Article

Homepage Article Cara Menjahit Kaketsugi Teknik Memperbaiki…

Kaketsugi Teknik Memperbaiki Pakaian Yang Berlubang Dari Jepang

Mendapati sebuah lubang kecil pada pakaian kesayangan kamu dan berpikir sudah waktunya untuk menyingkirkan pakaian tersebut. Kalau kerusakannya ada dibagian-bagian yang tidak terlalu nampak atau tidak begitu parah, coba yuk perbaiki pakaian tersebut dengan teknik kaketsugi yang popular di Jepang.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kaketsugi

Kaketsugi merupakan salah satu seni memperbaiki pakaian dari negeri sakura Jepang yang termasuk ke dalam kategori teknik invisible mending atau cara memperbaiki pakaian sedemikian rupa sehingga hasilnya tidak berbekas.

  • Metode reparasi kaketsugi dilakukan dengan memasukan setiap helai benang dari potongan kain ke area yang diperbaiki.
  • Dengan begitu kain atau pakaian yang diperbaiki menggunakan metode kaketsugi ini biasanya sama sekali tidak berbekas dan tidak terlihat pernah rusak.

Kaketsugi

Sumber : https://www.odditycentral.com/

Dalam dunia jahit menjahit, teknik invisible mending yang mirip dengan kaketsugi sebenarnya sudah sering digunakan di negara-negara lain. Tapi memang pengerjaan kaketsugi yang dikembangkan di Jepang dianggap sangat presisi dan teliti karena hasilnya sangat baik dan kasat mata.

Kaketsugi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa keunggulan teknik kaketsugi dibanding dengan teknik untuk menambal pakaian yang bolong lainnya yaitu: 

  • Teknik kaketsugi cocok diterapkan untuk pakaian khusus dengan nilai sentimental atau historis yang tinggi.
  • Pakaian yang diperbaiki dengan teknik kaketsugi dapat bertahan lebih lama dan tidak mudah rusak kembali.
  • Kaketsugi yang dikerjakan dengan hati-hati dan dengan kain tambalan yang cocok akan membuat tampilan pakaian jadi menarik dan berbeda dari pakaian lainnya.
  • Dengan menggunakan teknik kaketsugi untuk memperbaiki pakaian yang rusak kamu dapat mengurangi jumlah limbah tekstil dan dapat membantu mengurangi dampak negatif pakaian terhadap lingkungan.

Penerapan Teknik Kaketsugi

Terinspirasi untuk memperbaiki pakaian kesayangan kamu dengan teknik kaketsugi?. Untuk menerapkan teknik kaketsugi pertama-tama siapkan alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Pakaian yang ingin kamu tambal.
  • Jarum jahit tangan dan benang jahit yang kuat untuk menjahit pakaian.
  • Kain untuk tambalan yang sesuai dengan pakaian yang akan diperbaiki.
  • Untuk menambal pakaian yang polos bahan penambalnya bisa kamu potong bebas sesuai kebutuhan.
  • Untuk mebambal pakaian yang bermotif bahan penambalnya akan lebih baik jika disesuaikan dengan motif pakaian,
  • Gunting yang tajam untuk memotong kain dan benang.


Setelah menyiapkan sejumlah alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas sekarang kamu bisa mulai menambal pakaian yang kamu miliki dengan menerapkan langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

1. Identifikasi Kerusakan

Identifikasi kerusakan pakaian untuk mentukan area yang perlu diperbaiki. Dalam hal ini pastikan kamu membersihkan area tersebut dari kotoran atau sisa-sisa benang yang rusak sebelum mulai memperbaiki.

2. Potong Kain Tambalan

Potong kain tambalan dengan ukuran yang cukup untuk menambal pakaian yang bolong / menutupi area yang rusak pada pakaian.

