Article

Homepage Article Kain 10 Produk Fungsional Yang…

10 Produk Fungsional Yang Bisa Dibuat Dari Kain Parasut

Kain parasut termasuk ke dalam jenis kain multifungsi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Tidak hanya terbatas untuk jaket atau jas hujan saja tapi kain parasut sebenarnya bisa juga dipakai untuk membuat berbagai macam produk fungsional lainnya. Beda jenis barang beda juga kain yang dipakai untuk membuatnya.

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, berikut kami bagikan beberapa contoh produk fungsional yang banyak dibuat dari kain parasut.

1. Payung Hujan

Payung merupakan salah satu alat yang dapat dipakai untuk melindungi diri dari guyuran hujan. Payung juga dapat digunakan untuk menciptakan bayang-bayang sebagai alat pelindung kulit agar tidak terbakar akibat terpapar panas matahari.

Untuk membuat payung bahan kain parasut yang biasa digunakan umumnya berupa Kain Parasut Silver, Kain Parasut Bening dan Kain Parasut Milky.

Kain Parasut

Sumber : https://www.gemilang-store.com/

2. Cover Mobil

Selimut mobil atau cover mobil merupakan salah satu produk pelengkap rumah tangga yang dapat difungsikan untuk melindungi cat mobil agar tetap awet dari segala kemungkinan kerusakan akibat terkena air hujan, sinar matahari, goresan maupun debu terutama pada bagian permukaannya.

Selain difungsikan untuk melindungi cat mobil, cover mobil ini biasanya juga sering dimanfaatkan untuk meminimalisir bahaya pencurian mobil, karena dengan adanya cover mobil pencuri akan kesulitan untuk mengidentifikasi jenis mobil dan membutuhkan waktu lebih banyak untuk melepaskannya.

Beberapa kriteria penting yang menentukan bagus tidaknya sebuah cover mobil diantaranya:

  • Cover mobil yang baik hendaknya dibuat dari bahan kain yang bersifat anti air seperti halnya kain parasut.
  • Cenderung berwarna terang untuk menolak panas dan melindungi ketahanan warna cat mobil dari pengaruh sinar Ultra Violet.
  • Mampu menutup seluruh bagian mobil dengan sempurna hingga bagian ban.
  • Memiliki ukuran yang pas sesuai ukuran mobil dan dibuat dengan jahitan sambungan rapi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan cover mobil diantaranya:

  • Untuk mobil yang ditinggal cukup lama maksimal 2 minggu, sebaiknya sarung mobil dibuka untuk menghindari kelembaban udara
  • Memasang sarung mobil harus dimulai dengan kaca spion lalu bagian bumper depan dan belakang.
  • Usahakan untuk melipat sarung diatas mobil agar tidak kena kotor dan debu
  • Jangan mencuci sarung dengan menggunakan deterjen dan mesin cuci, sebab akan merusak serat kainnya.
  • Jangan mengemas sarung mobil dalam keadaan basah, sebab akan merekat jika kering dan meninggalkan bau tidak sedap.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali kain parasut yang dapat dijadikan cover mobil. Misalnya saja Kain Parasut Silver, Kain Parasut Metalik (MG), Kain Parasut Balon dan Kain Parasut WP (010).

Kain Parasut

Sumber : https://www.ralali.com/

3. Cover Motor

Produk pelengkap rumah tangga berikutnya yang dapat dibuat dari kain parasut yakni berupa cover motor. Sama halnya dengan cover mobil, cover motor ini umumnya juga dapat difungsikan untuk melindungi kendaraan dari segala kemungkinan kerusakan akibat terkena hujan, sinar matahari, goresan maupun debu.

Beberapa keunggulan dari cover motor yang dibuat dari kain parasut diantaranya:

  • Cover motor berbahan parasut terbilang awet dan ringan.
  • Cover motor berbhan parasut sangat mudah untuk dibersihkan dengan detergen selain itu proses pengeringannya juga cepat.
  • Cover motor parasut tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan senantiasa rapi.
  • Cover motor parasut umumnya memiliki sifat anti air jadi sangat cocok diandalkan untuk meliindungi motor saat musim hujan.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, sampai saat ini terdapat banyak sekali kain parasut yang dapat dijadikan cover motor. Misalnya saja Kain Parasut Silver, Kain Parasut Bening, Parasut Jas Hujan dan Kain Parasut WP (010).

Kain Parasut

Sumber : https://www.bhinneka.com/

4. Jas Hujan

Jas hujan merupakan pakaian tahan air yang dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari terpaan hujan serta meminimalisir masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian. Untuk mendukung keselamatan berkendara, kebanyakan jas hujan dibuat dari bahan yang berwarna terang dan dilengkapi dengan pita scotlight.

Sebagai pelengkap wajib saat musim hujan, jas hujan umumnya dapat dijumpai dalam berbagai variasi bentuk yang berbeda-beda. Baik itu berupa jas hujan mantel (terusan panjang), jas hujan poncho (model kalong), hingga jas hujan setelan atas-bawah yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda.

