Article

Homepage Article Kain 10 Kelebihan Jumper Hoodie…

10 Kelebihan Jumper Hoodie Yang Dibuat Dari Kain Baby Terry

Mencari alternatif pakaian penghangat tubuh yang bisa dipakai untuk menghalau udara dingin saat musim penghujan?. Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan dalam hal berbusana, mungkin anda bisa memilih jumper hoodie berbahan kain baby terry yang menawarkan banyak keunggulan.

Pengertian Jumper Hoodie

Jumper hoodie termasuk ke dalam jenis outerwear yang memiliki tudung bertali. Kata hoodie sendiri berasal dari bahasa inggris hood yang artinya tudung (penutup kepala) sedangkan jumper merupakan sejenis pakaian yang serupa dengan sweater. Dari penggabungan hoodie dan jumper itulah akhirnya tercitpa jumper hoodie.

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya jumper hoodie biasanya selalu dilengkapi dengan kantong atau saku pada bagian depan dan memiliki tali untuk menyesuaikan penutup kepala. Beberapa jenis hoodie jumper ada yang memiliki pembuka resleting dibagian depan namun ada juga yang dibuat tanpa pembuka.

1. Jumper Hoodie Zipper

Jumper hoodie zipper merupakan jenis jumper yang dilengkapi dengan tudung kepala dan resleting pada bagian depannya. Jenis resleting yang digunakan untuk hoodie zipper sendiri biasanya sama dengan resleting pada jaket yakni menggunakan resleting open end.

  • Jumper hoodie zipper memiliki bukaan resleting yang terpasang di sepanjang badan depan hingga bagian leher.
  • Jumper hoodie zipper dilengkapi dengan hoodie (kupluk/ penutup kepala) dan tali untuk menyesuaikan ukuran penutup kepala tersebut.
  • Jumper hoodie zipper biasanya juga memiliki saku di sisi kanan dan kiri jumper yang berbahan sama dengan bahan utama jumper.

Jumper Hoodie

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Jumper Hoodie Polos

Jumper hoodie polos merupakan nama lain dari hoodie tanpa zipper (resleting). Jumper ini disebut demikian karena bagian depannya dibuat menyambung semua dan dapat dipakai dengan cara memasukkan kepala dari bawah jumper.

  • Jumper hoodie polos tidak memiliki bukaan resleting di bagian depan sehingga tampilan terkesan lebih polos.
  • Jumper hoodie polos dilengkapi dengan hoodie (kupluk/ penutup kepala) dan tali untuk menyesuaikan ukuran penutup kepala tersebut.
  • Jumper hoodie polos biasanya juga memiliki saku di bagian tengah badan depan yang berbahan sama dengan bahan utama jumper.

Jumper Hoodie

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Terkait dengan bahan kain yang dipakai untuk membuatnya, jumper hoodie sendiri sebenarnya dapat dibuat dari berbagai macam bahan kain yang berbeda. Salah satu yang cukup populer yakni bahan baby terry yang tebal, terkenal lembut, hangat dan berbulu di bagian dalam sehingga terasa sangat empuk bila di gunakan.

Berkeinginan untuk membuat jumper hoodie tapi masih bingung bagaimana cara membuat polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola jumper hoodie pria dan hoodie wanita siap pakai dari kami.

Perbedaan paling mendasar dari baju jumper hoodie lengan raglan dengan lengan licin yaitu terletak pada sambungan lengan dan badannya.

  • Lengan licin merupakan lengan yang dijahitkan pada lingkar kerung lengan.
  • Lengan raglan merupakan lengan yang dijahitkan dari garis leher menuju ketiak.

Kain Baby Terry Untuk Hoodie

Sebagai bahan dasar pembuatan hoodie pria dan hoodie wanita yang berkualitas, kain baby terry dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang memiliki karakteristik cukup unik. Keunikannya bahan yang satu ini terletak pada teksturnya yang sangat lembut karena sebagian besar diciptakan dari serat cotton (katun atau serat kapas).

Sekalipun didominasi oleh bahan katun tapi komposisi penyusun bahan baby terry sebenarnya sangat tergantung dari produsen kainnya lho. Beberapa ada yang dibuat dari 100 % cotton tapi ada juga yang dibuat dari 80 % cotton dan 20 % poly terry loop.

  • Bahan kain baby terry cukup terkenal akan kelembutannya memiliki pola (loop) tertentu yaitu looped texture.
  • Bila dilihat lebih dekat lagi pola ini terlihat seperti bulatan, lingkaran ataupun cincin kecil-kecil pada permukaan kainnya.

Selain tekstur kainnya sangat lembut sisi luar kain baby terry secara umum juga mirip dengan sisi luar kain kaos (jersey) double knitted, hanya saja bila dibandingkan dengan double knitted jersey bahan kain ini justru lebih lentur, lebih tebal dan sedikit berbulu. Kain ini juga memiliki nama lain baby tray, tray atau terry saja.

