Article

Homepage Article Kain Tekstil 9 Jenis Kain Kanvas Yang…

9 Jenis Kain Kanvas Yang Biasa Digunakan Sebagai Bahan Tas Lengkap Dengan Cara Merawatnya

Suka mengoleksi berbagai macam model tas yang dibuat dari kain kanvas?. Sebagai salah satu tas ramah lingkungan yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan sebagian besar tas kanvas umumnya terkenal sangat awet dan tahan lama lho. Semakin bagus kualitas bahannya semakin kuat pula tas yang didapatkan.

Definisi Tas Kanvas

Sesuai dengan namanya, jadi yang dimaksud dengan tas kanvas itu sebenarnya merupakan sejenis tas yang dibuat dari bahan dasar kain kanvas. Tidak hanya dibuat dalam bentuk polos tapi beberapa tas kanvas ada pula yang dibuat dari kain yang bermotif, bahan kain yang dilukis, hingga model costum. 

Tas Kanvas

Sumber : https://id.pinterest.com/

Dibandingkan dengan tas yang dibuat dari bahan lain, tas kanvas umumnya memiliki banyak keunggulan terutama dari segi kekuatannya. Tampilannya yang terkesan fashionable juga sangat sesuai bila digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari seperti berbelanja, kuliah atau sekedar jalan-jalan.

Tas Kanvas

Sumber : https://www.yesstyle.com/

Untuk model tasnya sampai saat ini bahan kanvas banyak dibuat dalam bentuk carrier, daypack, backpack, rucksack, totebag dan model tas yang serupa. Selain memiliki nilai fungsional masing-masing tas tersebut umumnya juga dapat digunakan sebagai penunjang gaya penampilan.

  1. Tas carrier merupakan tas yang biasa dipakai oleh para pendaki atau traveler untuk membawa barang banyak dan berat.
  2. Tas model daypack memiliki fungsi hampir sama dengan tas carrier hanya saja ukuran dari tas ini jauh lebih kecil.
  3. Backpack termasuk ke dalam jenis tas punggung yang juga banyak dibuat dari bahan kanvas. Tas ini biasanya dilengkapi dengan resleting sebagai penutup.
  4. Selain backpack ada juga jenis tas punggung yang dikenal dengan nama rucksack. Tas ini umumnya memiliki penutup tali dan menggunakan sistem serut.
  5. Totebag merupakan salah satu jenis tas jinjing berbentuk kotak yang paling cocok dipakai sebagai tas belanja.

Kain Kanvas Untuk Tas

Secara fisik kain kanvas yang biasa digunakan untuk membuat berbagai macam model tas pria dan tas wanita umumnya memiliki tekstur yang sedikit kasar, tebal dan kaku sehingga tas yang dibuat dari bahan dasar kain kanvas akan terlihat sangat kokoh, kuat dan terkesan cukup berkelas.

Meski variasi kanvas yang ada di pasaran ada lumayan banyak tapi anda juga harus tahu bahwa tidak semua jenis kain kanvas tersebut bisa dipakai untuk tas lho. Hanya kain kanvas pilihan dengan kualitas terbaik yang dapat digunakan untuk memproduksi tas pria dan tas wanita.

Beberapa jenis kain yang dimaksud diantaranya kain kanvas blacu, kain kanvas marsoto, kain kanvas ring, kain kanvas infinity, kain kanvas terpal, kain kanvas sueding, kain kanvas PE serta kain kanvas motif. Tapi kalau anda ingin mendapatkan tas kanvas yang tampilannya terlihat lebih premium anda bisa menggunakan kain baby kanvas.

Kain Kanvas Blacu

Kain kanvas blacu memiliki karakteristik cukup kasar karena pada dasarnya jenis kain kanvas ini adalah jenis kain unfinished atau biasa disebut grey. Dari segi harga kain kanvas blacu ini bisa dibilang relatif murah dan dapat juga dikategorikan kedalam bahan kanvas yang paling rendah kualitasnya.

