Article

Homepage Article Kain 10 Jenis Bahan Kain Terbaik…

10 Jenis Bahan Kain Terbaik Untuk Membuat Celana Training

Memilih bahan celana training yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sangatlah penting untuk menunjang aktifitas yang anda lakukan. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membeli atau membuat celana training sendiri sebaiknya kenali dulu jenis-jenis kain yang bagus dipakai untuk membuatnya.

Pengertian Celana Training

Celana training termasuk ke dalam salah satu jenis celana super nyaman yang pada awalnya didesain untuk keperluan olahraga tapi kemudian juga dikembangkan untuk kegiatan lain yang sifatnya casual. Karena terlalu sering dipakai untuk latihan olahraga makanya celana ini kemudian populer dengan nama celana training.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Untuk pelengkap gaya sehari-hari, celana training yang memiliki nama lain track pants atau sweat pants sendiri sebenarnya dapat dijumpai dalam berbagai model dan potongan. Beberapa ada yang diciptakan dengan potongan cukup longgar dan tidak ketat namun ada juga yang dilengkapi tali karet di bagian pergelangan kaki.

Celana Training

Sumber : https://www.graffitishop.net/

Beberapa contoh model celana training yang bisa anda pakai untuk pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Celana training model gaucho yang memiliki bentuk sedikit melebar ke bawah dengan panjang 7 sampai 8 kaki.
  • Celana training model flare yang berpotongan lurus di bagian pinggang sampai lutut kemudian melebar di bagian bawah.
  • Celana training model boot cut yang memiliki potongan mengembang meski tidak terlalu lebar.
  • Celana training model slacks atau pipa yang berbentuk lurus ke bawah.

Kriteria Celana Training Yang Bagus

Berencana untuk membuat celana training sendiri tapi masih bingung harus memilih bahan kain yang seperti apa?. Untuk memudahkan anda dalam memilih bahan celana terbaik simak dulu yuk beberapa kriteria penting yang harus dimiliki oleh sebuah bahan celana training.

  • Bahannya lentur dan elastis supaya lebih mudah dipakai untuk beraktifitas.
  • Mudah menyerap keringat tetapi tidak meninggalkan efek basah dan berat saat digunakan.
  • Mempunyai sirkulasi udara cukup baik dan membuat tubuh tetap terasa sejuk selama berolahraga.
  • Tidak mudah kusut, cepat kering dan cara perawatannya juga mudah.
  • Lebih bagus lagi bila bahan yang dipakai memiliki sifat anti bakteri sehingga bau badan akibat keringat berlebih juga bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Bahan Celana Training

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya lantas apa saja jenis kain terbaik yang dapat digunakan sebagai bahan celana training?. Supaya tidak salah pilih berikut kami bagikan beberapa rekomendasi bahan kain terbaik yang bisa anda pakai untuk membuat celana training.

1. Kain Lotto

Kain lotto dapat dikategorikan ke dalam jenis kain yang bertekstur lembut, halus dan memiliki tingkat ketebalan seperti bahan cotton jadi sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian olahraga termasuk celana training.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain lotto diantaranya:

  • Bahannya halus dan lemas (tidak kaku) sehingga akan terasa sangat nyaman dipakai untuk berbagai macam aktivitas.
  • Tekstur kainnya sangat lembut dan cenderung bersifat elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya (spandeks atau poliester).
  • Kain lotto memiliki bobot relatif ringan dan ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  • Tidak mudah kusut ataupun lecek tampilannya akan senantiasa terlihat rapi meski digunakan dalam waktu yang cukup lama.
  • Untuk pemakaian jangka panjang warna kain lotto akan tetap terlihat baru dan tampak bagus.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain lotto berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi kain dari kami.

2. Kain Adidas

Kain adidas termasuk ke dalam jenis bahan kain yang cukup elastis dan cenderung hangat saat digunakan. Sifat bahannya tidak jauh berbeda dengan kain wafle hanya beda motif saja.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain adidas diantaranya:

  • Kain adidas memiliki karakteristik sedikit tebal, permukaan bagian depannya halus dan bagian dalamnya tidak berbulu.
  • Kain adias juga memiliki daya serap keringat yang baik meski hanya sedikit.
  • Sampai saat ini kain adidas biasanya banyak dimanfaatkan sebagai bahan celana olahraga khususnya untuk seragam sekolah.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain adidas berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Adidas dari kami.

