Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Tentang Met Gala,…

10 Fakta Tentang Met Gala, Acara Amal Fashion Paling Bergengsi di Dunia

Merasa cukup familiar dengan acara Met Gala?. Sebagai salah satu acara fashion paling bergengsi dan paling glamor di dunia, Met Gala yang biasa diadakan di New York City ternyata juga menyimpan beberapa fakta unik dan menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Met Gala Acara Apa?

Met Gala adalah sebuah acara fashion tahunan yang diadakan di New York City dengan undangan sangat terbatas. Tamu yang hadir dalam acara tersebut, biasanya diwajibkan untuk mengenakan busana yang unik dan spektakuler sesuai dengan tema Met Gala yang ditetapkan oleh penyelenggara acara setiap tahunnya.

Met Gala

Sumber : https://www.glamourmagazine.co.uk/

Fakta Menarik Met Gala

Berbicara mengenai Met Gala, lantas sejak kapan dan untuk tujuan apa acara tersebut diselenggarakan?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu berikut kami bagikan beberapa fakta menarik mengenai Met Gala yang perlu kamu ketahui.

1. Pertama Digelar Tahun 1948

Catatan sejarah menyebutkan, Met Gala sendiri pertama kali digelar dengan nama “Costume Institute Gala” pada tahun 1948 oleh Eleanor Lambert, seorang juru bicara atau humas fashion terkemuka di Amerika Serikat (AS) sekaligus tokoh penting di balik New York Fashion Week.

Met Gala

Sumber : https://fashion.mam-e.it/

2. Merupakan Acara Amal

ujuan awal adanya Met Gala yaitu merayakan pembukaan pameran baru di museum dan menggalang dana untuk Costume Institute dari The Metropolitan Museum of Art. Penghasilan dari acara amal inipun setiap tahunnya selalu meningkat dan memiliki dampak yang cukup besar terutama dalam dunia hiburan.

3. Transformasi Met Gala

Met Gala mengalami pergeseran budaya pada awal 1970-an ketika ketika mantan pemimpin redaksi Vogue, Diana Vreeland ditunjuk sebagai konsultan Institut Kostum. Sejak saat itulah Met Gala mulai mejadi acara yang populer dan mendapat perhatian luar biasa dari pers.

  • Met Gala menjadi salah satu peristiwa mode paling penting dalam kalender sosial New York yakni identik dengan pembukaan pameran fesyen.
  • Met Gala juga menjadi acara fashion terbesar dalam budaya populer yang dikenal dengan nama lain “Fashion's Biggest Night”.

Met Gala 

Sumber : https://www.vogue.com/

4. Penuh Dengan Kostum Unik

Sebagai acara fashion paling bergengsi dan glamor di dunia, Met Gala sangat identik dengan kostum unik. Beberapa orang bahkan banyak juga yang beranggapan bahwa Met Gala sebenarnya merupakan simbol dari kekayaan dan kemewahan dalam dunia fashion.

  • Met Gala menjadi acara fashion yang paling ikonik dan paling berpengaruh di dunia karena banyak menginspirasi trend mode, serta membawa perhatian kepada isu-isu penting dalam industri mode.
  • Kepopuleran Met Gala juga menjadi ajang bagi para desainer untuk memamerkan kreativitas dan inovasi lewat karya-karya mereka.

Met Gala

Sumber : https://www.vogue.com/

5. Dihadiri Tokoh Terkemuka

Met Gala biasa mengundang tokoh terkemuka dari dunia mode, seni, hiburan dan industri lainnya. Tamu yang diundang pun harus mendapat persetujuan pemimpin redaksi majalah Vogue sejak 1995 yakni Anna Wintour.

  • Tamu yang hadir dalam acara Met Gala biasanya berasal dari kalangan selebriti atau para pesohor dunia misalnya artis, aktor, penyanyi dan lain-lain.
  • Selain itu Met Gala juga mengundang para selebriti media sosial seperti YouTuber, TikToker, hingga Selebgram.

Met Gala 

Sumber : https://www.thecut.com/

6. Acaranya Bersifat Rahasia

Meski Met Gala begitu terkenal di berbagai negara, tidak satupun kegiatan di dalamnya pernah secara detail disebarluaskan ke publik alias bersifat rahasia. Jajaran selebriti yang diundang pun juga dirahasiakan sampai mereka datang di red carpet.

Ketika para tamu undangan tiba di karpet merah, mereka akan diarahkan untuk menjelajahi galeri terlebih dahulu dan menikmati pameran karya seni. Kemudian saat makan malam tiba, para tamu akan dibawa ke dalam ruang makan dengan meja dan kursi yang telah ditata begitu megah.

Met Gala

Sumber : https://www.wmagazine.com/

7. Ditutup After Party

Setelah makan malam selesai, para tamu dipersilakan untuk menyapa tamu lain sambil menikmati minuman pada acara after party. Moment after party yang lebih santai inipun kerap menjadi kesempatan bagi para undangan untuk bersenang-senang setelah acara resmi selesai.

8. Punya Aturan Yang Unik

Sepanjang berlangsungnya acara Met Gala, ada lima peraturan unik yang wajib dipatuhi oleh para tamu undangan yang menghadiri Met Gala. Peraturan yang dimaksud yaitu:

  • Tidak boleh ada anak yang berusia di bawah 18 tahun yang diundang ke Met Gala.
  • Tamu dilarang menggunakan ponsel untuk selfie dan mengabadikan kegiatan di dalam galeri.
  • Tamu yang hadir tidak boleh merokok.
  • Tidak boleh ada hidangan dengan bumbu bawang yang menyengat.
  • Tamu undangan harus duduk sesuai dengan kursi yang telah diatur oleh penyelenggara acara.

9. Didokumentasikan Oleh Vogue

Dari sekian banyaknya media yang ada, Vogue diketahui menjadi satu-satunya media yang memiliki izin eksklusif untuk mendokumentasikan seluruh kegiatan Met Gala di dalam galeri. Jadi selain Vogue, media dan wartawan yang meliput acara Met Gala hanya diperbolehkan mengambil gambar pada sesi red carpet.

Met Gala

Sumber : https://www.vogue.com/

10. Tiap Tahun Temanya Berbeda

Untuk memeriahkan acara, setiap tahunnya Met Gala selalu mengusung tema yang berbeda-beda dan para tamu harus menggunakan pakaian yang sesuai dengan dress code yang sudah ditentukan. Tapi meskipun sudah ada sejak 1948, Met Gala bertema sendiri baru berlangsung mulai 1973.

Met Gala

Sumber : https://id.pinterest.com/

Khusus untuk Met Gala 2024 misalnya, met gala theme atau tema yang diambil adalah “Sleeping Beauties: Reawakening Fashion” dengan dresscode “The Garden of Time”. Sumber inspirasinya yaitu berasal dari cerita pendek berjudul sama yang dirilis J.G. Ballard pada 1962.

Met Gala

Sumber : https://www.instagram.com/

Kesimpulan

Itu dia sepuluh fakta menarik tentang Met Gala yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memperkaya wawasan dan pengetahuan kamu tentang sejarah Met Gala hingga aturan yang ditetapkan dalam Met Gala ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana pria, busana wanita dan busana anak-anak?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.