Tas Kanvas

Sumber : http://rumahkanvas.blogspot.com

Kain Kanvas Marsoto

Kain kanvas marsoto merupakan jenis kain kanvas yang terbilang cukup kuat dan tidak mudah robek. Ciri khas paling menonjol yang membedakan kain kanvas marsoto dengan kain kanvas jenis lainnya yaitu berupa bintik-bintik pada permukaan kanvas marsoto yang menyerupai tekstur kain cordura.

Tas Kanvas

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Kain Kanvas Ring

Kain kanvas ring memiliki karakteristik yang sedikit lebih tipis dan tidak kaku jika dibandingkan dengan kain kanvas marsoto. Karakteristiknya yang kuat, awet dan tahan lama menjadikan kain kanvas ring sangat cocok dipakai untuk membuat tas pria maupun tas wanita.

Tas Kanvas

Sumber : http://kimiababy.blogspot.com/

Kain Kanvas Infinity

Kain kanvas infinity sebenarnya merupakan jenis kain kanvas yang biasa digunakan untuk keperluan upholstery seperti sofa namun pada perkembangannya kain ini juga mulai digunakan sebagai bahan tas. Selain unik tas yang dibuat dari kanvas infinity ini umumnya juga lebih awet dan kuat.

Tas Kanvas

Sumber : https://fitinline.com/

Kain Kanvas Terpal

Kain kanvas terpal termasuk ke dalam golongan kain kanvas yang memiliki karakteristik tebal, kuat, tidak mudah robek dan tahan terhadap suhu yang tinggi. Kain kanvas terpal sendiri terdiri atas berbagai macam varian, ada yang bersifat semi-waterproof hingga yang tidak tembus air (waterproof).

Tas Kanvas

Sumber : https://www.indonetwork.co.id/

Kain Kanvas Sueding

Kain kanvas sueding umumnya memiliki lapisan atas yang sedikit berbulu. Kain kanvas sueding terasa lebih lembut jika dibandingkan dengan jenis kanvas lainnya sehingga jika dipegang akan terasa lebih tipis meskipun memiliki tingkat ketebalan yang sama dengan kanvas ring.

Kain Kanvas PE

Kain kanvas PE mempunyai banyak variasi baik ketebalan maupun jenis finishing yang dikenakan terhadap kain. Dengan karakteristiknya yang sedemikian unik, kain kanvas PE ini sangat sesuai jika digunakan sebagai bahan pembuatan tas berkualitas meski sifatnya cenderung panas.

Tas Kanvas

Sumber : http://fabrics.fibre2fashion.com

Kain Baby Kanvas

Kain baby kanvas merupakan salah satu jenis kain dari keluarga kanvas yang memiliki pori-pori lebih kecil sehingga permukaan kainnya terlihat lebih indah untuk dipandang. Kelebihan dari bahan baby kanvas yaitu tekstur kainnya cenderung lebih lembut, lebih halus, dan tidak memiliki sifat yang kaku seperti halnya kain kanvas lukis.

  • Tas yang dibuat dari bahan baby kanvas akan terkesan sangat bagus dan lembut.
  • Harga jual dari produk baby juga lumayan terjangkau oleh semua kalangan.
  • Ketersediaan bahannya yang melimpah menjadikan totebag kanvas, backpack dan rucksack berbahan baby kanvas dibanderol dengan harga yang murah.

Kain Kanvas Motif

Kain kanvas motif termasuk ke dalam jenis kain kanvas berkualitas yang memiliki tampilan sangat cantik. Karakteristik bahannya yang cukup tebal dan kuat ditambah dengan motifnya yang unik menjadikan kain kanvas motif sangat cocok dipakai untuk membuat model tas totebag, rucksack dan backpack.

Tas Kanvas

Sumber : https://fitinline.com/

Selain digunakan untuk membuat totebag kanvas, backpack dan rucksack, kain kanvas motif ini sebenarnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pouch, tempat pensil, tempat makeup dan juga keperluan lain. Sebagai pelengkap upholstery kain kanvas motif juga sangat cocok dipakai untuk sarung bantal sofa. 

