Article

Homepage Article Fashion Design 10 Macam Wedding Veil Berdasarkan…

10 Macam Wedding Veil Berdasarkan Ukurannya

Ingin mengenakan wedding veil di hari pernikahan tapi masih bingung mau memakai wedding veil yang seperti apa?. Biar tidak salah pilih, kenali dulu yuk macam-macam model wedding veil yang bisa anda kenakan pada moment sakral pernikahan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Wedding Veil

Wedding veil termasuk ke dalam salah satu jenis aksesoris kepala yang dapat dikenakan sebagai hiasan rambut wanita dalam momen sakral pernikahan. Layaknya kebaya dan gaun pengantin yang didesain khusus untuk para wanita, wedding veil ini jenisnya juga sangat banyak.

Wedding Veil

Sumber : https://www.etsy.com/

Macam-Macam Wedding Veil

Berdasarkan ukurannya ada beragam tipe wedding veil yang bisa anda pilih untuk pelengkap gaya penampilan. Beberapa jenis wedding veil yang dimaksud yakni berupa: 

1. Birdcage Wedding Veil

Birdcage wedding veil merupakan sejenis wedding veil yang hanya menutupi sebagian wajah dengan panjang antara 30 cm hingga 45 cm saja.  menciptakan kesan elegan selain kesan sederhana tapi tetap berkelas.

  • Birdcage wedding veil dengan ukuran 30 cm termasuk ke dalam jenis wedding yang pendek hanya segaris hidung bahkan mata.
  • Sementara wedding veil dengan ukuran 45 cm panjangnya hanya sampai dagu, tapi membingkai wajah dengan begitu sempurna.

Wedding Veil

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk pilihan bahannya birdcage weding veil jenis ini kebanyakan terbuat dari jalinan cadar dengan jejaring terbuka lebar yang disebut Rusia Veiling, sehingga sangat cocok dikenakan jika anda ingin melangsungkan pernikahan di ruangan terbuka seperti garden maupun beach wedding.

Untuk ide padupadannya anda bisa mengkombinasikan penggunaan birdcage wedding veil dengan beberapa model gaun berikut.

  • Pertama anda bisa memadupadankan birdcage wedding veil dengan gaun pengantin ala retro yang memiliki siluet A-line.
  • Dengan desain dan detailnya yang sedemikian unik, wedding veil ini juga akan terlihat bagus jika dipadupadankan dengan gaun pengantin berbentuk jumpsuit.

2. Shoulder Wedding Veil

Shoulder wedding veil yang juga dikenal dengan flyway veil, merupakan sejenis wedding veil yang biasanya memiliki banyak lapisan dan ujungnya hanya menyentuh bagian atas atau tepat di pundak pengantin.

  • Wedding veil jenis shoulder paling cocok dikenakan saat upacara pernikahan di siang hari.
  • Wedding veil jenis shoulder akan memberikan kesan playful namun terlihat klasik.

Wedding Veil

Sumber : https://www.amazon.com/

Karena dianggap kurang formal wedding veil ini harus dipasangkan dengan gaun pengantin yang kurang formal juga. Meski demikian gaun pengantin dengan banyak detil pada sepanjang punggung masih bisa dipadupadankan dengan penggunaan fly away veil.

  • Shoulder wedding veil sangat cocok dipakai untuk menonjolkan detail yang ada pada gaun bagian belakang.
  • Lantaran sifatnya yang tidak terlalu formal wedding veil ini juga dapat dipadupadankan dengan short wedding dress.

3. Elbow Wedding Veil

Elbow wedding veil merupakan sejenis wedding veil gaya 60-an yang panjangnya hanya sampai siku dan meluas.

  • Elbow wedding veil bisa terdiri dari sebuah lapisan tunggal atau 2-3 lapisan yang dipotong sama panjang.
  • Elbow wedding veil gayanya cenderung simple tapi sangat manis bila dikenakan ke semua jenis gaun pengantin, baik formal maupun semi-formal.

