Article

Homepage Article Kain Tekstil 18 Jenis Kain Berbahan Dasar…

18 Jenis Kain Berbahan Dasar Polyester dan Pemanfaatannya Untuk Kebutuhan Sandang

Butuh bahan kain berkualitas tinggi yang nyaman digunakan untuk pakaian seragam, jaket, kaos ataupun jenis pakaian lainnya?. Bila anda menginginkan pakaian yang anti kusut maka sangat disarankan untuk memilih bahan kain yang memiliki kandungan polyester. Walau mudah terbakar serat kain ini cukup terkenal sangat kuat lho.

Pengertian Polyester

Polyester dapat didefinisikan sebagai salah satu jenis bahan buatan yang secara spesifik diperoleh melalui proses kimia polimerisasi ethylene glycol dengan asam tereftalat. Walau mudah terbakar di suhu tinggi, serat polyester sebenarnya terkenal sangat kuat bila dibandingkan dengan serat alam maupun serat industri yang lain.

Khusus di industri tekstil pemanfaatan serat polyester sendiri bisa dibilang sangatlah luas. Sebab selain dijadikan kain berbahan 100% polyester, serat ini sebenarnya juga dapat dicampurkan dengan serat lainnya untuk menciptakan bahan kain yang tidak mudah kusut, tidak mudah menyusut dan tahan terhadap berbagai jenis bakteri.

Jenis-Jenis Kain Polyester

Terkait dengan jenis kain yang biasa digunakan untuk keperluan sandang, berikut beberapa contoh kain berbahan polyester yang umum ditemui di pasaran. Kalau sahabat Fitinline kebetulan sedang bingung mencari bahan kain yang cocok untuk membuat seragam, jaket maupun jenis pakaian lainnya anda bisa memilih salah satu kain berikut.

Kain PE

Kain PE merupakan kain yang bahan utamanya adalah serat polyester hal ini biasanya dibuktikan dengan label “100% Polyester”. Dengan sifat tahan kusut dan dimensinya yang stabil, kain PE alias bahan kain polyester umumnya lebih banyak digunakan untuk bahan pembuatan jaket, celana, kaos, kemeja, jilbab, seragam kerja, jas, dasi dan lain sebagainya.

Kain Polyester

Sumber : https://www.alibaba.com/

Sebagai bahan pembuatan seragam, kemeja ataupun jaket, bahan kain polyester dapat dikelompokkan kedalam jenis low twist ataupun high twist. Bahan tersebut kemudian diproses lebih lanjut untuk menghasilkan kain berkualitas tinggi yang memiliki sifat unggul seperti breathable, anti air (water repellent), anti noda, minyak dan sejenisnya.

Kain Polyester

Sumber : https://www.affordableschoolwear.com/

Kain Lacoste

Kain lacoste termasuk ke dalam salah satu jenis bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kaos berkerah alias polo shirt, kain ini umumnya memiliki pola rajutan dengan tekstur pori-pori berbentuk bulat, kotak-kotak ataupun segitiga. Nama Lacoste sendiri sebenarnya di ambil dari brand pakaian ternama asal Perancis yakni Lacoste.

Kain Polyester

Sumber : https://www.lacoste.com/

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya kain lacoste sebenarnya dapat diklasifikasikan ke dalam tiga macam varian, yakni berupa kain lacoste pique, kain lacoste PE dan kain lacoste CVC. Penjelasan lengkap mengenai ketiga jenis kain tesebut bisa anda lihat kembali pada pembahasan mengenai 3 Jenis Kain Lacoste Yang Bagus Untuk Membuat Polo Shirt.

Kain Spandek

Spandek merupakan sejenis bahan kain elastis (stretch) yang terbuat dari polimer seperti nilon atau  bahan polyester. Sebagai serat yang memiliki tingkat elastisitas sangat tinggi, spandek sebenarnya tidak dapat berdiri sendiri menjadi sebuah bahan kain, tetapi harus dikombinasikan dengan serat lain seperti katun, rayon atau serat lainnya.

Kain Polyester

Sumber : https://www.walmart.com/

Sama halnya dengan bahan kain lain yang juga banyak digunakan di industri konveksi, bahan spandek ini sebenarnya juga memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang ditawarkan bahan spandek secara sederhana dapat digambarkan sebagai berikut.

