Article

Homepage Article Tenun/Lurik Keistimewaan Kain Tenun…

Keistimewaan Kain Tenun Insana Khas NTT

Kain tenun insana khas NTT dikenal sebagai salah satu jenis kain banyak menonjolkan warna-warna yang cerah dan memiliki makna yang sangat dalam pada budaya setempat. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang keistimewaan kain tenun NTT yang satu ini langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Kain Tenun Insana

Kain tenun insana asal NTT termasuk ke dalam salah satu jenis kain tenun full handmade yang desainnya lebih kontemporer dan memiliki warna-warna yang sangat menarik. Nama Insana ini sendiri diambil dari salah satu kerajaan yang bernama “Insana” yang terletak di Kecamatan Insana, Nusa Tenggara Timur.

  1. Kerajaan Insana berpusat di daerah yang bernama Oelolok.
  2. Wilayah kerajaan Insana terdiri dari perbukitan dan Karst Manamas yang sangat subur.
  3. Pada masa kejayaannya, kerajaan Insana dikenal sangat mengutamakan pendidikan bagi masyarakatnya.

Kain Tenun

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dari segi desain ataupun motifnya kain tenun insana kebanyakan lebih banyak menggunakan motif-motif geometris. Masing-masing motif pada kain tenun inipun merupakan perwakilan dari suku-suku yang mendiami wilayah kerajaan dalam tatanan struktur adat setempat.

Untuk jenisnya tenun insana dapat dibedakan ke dalam dua macam kategori yakni berupa sotis dan buna.

  • Sotis

Tenun sotis banyak menerapkan konsep garis lurus dan konsep pencerminan pada motif tenunannya.

Kain Tenun

Sumber : https://www.researchgate.net/

  • Buna

Tenun buna banyak menerapkan konsep geometris seperti segi empat, garis lurus dan konsep pencerminan.

Kain Tenun

Sumber : https://www.researchgate.net/

Keistimewaan Kain Tenun Insana

Tidak jauh berbeda dengan kain tenun yang diproduksi di daerah lainnya, kain tenun insana secara umum juga memiliki banyak sekali keunggulan yang menjadikannya tampak begitu istimewa.

  • Kain tenun insana memiliki ciri khas berwarna cerah.
  • Kain tenun insana motifnya cenderung bersifat klasik kontemporer.
  • Kain tenun insana memiliki tampilan yang eksklusif dan bernilai seni tinggi.

Pembuatan Kain Tenun Insana

Dilihat dari proses pembuatannya, kain tenun NTT yang satu ini bisa dibilang sangat rumit dan membutuhkan waktu yang panjang karena motif-motifnya dibuat secara manual dengan sistem anyaman tangan.

  • Untuk membuat corak atau ragam hias pada kain benang yang dipakai mula-mula harus terlebih dahulu diwarnai.
  • Setelah diwarnai barulah benang tersebut kemudian ditenun sesuai motif yang dikehendaki.

Bahan yang digunakan untuk membuat kain tenun insana biasanya berupa benang kapas, yang banyak ditanam dan terdapat dalam daerah-daerah kering. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, para pengrajin tenun kini banyak yang menggunakan benang-benang sintesis buatan pabrik.

Terkait dengan bahan pewarna yang digunakan untuk pencelupan benang, para pengrajin tenun insana dulu juga biasa menggunakan pewarna alami. Namun karena ketersediaannya terbatas, sekarang para perajin telah banyak yang beralih menggunakan zat warna kimia (pewarna sintetis).

  • Pewarna Alami

Pewarna alami (natural dyes) merupakan jenis zat warna yang diperoleh dari hasil ekstrak berbagai bagian tumbuhan seperti daun, buah, kulit kayu, kayu, akar, biji dan bunga.

  • Pewarna Sintetis

Pewarna sintetis (synthetic dyes) merupakan jenis zat warna yang dibuat menurut reaksi-reaksi kimia tertentu sehingga sifatnya lebih stabil dan lebih mudah digunakan.

Butuh bahan pewarna sintetis berkualitas dengan harga murah?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Pewarna Sintetis yang kami miliki.

Pemanfaatan Kain Tenun Insana

Dengan tampilannya yang sangat khas yakni berwarna cerah dan memiliki motif yang sangat menawan, kain tenun insana secara pada prinsipnya dapat dimanfaatkan untuk banyak keperluan. Berikut beberapa fungsi kain tenun insana jika dilihat dari sudut pandang budaya.

  • Kain tenun insana dapat difungsikan sebagai sarung, selimut dan selendang.
  • Sebagai pakaian untuk pesta dalam ritual-ritual adat seperti acara kematian, acara adat kawin-mawin dan penjumputan tamu.
  • Sebagai alat penghargaan dan pemberian perkawinan (mas kawin).
  • Sebagai mitos, lambang suku yang dijaga kelestariannya dan dihormati karena menurut kepercayaan suku tertentu.
  • Kain tenun insana dipercaya dapat melindungi pemakainya dari gangguaan alam, bencana, roh jahat dan lain-lain.

Untuk keperluan lain yang lebih luas kain tenun insana dengan warna yang colorfull sangat cocok dijadikan sebagai tas tenun, baju tenun atau aneka sovenir lainnya.

  • Tas Tenun

Kain tenun insana merupakan salah satu jenis kain tenun NTT yang sangat cocok dijadikan sebagai bahan tas tenun karena memiliki karakteristik bahan yang kuat dan motifnya sangat menarik.

Untuk pilihan modelnya, tas tenun yang dibuat dari kain tenun insana sendiri sangat beragam. Mulai dari tas tenun model backpack, tas tenun model rucksack, tas tenun model tote bag hingga tas tenun model sling bag.

Kain Tenun

Sumber : https://www.bukalapak.com/

  • Baju Tenun

Selain dijadikan sebagai bahan tas, kain tenun insana bisa juga dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam pakaian pria dan wanita.

  • Untuk produk pelengkap pakaian pria, kain tenun NTT dapat diaplikasikan sebagai bahan dasar pembuatan kemeja maupun blazer.
  • Sementara untuk pelengkap gaya penampilan wanita, kain tenun NTT dapat dimanfaatkan untuk membuat blus wanita, blazer, dress, gamis dan juga rok yang cantik.

Kain Tenun

Sumber : https://id.pinterest.com/

Ingin membuat kemeja pria, blus wanita dan juga rok sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis maka anda bisa mendownload pola siap pakai dari kami.

  • Souvenir

Tanpa perlu dijahit menjadi tas maupun baju, kain tenun insana yang dijual dalam bentuk lembaran bisa juga dijadikan sebagai souvenir atau buah tangan saat berkunjung ke NTT.

Kain Tenun

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai keistimewaan kain tenun insana, proses pembuatan kain tenun insana lengkap dengan pemanfaatannya dalam ruang lingkup budaya maupun kehidupan masyarakat modern.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis kain tenun lainya yang ada di Indonesia?. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book Teknik Dan Ragam Tenun Ikat yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.