Article

Homepage Article Kain 10 Keunggulan Kain Ceruti…

10 Keunggulan Kain Ceruti Hicon dan Produk Yang Bisa Dibuat Dari Kain Ini

Tahukah anda bahwa bahan kain ceruti yang memiliki karakteristik sangat khas yakni seperti kulit jeruk ternyata variasinya ada banyak lho. Salah satunya yakni berupa kain ceruti hicon yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga unggul dari segi kualitas bahan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Ceruti Hicon

Kain ceruti hicon termasuk ke dalam salah satu varian kain ceruti yang mempunyai ciri khas tipis (menerawang) sehingga mirip dengan chiffon. Dibandingkan dengan Kain Ceruti Premium, kain ceruti hicon inipun juga dikenal sedikit lebih tipis tapi karakteristik kainnya tetap kuat dan menawarkan banyak keunggulan tersendiri.

Kain Ceruti Hicon Kain Ceruti Hicon

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Ceruti Hicon

Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain ceruti hicon sebagai bahan pembuatan busana, diantaranya:

1. Teksturnya Mirip Kulit Jeruk

Kain ceruti hicon memiliki permukaan yang sangat khas yakni mirip dengan kulit jeruk tapi cenderung lebih halus.

2. Halus dan Lembut di Kulit

Kain ceruti hicon tergolong ke dalam jenis kain yang halus dan lembut ketika diraba dengan permukaan tangan jadi cukup nyaman digunakan meski permukaannya terdapat bintik-bintik kecil yang terlihat seperti butiran pasir.

3. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain ceruti hicon termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dikenal kuat. Campuran serat sintetis pada kain ceruti hicon membuatnya lebih kuat dan lebih tahan lama.

4. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain ceruti hicon cenderung tidak mudah kusut, jadi membutuhkan sedikit waktu dan usaha dalam perawatan. Sifat kainnya yang tidak mudah kusut dipengaruhi oleh kandungan serat polyester yang ada pada kain.

5. Bahannya Lebih Cepat Kering

Layaknya bahan lain yang dibuat dari serat sintetis, kain ceruti hicon juga dikenal lebih cepat kering. Selain itu perawatan kain ceruti hicon juga tergolong mudah karena kain ini cukup mudah dicuci secara manual dengan menggunakan tangan.

6. Pilihan Warnanya Cukup Beragam

Kain ceruti hicon memiliki banyak pilihan warna yang menarik dan terkesan lebih hidup karena   kain ini dikenal memiliki kemampuan untuk mengikat bahan pewarna dengan baik.

7. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Kain ceruti hicon cenderung tidak mudah luntur ataupun kusam jadi warnanya tetap cerah dan terlihat bagus meskipun sudah dicuci berkali-kali dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

8. Mudah Diatur dan Dijahit

Kain ceruti hicon memiliki gramasi 75 gsm sehingga kain ini cukup mudah diatur dan dijahit menjadi berbagai model busana, termasuk busana wanita yang memiliki pola rumit sekalipun. Karakteristik inilah yang membuat banyak orang menyukai jenis kain yang satu ini.

9. Bahannya Ringan dan Jatuh

Kain ceruti hicon memiliki karakteristik ringan dan terkesan jatuh karena kainnya cenderung tipis. Meski demikian, ketika tertiup oleh angin kain ceruti hicon ini tidak akan mudah melayang di udara.

  • Kain ceruti hicon jatuhnya jadi lebih bagus dan elegan.
  • Kain ceruti hicon juga tampak flowy begitu dikenakan.

10. Adem dan Nyaman Dipakai

Kain ceruti hicon bahannya cukup adem, nyaman dipakai dan tak akan membuat panas / gerah. Meski tidak membuat gerah, tapi ingat juga bahwa kain ceruti hicon ini tetap tidak menyerap keringat dengan baik.

Kegunaan Kain Ceruti Hicon

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain ceruti hicon ini umumnya sangat populer untuk membuat bermacam-macam produk yang menarik seperti hijab, rok, dress, blus dan berbagai model busana wanita lainnya.

1. Hijab

Kain ceruti hicon banyak dimanfaatkan sebagai pembuatan hijab dengan model pashmina dan hijab segi empat karena sifatnya yang adem, sehingga nyaman saat dipakai.

Selain adem dan nyaman dipakai, hijab yang dibuat dari kain ceruti hicon inipun mempunyai karakter kain yang permukaannya halus dan lembut jadi cukup mudah dibentuk dan tidak terasa “ngembang” di kepala.

2. Rok

Selain hijab, kain ceruti hicon juga ideal digunakan sebagai bahan rok wanita. Rok yang dibuat dari bahan inipun akan memiliki efek flowy yang memberi kesan jatuh ketika digunakan.

Tapi karena kain ceruti hicon cenderung tipis dan menerawang, maka kain ceruti hicon ini perlu diberi tambahan furing agar tampilannya tidak tembus pandang. Beberapa contoh bahan kain yang bisa dijadikan furing rok ceruti hicon ini antara lain berupa:

  • Kain satin yang ditenun menggunakan teknik serat filamen seperti sutra (silk), nilon atau polyester.
  • Kain cleopatra yang halus, sedikit mengkilap, cenderung mewah, elegan dan glamor. Kain ini masih berasal dari keluarga kain satin.
  • Kain roberti cavalli yang memiliki sifat halus, lembut dan lebih menyerap keringat.
  • Bahan hyget spandek yang memiliki karakteristik halus, lentur, tidak mudah kusut dan umumnya dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Dress

Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih feminim, kain ceruti hicon bisa diandalkan sebagai bahan pembuatan dress. Seperti halnya rok, dress yang dibuat dari bahan ini sebaiknya juga diberi tambahan furing yang lembut dan nyaman di kulit supaya tidak menerawang.

4. Blus

Berikutnya ada blus yang memiliki ciri khas menggantung dan dapat dibuat dalam berbagai macam desain, misalnya saja blus lengan lonceng, blus lengan balon, blus lengan ruffle ataupun blus dengan potongan asymmetrical.

Untuk anda yang ingin membuat blus sendiri dengan pola yang sudah jadi anda bisa mendownload pola blus siap pakai yang kami miliki.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan dan alasan mengapa kamu harus memilih kain ceruti hicon yang mirip chiffon tapi sedikit lebih tipis dari ceruti premium. Selain menarik dari segi tampilan, busana yang dihasilkan dari bahan kain ceruti hicon pastinya akan terasa sangat nyaman dipakai untuk berbagai aktifitas sehari-hari.

Butuh bahan kain ceruti hicon dengan harga murah untuk membuat hijab, rok, dress, blus dan berbagai produk menarik lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Ceruti Hicon (BFC) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.