Article

Homepage Article Fashion Design 10 Kriteria Jaket Ski Yang…

10 Kriteria Jaket Ski Yang Aman Untuk Lindungi Tubuh Kamu

Sama-sama memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi tubuh dari udara dingin, jaket yang umum dipakai untuk olahraga ski ternyata memiliki spesifikasi yang berbeda dengan jaket yang biasa kamu gunakan untuk melindungi tubuh ketika berktifitas di daerah tropis lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Ski

Jaket ski dapat dikategorikan ke dalam jenis jaket yang didesain khusus untuk ski, sejenis olahraga salju yang memungkinkan pemainnya menyusuri salju menggunakan dua papan seluncur salju yang dipasang di kaki serta tongkat yang dipegang dengan tangan untuk membantu keseimbangan.

Jaket Ski

Sumber : https://www.wildhornoutfitters.com/

Meski kelihatannya sepele memilih jaket yang tepat untuk olahraga ski ternyata juga menjadi suatu hal yang penting untuk diperhatikan, karena selain mempengaruhi tingkat kenyamanan salah pilih  jenis jaket juga memiliki dampak yang besar pada kesehatan dan keselamatan tubuh lho.

Jaket Ski

Sumber : https://www.outsideonline.com/

Beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi jika kamu menggunakan jaket yang salah saat bermain ski diantaranya:

  • Salah memilih jaket saat bermain ski dapat membuat tubuh kedinginan dan basah, terutama jika cuaca di daerah ski cenderung dingin atau salju sedang turun.
  • Menggunakan jaket yang salah tidak dapat memberikan kenyamanan optimal selama bergerak atau berada di atas salju.
  • Menggunakan jaket yang tidak dirancang untuk aktivitas ski, tidak dapat memberi perlindungan yang cukup pada tubuh terhadap elemen-elemen cuaca ekstrem di pegunungan.

Kriteria Jaket Ski Yang Aman

Terkait dengan hal terebut lantas jaket seperti apa yang sebenarnya bagus digunakan untuk bermain ski?. Jika kamu tidak ingin mengalami kejadian buruk saat bermain ski berikut kami bagikan beberapa kriteria jaket yang aman untuk bermain ski.

1. Bahannya Tahan Air

Untuk memaksimalkan fungsinya dalam memberi perlindungan pada tubuh, bagian terluar dari jaket ski sebaiknya dibuat dari bahan khusus yang tahan air.

  • Bahan terluar jaket ski akan mempengaruhi performa jaket terutama pada tingkat durability atau daya tahan serta kehangatan jaket.
  • Bahan terluarjaket ski seringkali dirancang agar tahan air untuk memberikan perlindungan tambahan pada tubuh terhadap cuaca buruk.

2. Bahannya Tahan Angin

Selain tahan air, jaket ski juga harus memiliki kemampuan yang baik untuk menahan hembusan angin yang dingin dilingkungan bersalju. Sebab jika bahannya tidak tahan angin yang ada tubuh kamu akan kedinginan selama bermain ski.

Jaket Ski 

Sumber : https://www.wnieens.top/

3. Memiliki Isolasi Yang Baik

Berikutnya jaket ski harus memiliki isolasi yang baik untuk membuat jaket jadi lebih hangat dan memiliki kemampuan sangat baik untuk menjaga suhu tubuh. Semakin bagus isolasi yang ada pada jaket semakin hangat pula jaket yang dihasilkannya.

Jaket Ski

Sumber : https://www.decathlon.co.uk/

Untuk pilihan bahannya, berikut beberapa bahan isolasi yang biasa digunakan pada jaket ski.

  • Pertama ada bulu angsa yang memiliki kemampuan sangat baik untuk menangkap dan menyimpan udara di antara bulu-bulu yang lembut serta memberikan isolasi termal pada jaket ski.
  • Kedua ada isolasi sintetis seperti dakron atau bahan lain yang dikenal lebih tahan air, tahan terhadap kelembapan, cepat kering dan dapat memberikan kehangatan pada tubuh dalam kondisi basah.
  • Ketiga ada bulu domba atau isolasi sintetis yang meniru bulu domba untuk membantu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat saat cuaca dingin.

4. Konstruksinya Kokoh

Jaket untuk ski harus memiliki konstruksi yang kokoh. Salah satu alasannya yaitu jaket yang konstruksinya kurang kokoh mungkin tidak dapat memberikan perlindungan yang maksimal terhadap cuaca ekstrem di pegunungan.

5. Memiliki Ventilasi

Lebih bagus lagi jika jaket ski memiliki sistem ventilasi yang baik, untuk menjaga kamu agar tetap merasa nyaman selama beraktivitas di lingkungan yang bersalju. Sistem ventilasi yang buruk juga dapat menyebabkan tubuh kamu merasa terlalu panas dan tidak nyaman.

Jaket Ski

Sumber : https://www.dopesnow.com/

6. Memiliki Fitur Keamanan

Jaket ski hendaknya juga dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti penanda darurat atau sistem penyelamatan salju. Memilih jaket yang tidak dilengkapi dengan fitur-fitur ini dapat mengurangi tingkat keamanan di lingkungan pegunungan.

7. Bobotnya Tidak Terlalu Berat

Untuk bermain ski gunakan jaket musim dingin yang ringan namun cukup tebal untuk menjaga tubuh tetap hangat saat beraktifitas. Jika bobotnya terlalu berat yang ada kamu hanya akan kesulitan untuk bergerak.

8. Ukurannya Cukup Loggar

Carilah jaket yang cukup longgar agar nyaman dikenakan untuk menutupi pakaian pelapis tubuh, tanpa membuat tubuh kamu tampak penuh.

9. Punya Adjustable Cuff

Jaket yang ideal untuk bermain ski harusnya dilengkapi dengan karet pelindung terutama di bagian bawah (powder skirt) dan juga pergelangan tangan. Kalau pun tidak pilih jaket ski yang bagian bawah dan lengannya dilengkapi degan tali drawstring atau velcro.

Jaket Ski

Sumber : https://freesoldier.com/

10. Dilengkapi Dengan Hoodie

Keputusan untuk memilih jaket ski dengan atau tanpa hoodie sebenarnya tergantung pada preferensi pribadi dan kondisi cuaca tempat kamu akan bermain ski. Keuntungan memiliki jaket ski yang dilengkapi dengan hoodir yaitu:

  • Hoodie dapat memberikan perlindungan tambahan untuk kepala dan leher terhadap angin dingin, salju, atau hujan.
  • Hoodie dapat memberikan isolasi tambahan untuk kepala, membantu menjaga suhu tubuh secara keseluruhan.

Jaket Ski

Sumber : https://www.bestproducts.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai dampak buruk dari penggunaan jaket yang salah ketika bermain ski dan kriteria penting yang harus dimiliki jaket ski. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu dalam memilih jaket ski yang tepat sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai jenis jaket?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket Yang Bagus di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.