Wedding Veil

Sumber : https://www.walmart.com/

Jika anda yang ingin mengenakan wedding veil jenis elbow ini jangan sekali-kali memadupadankannya dengan gaun super ketat begitu juga dengan gaun berekor. Sebagai gantinya anda bisa memilih beberapa gaun berikut:

  • Gaun pengantin berhias aksesori belt atau terbuka di bagian belakang sangat tepat dipasangkan dengan elbow wedding veil.
  • Elbow wedding veil juga cocok disandingkan dengan gaun pengantin ball gown dress karena potongan ujungnya berakhir pada bagian gaun yang mengembang.
  • Pengaplikasian wedding veil jenis elbow pada strapless gown memberikan kesan sangat modern.
  • Bila ingin beralih ke konsep reto gaun pengantin yang diciptakan dalam potongan mini juga dapat anda jadikan sebagai alternatif pilihan yang tepat.

4. Waist Wedding Veil

Waist wedding veil merupakan sejenis wedding veil yang panjangnya hingga pinggang. Wedding veil jenis waist ini menjadi salah satu wedding veil yang populer digunakan karena dapat membuat pengantin wanita semakin terlihat elegan.

5. Hip Wedding Veil

Hip wedding veil merupakan sejenis wedding veil yang panjangnya hingga pinggul. Untuk ide padupadannya anda bisa mengkombinasikan wedding veil ini dengan gaun yang berpotongan pas badan.

Wedding Veil

Sumber : https://www.tokopedia.com/

6. Fingertip Wedding Veil

Finger tip wedding veil merupakan sejenis wedding veil yang memiliki ukuran cukup panjang yakni hingga ujung jari.

  • Cukup regangkan lengan ke samping dan maka ujung wedding veil akan jatuh tepat di ujung jari.
  • Ukuran fingertip wedding veil yang sedang akan sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai gaya gaun pengantin.

Wedding Veil

Sumber : https://www.walmart.com/

7. Waltz Wedding Veil

Waltz wedding veil merupakan sejenis wedding veil yang panjangnya sampai batas betis.

  • Waltz wedding veils dapat menjadi pilihan tepat jika anda menginginkan wedding veil yang cukup panjang namun ingin bebas bergerak.
  • Potongannya yang berada di antara lutut dan pergelangan kaki memberikan kesan panjang tetapi tetap nyaman saat dikenakan.
  • Waltz wedding veils juga cocok dipadupadankan dengan Gaun Pengantin Muslimah.

8. Floor Wedding Veil

Floor wedding veil merupakan sejenis wedding veil yang panjangnya sampai menyentuh lantai. Penggunaan wedding veil ini bisa dikombinasikan dengan sejumlah gaun dengan renda atau gaun bernuansa vintage untuk memberikan tampilan yang lebih menawan.

Wedding Veil

Sumber : https://id.pinterest.com/

9. Chapel Wedding Veil

Chapel wedding veil merupakan sejenis wedding veil dengan detail train pada bagian belakang yang memiliki ukuran lebih panjang dari floor wedding veil jadi saat dikenakan sisa kainnya menjuntai di lantai.

  • Chapel wedding veil sangat cocok dikenakan untuk acara pernikahan formal.
  • Potongannya yang cukup panjangnya hingga menjuntai ke lantai akan menciptakan efek tebal yang indah.

10. Cathedral Wedding Veil

Cathedral wedding veil merupakan sejenis wedding veil terpanjang yang biasa didesain antara satu sampai dua kaki di belakang pengantin. Untuk anda yang ingin melangsungkan pernikahan indoor anda bisa menjadikan wedding veil jenis ini sebagai aksesoris andalan.

Wedding Veil

Sumber : https://www.brides.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa model wedding veil yang bisa anda pilih untuk pelengkap gaun pernikahan. Agar terlihat serasi dengan gaun pengantin yang anda kenakan, wajib bagi anda untuk mengetahui jenis-jenis wedding veil yang bisa dipakai di hari pernikahan.

Simak juga pembahasan mengenai 10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Wedding Veil kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang seluk beluk wedding veil.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.