  • Jas hujan mantel atau jas hujan model terusan merupakan jas hujan yang memiliki bentuk memanjang dari penutup kepala (tudung) langsung ke bagian badan.
  • Jas hujan ponco merupakan model jas hujan yang memiliki bentuk seperti jubah berukuran besar dan lebar yang jika direntangkan umumnya akan terlihat seperti persegi.
  • Jas hujan setelan atas bawah merupakan jenis jas hujan yang terdiri dari dua bagian yang terpisah. Setelan atas umumnya berupa jaket dan setelan bawah berupa celana.

Selain modelnya cukup bervariasi, bahan kain yang digunakan untuk membuat jas hujan itu sendiri sebenarnya juga lumayan banyak, sebut saja Parasut Jas Hujan, Kain Parasut WP (010) dan Kain Parasut Silver.

Kain Parasut

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Mukena

Mukena merupakan busana pelengkap shalat khas Indonesia yang didesain khusus untuk para perempuan muslim. Sesuai syarat wajib mengenai busana yang layak dipakai untuk shalat, mukena ini umumnya selalu dibuat dalam ukuran yang lumayan lebar dan besar dengan tujuan untuk menutup aurat pemakainya.

Sebagai perlengkapan wajib saat sholat, mukena yang didesain khusus untuk para perempuan sendiri umumnya memiliki berbagai macam variasi warna, model serta motif yang cukup menarik. Tidak hanya itu saja, mukena ini biasanya juga memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, salah satunya mukena jenis parasut. 

Mukena berbahan parasut ini biasanya banyak dipilih karena bahannya sangat ringan dan bisa dilipat kecil sehingga lebih memudahkan saat dibawa kemana-mana tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.

  • Mukena parasut terkenal kuat dan tidak mudah kusut walau bahannya tergolong cukup tipis.
  • Mukena parasut sangat ringan dan mudah untuk dilipat dan dimasukkan ke dalam tas kecil yang disertakan saat pembelian mukena.
  • Mukena parasut sangat cocok untuk dibawa bepergian tanpa perlu memakan banyak tempat untuk menyimpannya.
  • Mukena parasut tersedia dalam banyak warna. Kalau mau lebih aman anda bisa memilih mukena parasut yang berwarna gelap agar tidak transparan karena bahan ini agak tipis dan rawan menerawang.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jadi kain parasut yang banyak dipakai untuk membuat mukena umumnya berupa Kain Parasut Kusut yang sangat ringan dan mudah dibersihkan. Selain kain parasut kusut bisa juga menggunakan Kain Parasut Tipis atau Kain Parasut Super yang cenderung lebih murah.

Bila sahabat Fitinline sering berpergian dan membawa mukena sendiri saat shalat di tempat umum, mukena berbahan parasut ini layak dijadikan sebagai perlengkapan ibadah yang wajib anda miliki karena karakteristik bahannya yang ringan dan mudah dilipat membuatnya sangat praktis dibawa kemana saja.

Kain Parasut

Sumber : http://www.pusatmukenaindonesia.com/

6. Sajadah

Sajadah merupakan alat pelengkap sholat yang terbuat dari bahan kain salah satunya kain parasut dan biasanya dihias dengan banyak gambar atau corak bernafaskan Islam. Dalam bahasa Arab sajadah biasa disebut dengan nama “sajjāda” atau “musallah” sementara dalam bahasa Persia lebih terkenal dengan nama “janamaz”.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, jadi jenis kain parasut yang banyak dipakai untuk membuat sajadah umumnya berupa Kain Parasut Diamond (WP)  yang agak mengkilap dengan motif wajik dan Kain Parasut Honey Cons (WP) yang memiliki tekstur segi enam mirip sarang lebah.

Kain Parasut

Sumber : https://www.perlengkapanumrohwanita.com/

7. Furing (Kain Pelapis)

Kain furing merupakan lapisan kain tambahan yang dipasang di bagian dalam pakaian, tas jaket ataupun beberapa benda lainnya yang kemudian dijahit menjadi satu kesatuan utuh. Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya saat ini kain furing banyak yang terbuat dari beragam jenis bahan.

Khusus untuk pembuatan tas misalnya kain furing yang digunakan bisa berupa Kain Parasut Tafeta 190T dan Kain Parasut Super, untuk pembuatan koper bisa memakai furing Kain Parasut Diamond (WP), sementara untuk pakaian bisa menggunakan furing Kain Parasut Tipis.

Pada tas dan juga koper keberadaan kain furing mampu memberikan kesan lebih rapi dan menarik. Sebab dengan menggunakan kain furing maka bekas bekas jahitan yang ada di dalam tas maupun koper bisa ditutup dengan sempurna.

Lain halnya dengan tas dan koper, selain memberikan efek lebih rapi penggunaan kain furing pada pakaian umumnya juga memiliki tujuan tersendiri.

