Article

Homepage Article Fashion Design 3 Cara Mudah Melepas Label…

3 Cara Mudah Melepas Label Pakaian Yang Bisa Kamu Coba

Merasa terganggu dengan keberadaan label pakaian yang biasa dipasang di bagian tertentu dari pakaian yang kamu pakai?. Kalau kamu merasa sering kali merasa gatal atau risih dengan keberadaan label pakaian, tidak masalah juga kalau kamu melepas label tersebut lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Label Pakaian

Label pakaian merupakan sebuah obyek yang berisi logo brand, nama brand atau justru keduanya. Untuk menyampaikan suatu informasi agar mudah dimengerti oleh konsumen, label pakaian ini biaanya juga memuat informasi penting terkait dengan spesifikasi produk.

  • Label pakaian biasanya memuat informasi penting seperti merek, ukuran, atau cara perawatan sebuah pakaian atau produk fashion lainnya.
  • Label pakaian biasa dipasang di suatu tempat pada pakaian, misalnya kerah, keliman, kantong dan sebagainya.

Label Pakaian

Sumber : https://www.labelbubble.ca/

Meski memiliki fungsi yang sangat penting pada sebuah pakaian, sayangnya ada beberapa label pakaian yang sering kali membuat kulit gatal lantaran bahannya terlalu kasar atau justru membuatmu seperti iklan berjalan jika keberadaannya bisa terlihat jelas dari luar pakaian jika bahannya memang tipis.

Label Pakaian

Sumber : https://www.greenshieldorganic.com/

Terkait dengan hal tersebut lantas bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membuang label pakaian tanpa merusak kualitas jahitan dan bahan pakaian?. Untuk melepas label pakaian untungnya caranya tidaklah terlalu sulit.

Cara Melepaskan Label Pakaian

Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan label pakaian yang mengganggu.

1. Potong Label Dengan Gunting

Untuk menangani label yang membuat kulit gatal tapi tidak dapat dilepas kamu bisa memotong label tersebut dengan menggunakan gunting yang tajam. Tapi ingat usahakan agar bagian label yang kamu potong sedekat mungkin dengan jahitan sehingga sisa label yang menempel pada pakaian tidak mengganggu.

Untuk label yang bahannya lemas kamu bisa membiarkan sisa potongannya begitu saja, karena setelah dicuci beberapa kali ujung bekas potongan label tersebut kemungkinan akan menjadi lebih lembut dan tidak akan mengganggu kamu lagi.

Label Pakaian

Sumber : https://www.graphicfabrics.com/

Tapi jika label pakaian yang digunakan sedikit kaku dan kasar kamu bisa menutup ujung bekas potongannya dengan menggunakan hemming tape. Caranya yaitu:

  • Siapkan hemming tape yang ukurannya sama persis dengan lebar label dan memiliki perekat di kedua sisinya.
  • Tempatkan hemming tape di bagian bawah label lalu press bagian atasnya dengan menggunakan setrika.
  • Setelah disetrika label secara otomatis akan melekat pada pakaian dan tidak mencuat dari balik jahitan pakaian.

Jika sudah diberi hemming tape tapi ternyata sisa potongan label masih membuat kulitmu gatal, cobalah memasang lebih banyak hemming tape untuk menutupi seluruh pinggiran label.

2. Lepas Dengan Pendedel Benang

Untuk label pakaian yang dijahit di kedua sisinya kamu bisa melepasnya dengan menggunakan pendedel benang. Dalam hal ini pastikan kamu melepasnya dengan hati-hati, agar bahan utama pakaian tidak robek lantaran tergores oleh pendedel benang (seam ripper) yang tajam.

Label Pakaian

Sumber : https://www.ageberry.com/

Cara paling mudah yang bisa kamu coba untuk melepas label pakaian dengan pendedel benang yaitu:

  • Masukkan ujung pendedel yang runcing di bawah benang sampai cekungannya yang tajam memotong benang diatasnya.
  • Dedel beberapa jahitan lagi di baris yang sama dari kanan ke kiri sampai semua jahitan telah lepas kemudian gunakan pinset untuk menarik benangnya.
  • Dengan cara yang sama, ulangi metode tersebut untuk membongkar jahitan pada ujung label pakaian lainnya.
  • Setelah semua benang benar-benar berhasil dilepas dari pakaian sekarang kamu bisa memisahkan label pakaian dengan mudah.

Khusus untuk kamu yang ingin melepas label pakaian dengan pendedal benang lakukan proses ini dengan sangat hati-hati agar bagian ujungnya yang tajam tidak merusak pakaian. Jika diperlukan simpan label tersebut sebagai referensi perawatan pakaian di masa mendatang.

Kalaupun tidak kamu bisa menghafal instruksi perawatan yang tercantum pada label pakaian tersebut atau menuliskannya di tempat yang aman.

3. Merobek Label Pakaian

Khusus untuk pakaian yang dilengkapi dengan label tear away (label sobek) kamu kamu bisa langsung mrobeknya dengan menggunakan tangan. Label tear away sendiri merupakan label terobosan terbaru yang memiliki ciri khas sedikit kasar dan kaku, tapi bisa disobek tanpa menggunakan alat pemotong.

Label Pakaian

Sumber : http://stigmare.com/

Sementara untuk beberapa pakaian yang labelnya tidak mungkin dilepas karena akan merusak pakaian atau label itu sendiri kamu bisa mempertimbangkan beberapa opsi berikut.

  • Tanyakan kepada penjahit apakah mereka dapat membantumu untuk melepas label yang terdapat pada pakaian.
  • Untuk label yang dipasang di lengan baju kamu bisa melipatnya untuk menyembunyikan labelnya.
  • Untuk label pakaian yang ada di saku belakang celana jeans kamu bisa menutupinya dengan kaus panjang atau jaket.
  • Opsi lain kamu juga bisa menutupi label dengan hiasan kecil seperti patch yang bisa ditempel di pakaian dengan cara disetrika.

Kalau kamu terlalu malas untuk melepas label pakaian yang disertakan saat pembelian produk lebih baik langsung pilih saja pakaian yang memang diproduksi tanpa label sehingga menjadi lebih nyaman dipakai bagi konsumen.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk membuang label pakaian tanpa merusak jahitan dan bahan pakaian itu sendiri. Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline. Semoga tips melepas label pakaian yang kami bagikan bermanfaat.

Kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang tips dan trik yang dapat dilakukan dalam menjahit pakaian kamu bisa mendownload E-Book Menjahit yang kami miliki.

Jangan lewatkan juga pembahasan mengenai 7 Jenis Label Yang Biasa Digunakan Pada Produk Garmen dan 5 Sistem Pelabelan Perawatan Yang Umum Digunakan Pada Label Pakaian.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.