  1. Bahan spandek memiliki daya elastisitas yang sangat baik, karena bisa mengikuti bentuk tubuh.
  2. Nyaman saat digunakan dan tidak membatasi ruang gerak orang yang memakainya.
  3. Bahan spandek memiliki kemampuan untuk mempertahankan ukuran aslinya, sehingga apabila diregangkan juga tidak akan mudah rusak.
  4. Bahan spandek tahan terhadap sinar UV, alkali serta asam, keringat, suntan lotion (sejenis lotion untuk menggelapkan kulit) dan air laut.
  5. Bila bahan spandek digunakan dan dicuci dengan cara yang tepat maka tidak akan mudah berkerut.

Kain Paragon

Kain paragon merupakan sejenis bahan kaos dari keluarga bahan kain polyester yang biasa digunakan sebagai kostum olahraga bagi para pecinta basket. Tetapi tidak sedikit juga yang menggunakan bahan ini untuk membuat kostum bola.

  1. Sebagai bahan pakaian olahraga, kain paragon umumnya memiliki permukaan yang halus seperti kapas dan mengkilap.
  2. Bahan paragon banyak dimanfaatkan untuk membuat kaos dengan sistem pre order sehingga sangat jarang dijumpai di pasaran.
  3. Karena termasuk kedalam jenis kain high end dan high cost untuk sablonnya setelan kaos basket  yang dibuat dari bahan ini umumnya dijual dengan harga yang sangat mahal.

Kain Polyester

Sumber : https://www.promatsolutions.com/

Kain Satin

Kain satin merupakan salah satu kain berbahan lembut yang ditenun dengan menggunakan metode “satin weave” atau teknik tenun satin sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap atau halus pada salah satu sisinya sementara pada sisi lainnya cenderung lebih kasar dan kusam. Selain nyaman digunakan kain satin juga tampak elegan.

Kain Polyester

Sumber : https://www.fabricwholesaledirect.com/

Khusus di industri sandang aplikasi kain satin sendiri bisa dikatakan cukup banyak. Bisa untuk pakaian pesta (dress), pakaian tidur (piyama atau kimono/robe), hanbok, blus atau kemeja wanita, jaket satin bisbol, celana pendek atletik dan dasi. Kin satin juga lazim digunakan dalam produksi sepatu pointe yakni semacam sepatu untuk balet.

Kain Polyester

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis kain satin yang biasa digunakan untuk membuat produk pelengkap sandang?. Simak kembali pembahasan mengenai 12 Jenis Kain Satin dan Pemanfaatannya Pada Produk Pakaian Hingga Aksesoris Wanita.

Kain TC

Kain TC (teteron cotton) merupakan sejenis kain untuk seragam sekolah yang diperoleh dari kombinasi katun dan polester dengan komposisi 35% katun dan 65% bahan polyester. Kain TC ini pada prinsipnya bisa dibedakan dalam beberapa variasi yakni berupa TC Nyonya, TC Golden, TC Dakron dan TC Kijang.

Kain Polyester

Sumber : https://shopee.co.id/

Berdasarkan mutu bahannya, kain TC dakron termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki tingkat kehalusan dan kenyamanan yang paling bagus dibanding jenis TC lain. Selain itu ada juga kain TC yang sudah berbentuk motif kotak-kotak atau corak tertentu. Kain ini biasa digunakan sebagai rompi di beberapa Sekolah Dasar (SD).

Kain Chiffon

Kain chiffon atau sifon merupakan kain berbahan serat sintetis yang terbuat dari sutra, katun, nilon,  bahan polyester atau rayon sehingga memiliki permukaan yang senderung halus dan transparan. Kata sifon sendiri sebenarnya diambil dari bahasa Perancis bukan Inggris, yakni chiffon yang memiliki arti pakaian.

Kain Polyester

Sumber : https://silkfabric.net/

Beberapa ciri paling khas yang membedakan kain chiffon dengan bahan kain yang lain diantaranya:

  1. Kain chiffon bersifat tipis dan agak menerawang sehingga membutuhkan tambahan puring saat digunakan sebagai bahan pakaian.
  2. Jika dipegang permukaan chiffon akan terasa licin dan seratnya cenderung halus.
  3. Karena licin bahan chiffon ini menjadi agak susah untuk di bentuk.
  4. Pakaian yang terbuat dari bahan chiffon secara keseluruhan memiliki tampilan yang jatuh dan terkesan cantik.

Kain Hyget

Kain hyget dapat dikategorikan ke dalam jenis kain spandek dimana kain ini memiliki tingkat elastisitas yang tinggi. Dipasara bahan hyget sendiri juga terdiri atas beberapa macam varian diantaranya hyget tipis, hyget biasa, hyget super, hyget balon dan hyget serena. Kain ini kebanyakan digunakan untuk kaos kampanye dan juga jersey olahraga.