  • Pastikan kain tambalan memiliki bentuk yang rapi dan sesuai dengan area yang akan diperbaiki.
  • Pastikan pula bahwa ukuran kain untuk tambalan lebih lebar dari bagian yang berlubang supaya bisa mengcover bagian yang rusak dan akan diperbaiki.

3. Gabungkan Dengan Kaketsugi

Dengan hati-hati benang pada potongan kain penambal diurai sekitar 2-3 cm lalu setiap helai benang dimasukkan kebagian yang hendak ditutupi dengan bantuan jarum dan benang.

  • Pasang kain tambalan pada area pakaian yang berlubang dengan posisi bagian buruk kain tambalan berhadapan dengan bagian baik pakaian.
  • Dengan menggunakan bantuan jarum jahit tangan dan benang masukkan satu persatu benang yang ada pada kain tambalan ke sela-sela benang pada pakaian.
  • Biar hasilnya sempurna langkah ini harus dilakukan di keempat sisi potongan kain penambal dengan sangat hati-hati dan teliti.

Kaketsugi

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Penyelesaian Akhir

Setelah proses penambalan selesai dilakukan, periksa kembali apakah perbaikan terlihat rapi dan kuat. Kalau kurang rapi sebaiknya ulangi lagi proses tersebut sampai kamu puas dengan hasilnya.

  • Pastikan bahwa kain tambalan terpasang dengan baik dan tidak ada ujung benang yang terlepas.
  • Jika sisa benangnya terlalu panjang kamu juga bisa mencoba untuk menggunting benang-benang yang berlebihan.
  • Untuk membantu menghaluskan area yang ditambal kamu juga bisa menyetrikanya biar lebih rapi.

Tapi kalau pakaian yang ingin kamu tambal lubangnya tidak begitu besar, maka kamu bisa langsung menambalnya dengan cara menyisipkan benang secara langsung pada pakaian yang ingin kamu tambal.

Kaketsugi

Sumber : https://id.pinterest.com/

Hal terpenting yang harus diperhatikan jika kamu ingin menerapkan teknik kaketsugi yaitu:

  • Untuk memperbaiki pakaian dengan baik dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pola dan arah tenunan pada setiap kain.
  • Lamanya proses penambalan sangat bergantung pada besar atau kecilnya lubang, jenis benang dan kerumitan pola tenunan.

Dapat pula dikatakan bahwa teknik membenahi pakaian berlubang dengan kaketsugi ini akan terlihat sempurna, pada pakaian yang berlubang kecil atau kerusakannya tidak terlalu besar. Sebab kalau area rusak yang rusak cukup besar prosesnya akan lebih lama dan biaya untuk memperbaikinya pasti juga semakin mahal.

Perlu diingat juga bahwa teknik kaketsugi ini mungkin tidak cocok untuk semua jenis pakaian dan bahan, terutama bahan yang tipis atau elastis. Jadi untuk pakaian yang berbahan tipis lebih baik gunakan metode perbaikan yang lebih sesuai. Jika kamu tidak yakin lebih baik minta bantuan dari seorang penjahit profesional yang berpengalaman.

Untuk pilihan bahannya, beberapa contoh bahan kain yang cocok ditambal dengan teknik kaketsugi ini antara lain berupa kain denim, kain katun, kain linen, kain tweed, kain twill, kain drill, kain kanvas dan berbagai jenis bahan lain yang serupa.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai definisi teknik kaketsugi dan penerapannya dalam dunia jahit menjahit. Jika kamu khawatir untuk menambal pakaian dengan cara biasa karena penampilannya pasti bakal berbeda, maka teknik kaketsugi ini bisa jadi pilihan paling tepat yang bisa kamu coba.

Kalau kamu yang mau tahu lebih banyak lagi tentang teknik-teknik lain yang bisa diterapkan untuk memperbaiki pakaian yang rusak baik itu karena sobek, berlubang atau karena masalah lain simak terus artikel dari kami ya.

Jangan lewatkan juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.