Article

Homepage Article Kain Tekstil 10 Tips Menyetrika Kemeja…

10 Tips Menyetrika Kemeja Sesuai Jenis Kain

Bagi sebagian orang, kegiatan menyetrika baju mungkin termasuk salah satu pekerjaan rumah yang cukup melelahkan terutama jika model baju yang disetrika merupakan kemeja yang menuntut ketelitian tinggi saat menghaluskannya. Padahal kalau anda tahu triknya kegiatan menyetrika baju ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan lho.

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membuat kemeja kerja, model kemeja, kemeja wanita, baju kemeja wanita, kemeja couple, kemeja pria distro, agar cepat licin dan rapi?. Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menyetrika kemeja tersebut, cari tahu dulu yuk apa saja alat dan bahan yang diperlukan untuk menyetrika kemeja itu sendiri. 

Peralatan Untuk Menyetrika

Jika sahabat Fitinline ingin menyetrika kemeja kerja, model kemeja, kemeja wanita, baju kemeja wanita, kemeja couple, kemeja pria distro sendiri di rumah, siapkan dulu berbagai peralatan sederhana yang dapat anda pakai untuk menyetrika kemeja. Beberapa alat yang dimaksud diantaranya:

1. Setrika

Pilih setrika dengan tapak yang padat, halus, bersih dan terbuat dari bahan berkualitas baik seperti baja, titanium, besi bercampur aluminium. Pastikan juga setrika yang anda pakai memiliki sirkulasi uap yang efektif. Jika tidak memiliki setrika uap anda bisa juga memakai setrika listrik biasa. 

Kemeja

Sumber : https://propercloth.com/

2. Papan setrika

Untuk menyetrika kemeja sebaiknya gunakan papan setrika yang kuat dan memiliki penutup serta bantalan yang bagus. Pilih meja setrika yang ketinggiannya sesuai dengan pinggang. Jika anda ingin menambah bantalan untuk alas setrika, taruh handuk tebal di atas alas. 

Kemeja

Sumber : https://www.centralvacuumstores.com/

3. Botol Spray

Untuk anda yang menggunakan setrika tanpa sistem uap alias memakai setrika biasa, anda mungkin perlu membasahi kemeja sebelum menyetrika. Supaya prosesnya menjadi lebih mudah, anda bisa menyemprotkan pelicin pakaian dengan menggunakan botol spray.

Kemeja

Sumber : http://www.dr-beckmann.co.uk/

4. Handuk

Handuk perlu disiapkan sebagai tambahan alas setrika. Selain itu, handuk juga bisa digunakan untuk menyerap kelebihan pelicin yang disemprotkan pada pakaian. Menggulung handuk dan meletakkannya di dalam lengan kemeja juga dapat mempermudah proses menyetrika lengan. 

Kemeja

Sumber : https://www.jakartanotebook.com/

5. Gantungan Baju

Gantungan baju diperlukan untuk menggantung kemeja kerja yang sudah selesai disetrika. Cara ini akan membantu mengurangi kerutan atau lipatan yang mungkin timbul pada permukaan pakaian.

Kemeja

Sumber : https://www.connox.com/

Butuh alat bantu setrika berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa menemukannya Di Sini.

Langkah-Langkah Menyetrika Kemeja

Setelah alat-alat yang diperlukan untuk menyetrika kemeja selesai disiapkan sekarang saatnya bagi anda untuk mulai menyetrika kemeja. Sahabat Fitinline dapat menyetrika kemeja dengan lebih cepat dan mendapatkan hasil yang maksimal dengan mengikuti langkah sebagai berikut.

1. Atur Panas Setrika

Periksa label pakaian yang terdapat pada kemeja untuk mengetahui cara perawatan kemeja, terutama pengaturan suhu setrika yang direkomendasikan. Dalam hal ini anda hanya perlu memutar tombol pengatur suhu setrika dan menyesuaikan arahnya dengan jenis kain pada kemeja anda.

  • Jika sahabat Fitinline memiliki kemeja yang anti kusut, atur suhu setrika agar tidak terlalu panas (pilih pengaturan suhu yang hangat saja).
  • Untuk kemeja yang dibuat dari bahan lain anda tinggal menyesuaikan panasnya sesuai kebutuhan.

Jangan lupa juga untuk mengatur posisi papan setrika senyaman mungkin agar anda bisa lebih leluasa saat bekerja. Pilih tempat kerja yang memiliki sirkulasi udara cukup baikkarena kegiatan ini dapat membuat tubuh anda kegerahan jika proses menyetrika yang anda lakukan cenderung lama.

2. Buka Kancing Kemeja

Sebelum mulai menyetrika, penting bagi anda untuk membuka semua kancing baju yang terdapat pada kemeja. Lakukan percobaan dengan membalik kemeja dari dalam ke luar karena sebagian besar kemeja akan lebih mudah disetrika dalam keadaan terbalik (bagian dalam keluar).