  • Salah satu tujuan utama dari penggunaan kain furing adalah untuk memberikan efek lebih tebal pada pakaian supaya tidak terlihat menerawang.
  • Kain furing dapat digunakan untuk menciptakan kesan yang lebih menarik pada bentuk dan tampilan sebuah pakaian.
  • Menyamarkan lekuk tubuh khususnya jika bahan utama yang digunakan untuk membuat busana mudah menempel dikulit.
  • Mengurangi gesekan langsung antara bahan utama pakaian dengan kulit sehingga umur pakaian menjadi lebih panjang.
  • Efek licin dan lembut yang dihasilkan dari kain furing berfungsi untuk memudahkan penggunanya dalam memakai dan melepas sebuah busana.
  • Kain furing bisa juga digunakan untuk menambah rasa hangat pada jenis pakaian tertentu seperti jaket.
  • Sebaliknya kain furing tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan efek adem pada beberapa bahan pakaian yang memiliki karakteristik panas supaya terasa lebih nyaman saat dikenakan.

Kain Parasut

Sumber : https://fitinline.com/

8. Drawstring Bag

Drawstring bag termasuk ke dalam jenis tas yang juga banyak dibuat dari bahan parasut. Tidak seperti backpack yang memakai penutup berupa resleting, tas ini biasanya dilengkapi dengan tali pada yang digunakan untuk menyerut tas agar mudah menutup dan membukanya.

Salah satu alasan mengapa drawstring bag menjadi tas yang sangat populer adalah karena tas ini terasa lebih nyaman saat digunakan untuk membawa lebih banyak barang. Dengan tampilannya yang terkesan lebih casual drawstring bag juga bisa digunakan untuk menyempurnakan gaya penampilan.

Berikut beberapa fungsi dari drawstring bag yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

  • Drawstring bag dapat dipakai sebagai tas belanja untuk menggantikan fungsi kantong plastik.
  • Menyimpan sepatu atau sendal saat hujan.
  • Drawstring bag dapat dipakai untuk menyimpan pakaian kotor saat berlibur.
  • Bisa dipakai untuk membawa bekal makan siang.
  • Memudahkan seseorang untuk membawa buku jika saja tas ransel tidak cukup.

Khusus untuk pembuatan drawstring bag kain parasut yang dapat digunakan umumnya juga cukup bervariasi. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa Kain Parasut Diamond (WP) dan Kain Parasut Loreng yang memiliki keunikan tersendiri.

Kain Parasut

Sumber : https://www.tokopedia.com/

9. Cover Bag

Cover bag (rain cover) merupakan salah satu item pelengkap tas yang memiliki peran cukup penting yaitu melindungi tas dari debu atau paparan sinar matahari agar warnanya tidak mudah pudar dan pada saat turun hujan juga berfungsi untuk melindungi tas beserta seluruh isinya agar tidak basah.

  • Cover bag kebanyakan dibuat dari bahan kain yang  ringan, tidak mudah kusut dan bersifat anti air seperti halnya kain parasut.
  • Cover bag biasanya dapat dilipat menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga mudah untuk dimasukkan ke dalam kantong tas dan dibawa kemana pun.
  • Untuk alternatif pilihannya sendiri kain parasut yang dijadikan sebagai bahan cover bag bisa berupa Kain Parasut Bening dan Kain Parasut Ripstop (MG).

Kain Parasut

Sumber :  https://shopee.co.id/

Sekalipun penggunaan cover bag selama musim hujan memang tidak sepenuhnya menjamin bahwa tas tidak akan basah, tetapi untuk kondisi hujan yang tidak terlalu deras cover bag ini sudah lumayan aman untuk melindungi barang bawaan dari rembesan air hujan.

10. Bendera dan Umbul-Umbul

Bendera dan umbul-umbul menjadi produk pelengkap rumah tangga yang juga dapat dibuat dari kain parasut.

  • Bendera adalah sepotong kain berbentuk segi empat atau segitiga yang diikatkan pada ujung tongkat tiang dan dipergunakan sebagai lambang negara, perkumpulan, badan atau kebutuhan lain.
  • Umbul-umbul adalah bendera beraneka warna yang dipasang memanjang ke atas dan meruncing pada ujungnya, dengan tujuan memeriahkan suasana serta menarik perhatian

Beberapa kelebihan dari bendera dan umbul-umbul yang dibuat dari kain parasut diantaranya:

  • Bendera dan umbul-umbul berbahan parasut terbilang awet dan ringan walau karakteristik kainnya cenderung tipis.
  • Bendera dan umbul-umbul parasut sangat mudah untuk dibersihkan dengan detergen selain itu proses pengeringannya juga cepat.
  • Bendera dan umbul-umbul parasut tidak mudah kusut jadi tampilannya akan senantiasa rapi tanpa harus disetrika.

Khusus untuk pembuatan bendera dan umbul-umbul kain parasut yang banyak digunakan yakni berupa Kain Parasut Super yang permukaannya mengkilap dan lebih tebal dari parasut tipis, tapi sama-sama tidak memiliki sifat anti air.

Kain Parasut

Sumber : https://www.agustusan.id/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan berbagai macam produk rumah tangga yang dapat dibuat dari kain parasut. Tidak hanya unggul dari segi kualitas bahannya tapi produk rumah tangga yang dibuat dari kain parasut umumnya juga memiliki harga yang cenderung lebih murah dan bersahabat.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari kain parasut atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.