3. Kain Diadora

Kain diadora yang biasa digunakan sebagai pakaian olahraga, memiliki sifat bahan yang mengkilap ketika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan mewah meskipun harganya tidak terlalu mahal.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain diadora diantaranya:

  • Bagian luar kain diadora tampak halus dan memiliki kerapatan yang tinggi, sedangkan bagian dalamnya berbulu lembut dan menimbulkan efek hangat saat dipakai.
  • Kain diadora (yang berkualitas baik) mampu menyerap keringat meski tidak sebanyak kain berbahan katun.
  • Dari segi harga kain diadora umumnya memiliki harga yang cukup terjangkau dan cukup ekonomis.
  • Kain diadora juga tersedia dalam berbagai pilihan warna-warna yang menarik.
  • Ketika terkena sinar matahari permukaan bahan kain diadora akan tampak sedikit mengkilap (mamantulkan cahaya).

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain diadora berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Diadora dari kami.

4. Bahan Spandek

Bahan spandek merupakan sejenis bahan kain yang biasa dibuat dari polimer sintetis seperti nilon atau polyester. Dengan karakteristik bahannya yang elastis dan memiliki kemampuan merenggang sangat tinggi kain ini sangat cocok digunakan sebagai bahan celana aerobic, yoga dan balap sepeda.

  • Bahan spandek memiliki sifat elastis yang tinggi dan tidak membatasi ruang gerak bagi yang memakainya.
  • Bahan spandek mampu mempertahankan ukuran aslinya, sehingga jika direnggangkan tidak akan cepat rusak.
  • Bahan spandek lumayan nyaman saat digunakan namun kainnya agak panas apabila mengandung polyurethane dalam jumlah tinggi.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi kain spandek dari kami.

5. Kain Micro

Kain micro merupakan kain dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga bersifat lembut dan nyaman dipakai. Sekalipun permukaannya tampak lembut tapi kain ini sebenarnya juga memiliki karakteristik yang sangat kuat untuk di gunakan dalam berbagai beraktifitas.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain micro diantaranya:

  • Kain micro termasuk ke dalam jenis bahan kain microfiber terbaik yang memiliki tekstur dengan alur (serat) sangat kecil.
  • Serat micro cenderung tipis karena benang yang dipakai untuk membuat bahan ini sangat halus dan lembut.
  • Tidak menyebabkan masalah dengan penderita alergi atau asma.
  • Kain micro sangat mudah dibersihkan, selain itu proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain micro cenderung tidak mudah kusut jadi tidak perlu disetrika setelah dicuci dan dikeringkan.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain micro berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi kain micro dari kami.

6. Kain Despo

Kain despo termasuk ke dalam jenis kain windbreaker (penahan angin) namun tidak mempunyai lapisan anti air, agak halus, tidak kaku. Kelebihan dari kain despo yaitu bersifat breathable atau memiliki lapisan membran yang memungkinkan terjadinya sirkulasi udara.

Sebagai bahan pembuatan calana training, kain despo sendiri dapat dijumpai dalam berbagai jenis bahan yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

Kain despo stretch dikenal karena permukaannya yang licin dan halus. Kain ini juga bersifat stretch atau melar sehingga nyaman digunakan. Despo stretch juga dilengkapi dengan lapisan latex sehingga tahan terhadap  angin dan air.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Kain despo MG merupakan salah satu kain parasut windbreaker/penahan angin dengan tekstur halus, namun tidak menolak air. Kain despo memiliki serat yang sangat kecil sehingga tampak licin. Kain despo juga sifatnya jatuh dan tidak mudah kusut.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

7. Kain Serena

Kain serena termasuk ke dalam jenis bahan kain yang dibuat dari sedikit campuran nilon, serena juga memiliki stretch yang tinggi dan mudah dalam pencucian dengan atau tanpa perawatan khusus.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain serena berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Serena dari kami.

