Article

Homepage Article Fashion Muslim 10 Kelebihan Mukena Yang…

10 Kelebihan Mukena Yang Dibuat Dari Kain Hyget / Bahan Hyget

Butuh rekomendasi bahan mukena yang bagus untuk pelengkap keperluan shalat?. Kalau anda lebih suka memakai mukena yang berbahan jatuh, sedikit melar dan bobot cukup ringan mungkin anda bisa memilih mukena yang dibuat dari bahan hyget.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Mukena Hyget

Mukena merupakan sejenis perlengkapan shalat khas Indonesia yang selalu dibuat dalam ukuran sangat lebar dan besar untuk menutup aurat pemakainya. Untuk membuatnya pun ada banyak sekali bahan kain yang bisa dipakai, salah satunya yakni kain hyget yang menawarkan banyak keunggulan tersendiri.

Mukena Hyget

Sumber : https://shopee.co.id/

Kain hyget sendiri merupakan sejenis bahan kain yang biasa dibuat dari kombinasi polyester dan cotton. Kombinasi keduanya menghasilkan bahan kain yang memiliki karakteristik mengkilap, ringan, tidak mudah kusut, tekstur bahannya jatuh, tidak mudah luntur dan cocok dipakai untuk iklim Indonesia.

Mukena Hyget

Sumber : https://shopee.co.id/

Khusus untuk pembuatan mukena, kain hyget / bahan hyget inipun dapat dibedakan lain dalam beberapa variasi bahan yang berbeda seperti hyget super dan hyget balon.

  • Bahan Hyget Super

Bahan hyget super atau hyget premium merupakan bahan kain yang memiliki tekstur lebih tebal dan rapi dari hyget biasa, serat kainnya lebih rapat dan memiliki daya serap keringat yang lebih baik.

  • Bahan Hyget Balon

Bahan hyget balon pada umumnya memiliki tekstur sangat lembut seperti sutra dan cenderung adem karena dibuat dengan menggunakan bahan campuran spandek.

Mukena Hyget

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Kelebihan Mukena Hyget

Sama halnya dengan mukena yang dibuat dari bahan lain, mukena dari kain hyget / bahan hyget ini pada prinsipnya juga menawarkan banyak kelebihan. Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih mukena hyget diantaranya:

1. Bahannya Jatuh dan Melar

Mukena hyget memiliki tampilan yang lemas dan jatuh sehingga terlihat lebih elegan saat digunakan. Karena sifatnya kainnya dapat merenggang atau sedikit lebih melar mukena ini juga dapat menyesuaikan dengan gerakan tubuh pemakainya.

2. Bobotnya Cukup Ringan

Mukena hyget bobotnya cukup ringan. Dengan karakteristik bahannya yang ringan, mukena ini akan terasa sangat nyaman dan tidak membuat tubuh gerah saat digunakan untuk beribadah.

3. Cocok Dibawa Bepergian

Mukena dari bahan hyget dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan yang tepat untuk keperluan travelling. Karakteristik bahannya yang ringan dan mudah di lipat menjadikan mukena ini terkesan sangat praktis saat dibawa bepergian dan dimasukkan ke dalam tas.

4. Kuat dan Tahan Lama

Keunggulan lain yang dimiliki mukena hyget yaitu, mukena ini memiliki karakteristik bahan yang kuat dan lebih tahan lama asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.

  • Mukena hyget terbilang kuat karena memiliki serat kain yang lebih rapat.
  • Dengan perawatan yang tepat mukena hyget ini bahkan bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya.

5. Tidak Mudah Kusut

Mukena hyget umumnya memiliki tampilan yang rapi dan tidak memberikan kesan kusut berlebihan.

  • Bahan hyget mukena hadir dengan permukaan yang mengilap serta memiliki kecenderungan tidak mudah kusut.
  • Setelah dicuci mukena hyget ini bahkan bisa langsung dipakai kembali tanpa perlu disetrika terlebih dahulu.

6. Pilihan Modelnya Bervariasi

Mukena hyget dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang menarik, salah satu yang paling populer yakni berupa mukena model two piece yang dihias dengan renda pada bagian bawah dan juga bagian muka.

  • Mukena two piece sendiri merupakan jenis mukena wanita yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah.
  • Bagian atas mukena two piece biasanya berbentuk mirip seperti hijab instan (bergo) tapi ukurannya jauh lebih panjang dan lebar.
  • Sementara bagian bawah dari mukena two piece biasa dibuat seperti layaknya rok elastis berukuran panjang.

7. Banyak Pilihan Warnanya

Mukena dari kain hyget / bahan hyget hadir dalam berbagai macam warna yang menarik dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anda. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral, tapi bahan hyget mukena ada juga yang berwarna terang dan cerah.

8. Tidak Mudah Luntur

Mukena hyget tidak mudah luntur jadi warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik meski sudah dicuci dan digunakan berulang kali. Saat dicuci pun warna bahan hyget mukena tidak akan mengotori pakaian lain walau dicuci bersamanya.

9. Harganya Relatif Terjangkau

Dari segi harga, mukena hyget biasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Jadi dengan memilih mukena ini anda bisa sedikit lebih berhemat dan menggunakan uang yang anda miliki untuk keperluan lain.

10. Perawatannya Mudah

Mukena hyget umumnya sangat mudah untuk dicuci / dibersihkan dan proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama. Jika mukena hyget sudah kotor anda bisa mencucinya dengan detergen kemudian menjemurnya hingga kering.

  • Untuk merawat mukena hyget, anda bisa mencucinya seperti biasa secara manual dengan menggunakan tangan.
  • Gunakan detergen secukupnya untuk mencuci mukena hyget.
  • Kucek bagian yang bernoda dengan menggunakan tangan lalu bilas hingga bersih.
  • Hindari penggunaan sikat karena dapat merusak serat kainnya.
  • Jangan memeras mukena hyget terlalu kuat agar tekstur kainnya tidak berubah bentuk.
  • Jemur mukena dalam keadaan dibalik kemudian keringkan.
  • Setelah kering anda bisa langsung memakai atau menyimpan mukena tersebut tanpa perlu disetrika lebih dulu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan sekaligus alasan mengapa anda harus memilih mukena hyget untuk pelengkap keperluan shalat. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk menemukan bahan mukena yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan hyget / kain hyget berkualitas dengan harga murah untuk membuat mukena dan berbagai produk pelengkap sandang lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa meliha-lihat dulu koleksi Kain Hyget / Bahan Hyget yang kami miliki.

Kalau anda lebih tertarik untuk membuat mukena sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana, maka anda bisa menyimak pembahasan mengenai Cara Mudah Mendesain dan Menjahit Mukena Yang Bisa Anda Coba di Rumah.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.