Article

Homepage Article Fashion Design 10 Tips Memulai Karir Fashion…

10 Tips Memulai Karir Fashion Influencer Tanpa Perlu Banyak Modal

Ingin menjadi seorang fashion influencer yang menginspirasi banyak orang tapi, masih banyak bingung harus memulainya dari mana?. Tanpa harus punya stok baju segunung dan punya banyak modal, kamu pun bisa menjadi fashion influencer yang sukses dengan beberapa cara berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fashion Influencer

Fashion influencer adalah seseorang dengan banyak pengikut di media sosial yang memiliki pengaruh cukup besar untuk memberikan inspirasi tentang fashion, gaya hidup, kecantikan dan topik terkait lainnya.

  • Fashion influencer memainkan peran penting untuk memperkenalkan gaya dan merek baru kepada audiens serta memengaruhi pilihan pakaian yang akan mereka kenakan.
  • Fashion influencer dapat membantu merek tertentu untuk meningkatkan visibilitas baik melalui posting sponsor, konten kolaboratif, maupun kampanye iklan.
  • Fashion influencer berpotensi untuk membentuk trend baru, mengubah persepsi merek serta memengaruhi keputusan audiens yang relevan untuk melakukan pembelian produk yang mereka tawarkan.

Tapi dengan pengaruhnya yang begitu besar, fashion influencer juga dihadapkan pada tanggung jawab untuk menyampaikan pesan dengan jujur dan otentik kepada audiens, serta mempertahankan integritas dalam kerja sama dengan merek.

Tips Menjadi Fashion Influencer

Tertarik untuk menjadi seorang fashion influencer yang sukses dan bermanfaat bagi banyak orang?. Untuk menjadi fashion influencer berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

1. Temukan Niche Kamu

Tentukan niche dalam dunia fashion yang sesuai dengan minat dan keahlian kamu. Misalnya saja gaya kasual sehari-hari, fashion streetwear, kecantikan, gaya khusus seperti vintage atau sustainable fashion.

Fashion Influencer

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Bangun Identitas Yang Kuat

Ciptakan identitas yang unik termasuk gaya foto, video atau tone of voice dalam setiap postingan untuk menarik lebih banyak followers yang relevan. Jadilah otentik dan orisinal biar kamu terlihat lebih menonjol di tengah banyaknya influencer lain yang bermunculan.

Fashion Influencer

Sumber : https://www.notdressedaslamb.com/

3. Kembangkan Konten Berkualitas

Kembangkan konten berkualitas, informatif dan estetis, agar orang-orang semakin tertarik dengan konten yang kamu buat. Beberapa hal mendasar yang perlu kamu kuasai untuk bisa memproduksi konten yang menarik yaitu: 

  • Kuasai skill berbicara di depan kamera.
  • Asah kreatififas kamu dalam mix and match baju.
  • Pelajari bagaimana cara mengambil angle gambar yang bagus.
  • Pahami trend seperti apa yang sedang booming dan bakal diminati banyak orang.
  • Buat storyline yang bagus dan menginspirasi bagi audiens.

4. Gunakan Bantuan Tripod

Untuk menghemat pengeluaran dalam pembuatan konten, menjaga kamera tetap stabil, serta memastikan agar gambar atau video yang kamu buat memiliki kejernihan dan ketajaman yang maksimal, kamu bisa membuat konten sendiri dengan bantuan tripod. Caranya yaitu:

  • Pasang kamera pada kepala tripod dengan aman dan mantap.
  • Pastikan kamera terkunci dengan baik untuk mencegah goyangan selama penggunaan.
  • Sesuaikan sudut kamera dengan mengubah posisi kepala tripod sesuai keinginan kamu.
  • Gunakan timer kamera atau remote kontrol untuk mengambil gambar tanpa harus menyentuh kamera secara langsung.
  • Secara berkala periksa kembali kestabilan tripod dan kamera agar hasil akhirnya tetap bagus.

Fashion Influencer

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Belajar Editing Sendiri

Luangkan waktu untuk belajar bagaimana menggunakan tools yang diperlukan untuk memproduksi konten yang menarik. Dalam hal ini kamu bisa belajar mengenai teknis penggunaan kamera sampai proses editing foto dan video melalui internet atau teman kamu yang udah jago dalam bidangnya.

Fashion Influencer

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Konsisten Mengunggah Konten

Tetaplah konsisten untuk mengunggah konten paling tidak setiap dua hari sekali. Para influencer rata-rata membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan untuk melihat peningkatan jumlah followers serta tawaran endorsement.  

7. Mulailah Berkolaborasi

Bangun hubungan yang baik dengan merek fashion dan influencer lain untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan pengikut baru.

Fashion Influencer

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Gunakan Hashtag Yang Tepat

Manfaatkan hashtag dan tagging yang relevan untuk meningkatkan visibilitas konten kamu di platform media sosial dan meningkatkan peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pengikut baru.

9. Ketahui Undang-Undang dan Etika

Pahami undang-undang dan etika yang berlaku dalam dunia influencer, termasuk pengungkapan sponsor dan kerjasama dengan merek. Penting untuk tetap transparan dan jujur dengan pengikut kamu.

10. Pertahankan Followers

Tanggapi komentar, pertanyaan dan pesan dari pengikut kamu dengan ramah dan bersemangat, untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens dan meningkatkan keterlibatan mereka dengan konten kamu.  Selain menciptakan image yang baik di mata masyarakat, cara ini juga bisa memikat brand-brand fashion yang melihat profil kamu lho.

Fashion Influencer

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan jika ingin menjadi fashion influencer yang sukses tanpa harus keluar duit banyak. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menginspirasi kamu untuk terus belajar dan tumbuh menjadi fashion influencer yang besar ya.

Simak juga 21 Profesi di Dunia Fashion dan Peran Masing-Masing.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.