8. Kain Paragon

Kain paragon merupakan sejenis bahan kaos dari keluarga polyester yang biasa digunakan sebagai baju olahraga. Celana training yang dibuat dari kain paragon inipun umumnya akan terasa sangat nyaman dipakai untuk melakukan berbagai aktifitas salah satunya yakni olahraga joging.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain paragon diantaranya:

  • Kain paragon memiliki salur kain yang beraturan, sedikit tebal dan fleksibel sehingga sangat mudah mengikuti gerakan tubuh pemakainya.
  • Kain paragon bersifat halus dan lembut seperti kapas serta terlihat sedikit mengkilap pada bagian permukaannya.
  • Kain paragon memiliki pori-pori yang jauh lebih padat dan cenderung sukar menyerap keringat tapi cukup baik untuk membuat pakaian olahraga.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain paragon berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Paragon dari kami.

9. Kain Baby Terry

Kain baby terry yang memiliki tampilan luar selayaknya bahan kaos biasa sementara bagian dalamnya mempunyai struktur berbentuk kumpulan “loop” juga dapat digunakan untuk membuat celana training. Sama halnya dengan bahan celana yang lain, kain ini secara umum juga memiliki banyak keunggulan.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain baby terry diantaranya:

  • Bahan kainnya sangat ringan dan nyaman saat dikenakan.
  • Kain baby terry memiliki kemampuan yang sangat baik dalam hal menyerap keringat.
  • Bagian dalam kain baby terry cenderung lebih lembut seperti selimut.
  • Sifat bahannya menghangatkan namun tidak bikin gerah.
  • Beberapa kainnya bersifat tebal, namun ada juga yang tipis mirip bahan kaos.
  • Kain baby terry aman digunakan untuk berbagai cuaca baik itu cuaca panas maupun dingin.

10. Kain Drifit

Kain drifit merupakan bahan pakaian olahraga yang terbuat dari campuran polyester, spandex dan nilon. Seperti kebanyakan bahan lain kain drifit ini secara umum juga bersifat lentur, kuat, tahan lama dan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk mengontrol kondisi keringat pada tubuh.

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan kain drifit diantaranya:

  • Kain drifit memiliki karakteristik yang sangat lentur meski sifat kainnya lumayan tebal.
  • Bahannya tebal sehingga kuat dan tahan lama ketika terkena gesekan.
  • Kain drifit memiliki pori-pori kain yang lumayan besar untuk mengalirkan keringat agar menguap dengan cepat.
  • Kain drifit dapat menyerap keringat dengan mudah sehingga akan terasa sejuk dan adem saat dipakai.
  • Kain drifit termasuk ke dalam jenis kain yang mudah dibersihkan dan proses pengeringannya juga tidak memakan waktu lama.
  • Kain drifit tidak mudah kusut sehingga tampilannya akan selalu tampak rapi meski digunakan dalam waktu lama.

Sebagai bahan pakaian olahraga, kain drifit sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi bahan yang berbeda. Bahan kain yang dimaksud yakni berupa drifit mtiis, drifit nike, drifit polymesh, drifit mu, drifit ferrari, drifit sulkul, drifit jala erbin, drifit smash, drifit wave, drifit rabbit, drifit wafle dan benzema.

Celana Training

Sumber : https://fitinline.com/

Butuh bahan kain drifit berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana training maupun produk pakaian yang lainnya?. Sahabat Fitinline mungkin bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Drifit dari kami.

Kesimpulan

Dari berbagai jenis bahan celana training yang sudah disebutkan di atas bisa dipilih mana yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk mendapatkan celana yang berkualitas, sebaiknya pilihlah bahan kain yang memiliki karakteristik ringan, mudah kering, tidak menyebabkan alergi dan membuat anda nyaman saat memakainya.

Ingin membuat celana training sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola celana training untuk anak dan orang dewasa dari kami.

Pola celana training anak adalah pola celana olahraga yang dipakai anak-anak usia 3 - 12 tahun untuk kegiatan olahraga.

Pola celana training dewasa adalah pola celana olahraga yang dipakai untuk kegiatan olahraga orang dewasa.

Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan untuk celana training atau bahan lainnya untuk membuat pakaian, sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.