3. Menyetrika Kerah Kemeja

Untuk menyetrika kerah kemeja, sahabat Fitinline bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Semprotkan bahan pelicin pakaian pada kerah kemeja dengan menggunakan botol spray.
  • Selanjutnya seterika kerah kemeja bagian dalam terlebih dahulu dan tekan secara perlahan.
  • Arahkan setrika dari ujungnya mengarah ke bagian tengah.
  • Terapkan hal yang sama untuk melicinkan bagian belakang kerah kemeja.

Kerah kemeja sendiri merupakan salah satu bagian penting yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap tampilan kemeja secara keseluruhan. Karena bagian ini sering menjadi pusat perhatian maka kerapiannya harus benar-benar diperhatikan.

Kemeja

Sumber : http://www.thebutlerspeaks.com/

Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelicin pakaian saat akan menyetrika. Setelah kerah kemeja rapi anda bisa melanjutkan proses menyetrika pada bagian kemeja yang lain agar rapinya sempurna. Setrikalah sesuai dengan arah jahitan kemeja anda.

4. Menyetrika Bagian Manset

Untuk menyetrika manset kemeja yang berlengan panjang, pertama-tama tekan bagian manset kemeja yang keras sama seperti cara menekan bagian kerah lalu setrika sisinya. Bagian kerah dan manset kemeja adalah bagian yang boleh ditekan kuat untuk mendapatkan kerapian maksimal.

5. Menyetrika Lengan Kemeja

Untuk menyetrika bagian lengan kemeja pertama-tama posisikan lengan kemeja secara mendatar.

  • Letakkan satu bagian lengan pada papan setrika dan biarkan sisa baju menggantung di sisi meja setrika.
  • Rapikan bagian lengan kemeja yang kusut dengan tangan, kemudian semprotkan bahan pelicin pakaian pada lengan kemeja dengan menggunakan botol spray.
  • Setrika bagian atas kemeja secara perlahan dengan mengarahkan setrika ke bagian ujung lengan.
  • Mulailah menyetrika lengan kemeja dimulai dari bahu dan terus turun sampai sekitar 7 cm dari batas pergelangan tangan kemeja. Berhati-hatilah untuk tidak menyetrika bagian yang terdapat kancing di bawahnya.
  • Lakukan hal yang sama untuk sisi lengan yang lain.
  • Balikkan lengan pakaian agar bagian baiknya berada di luar kemudian setrika ulang dari bagian manset tangan, lalu arahkan setrika ke bagian bahu hingga lengan kemeja menjadi rapi. Perhatikan garis jahitan agar lengan tampak licin ketika dipakai.

Kemeja

Sumber : http://www.thebutlerspeaks.com/

Kemeja

Sumber : http://www.thebutlerspeaks.com/

6. Menyetrika Bagian Bahu

Selesai menyetrika bagian lengan kemeja, kini saatnya bagi anda untuk mulai menyetrika bagian bahu.

  • Posisikan bagian pundak kemeja di ujung meja setrika dan biarkan ujung dari papan setrika agak masuk ke dalam bagian lengan kemeja.
  • Mulailah menyetrika bagian bahu kemeja dari ujung bahu ke bagian tengah. Ulangi proses yang sama ke bagian bahu kemeja yang satunya.

Kemeja

Sumber : http://www.thebutlerspeaks.com/

7. Menyetrika Bagian Depan

Untuk menyetrika kemeja bagian depan mulailah dengan menyetrika sekitar area kancing. Caranya posisikan kemeja pada arah horizontal dan jangan menyeterikanya searah jahitan tepian kancing.

  • Setrikalah bagian depan kemeja dari bagian ujung ke bagian tengah, tepat di mana kancing kemeja berada.
  • Berhati-hatilah saat menyetrika bagian dekat kancing agar panas setrika tidak mengenai kancing dan merusaknya.
  • Jika kemeja memiliki saku, tekan bagian bawahnya dengan setrika dan lanjutkan menyetrika kemeja pada bagian atas.
  • Setelah selesai, ulangi untuk sisi bagian depan kemeja yang lain (bagian yang ada rumah kancingnya). 

Kemeja

Sumber : http://www.thebutlerspeaks.com/

Kemeja

Sumber : http://www.thebutlerspeaks.com/

8. Menyetrika Bagian Belakang Kemeja

Proses menyetrika bagian bagian punggung dan belakang kemeja sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Caranya posisikan kemeja di atas meja setrija lalu arahkan setrika dari bagian bawah ke arah atas kemeja. Agar lebih efisien setrika kemeja dengan tekanan maksimal, dimulai dari  bagian buruk kainnya baru bagian baik.