Kain Polyester

Sumber : https://localindoo.blogspot.com/

Kain Drill

Bahan kain drill merupakan sejenis kain yang diperoleh dari campuran katun dan bahan polyester. Semakin tinggi kandungan katunnya maka harganya cenderung semakin meningkat. Dalam industri tekstil bahan kain drill ini pemanfaatannya bisa dibilang sangat luas, bisa untuk seragam kantor, pakaian kerja lapangan, jas, blazer dan lain sebagainya.

Kain Polyester

Sumber : https://www.ebay.com/

Berdasarkan desain dan kegunaannya bahan kain drill sendiri biasanya dapat dijumpai dalam berbagai macam varian. Kualitas dan harga bahan kain drill menyesuaikan dengan bahan dasarnya, semakin banyak kadar katunnya maka harganya semakin mahal, semakin banyak kadar katunnya seragam yang dihasilkan bisa lebih nyaman ketika dipakai.

Kain Polyester

Sumber : https://www.fcuniforms.com/

Butuh bahan kain drill berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian seragam?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi kain seragam kami Di Sini.

Kain Fleece

Bahan kain fleece merupakan salah satu bahan kain tekstil yang paling sering digunakan untuk membuat jaket, sweater, jumper dan berbagai jenis pakaian penghangat tubuh lainnya. Berasarkan komposisi bahannya kain yang memiliki permukaan berbulu seperti wool ini dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni fleece katun dan fleece polyester.

Kain Polyester

Sumber : https://www.patagonia.com/

Beberapa keunggulan yang ditawarkan bahan kain fleece diantaranya:

  1. Permukaan bahan kain fleece terbilang sangat lembut, bahkan bisa dikatakan paling lembut diantara kain tebal yang lain seperti wool.
  2. Serat bahan kain fleece yang didesain sedemikian rupa memungkinkan sirkulasi udara yang baik untuk menjaga suhu tubuh agar berada dalam keadaan normal saat cuaca sedang panas.
  3. Karakteristik bahan kain fleece yang cenderung bersifat elastis menjadikan produk pakaian yag dibuat dari bahan ini dapat dilipat menjadi sangat kecil dan sangat mudah di bawa kemana-mana.

Kain Velboa

Kain velboa merupakan jenis kain yang memiliki ciri-ciri permukaan berbulu pendek seperti beludru dan sangat halus ketika disentuh. Teksturnya yang halus, lembut dan tidak mudah rontok menjadikan kain velboa sebagai salah satu bahan kain berkualitas yang paling banyak dicari untuk pembuatan bantal, pelapis sofa hingga boneka.

Kain Polyester

Sumber : https://www.alibaba.com/

Kain Ripstop

Ripstop merupakan sejenis kain yang diperoleh dari pencampuran bahan polyester, kapas, sutra, polypropylene serta nilon dengan konten terbatas pada benang crosshatched yang membuatnya tahan air. Sebagai bahan yang bersifat kedap air, ripstop sangat cocok digunakan untuk membuat tas atau koper, goodybag, jaket, hingga seragam tentara militer.

Kain Polyester

Sumber : https://www.amazon.com/

Kain Parasut

Kain parasut pada dasarnya termasuk ke dalam jenis kain yang dibuat dari bahan sintetis. Dilihat dari bahan baku pembuatnya bisa dibilang bahwa kain parasut ini cenderung panas saat digunakan dibawah terik matahari. Meski demikian untuk parasut yang memiliki coating anti air sangat cocok digunakan untuk menahan guyuran air ketika hujan.

Kain Polyester

Sumber : https://www.indiamart.com/

Mau tahu lebih banyak lagi tentang jenis-jenis kain parasut yang biasa dipakai untuk  pembuatan jaket?. Simak kembali pembahasan mengenai Jenis-Jenis Kain Parasut Untuk Jaket Berikut Lengkap Dengan Cara Perawatannya.

Kain Lotto

Kain lotto disebut demikian karena mengikuti nama yang dipakai merek terkenal Lotto, padahal sebenarnya material yang dipakai merupakan sejenis bahan jersey, bahan polyester, atau campuran dari keduanya. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik kain lotto sangat cocok dipakai untuk membuat sweater atau pakaian yang berbau sporty.

Kain Polyester

Sumber : https://www.merchantoftennis.com/

Kain Diadora

Kain diadora merupakan bahan kain yang memiliki karakteristik sama dengan bahan yang digunakan oleh Perusahaan Sport merek Diadora, sehingga oleh orang Indonesia kain tersebut juga lebih dikenal sebagai bahan diadora. Khusus untuk pelengkap kebutuhan sandang kain diadora sering dijumpai pada jaket sporty atau training olahraga.

