Article

Homepage Article Cara Menjahit DIY : Membuat Kreasi Celemek…

DIY : Membuat Kreasi Celemek Makan (Baby Bibs) Dari Bahan Kain

Buat sendiri yuk kreasi celemek makan (baby bibs) yang unik dengan memanfaatkan bahan kain sebagai material utamanya. Selain lebih menghemat pengeluaran, cara ini juga bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan celemek kain yang unik dan berbeda dengan celemek makan (baby bibs) yang biasa dijual dipasaran.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Celemek Makan

Celemek makan (baby bibs) dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis perlengkapan makan yang memiliki fungsi sangat penting yaitu untuk melindungi pakaian bayi atau balita agar tetap bersih serta terhindar dari cipratan noda makanan dan minuman yang mungkin timbul saat mereka baru belajar makan atau minum sendiri.

Kreasi Baby Bibs

Sumber : https://www.madeeveryday.com/

Mengingat pentingnya fungsi dari celemek makan (baby bibs) tersebut, maka penting bagi kamu para ibu yang memiliki buah hati usia bayi atau balita untuk menyediakan beberapa buah celemek makan (baby bibs) jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Cara Membuat Celemek Makan

Terinspirasi untuk membuat kreasi celemek makan (baby bibs) sendiri dengan memanfaatkan bahan kain sebagai material utamanya?. Sebagai referensi berikut kami bagikan panduan umum tentang cara membuat celemek makan (baby bibs) yang bisa kamu ikuti.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat celemek makan (baby bibs) yang memiliki desain sederhana yakni model U pertama-tama siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Kain katun, kain linen, kain polyester, kain nilon atau microfiber sesuai dengan selera kamu.
  • Velcro untuk merekatkan celemek makan (baby bibs).
  • Kertas dan alat tulis untuk membuat pola celemek makan (baby bibs).
  • Metlin atau penggaris untuk mengukur celemek makan (baby bibs).
  • Gunting kain untuk memotong kain sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  • Kapur kain untuk menandai garis jahitan pada kain (opsional).
  • Mesin jahit untuk menjahit / menyatukan bahan celemek makan (baby bibs).

2. Membuat Pola Celemek Makan

Selesai menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah di sebutkan di atas sekarang kamu bisa mulai membuat pola celemek makan (baby bibs) pada kertas yang sudah kamu siapkan.

Dalam pembuatan celemek makan (baby bibs) kali ini kamu bisa menggunakan ukuran berikut sebagai referensinya.

  • Untuk celemek makan bayi usia 5 bulan - 2 tahun, lebarnya bisa dibuat 21.5 cm, panjangnya 27.5 cm, sementara lingkar lehernya 22 cm - 26.5 cm.

Kreasi Baby Bibs

Sumber : https://id.pinterest.com/

  • Untuk celemek makan anak usia 1 tahun - 4 tahun, lebarnya bisa dibuat 23.5 cm, panjangnya 32 cm, sementara lingkar lehernya 26.5 cm - 30.5 cm.

Kreasi Baby Bibs

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Meletakkan Pola Pada Bahan

Letakkan pola celemek makan (baby bibs) pada bahan kain sebagai acuan dalam memotong bahan celemek makan (baby bibs). Untuk menahan posisi pola agar tidak bergeser, sematkan jarum pentul dengan posisi arah kepala jarum menghadap ke dalam sementara bagian kepalanya menghadap keluar.

4. Memotong Bahan Kain

Setelah pola di letakkan diatas bahan kain, sekarang berilah tanda-tanda batas kampuh dengan menggunakan kapur jahit, lalu potong bahan kain sesuai pola yang sudah dibuat dengan menggunakan gunting yang tajam.

Untuk membuat satu buah celemek makan (baby bibs) sendiri setidaknya kamu perlu memotong 2 lembar bahan kain sesuai pola. Dalam hal ini bahan yang kamu pakai untuk membuat celemek makan (baby bibs) keduanya boleh sama atau berbeda.

