ringan dan mudah menyerap keringat.

  • Drifit Nike

Drifit nike merupakan salah satu varian dri fit yang berpori-pori seperti lubang jarum. Kain ini sangat populer sebagai bahan jersey sepeda maupun jenis pakaian olahraga lainnya.

  • Drifit Polymesh

Drifit polymesh yang juga dikenal dengan drifit wafel merupakan jenis drifit yang bertekstur seperti kue waffle dan cukup elastis.

  • Drifit MU

Drifit MU merupakan varian drifit yang memiliki motif seperti sisik ikan. Kain ini secara umum bersifat sangat ringan dan adem.

  • Drifit Ferrari

Drifit ferrari merupakan jenis drifit yang memiliki pori-pori rapat namun berkarakter ringan dan lembut. Kain ini juga mempunyai daya serap dan stretch yang tinggi.

  • Drifit Sulkul

Kain drifit sulkul yang juga dikenal dengan nama drifit bobin secara umum bertekstur lembut dan sejuk sehingga sangat pas untuk membuat kaos olahraga.

  • Drifit Jala Erbin

Drifit jala erbin memiliki pori-pori seperti lubang jarum dengan tekstur lembut sehingga sangat pas digunakan untuk jenis pakaian olahraga outdoor.

  • Drifit Smash

Drifit smash dikenal sangat baik menangkal sinar UV dan menghalau bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap saat berolahraga.

  • Drifit Wave

Sama halnya seperti drifit smash, kain yang satu ini juga sangat baik dalam menangkal UV dan termasuk anti bakteri.

  • Drifit Rabbit

Terakhir ada kain drifit rhabit yang fungsinya sama dengan drifit wave maupun smash, yakni memiliki anti UV dan anti bakteri. Ketiganya hanya dibedakan dari corak masing-masing saja.

b. Kain Hyget

Kain hyget merupakan sejenis bahan kaos yang dibuat dari campuran polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Bahan hyget terbaik yang banyak digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga yaitu berupa hyget super, hyget serena dan hyget spandek.

c. Kain Lotto

Kain lotto merupakan sejenis kain yang memiliki karakteristik yang halus dan lemas. Pakaian yang dibuat dari kain lotto cocok dipakai untuk semua jenis cuaca, baik dalam suhu panas ataupun lembab karena jenis bahannya yang memiliki daya serap tinggi.

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey sepeda atau pakaian olahraga lainnya?. Sebagai bahan referensi sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto dan Kain Hyget kami Di Sini.

3. Pilih Sesuai Kebutuhan

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya jersey sepeda secara umum memiliki beberapa macam varian, seperti jersey sepeda untuk sepeda gunung dan jersey sepeda untuk sepeda balap. Maka dari itu sebelum anda membeli baju jersey sepeda pastikan terlebih dahulu kegunaannya.

  • Jersey sepeda untuk sepeda balap mengutamakan aerodinamis jadi jersey ini kebanyakan bentuknya lebih fit atau lebih ketat.
  • Sedangkan jersey sepeda gunung biasanya dibuat dengan model yang lebih besar agar badan pesepeda bisa bebas bergerak.

Bila anda mencari jersey untuk sepeda balap pilihlah jersey sepeda yang memiliki bentuk sedikit lebih ketat dan menempel pada tubuh. Jersey sepeda dengan model ini akan memberikan kebebasan tangan untuk bergerak, terutama untuk kegiatan bersepeda jarak jauh.

  • Semakin ketat semakin sedikit hambatan angin yang akan dapatkan selama bersepeda.
  • Jersey yang mengembangg saat dikenakan hanya akan memperlambat perjalanan dan benar-benar menghabiskan sebagian energi.

Bentuk jersey sepeda balap yang baik pada ujungnya (bagian bawah dan lengan) juga harus rapat, untuk menghindari angin masuk ke dalam. Tekanan menembus angin atau melawan angin ketika bersepeda, pada baju sepeda yang tidak baik akan membuat baju menggembung dan seperti parasut.

Jersey Sepeda

Sumber : https://biketoday.news/

4. Perhatikan Desain Jersey Sepeda

Pastikan anda memilih desain jersey yang anda sukai karena hal tersebut dapat mempengaruhi mood anda untuk melakukan aktifitas bersepeda. Yang terpenting usahakan untuk memilih jersey sepeda yang memiliki model cukup panjang jika anda tidak ingin terus menariknya ke bawah saat bersepeda.

  • Jersey sepeda dengan desain yang baik memiliki bagian yang lebih panjang di belakang karena posisi tubuh di sepeda lebih membungkuk bahkan sampai sangat membungkuk.
  • Bagian belakang jersey yang lebih panjang memberikan perlindungan yang lebih maksimal ketika anda membungkuk di sepeda.

Dalam memilih jersey sepeda pikirkan juga tentang panjang lengannya.

  • Lengan jersey sepeda yang lebih panjang bagus untuk melindungi tubuh dari udara dingin atau untuk melindungi tangan dari matahari agar kulit tangan tidak belang.
  • Untuk jersey sepeda yang berlengan pendek sebaiknya selalu digunakan dengan penutup lengan (base layer).

