Article

Homepage Article Kain Mengenal Aksesoris Kepala…

Mengenal Aksesoris Kepala “Durag” dan Bahan Pembuatnya

Mencari aksesoris kepala yang memiliki desain unik dan dapat dipakai untuk melindungi rambut, menata rambut dan mengunci kelembapan rambut?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mengenakan aksesoris kepala “durag” yang sangat populer di berbagai belahan dunia.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Durag

Do-rag atau durag adalah aksesori kepala yang memiliki asosiasi kuat dengan budaya hip-hop. Etimologi paling sederhana mengapa durag diberi nama demikian yaitu karena kain ini berfungsi untuk melindungi rambut seseorang dan biasa dipakai dengan cara diikatkan di bagian atas kepala.

Aksesoris Kepala

Sumber : https://www.durag-shop.com/

Tidak ada sejarah pasti tentang siapa yang menciptakan durag, tetapi trend penggunaan durag diketahui mulai populer sejak tahun 70-an. Bahkan aksesoris kepala durag ini juga dipakai sebagai pilihan busana pembentuk identitas yang populer dalam budaya Afrika-Amerika.

Aksesoris Kepala

Sumber : https://en.royalbandana.com/

Manfaat Aksesoris Durag

Sebagai salah satu aksesoris kepala yang sangat mendunia, durag bukan hanya berguna untuk pelengkap gaya penampilan semata tapi juga menawarkan berbagai manfaat untuk rambut. Beberapa manfaat dari penggunaan durag yang penting untuk anda ketahui diantaranya:

1. Melindungi Rambut Dari Matahari

Sebagai bagian penting dari perlengkapan perawatan rambut, durag berfungsi untuk melindungi rambut dari sinar matahari jika anda sering menghabiskan waktu di luar ruangan.

  • Durag dengan warna terang akan memberikan pertahanan paling kuat terhadap sinar matahari.
  • Sebaliknya durag dengan warna yang lebih gelap akan cenderung menyerap panas dan membuat kepala terasa lebih gerah.

2. Mempertahankan Gelombang Rambut

Berikutnya durag juga berperan penting untuk mempertahankan gelombang rambut 360, sejenis gaya rambut keriting dengan pola bergelombang yang dapat dibentuk dengan menyisir / menyikat rambut menggunakan teknik khusus.

Biasanya para pria yang berambut pendek sering memakai durag dan menyisir rambut mereka dengan gerakan maju setiap hari selama kurang lebih enam minggu untuk membentuk pola gelombang 360.

Aksesoris Kepala

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Menjaga Rambut Tetap Bersih

Selain memperbaiki dan mempertahankan tekstur rambut, durag juga memiliki manfaat tambahan yakni mencegah kotoran dan debu  menempel di rambut serta menjaga rambut agar tetap bersih untuk waktu yang lebih lama.

4. Menjaga Kelembaban Rambut

Lebih lanjut durag juga berguna untuk menjaga kelembapan rambut serta mencegahnya menjadi kering.

Aksesoris Kepala

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Membantu Saat Berolahraga

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari penggunaan durag saat berolahraga yaitu mencegah rambut panjang agar tidak mengenai wajah dan mencegah keringat mengalir di bagian dahi.

Bahan Pembuatan Durag

Tidak jauh beda dengan aksesoris kepala yang lainnya, durag sendiri pada prinsipnya juga dapat buat dari berbagai jenis bahan kain yang berbeda. Sebut saja kain sutra, kain beludru hingga kain jala.

1. Kain Sutra

Kain sutra termasuk ke dalam salah satu jenis kain terpopuler yang banyak dipakai untuk membuat durag karena asam amino yang terdapat di dalam seratnya mampu memberikan efek halus pada tampilan kain dan membuatnya terasa lebih nyaman saat dikenakan.

Tak hanya membuat penampilan jadi lebih keren, durag yang dibuat dari bahan ini juga memberikan manfaat maksimal untuk rambut.

  • Durag sutra menjadi opsi terbaik untuk kompresi dan mempertahankan gelombang rambut.
  • Benang penyusun yang terdapat pada kain sutera sangat kuat dan tidak mudah putus.
  • Durag sutra memiliki kemampuan menyerap yang baik sehingga akan terasa tetap dingin meski digunakan di daerah yang bersuhu panas.
  • Durag sutra dapat difungsikan sebagai tabir surya yang melindungi kepala dari paparan sinar ultraviolet matahari.
  • Durag sutra sering dibuat menggunakan campuran bahan lain untuk menciptakan tekstur yang lembut dan halus, tetapi ada juga yang terbuat dari sutra murni.

Aksesoris Kepala

Sumber : https://www.durag.se/

2. Kain Beludru

Berikutnya ada kain beludru yang halus, lembut dan sangat berkilau. Dengan tekstur yang unik dan pegangan yang nyaman kain beludru juga menjadi pilihan bahan terpopuler untuk durag di antara berbagai pilihan bahan lainnnya.

Meskipun durag beludru menawarkan banyak manfaat dan perlindungan untuk rambut tapi alasan terbesar mengapa bahan ini lebih disukai oleh banyak orang yaitu karena kesan yang ditampilkan.

  • Sentuhan beludru pada durg akan membuat penampilan terlihat jadi makin glamor.
  • Durag beludru dalam berbagai warna dan gaya sangat cocok dipadupadankan dengan setelan jas atau pakaian kasual.
  • Durag beludru juga sangat cocok digunakan untuk membuat tubuh tetap hangat saat cuaca dingin.
  • Tekstur beludru yang lembut dan memiliki daya breathability cukup baik memungkinkan anda tetap merasa nyaman saat memakai durag yang dibuat dari bahan ini.

Aksesoris Kepala

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Kain Jala

Tak kalah menarik dari dua bahan sebelumnya terdapat pula kain jala / kain mesh yang dapat dipakai untuk meminimalisir panas akibat pemakaian aksesoris kepala yang ketat dan terlalu dekat dengan rambut.

  • Kain jala sendiri merupakan sejenis bahan kain yang memiliki bentuk seperti layaknya sebuah jaring atau jala milik nelayan namun berbeda dari segi bahan pembuatnya, ukuran tenunannya dan fungsi pemakaiannya.
  • Kain jala tersusun dari anyaman benang yang ditenun longgar sehingga menghasilkan bahan yang memiliki lubang-lubang teratur.
  • Kain jala mempunyai susunan serat kain yang terjalin dengan sangat kuat.
  • Kain jaladengan banyak pori besar memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya durag yang dihasilkan pun juga menawarkan banyak keunggulan tersendiri.

  • Durag dari kain jala cenderung ringan dan memungkinkan kulit kepala untuk bernapas dengan lebih baik.
  • Durag dari kain jala menjadi pilihan aksesoris kepala terbaik yang cocok dipakai untuk berolahraga saat musim panas.

Aksesoris Kepala

Sumber : https://www.e4hats.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah manfaat dari durag lengkap dengan beberapa jenis bahan kain yang biasa dipakai untuk membuatnya. Semoga informasi yang kami bagikan dapat memberi kemudahan bagi anda dalam memilih aksesoris kepala yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain jala / kain mesh berkualitas dengan harga murah untuk furing topi dan keperluan lain?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain jala yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.