Article

Homepage Article Fashion Design Menguak Arti dan Fungsi…

Menguak Arti dan Fungsi Sabuk Taekwondo Berdasarkan Warna Yang Dimilikinya

Selain digunakan sebagai pelengkap seragam taekwondo, sabuk yang digunakan dalam seni bela diri taekwondo ternyata juga memainkan peran penting untuk menentukan tingkat keahlian pemakainya lho. Buat anda yang mau tahu detailnya seperti apa simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Seragam Taekwondo

Seragam taekwondo merupakan pakaian resmi yang dikenakan oleh praktisi taekwondo saat berlatih atau bersaing dalam turnamen. Seragam sering disebut dengan nama dobok yang dieja menjadi “Tae Kwon Do” atau “Taekwon-Do”.

  • Dobok merupakan baju yang wajib dikenakan untuk seni bela diri taekwondo. Seragam ini biasanya terdiri dari celana panjang serta jaket berlengan panjang yang dibuat dari bahan ringan dan nyaman.
  • Model baju taekwondo sendiri konon terinspirasi dari pakaian tradisional Korea ” Han Dobok ” atau “Han-bok” yang sudah dimodifikasi dengan mengedepankan sisi fleksibilitas.

Seragam Taekwondo

Sumber : https://shopee.ph/

Sebagai atribut penting yang dipakai untuk bela diri taekwondo, dobok alias baju taekwondo sendiri umumnya memiliki 3 pola yang khas yakni:

  • Pola lingkaran (won) yang melambangkan surga terwujud kedalam bentuk bagian pinggang yang melingkar.
  • Pola persegi (bang) yang melambangkan alun-alun atau areal yang luas (bumi) terwujud pada ujung lengan celana yang persegi.
  • Pola segitiga (kak) yang melambangkan manusia terwujud pada bagian pinggul yang berbentuk triangul araes atau segitiga.
  • Ketiga simbol yang diintegrasikan kedalam satu desain baju taekwondo tersebut adalah dasar dari alam semesta (samilshingo) menurut tradisi Korea.

Seragam Taekwondo

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Untuk pelengkap keperluan taekwondo dobok sebenarnya juga banyak mengalami perkembangan meski tetap mempertahankan bentuk 3 dasarnya. Variasi tersebut terletak pada kerah berbentuk V yang memiliki warna sesuai tingkatan sabuk pemakainya.

  • Kerah putih digunakan untuk peserta penyandang sabuk warna putih hingga merah strip dua.
  • Kerah hitam-merah digunakan untuk peserta penyandang sabuk poom. Tingkat poom adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi masih junior usianya.
  • Kerah hitam digunakan untuk peserta penyandang sabuk hitam.

Seragam Taekwondo

Sumber : https://www.ebay.com/

Sementara dari segi warna dasarnya, seragam taekwondo biasanya biasa dibuat dalam warna putih dan dilengkapi pula dengan sabuk sebagai tanda tingkat keahlian praktisi. Seperti halnya sabuk karate, setiap warna sabuk taekwondo umumnya juga memiliki makna atau filosofi tersendiri.

Tingkatan Sabuk Taekwondo

Mau tahu seperti apa makna atau filosofi dari sabuk yang digunakan sebagai pelengkap seragam taekwondo?. Berikut pembahasan mengenai tingkatan sabuk taekwondo, warna-warna sabuk taekwondo hingga makna filosofi yang dimilikinya.

Seragam Taekwondo

Sumber : http://www.originaltkd.co.uk/

1. Sabuk Taekwondo Warna Putih

Dalam seni bela diri taekwondo, sabuk warna putih biasa diberikan kepada seseorang yang baru akan memulai mengikuti pelatihan taekwondo tingkat dasar (geup 10). Sabuk ini melambang kepolosan atau ketidaktahuan.

  • Sabuk putih merupakan level dasar atau pemula dalam Taekwondo.
  • Sabuk warna putih memiliki makna kesucian yang artinya awal atau dasar dari semua warna.

Sebelum naik ke level berikutnya, akan diberikan sabuk putih dengan strip kuning (geup 9)

2. Sabuk Taekwondo Warna Kuning

Sabuk taekwondo warna kuning merupakan sabuk yang biasa diberikan kepada seseorang yang lulus atau naik tingkatan dari sabuk putih (geup 8). Sabuk warna kuning ini memiliki makna bumi yang artinya sebagai tempat menanam dasar-dasar taekwondo.

Kemudian ketika naik ke level selanjutnya (geup 7), sabuk yang diberikan kepada seseorang yang berlatih taekwondo akan berganti memakai sabuk warna kuning strip hijau.

