Article

Homepage Article Desain Fesyen 5 Perlengkapan Yang Anda…

5 Perlengkapan Yang Anda Butuhkan Untuk Melukis Pada Kain

Melukis pada kain dikenal sebagai salah satu cara yang cukup efektif untuk menghias kain. Hal utama yang membedakan teknik melukis pada kanvas lukis dengan melukis pada kain adalah proses pembuatan motif lukis pada kain biasa dilakukan dengan menggunakan cat khusus yang tahan dicuci dan disetrika.

Perlengkapan Melukis Kain

Sumber : http://lisacongdon.com/

Yang menjadi pertanyaan, lantas peralatan apa saja yang diperlukan dalam kegiatan melukis pada kain?. Sahabat Fitinline setidaknya harus mempersiapkan bahan kain, pembatas kain, peniti atau jarum pentul, cat kain, palet, serta kuas. 

Perlengkapan Melukis Kain

Sumber : http://kamukaramusicanddance.com/

Bahan Kain

Jenis kain yang sangat baik untuk dilukis yaitu berupa kain berserat alami yang dapat dicuci serta kain yang menggunakan pewarna alami dengan perbandingan 50:50 katun/poliester. Untuk mencegah penyusutan bahan setelah pengaplikasian cat sebaiknya cuci kain tersebut menggunakan sabun cuci biasa.

Perlengkapan Melukis Kain

Sumber : https://www.amazon.com/

Pembatas Kain

Pembatas kain dibutuhkan untuk mencegah cat supaya tidak merembes pada sisi lain dari bahan yang dilukis. Sahabat Fitinline bisa menggunakan papan berukuran lebar yang dilengkapi dengan penjepit, kardus rata, kertas minyak atau media lainnya sebagai pembatas sekaligus alas saat melukis kain.

Perlengkapan Melukis Kain

Sumber : http://www.lensarumah.com/

Cat Kain

Sesuai dengan namanya cat kain ini tentunya diperlukan untuk mewarnai gambar pada bahan kain. Bentuk dan variasi dari cat kain ini ada bermacam-macam, beberapa dijual dalam kemasan botol tetapi ada juga yang dapat diaplikasikan dengan kuas.

  • Cat kain kemasan botol dapat dipakai untuk membuat garis yang presisi dan bertekstur. Cat kain ini sangat sesuai jika digunakan oleh para pelukis pemula yang baru belajar melukis pada bahan kain.
  • Berbeda dengan cat kain kemasan botol, cat kain yang dapat diaplikasikan dengan kuas pada dasarnya dapat dicampur dengan mudah untuk membuat warna tertentu sebelum diaplikasikan pada kain.

Perlengkapan Melukis Kain

Sumber : http://www.quiltingdaily.com/

Palet

Seperti halnya dalam melukis di atas kanvas, untuk mencampur atau menyiapkan cat sebelum diaplikasikan pada kain dibutuhkan yang namanya palet. Palet yang bagus adalah palet yang bersifat licin karena minyak tak dapat meresap kedalamnya.

Perlengkapan Melukis Kain

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Kuas

Dalam kegiatan melukis kain, kuas diperlukan untuk menorehkan cat kain pada bahan kain. Supaya hasil yang diperoleh lebih maksimal sebaiknya pilih kuas cat yang sesuai dengan efek yang ingin anda buat.

  • Kuas rata memiliki ujung runcing yang berguna untuk membuat garis yang bersih serta mengisi area-area yang luas.
  • Kuas runcing berukuran panjang ataupun pendek ideal untuk membuat garis panjang.
  • Kuas bundar terdiri dari bulu-bulu yang runcing, cocok untuk mencampur warna dan membuat goresan pendek dan kasar.

Perlengkapan Melukis Kain

Sumber : http://www.silverbrush.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.