Ciri Khas Kain Baby Terry

Tidak jauh berbeda dengan bahan pakaian yang lainnya kain baby terry ini secara umum memiliki ciri khas tersendiri yang mungkin tidak dapat dijumpai pada bahan kain yang lain. Untuk memudahkan anda dalam memilih dan menemukan kain baby terry yang berkualitas kenali dulu yuk ciri-cirinya.

  • Kain baby terry memiliki tekstur yang lembut, halus dan tidak berbulu. Kalaupun ada biasanya hanya berupa bulu-bulu yang juga sangat halus.
  • Bahan kainnya sangat ringan dan nyaman saat dikenakan.
  • Kain baby terry memiliki daya serap air atau keringat yang sangat baik.
  • Bagian dalam kain cenderung lebih lembut seperti selimut.
  • Sifat bahannya menghangatkan namun tidak bikin gerah.
  • Beberapa kainnya bersifat tebal, namun ada juga yang tipis mirip bahan kaos.
  • Rajutan pada bagian dalam kainnya membentuk pola bulatan-bulatan kecil.
  • Pada bagian perut bahannya terdapat rongga kecil yang berfungsi untuk meningkatkan daya serap kain.
  • Bagian luarnya mirip dengan bahan jersey double knitted (rajutan ganda) namun lebih lentur.

Kelebihan Hoodie Baby Terry

Dengan memanfaatkan kain baby terry sebagai bahan utamanya, jumper hoodie yang dibuat dari kain tersebut jelas memiliki banyak keunggulan tersendiri bila dibandingkan dengan baju hoodie pria dan hoodie wanita yang dibuat dari bahan lainnya. Beberapa kelebihan dari jumper hoodie berbahan baby terry diantaranya:

1. Bahannya Halus dan Lembut

Jumper hoodie baby terry teksturnya sangat halus dan lembut sehingga sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya penampilan yang keren bagi banyak orang dari berbagai kalangan usia.

  • Tekstur yang lembut serta halus pada jenis kain baby terry menjadikan jumper hoodie yang dibuat dari kain ini lebih disukai banyak orang.
  • Dengan kelebihan yang demikian jumper hoodie dari kain baby terry tidak hanya nyaman dikenakan oleh orangg dewasa, namun juga anak-anak.

Jumper Hoodie

 

Sumber : https://www.etsy.com

2. Terasa Ringan Saat Digunakan

Jumper hoodie yang dibuat dari kain baby terry umumnya terasa lebih ringan dan nyaman saat digunakan sebagai pelengkap gaya penampilan dibandingkan dengan baju hoodie pria dan hoodie wanita yang dibuat dari jenis kain lainnya.

3. Mudah Menyerap Keringat

Jumper hoodie yang diciptakan dari kain baby terry umumnya memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal menyerap keringat. Dengan begitu keringat yang keluar dari dalam tubuh bisa langsung diserap dan diuapkan ke luar pakaian.

  • Jumper hoodie baby terry memiliki daya serap keringat yang sangat baik karena bahwasanya bahan dasar baby terry berasal dari kapas atau cotton.
  • Daya serap keringat dari bahan baby terry tergolong tinggi karena adanya rongga-rongga kecil yang terdapat pada permukaan kainnya.
  • Jumper hoodie baby terry sangat cocok untuk anda yang kebetulan memiliki keringat berlebih. Jika dibiarkan keringat berlebih tentu saja bisa menyebabkan bau badan.

Jumper Hoodie

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Bersifat Menghangatkan

Jumper hooodie dari material baby terry memiliki sifat menghangatkan sehingga sangat cocok diterapkan untuk daerah dengan suhu yang dingin. Sifat hangat ini berasal dari bulu-bulu halus yang berada di sisi bagian dalam baby terry.

  • Kain baby terry mampu menghangatkan badan secara maksimal karena memiliki bulu-bulu halus yang diletakkan di balik kain.
  • Bulu-bulu halus yang ada pada kain baby terry akan membantu menahan dan menstabilkan suhu tubuh. dengan demikian, pemakaianya akan cenderung merasa hangat.

Jumper Hoodie

Sumber : https://www.lulufanatics.com/

5. Cocok Untuk Berbagai Cuaca

Jumper hoodie berbahan baby terry aman digunakan untuk berbagai cuaca. Selain digunakan pada cuaca yang dingin, jumper hoodie yang dibuat dari material baby terry sebenarnya bisa juga digunakan saat cuaca sedang terik karena seratya yang berongga tidak membuat pemakainya menjadi gerah.

  • Dibalik karakteristik bahannya yang sangat khas yakni mampu menghangatkan badan, kain baby terry saat digunakan tidak akan membuat gerah.
  • Karena tidak membuat gerah maka anda bisa mengenakan jumper hoodie di semua cuaca, baik musim panas atau dingin.

Jumper Hoodie

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Aman Untuk Kulit Sensitif

Dengan karakteristik bahannya yang tidak panas, jumper hoodie berbahan baby terry juga aman digunakan untuk berbagai cuaca tanpa membuat pemakainya merasa khawatir akan terkena iritasi maupun alergi. Hal itu dikarenakan bahan baby terry benar-benar aman digunakan untuk membuat bermacam-macam model baju hoodie.

