Article

Homepage Article Fashion Muslim 5 Hal Yang Harus Diperhatikan…

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Sajadah Travel

Berencana untuk membeli sajadah travel dalam waktu dekat tapi masih bingung harus memilih jenis sajadah yang seperti apa?. Biar tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa hal penting yang layak anda pertimbangkan dalam memilih sajadah travel.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sajadah Travel

Sajadah travel termasuk ke dalam jenis sajadah yang sangat populer di kalangan pekerja kantoran maupun orang-orang yang sering melakukan aktifitas traveling. Selain lebih praktis, sajadah ini biasanya banyak disukai karena mudah dilipat dan dibawa ke mana-mana.

Sebagai salah satu perlengkapan penting yang diperlukan saat shalat, sajadah travel sendiri umumnya banyak diciptakan dari berbagai variasi warna, ukuran serta bahan yang berbeda dan dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya.

Tips Memilih Sajadah Travel

Untuk menunjang kenyamanan aktifitas ibadah shalat berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih sajadah travel.

1. Ukuran Sajadah

Sesuaikan ukuran sajadah dengan kebutuhan anda. Dalam hal ini anda bebas mau memilih sajadah yang berukuran besar ataupun kecil.

  • Sajadah Mini

Sajadah travel dengan ukuran mini atau ukuran kecil cenderung lebih praktis dan hemat ruang penyimpanan.

  • Sajadah travel ukuran kecil biasanya memiliki ukuran yang tidak jauh beda dengan ukuran Sajadah Anak.
  • Karena ukurannya terbatas, sajadah travel ini hanya muat untuk alas bersujud.

Sajadah Travel

Sumber : https://www.lazada.co.id/

  • Sajadah Full Size

Sajadah besar yang dapat disebut juga sebagai sajadah full size bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi anda dari najis.

Sajadah Travel

Sumber : https://www.bhinneka.com/

2. Bahan Sajadah

Pilih yang bahannya ringan dan mudah dilipat ketika dibawa kemana-mana. Dengan begitu perjalanan dan liburan anda akan jadi lebih menyenangkan tanpa perlu ribet membawa barang bawaan yang berat dan besar.

3. Corak dan Warna Sajadah

Tentukan pula seperti apa corak dan warna sajadah travel yang paling cocok dengan selera anda. Selain dibuat dengan corak bernuansa Islami seperti masjid dan Ka’bah, kini ada juga sajadah travel dengan motif yang lebih modern seperti corak geometri dan bunga.

Dalam memilih sajadah travel pastikan coraknya tidak melenceng dari ajaran Islam.
Perhatikan pula paduan corak dan warna sajadah agar tidak mengganggu konsentrasi anda dan orang di sekitar saat beribadah.

Sajadah Travel

Sumber : https://shopee.co.id/

Untuk pilihan warnanya, sajadah travel dengan warna dominan gelap biasanya lebih banyak disukai karena tidak gampang kotor. Tapi kalau anda mau memakai sajadah dengan warna cerah pun sebenarnya tidak jadi masalah.

Sajadah Travel

Sumber : https://www.blibli.com/

Buat anda yang lebih suka memakai sajadah polos, anda bisa memilih sajadah travel dengan warna tertentu seperti hijau, biru atau warna lain yang menenangkan. Pemilihan warna yang tepat pastinya akan membuat anda lebih berkonsentrasi saat beribadah.

Sajadah Travel

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Aksesoris Sajadah

Dalam memilih sajadah travel pertimbangkan pula ada tidaknya aksesoris tambahan seperti halnya tas atau pouch yang biasa dijual sepaket dengan tas kecil sebagai tempat untuk menyimpan sajadah.

Sajadah Travel

Sumber : https://prinkadipa.com/

Kalau mau lebih praktis lagi anda bisa juga memilih sajadah travel yang dijahit menyatu dengan pouch berukuran kecil. Jadi setelah dipakai anda bisa melipat / menggulung sajadah lalu memasukkannya ke dalam pouch dengan cara mudah.   

Sajadah Travel

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Cara Perawatan

Berikutnya pilih sajadah yang mudah dibersihkan bila tanpa sengaja terkena tumpahan makanan atau minuman. Dengan begitu anda pun bisa dengan mudah membersihkan sajadah tanpa perlu repot.

6. Jahitan Sajadah

Berikutnya pilih sajadah dengan kualitas jahitan tapi yang rapi. Kualitas jahitan sajadah yang bagus biasanya tampak halus, rapi, tidak bertumpuk, tidak melenceng dan tidak mengkerut.

Terkait dengan bahan kain yang dapat digunakan untuk membuatnya sajadah travel sendiri pada prinsipnya dapat dibuat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda. Beberapa bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis kain yang lembut dan sejuk saat dipakai.

  • Bahannya yang lembut dan tidak kaku menjadikannya mudah dilipat dan disimpan di dalam tas.
  • Namun karena kain ini tergolong mudah menyerap air jadi kurang cocok dibawa bepergian di musim hujan.
  • Kain Beludru

Kain beludru merupakan sejenis bahan kain yang memiliki permukaan berbulu bulu halus sama rata. Kain ini memiliki karakteristik yang sangat khas yakni lembut dan nyaman dipakai, jadi sangat cocok digunakan sebagai bahan sajadah travel.

  • Kain Satin

Selain katun dan kain beludru, kain satin yang memiliki karakteristik licin dan mengkilap bisa juga dipakai untuk membuat sajadah travel.

  • Kain satin yang mengkilap membuat tampilan sajadah yang dihasilkan jadi terlihat lebih elegan.
  • Sajadah berbahan satin juga lebih tipis, mudah dilipat dan ringan untuk dibawa-bawa.

Khusus untuk pembuatan sajadah, kain satin ini biasa dikombinasikan dengan ftur anti selip supaya tidak mudah bergeser atau tertiup angin. Dengan begitu anda pun bisa tetap beribadah dengan nyaman saat menggunakannya.

  • Kain Taslan

Selanjutnya ada kain taslan yang lembut, ringan dan anti air. Kain ini umumnya dikenal sebagai bahan yang eksklusif karena memiliki kerapatan serat yang tinggi.

  • Kain taslan diproduksi menggunakan teknologi canggih, yakni nanoteknologi jadi bisa tahan di segala cuaca.
  • Karakteristik kainnya yang lembut, ringan dan anti air sangatlah menguntungkan.
  • Sajadah yang dibuat dari kain taslan juga mudah dibersihkan dan proses pengeringannya tidak memakan waktu lama.

Khusus untuk pembuatan sajadah, kain taslan sendiri biasanya dipakai untuk lapisan atas, sementara bagian bawahnya memakai kain parasut diamond dan kain parasut honey cons yang dilengkapi dengan coating bening.

Simak juga pembahasan mengenai 2 Macam Kain Parasut Terbaik Untuk Membuat Sajadah.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah hal penting yang wajib anda perhatikan dalam memilih sajadah travel. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan sajadah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan membawa sajadah sendiri saat bepergian, intensitas penggunaan barang-barang secara bersama bisa dikurangi dan resiko tertular berbagai jenis virus maupun penyakit bisa diminimalisir semaksimal mungkin terlebih di masa pandemi Covid-19 sekarang.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat sajadah travel?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.