Sablon Pada Tas Kanvas

Ingin membuat tas pria maupun tas wanita yang dapat dicetak sablon?. Solusi terbaiknya anda bisa memilih bahan kanvas PE yang memiliki kandungan bahan sintetis berupa polyester di dalamnya. Untuk jenis sablonnya anda bisa mengaplikasikan beberapa tinta sebagai berikut. 

  1. Tinta sablon plastisol berbasis minyak yang memiliki kemampuan cukup istimewa untuk mencetak dot atau raster super kecil dengan hasil maksimal (transparasi/opacity). Daya tahan dan kecerahan gambar sablon plastisol terkenal sangat awet bahkan hingga bertahun-tahun lamanya jika dirawat dengan cara yang tepat.
  2. Tinta rubber yang memiliki karakteristik seperti karet sehingga dapat melar bila ditarik. Selain cenderung lebih awet dan elastis, tinta sablon rubber juga dikenal paling fleksibel dan paling sederhana dalam proses pembuatannya. Paling efektif untuk proses produksi tas sablon dengan desain standar.
  3. Tinta extender (medium) dengan karakteristik transparan atau bening. Tinta sablon jenis ini umumnya sangat sesuai jika digunakan untuk menyablon dengan teknik separasi (tumpuk 4 warna) karena permukaannya cenderung halus dan dapat meresap kedalam pori-pori kain dengan baik.

Selain menggunakan ketiga tinta yang telah disebutkan di atas anda juga bisa menggunakan tinta thermochromic untuk membuat desain sablonan yang berubah warna jika terkena perubahanan suhu atau menggunakan tinta glow in the dark yang dapat “bersinar” bila berada di ruang yang gelap.

Keuntungan Memakai Tas Kanvas

Dengan memanfaatkan sejumlah kain kanvas yang ada sebagai bahan utama pembuatan tas maka anda pun bisa mendapatkan banyak keuntungan yang mungkin tidak bisa anda temukan saat memakai tas dari bahan lain, beberapa diantaranya:

  1. Tas pria maupun tas wanita yang dibuat dari bahan kain kanvas umumnya dapat digunakan dalam kurun waktu yang lebih lama dan secara berulang-ulang karena memiliki kekuatan yang cukup baik.
  2. Tas kanvas dapat digunakan untuk mengurangi dan menanggulangi kerusakan lingkungan akibat sampah anorganik seperti plastik yang dapat berdampak buruk pada lingkungan.
  3. Tas kanvas yang dibuat dalam bentuk totebag dapat dimanfaaatkan sebagai pembungkus sekaligus media promosi untuk produk seperti sepatu atau produk lainnya.
  4. Tas kanvas yang didesain dalam bentuk backpack dan rucksack sangat sesuai jika digunakan dalam berbagai kegiatan seperti berbelanja, kuliah atau sekedar jalan bersama teman.
  5. Berbicara soal harga, sebagian besar tas kanvas biasanya memiliki harga yang cukup terjangkau dan bahan baku kanvasnya cenderung mudah didapat.
  6. Tas kanvas yang dibuat dalam bentuk totebag dapat dihias dengan berbagai corak atau motif tertentu yang diaplikasikan dengan teknik lukis. Jadi tas kanvas ini juga bisa anda pakai sebagai media untuk menyalurkan bakat melukis.
  7. Cara perawatan yang bisa anda terapkan pada tas kanvas terbilang sangat mudah. Anda cukup menggunakan teknik hand washing untuk mencuci tas kanvas tersebut.

Cara Merawat Tas Kanvas

Supaya tas kanvas yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya pastikan cara perawatan yang anda terapkan sudah tepat ya. Sebab semahal apapun tas kanvas yang anda miliki bisa tidak dirawat dengan cara yang baik dan benar akhirnya akan menjadi cepat rusak.

Untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan anda bisa menerapkan tips merawat tas kanvas berikut ini.