9. Kancingkan

Kancingkan kemeja seperlunya. Jangan mengancingkan seluruh kancing pada kemeja karena cara ini justru dapat membuat kemeja yang tadinya sudah rapi akan menjadi kusut kembali karena anda harus membuka kancing kemeja satu-satu ketika akan memakainya.

Supaya lebih aman sebaiknya kancingkan bagian kancing kemeja yang berada pada posisi terbawah dan bagian tengah saja, kemudian gantungkan kemeja tersebut dengan menggunakan hanger. Jika sudah sekarang saatnya bagi anda untuk menutup bukaan teratas kemeja yakni kancing di bagian kerahnya.

10. Tahap Penyimpanan

Simpan kemeja yang sudah rapi serta wangi  ke dalam almari pakaian yang bersih dan tertutup agar tidak terkena debu serta kotoran. Gunakan juga pewangi pakaian yang dapat digantung pada dalam lemari atau bisa juga menggunakan kamper.

Kemeja

Sumber : https://www.asimplehug.com/

Tips Menyetrika Kemeja Sesuai Bahan Kainnya

1. Menyetrika Kemeja Berbahan Katun

  • Untuk menyetrika kemeja berbahan katun anda bisa menggunakan setrika yang panas.
  • Basahi sedikit bahan kain yang ingin anda setrika supaya lebih mudah untuk dihaluskan.
  • Khusus untuk bahan yang tebal anda bisa menyetrika kedua sisi kainnya agar hasil yang didapat lebih maksimal. 

Kemeja

Sumber : https://www.shopclues.com/

2. Menyetrika Kemeja Berbahan Polyester

  • Karena bahan polyester cenderung sensitif terhadap panas sebaiknya berhati-hatilah ketika menyetrika kemeja dengan bahan polyester ini.
  • Saat menyetrika kemeja berbahan poliester lapisi permukaannya dengan bahan lain yang tipis agar permukaan setrika dan bahan pakaian tidak langsung bersentuhan. 

Kemeja

Sumber : http://www.chasevaluecentre.com/

3. Menyetrika Kemeja Berbahan Cotton-Blend

  • Untuk menyetrika kemeja dengan bahan cotton-blend atau campuran kapas gunakan setrika dengan panas yang rendah.
  • Atur suhu setrika agar tidak terlalu panas dan merusak bahan dari pakaian.
  • Setrikalah bagian luar dan dalam pakaian berbahan cotton-blend.
  • Untuk menghindari bekas hangus yang ditimbulkan oleh panas setrika, anda bisa juga melapisi permukaan kemeja dengan kain tipis sebelum menyetrikanya.

Kemeja

Sumber : https://bananarepublic.gapcanada.ca/

4. Menyetrika Kemeja Berbahan Linen

  • Untuk menyetrika kemeja berbahan linen gunakan setrika yang bersuhu sedang (tidak terlalu panas tapi juga tidak kurang panas).
  • Atur panas setrika supaya tetap hangat, lalu semprotkan pelicin pakaian ke bagian kemeja yang ingin anda haluskan.
  • Bila perlu basahi juga bagian kemeja yang tidak ingin anda setrika sebelum anda mulai menyetrikanya.
  • Setrikalah kemeja berbahan linen pada bagian dalamnya agar tidak ada bekas setrikaan yang tercetak pada kemeja.

Kemeja

Sumber : https://elegant-man.com/

5. Menyeterika Kemeja Berbahan Kain Lurik

  • Atur temperatur seterika pada suhu yang ideal untuk menyetrika kain katun.
  • Semprotkan bahan pelicin pakaian untuk mengembalikan bentuk alami serat kain lurik.
  • Seterika kemeja berdasarkan bentuk pola lurik.
  • Supaya kemeja lurik tetap rapi, simpan kemeja tersebut dengan cara di gantung menggunakan hanger jangan dilipat.

Kemeja

Sumber : https://www.klikindomaret.com/

6. Menyetrika Kemeja Berbahan Flanel

  • Atur temperatur seterika pada suhu yang ideal untuk menyetrika kemeja kemeja flanel wanita, kemeja flanel pria atau kemeja kotak-kotak keren.
  • Usahakan untuk selalu menyetrika kemeja flanel wanita, kemeja flanel pria atau kemeja kotak-kotak keren dari bagian dalam pakaian.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal akan lebih baik jika sahabat Fitinline selalu menyetrika kemeja flanel wanita, kemeja flanel pria atau kemeja kotak-kotak keren tersebut dalam keadaan lembab.
  • Selesai menyetrika gantung kemeja flanel dalam almari yang bersih agar pakaian kesayangan anda selalu terlihat rapi.