Kain Polyester

Sumber : https://www.babyshop.com/

Kain Adidas

Kain adidas merupakan salah satu jenis kain poliester yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan pakaian olahraga seperti jersey, baju training ataupun jaket olahraga. Sama seperti Lacoste penamaan jenis-jenis kain ini diambil dari nama perusahaan atau teknologi yang mempopulerkan penggunaan bahan tersebut untuk produk mereka.

Kain Polyester

Sumber : https://www.graffitishop.net/

Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan kain adidas dengan bahan pakaian olahraga yang lainnya yaitu:

  1. Kain adidas sebenarnya memiliki karakteristik sedikit tebal.
  2. Permukaan bagian depannya halus dan bagian dalamnya tidak berbulu.
  3. Kain adidas terbilang cukup elastis dan cenderung hangat.
  4. Ketika dipakai kain ini juga memiliki daya serap keringat yang baik meski hanya sedikit.
  5. Sampai saat ini kain adidas biasanya dipakai juga untuk membuat celana olahraga untuk seragam sekolah.

Kain Drifit

Kain drifit merupakan bahan jersey olahraga yang terbuat dari serat bahan kain polyester, nilon dan campuran katun. Dibandingkan dengan bahan kaos lainnya kain drifit pada dasarnya mempunyai banyak kelebihan karena bahannya cenderung ringan, sejuk, mudah di cuci, cepat kering dan ketika di pakai mudah untuk menyerap keringat.

Kain Polyester

Sumber : https://maestrojersey.com/

Tidak jauh berbeda dengan bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, kain drifit ini pada prinsipnya juga dapat dijumpai dalam berbagai jenis dan varian. Simak kembali pembahasan mengenai 10 Jenis Kain Drifit Terbaik Yang Bisa Anda Pilih Untuk Membuat Jersey Olahraga kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang penjelasan lengkapnya.

Kain Polyester

Sumber : https://www.loofes-clothing.com/

Sekalipun variasi kainnya cukup banyak, pakaian yang dibuat dari bahan kain drifit umumnya akan tetap membuat penggunanya merasa sangat nyaman dan mudah bergerak saat melakukan aktivitas lho. Terlebih lagi bahan drifit ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat mengontrol kondisi keringat ditubuhnya.

  1. Pakaian dengan bahan drifit umumnya memiliki karakteristik yang sangat lentur meski sifat kainnya lumayan tebal.
  2. Kain drifit juga dikenal mudah kering dan sangat sejuk bila digunakan ketika cuaca panas.
  3. Bahannya tebal sehingga kuat dan tahan lama ketika terkena gesekan.
  4. Kain drifit dikenal memiliki pori-pori kain yang lumayan besar, dimana fungsi utama dari pori-pori ini adalah untuk mengalirkan keringat agar menguap dengan cepat. Hal inilah yang membuat kain dry fit semakin populer dikalangan para atlet olahraga dan sport apparel.

Butuh bahan Kain Lotto, Kain Diadora, Kain Adidas, Kain Drifit dan Kain Fleece berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleki kain kami Di Sini.

Kain Scuba

Kain scuba yang di kenal dengan nama lain neoprene termasuk kedalam salah satu jenis kain berserat halus dan lembut yang biasa dipergunakaan sebagai bahan pakaian selam dan kegiatan lain yang dilakukan di wilayah perairan. Kain ini biasanya memiliki tingkat ketebalan yang sangat beragam sekitar 1-3 mm atau tergantung dari produksi pabrik.

Kain Polyester

Sumber : https://www.indiamart.com/

Dibandingkan  dengan bahan kain pada umumnya, bahan kain scuba pada perinsipnya juga memiliki karakteristik yang sangat khas yakni:

  1. Tekstur bahan kain scuba terkenal sangat halus dan lembut.
  2. Bahan kain scuba kuat dan tahan terhadap air.
  3. Kedap udara, tahan terhadap air laut, tahan terhadap bahan kimia dan api.
  4. Tahan terhadap noda, mudah kering dan terasa spoingy (empuk).
  5. Bahan kain scuba tebal dan sangat elastis dan tidak mudah kusut.
  6. Selain digunakan sebagai bahan pakaian selam, bahan kain scuba juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pakaian surfing atau selancar air.

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa jenis bahan kain polyester yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran. Seiring perkembangan teknologi dan kebuthan manusia bukan tidak mungkin jika kedepannya akan terus bermunculan jenis-jenis bahan kain polyester lainnya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.