  1. Simpan tas kanvas yang jarang anda gunakan di dalam lemari.
    • Kalau anda tidak memiliki rencana untuk memakai tas tersebut dalam waktu dekat, pastikan anda menyimpannya di tempat yang kering dan tidak bersuhu lembab.
    • Untuk mencegah timbulnya jamur dan jangan lupa tambahkan kamper pada tas kanvas yang anda miliki dan juga pada tempat penyimpanannya.
  2. Jangan biarkan tas kanvas kesayangan anda terkena paparan sinar matahari terlalu lama karena akan membuat warna tas kanvas menjadi mudah pudar.
  3. Hindari penggunaan mesin cuci untuk membersihkan tas kanvas kesayangan anda, solusi terbaiknya maka anda bisa mencuci tas kanvas secara manual dengan tangan.
  4. Bila tas kanvas kesayangan anda terkena noda, sebisa mungkin segera bersihkan bagian tas yang kotor supaya tidak meninggalkan bekas kotoran.
  5. Jika diperlukan anda bisa mengangkat noda di atas tas kanvas dengan menggunakan sikat yang lembut untuk mengangkat noda tersebut.
  6. Untuk mempertahankan warna alami bahan kanvas dan juga bentuk serat kainnya selalu gunakan detergen berbahan lembut untuk mencuci tas kanvas.
  7. Dalam hal mencuci tas biasakan untuk menguceknya dengan gerakan yang lembut. Jangan mengucek, memeras atau bahkan memelintir tas kanvas terlalu kuat.
  8. Pastikan tas kanvas selalu dibilas dengan bersih usai dicuci. Hal ini penting untuk anda lakukan agar tidak ada bercak putih yang timbul karena sisa sabun masih ada yang menempel pada serat kain kanvas.

Bila tas kanvas yang anda miliki terkena noda baik itu noda ringan atau noda berat yang berpotensi meninggalkan bekas maka anda bisa membersihkannya dengan cara sebagai berikut.

  1. Untuk menghapus noda ringan pada tas kanvas anda cukup memanfaatkan sabun cair atau detergen yang sudah dicairkan dan spons berbahan lembut.
  2. Untuk membersihkan noda yang membandel rendam tas kanvas selama beberapa saat agar noda yang menempel dapat luntur dan rontok selama proses perendaman.
  3. Untuk menyerap minyak dan mencegah penyebarannya taburkan bedak pada bagian tas yang terkena minyak kemudian bersihkan dengan sikat yang berbulu lembut.
  4. Untuk menghapus noda tinta pasa tas kanvas anda bisa memanfaatkan sikat gigi, baking soda, pasta gigi dan deterjen.
    • Campurkan pasta gigi dan baking soda dalam mangkuk.
    • Oleskan sedikit campuran tersebut keatas permukaan kain kanvas dan scrub lembut.
    • Ulangi proses tersebut sampai noda tinta benar-benar hilang.
    • Bilas tas kanvas dengan air hingga bersih.
  5. Untuk menghilangkan noda lipstik pada tas kanvas celupkan kapas pada alkohol kemudian gosokkan pada tas yang terkena noda lipstik. Gosok hingga kain menjadi basah dan warna lipstik terlihat memudar, selanjutnya cuci tas seperti biasa.

Khusus untuk merawat tas kanvas yang disablon maka anda juga harus memperlakukannya secara khusus agar sablonan pada tas menjadi lebih awet, tidak mudah retak atau mengelupas serta warna alaminya tetap terjaga dengan baik.

  1. Jauhkan tas kanvas sablon dari panas berlebih agar unsur sablon yang terdapat pada tas tidak mudah rusak, pecah atau mengelupas.
  2. Agar gambar sablonnya lebih awet, tidak dianjurkan menggunakan mesin cuci ketika mencucinya.  Mencuci secara manual lebih disarankan untuk menjaga kualitas sablon.
  3. Hindari penggunaan pemutih pada saat mencuci tas kanvas yang disablon karena dapat membuat sablon anda luntur.
  4. Sebisa mungkin jangan gunakan sikat untuk membersihkan area sablon pada tas, karena dapat merusak tekstur kain dan sablon pada tas kanvas.

Demikian pembahasan singkat mengenai seluk beluk tas kanvas lengkap dengan model dan bahan yang bisa anda pilih untuk membuatnya. Kalau anda mau tahu lebih banyak lagi tentang informasi penting terkait dengan pemanfaatan bahan kain yang lain simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.