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.campagnolo.com/

5. Pilih Yang Memiliki Resleting

Pilih model jersey sepeda yang dilengkapi dengan ritsleting atau zipper pada bagian depannya, supaya pakaian yang anda kenakan dapat dibuka ketika tubuh anda mengalami over heat (kelebihan panas).

  • Ritsleting penting karena kita bisa menurunkannya atau menaikkannya untuk mengatur jumlah ventilasi yang dibutuhkan tubuh, baik memanaskan atau mendinginkan.
  • Beberapa jersey sepeda ada yang hanya memiliki resleting pendek hingga sebatas dada namun ada juga yang memiliki ritsleting penuh hingga bagian bawah baju.

Satu hal yang harus anda ingat, selalu pastikan bahwa baju jersey sepeda yang anda pilih memiliki ritsleting yang bagus. Baju jersey sepeda yang dirancang baik mempunyai tanda dan penutup ritsleting di ujungnya.

Jersey Sepeda

Sumber : https://biketoday.news/

6. Perhatikan Kantong Jersey Sepeda

Pilih model jersey yang dilengkapi dengan banyak kantong untuk menyelipkan handuk, handphone, uang maupun barang-barang penting lainnya yang mungkin anda butuhkan selama bepergian dengan sepeda. Dengan begitu anda tidak perlu membawa tas yang terlalu besar saat bersepeda.

Jersey sepeda sendiri memiliki ciri khas yakni berupa kantong yang ditempatkan di belakang agar tidak menganggu aktivitas bersepeda dan juga menjamin keamanan dari barang barang yang disimpan. Kantung pada bagian punggung ini berguna untuk menyimpan hal pendukung yang diperlukan selama bersepeda.

Jersey Sepeda

Sumber : https://bikerumor.com/

7. Pilih Celana Yang Memakai Padding

Untuk menopang tubuh agar tidak terkena gesekan kursi terlalu lama sebaiknya pilih celana untuk bersepeda yang dilengkapi dengan padding atau busa pada bagian belakangnya.

Jersey Sepeda

Sumber : http://ncig.com/

8. Perhatikan Jahitan Jersey Sepeda

Sebisa mungkin pilihlah jersey sepeda yang mempunyai jahitan halus untuk menambah kenyamanan selama bersepeda. Sebab jahitan jersey sepeda yang kasar dikhawatirkan akan membuat kulit anda menjadi iritasi.

Beberapa ciri paling khas yang menandai bahwa sebuah baju jersey sepeda memiliki kualitas jahitan yang bagus diantaranya:

  • Jahitan tampak halus dan rapi, tidak melenceng, tidak loncat dan tidak mengkerut.
  • Semakin kecil stik yang digunakan maka semakin halus juga hasil jahitannya.
  • Semakin banyak jumlah kerapatannya jahitannya maka semakin bagus kualitasnya.

9. Pilih Yang Berwarna Cerah

Untuk menjamin keselamatan selama melakukan olahraga sepeda pilihlah jersey sepeda yang berwarna cerah, agar kendaraaan lain dapat melihat anda dan terhindar dari kecelakaan.

Jersey Sepeda

Sumber : https://www.bikeradar.com/

Tips Merawat Jersey Sepeda

Sudah menemukan jersey sepeda yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anda?. Supaya jersey sepeda yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat jersey tersebut dengan cara yang baik dan benar.

Beberapa cara paling mudah yang dapat diterapkan untuk merawat baju jersey sepeda diantaranya:

  1. Disarankan mencuci baju jersey sepeda secara manual jangan menggunakan mesin cuci.
    • Baju jersey sepeda kurang cocok dicuci dengan mesin cuci karena kain drifit memiliki karakter padat dan berpori besar.
    • Supaya lebih awat sebaiknya cuci baju jersey dengan cara manual yakni menggunakan tangan.
  2. Jangan merendam baju jersey yang terlalu lama di dalam air yang dicampur detergen. Untuk mengangkat kotoran yang menempel pada baju jersey waktu perendaman yang disarankan jangan sampai lebih dari 5 menit.
  3. Sebaiknya tidak memeras baju jersey setelah proses pencucian, karena dapat menyebabkan kusut dan membuat sablon kaos menjadi rusak.
  4. Untuk mengeringkan jersey sepeda jangan menjemurnya dibawah terik sinar matahari langsung. Sebagai gantinya anda bisa menjemur jersey sepeda dengan cara diangin-anginkan saja di tempat yang bersih dan tidak terpapar sinar matahari.

Kesimpulan

Dari berbagai tips di atas bisa diketahui hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih jersey sepeda. Satu hal yang perlu diingat untuk mendapatkan kenyamanan saat bersepeda penting bagi anda untuk memilih bahan jersey yang lentur dan mudah menyerap keringat, ukurannya pas badan dan memiliki desain yang menarik.

Semoga artikel yang kami bagikan bisa lebih memudahkan anda dalam memilih baju jersey sepeda yang bagus dan tepat sesuai kebutuhan. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan jersey atau bahan lainnya untuk membuat pakaian anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.