  • Kain baby terry tergolong aman digunakan bahkan untuk orang yang berkulit sensitif sekalipun.
  • Kain baby terry mampu menjaga kulit agar terhindar dari alergi.

Jumper Hoodie

Sumber : https://www.lazada.co.id/

7. Pilihan Warnanya Banyak

Jumper hoodie baby terry memiliki cukup banyak varian warna. Tidak hanya terbatas pada warna-warna netral seperti hitam atau putih, tapi ada juga yang dibuat dalam warna cerah.

  • Jumper hoodie dari bahan baby terry mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Sebagai bahan dasar pembuatan baju hoodie, kain baby terry juga dikenal memiliki warna yang terkesan cantik dan tidak kalah menarik dari bahan kain yang lain.
  • Semakin banyak pilihan warna yang ditawarkan akan membuat banyak orang lebih tertarik untuk mengenakannya.

Jumper Hoodie

Sumber : https://shopee.co.id/

8. Tidak Mudah Kusut

Jumper hoodie baby terry termasuk ke dalam jenis outer yang tidak mudah kusut. Sekalipun digunakan seharian untuk berbagai kegiatan, tampilannya akan senantiasa tetap rapi dan tidak terlihat kusut.

  • Jumper hoodie baby terry memiliki kelebihan tersendiri karena bahannya tidak mudah kusut ataupun lecek.
  • Karena tidak mudah kusut jenis kain ini juga tidak membutuhkan perawatan yang khusus untuk bisa mempertahankan kualitas bahannya.

Jumper Hoodie

Sumber : https://www.bukalapak.com/

9. Harganya Relatif Terjangkau

Selain menawarkan sejumlah kelebihan yang telah disebutkan di atas, jumper hoodie berbahan baby terry umumnnya sangat mudah untuk diperoleh baik itu secara online ataupun offline dan dari segi harga juga telatif terjangkau.

  • Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli jumper hoodie baby terry.
  • Hoodie baby terry umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah jadi dengan memakai gamis tersebut anda bisa lebih berhemat.
  • Sekalipun harga jualnya cukup terjangkau namun bukan berarti kualitasnya lebih buruk dibanding jumper hoodie yang lain.

10. Perawatannya Sangat Mudah

Cara perawatan yang harus diterapkan untuk jumper hoodie berbahan baby terry sebenarnya sangatlah mudah. Namun untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan anda bisa menerapkan beberapa tips sederhana sebagai berikut.

  • Sebaiknya cuci hoodie berbahan baby secara manual dengan tangan dan jangan disikat.
  • Gunakan air hangat dan deterjen seminim mungkin ketika melakukan proses pencucian (perendamannya pun tidak boleh lebih dari 10 menit).
  • Usahakan menjemur hoodie pria dan hoodie wanita berbahan baby terry di tempat yang teduh serta tidak terkena sinar matahari langsung.
    • Selesai melakukan pencucian segera jemur hoodie berbahan baby terry yang anda miliki.
    • Gunakan gantungan baju untuk menjemur hoodie berbahan baby terry agar tidak kusut dan keringnya lebih cepat.
  • Segera angkat jumper hoodie yang sudah kering kemudian simpan dengan menggantungnya menggunakan gantungan baju.
    • Menggantung jumper hoodie akan jauh lebih baik dibandingkan dengan melipatnya.
    • Penyimpanan yang baik akan membantu anda menjaga kualitas dan bentuk pakaan agar terjaga kerapihannya.

Kekurangan Hoodie Baby Terry

Dibalik sejumlah keunggulan yang dimilikinya, baju jumper hoodie berbahan baby terry sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Sekalipun kelebihannya lebih banyak dibanding kelemahannya, tetapi untuk mencari baju jumper hoodie yang berkualitas ada baiknya bila anda sedikit lebih berhati-hati.

Beberapa kekurangan dari jumper hoodie berbahan kain baby terry yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Jumper hoodie berbahan baby terry terkenal akan sifat seratnya yang kurang rapat, ringan, serta cenderung kurang tebal. Karena itulah bahan kain ini bisa dikatakan tidak tahan lama atau cepat rusak bila dirawat dengan cara yang kurang tepat.
  • Selain kurang awet, bahan kain ini juga memiliki kekurangan lain yaitu cenderung mudah melar atau molor (stretch). Sifat ini dapat muncul karena terlalu banyaknya rongga-rongga kecil yang terdapat pada baby terry.
  • Kualitas jumper hoodie yang dibuat dari kain baby terry masih berada dibawahnya bahan cotton fleece, karena bahannya cenderung lebih tipis dibandingkan dengan bahan cotton fleece.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan jumper hoodie baby terry yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilikinya. Sesuai karakteristik bahannya yang halus, lembut dan bersifat menghangatkan, hoodie yang dibuat dari kain baby terry secara umum juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada kain tersebut.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.