  • Potong bahan kain mengikuti garis pola yang telah dibuat sebelumnya.
  • Pada waktu dipotong usahakan agar kain tidak terangkat atau diputar.

Hal terpenting yang harus diingat jika kamu ingin membuat celemek makan (baby bibs) dari dua bahan yang berbeda yaitu pilihlah bahan yang tidak terlalu tebal atau bahan yang akan sulit dijahit.

5. Menjahit Celemek Makan

Selesai melakukan pemotongan bahan, sekarang kamu tinggal menjahit potongan-potongan bahan kain tersebut hingga membentuk celemek makan (baby bibs) yang cantik.

  • Tumpuk potongan bahan kain untuk dengan posisi bagian baik keduanya saling berhadapan.
  • Jahit sekeliling bahan kain sesuai batas kampuh dengan tetap menyisakan sedikit celah untuk membaliknya.
  • Potong sedikit bagian kampuh kain dengan gunting zig-zag lalu balik bahan kain agar bagian baiknya berada di luar lalu rapikan sambungannya.
  • Jika sudah sekarang tindas sepanjang tepi bahan kain dengan pola jahitan berbentuk lurus untuk menutup celah dan memberikan tampilan akhir yang bagus.

Kreasi Baby Bibs

Sumber : https://www.madeeveryday.com/

6. Memasang Velcro

Sekarang potong velcro dalam ukuran kecil (misal 1 cm x 2 cm), lalu pasang satu bagian velcro ke area leher belakang celemek makan (baby bibs) dan bagian velcro lainnya ke sisi yang berlawanan. Dengan kata lain jahit satu bagian ke lapisan depan satu lagi ke lapisan belakang.

Kreasi Baby Bibs

Sumber : https://www.madeeveryday.com/

7. Penyelesaian Akhir

Setelah kegiatan menjahit selesai dilakukan proses selanjutnya lakukan inspeksi untuk mengecek ada tidaknya jahitan yang terbuka, teknik jahit yang salah, benang yang tidak cocok dan benang yang kusut karena hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas produk.

Selain menerapkan sejumlah cara sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa membuat kreasi celemek makan (baby bibs) yang tidak kalah unik dan menarik yakni celemek makan (baby bibs) yang dilengkapi dengan bisban di sekelilingnya.

Untuk membuat celemek makan yang satu ini kamu bisa mengukuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama siapkan dua lembar bahan kain yang sudah dipotong sesuai pola (tanpa adanya tambahan kampuh).
  • Tumpuk kain menjadi satu dengan posisi bagian buruk keduanya saling berhadapan kemudian jahit sekelilingnya dengan pola jahitan berbentuk lurus.
  • Jika sudah sekarang pasang bisban pada sekeliling celemek makan (baby bib) supaya tampilannya menjadi tampak makin manis dan rapi.
  • Bisban sendiri merupakan sepotong kain kecil atau pita panjang yang berfungsi untuk penutup pinggiran celemek kain.
  • Selain melengkapi suatu penyelesaian jahitan, bisban sebenarnya juga memiliki fungsi dekoratif.

Kreasi Baby Bibs

Sumber : https://www.madeeveryday.com/

  • Sebagai penyelesaian akhir, pasang velcro yang dipotong dalam ukuran kecil (misal 1 cm x 2 cm) pada area leher belakang celemek makan (baby bibs).

Kreasi Baby Bibs

Sumber : https://www.madeeveryday.com/

Simak juga Tutorial Membuat Bisban dan Teknik Menjahitnya Yang Mudah Untuk Anda Praktekkan.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa langkah sederhana yang bisa kamu terapkan untuk membuat celemek makan (baby bibs). Selamat mencobanya di rumah sahabat Fitinline, semoga informasi yang kami bagikan lebih memudahkan kamu untuk membuat kreasi celemek makan (baby bibs) yang tidak kalah unik dan menarik ya.

Butuh bahan kain katun dan kain linen berkualitas dengan harga murah untuk membuat celemek makan (baby bibs)?. Sebagai bahan pertimbangan intip koleksi Kain Katun dan Kain Linen yang kami miliki yuk. 

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.