Kemeja

Sumber : https://www.backcountry.com/

7. Menyetrika Kemeja Berbahan Batik

  • Atur suhu setrika sesuai bahan dan jenis batik (model kemeja batik pria dan wanita dari bahan batik tulis cenderung lebih sensitif terhadap panas dibandingkan dengan batik cetak atau batik cap).
  • Sebelum menyetrika model kemeja batik pria dan wanita sebaiknya lapisi permukaan kemeja batik dengan selembar kain tipis.
  • Jika anda ingin menambahkan pewangi atau pelicin pakaian jangan langsung disemprotkan karena cara ini akan meninggalkan noda dan merusak serat model kemeja batik pria dan wanita.
  • Selesai disetrika sebaiknya kemeja batik diangin-anginkan terlebih dahulu sebelum disimpan.
  • Jika sudah segera simpan kemeja batik dalam plastik atau menambahkan rempah untuk mencegah ngengat. 

Kemeja

Sumber : https://www.qoo10.sg/

Mencari bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat kemeja?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kemeja kami Di Sini.

Tips Menyetrika Kemeja Lainnya

Selain menerapkan sejumlah tips yang telah disebutkan sebenarnya ada beberapa hal penting lain yang harus anda perhatikan saat menyetrika kemeja.

  1. Pastikan kemeja kerja, kemeja wanita, baju kemeja wanita, kemeja couple, kemeja pria distro, yang akan anda setrika sudah benar-benar bersih dan terbebas dari noda. Suhu setrika yang panas dapat membuat noda tetap menempel atau justru berubah warna.
  2. Hindari terlalu lama mengeringkan baju di bawah sinar matahari atau mengeringkan baju di dalam mesin pengering sehingga membuat baju tersebut menjadi kaku dan keras. Baju dalam kondisi seperti ini akan sulit dibentuk kembali apalagi disetrika.
  3. Setelah baju dikeringkan jangan lupa untuk mengibaskannya secara perlahan agar tekstur bahan menjadi lebih lurus dan lebih mudah disetrika.
  4. Jika anda ingin menyetrika kemeja kerja, kemeja wanita, baju kemeja wanita, kemeja couple, kemeja pria distro, yang berwarna gelap seperti warna hitam, usahakan untuk selalu menyetrika bagian dalamnya saja agar tidak meninggalkan bekas setrika.
  5. Jangan lupa untuk selalu merawat setrika yang anda miliki.
    • Setelah selesai menyetrika, gulunglah kabelnya kembali dengan cara melingkar untuk menghindari terjadinya korsleting.
    • Pastikan juga kabel setrika yang anda pakai tetap utuh dan tidak ada bagian yang lecet atau terkelupas
    • Jauhkan setrika dari bahan logam lain, agar tidak menyebabkan lapisan anti-lengketnya terkikis dan menghasilkan goresan pada bagian bawah setrika.
    • Supaya sisa panas setrika tidak membahayakan diri anda, sebaiknya letakkan setrika dengan cara berdiri (bagian lancip setrika menghadap ke atas).
    • Bila setrika anda menyisakan noda gosong atau noda lain akibat terlalu sering dipakai, bersihkan bekas gosong dengan spon yang sudah dicelupkan pada air teh.
    • Jaga selalu kebersihan gagang setrika dengan mengelapnya menggunakan kain yang bersifat lembut dan lembap.
  6. Jika anda ingin menyetrika kemeja kemeja kerja, kemeja wanita, baju kemeja wanita, kemeja couple, kemeja pria distro, berbahan halus yang kemungkinan bisa hangus sebaiknya lindungi baju tersebut dengan menggunakan saputangan  atau menyetrika baju dari dalam.
  7. Bila ada setumpuk kemeja kerja, kemeja wanita, baju kemeja wanita, kemeja couple, kemeja pria distro, yang harus anda setrika, lebih baik mulailah menyetrika kemeja yang bahannya paling setelah itu baru kemeja yang bahannya lebih kasar atau sedikit tebal.
  8. Selalu diamkan alat setrika beberapa menit setelah mengubah suhunya.
  9. Kalau anda ingin mempersingkat waktu menyetrika lapisi papan setrika dengan aluminium foil yang dapat memantulkan panas sehingga anda tidak perlu membalik baju dan menyetrikanya ulang sisi sebelahnya.
  10. Hindari menyetrika kemeja wanita, baju kemeja wanita, kemeja couple, kemeja pria distro, dengan arah melingkar karena cara ini hanya akan membuat bahan baju menjadi mudah melar. Sebagai gantinya biasakan untuk selalu menyetrika baju dengan cara memanjang.

Demikian pembahasan singkat mengenai cara menyetrika kemeja yang benar, tips menyetrika kemeja sesuai bahan serta beberapa hal penting lain yang dapat kami bagikan untuk anda. Selamat mencoba tips dari kami sahabat Fitinline.

Tertarik untuk membuat kemeja dengan pola yang sudah jadi?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.