3. Sabuk Taekwondo Warna Hijau

Setingkat lebih tinggi dari sabuk kuning (geup 6) terdapat sabuk hijau polos. Sabuk warna hijau ini memiliki makna pepohonan yang artinya masa pertumbuhan atau pengembangan teknik-teknik dasar taekwondo.

Saat baru naik dari sabuk kuning, seseorang biasanya akan mengenakan sabuk hijau polos. Namun jika sudah naik ke tingkat selanjutnya (geup 5) mereka akan mengenakan sabuk hijau strip biru. 

4. Sabuk Taekwondo Warna Biru

Di tingkatan selanjutnya (geup 4) ada sabuk biru polos yang akan diberikan kepada seseorang yang baru naik dari geup 5. Warna biru pada sabuk taekwondo ini melambangkan langit yang terbentang luas dan tingginya tak terukur serta menggambarkan bibit (taekwondoin) yang terus tumbuh.

Mereka yang berada di tingkat sabuk biru (geup 4) umumnya sudah memiliki kekuatan yang stabil, baik fisik maupun mentalnya. Kemudian saat akan berganti ke tingkat berikutnya, seseorang terlebih dahulu harus memakai sabuk biru strip merah (geup 3).

5. Sabuk Taekwondo Warna Merah

Sabuk warna merah polos memiliki makna matahari yang bersinar. Sabuk ini akan diberikan pada seseorang mereka sudah belajar untuk mulai mengendalikan kekuatannya agar tidak membahayakan orang lain (geup 2).

Lalu saat beralih ke level selanjutnya (geup 1), seseorang harus terlebih dahulu memakai sabuk merah dengan satu strip hitam.

6. Sabuk Taekwondo Warna Hitam

Sabuk hitam menjadi sabuk tertinggi dalam taekwondo yang berarti pemakainya adalah seorang yang dianggap sebagai ahli taekwondo.

  • Warna hitam merupakan Lambang kedewasaan dan keahlian dari seorang.
  • Warna hitam dapat juga berarti keberanian yang matang dan mumpuni.

Ketika sudah mengenakan sabuk hitam, seorang tidak lagi disebut Geup melainkan berganti DAN. Adapun dalam seni bela diri taekwondo DAN sendiri dapat dibagi lagi dalam beberapa tingkatan:

  • Seseorang yang sudah berada di tingkat DAN I sampai DAN V disebut sebagai Master atau Yudanja.
  • Untuk tingkat DAN VI sampai DAN IX disebut Grand Master atau Kudanja.
  • Setelah DAN IX masih ada level DAN X.

Gelar DAN dalam taekwondo tidak berbentuk sabuk taekwondo melainkan berupa sertifikat. Sertifikat DAN ini biasa diterbitkan oleh organisasi Kukkiwon dan hanya diberikan kepada orang-orang yang memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pengembangan taekwondo di dunia.

Meski demikian, secara simbolis pemegang gelar DAN dalam seni bela diri taekwondo dapat dikenali dari jumlah strip berwarna putih yang ada pada sabuk yang mereka kenakan.

  • DAN I (Il DAN)     : sabuk hitam polos.
  • DAN II (Yi DAN)    : sabuk hitam dengan 1 strip putih.
  • DAN III (Sam DAN)    : sabuk hitam dengan 2 strip putih.
  • DAN IV (Sa DAN)    : sabuk hitam dengan 3 strip putih.
  • DAN V (Oh DAN)    : sabuk hitam dengan 4 strip putih.
  • DAN VI (Yuk DAN)    : sabuk hitam dengan 5 strip putih.
  • DAN VII (Chil DAN)    : sabuk hitam dengan 6 strip putih.
  • DAN VIII (Pal DAN)    : sabuk hitam dengan 7 strip putih.
  • DAN IX (Gu DAN)    : sabuk hitam dengan 8 strip putih.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai makna dari masing-masing warna sabuk yang digunakan sebagai pelengkap seragam taekwondo / baju taekwondo. Dari uraian di atas dapat dilihat bahwa tingkat terendah dalam taekwondo ditandai dengan sabuk putih sementara tingkatan paling tinggi ditandai oleh sabuk hitam dengan 8 strip putih.

Terlepas dari banyaknya warna sabuk yang dipakai, seragam taekwondo yang pasti dirancang untuk memungkinkan penggunanya lebih leluasa dalam bergerak dan menghindari hambatan, serta memberikan kenyamanan saat berlatih atau bertanding.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membbuat seragam taekwondo / baju taekwondo?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Drill dan Kain Kanvas yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.