Article

Homepage Article Kain 13 Keistimewaan Jilbab Wanita…

13 Keistimewaan Jilbab Wanita Yang Dibuat Dari Kain Ceruti

Bingung memilih jilbab yang nyaman dipakai sebagai pelengkap gaya sehari-hari?. Kalau anda ingin mendapatkan jilbab yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga nyaman dipakai dalam berbagai kesempatan, mungkin anda bisa memilih jilbab berbahan ceruti yang menawarkan banyak keunggulan lainnya.

Pengertian Kain Ceruti

Kain ceruti termasuk ke dalam jenis bahan kain yang sangat lembut ketika dipakai. Sama seperti material crepe yang lain, kain ceruti juga memiliki permukaan dengan butiran bintik-bintik halus yang terasa jika diraba dengan menggunakan telapak tangan. Karakteristik inilah yang membuat kain ceruti jadi makin istimewa.

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, kain ceruti sendiri dapat dijumpai dalam berbagai macam bahan yang cukup beragam. Khusus untuk pembuatan jilbab misalnya kain ceruti yang banyak dipakai antara lain berupa kain ceruti premium, kain ceruti georgette, kain ceruti babydoll, kain ceruti diamond dan kain ceruti ultimate.

Jenis-Jenis Jilbab Ceruti

Untuk urusan desain atau modelnya jilbab yang diciptakan dari kain ceruti ini secara umum juga dapat dijumpai dalam berbagai macam model yang tidak kalah bervariasi. Beberapa jenis jilbab yang dimaksud yakni berupa jilbab model segi empat, jilbab pashmina dan jilbab khimar yang memiliki ciri khas tersendiri.

1. Jilbab Segi Empat

Jilbab segi empat merupakan jenis jilbab yang memiliki karakteristik berbentuk segi empat dan berukuran sama pada keempat sisinya. Jilbab segi empat ini banyak diproduksi dalam beberapa ukuran yang berbeda, mulai dari 110 x 110 cm, 115 x 115 cm, 130 x 130 cm hingga 150 x 150 cm.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Meskipun terbilang sangat sederhana namun model jilbab yang satu ini justru banyak disukai oleh para wanita muslimah karena menawarkan banyak keunggulan lho. Beberapa keunggulan dari jilbab segi empat diantaranya:

  • Jilbab segi empat memiliki tampilan yang simple jadi bisa dipakai dalam berbagai macam kesempatan.
  • Jilbab segi empat dapat dikenakan untuk acara formal maupun acara casual sekalipun.
  • Desainnnya yang tidak terlalu ribet menjadikan model jilbab segi empat lebih mudah untuk dimodifikasi dengan berbagai gaya.
  • Jilbab segi empat bisa dipadupadankan dengan jenis pakaian. Baik itu gamis, kaftan, tunik, abaya maupun blus wanita.

2. Jilbab Pashmina

Jilbab pashmina ceruti merupakan salah satu produk fashion wanita yang lebih dikenal banyak orang sebagai selendang berukuran besar. Salah satu kelebihan jilbab pashmina ceruti yaitu mudah untuk dikenakan dan dikreasikan ke dalam berbagai model jilbab yang menarik.

  • Jilbab pashmina ceruti umumnya memiliki bahan yang ringan dan adem saat dikenakan.
  • Jilbab pashmina ceruti tersedia dalam banyak pilihan warna yang cantik dan menarik.
  • Meskipun tipis namun bahan kain yang dipakai untuk membuat jilbab pashmina ceruti sangat kuat.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

Selain dibuat dalam bentuk lembaran, terdapat pula pashmina instan yang bisa langsung dipakai tanpa perlu tambahan peniti ataupun jarum pentul. Ketika sudah dipakai tampilan pashmina instan inipun tidak ada bedanya dengan jilbab pashmina biasa karena hanya cara pemakaiannya saja yang beda.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

Hal paling mendasar yang membedakan jilbab pashmina instan dengan pashmina biasa diantaranya:

  • Jilbab pashmina instan modelnya sangat terbatas.
  • Ukuran dan modelnya juga sudah baku sesuai standar yang ditetapkan oleh masing-masing produsen pashmina instan.
  • Cara membuat kerasi pashmina instan tidak bisa seleluasa seperti saat memakai pashmina biasa.

3. Jilbab Khimar

Khimar menjadi model jilbab berikutnya yang juga dapat dibuat dari kain ceruti. Ciri paling khas yang membedakan jilbab khimar dengan model jilbab lain yaitu memiliki desain yang lumayan panjang dan besar untuk menutupi bagian kepala hingga dada wanita (termasuk tulang selangka).

Jilbab Ceruti

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa contoh model khimar wanita yang dapat anda pilih sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

  • Jilbab khimar simpel yang tidak memiliki terlalu banyak variasi dan hiasan.
  • Jilbab khimar layering yang dibuat dari dua lapis kain atau lebih kemudian dijahit menjadi satu.
  • Khimar pet dengan ciri khas tambahan pet (bantalan busa) dibagian depan yang bisa mengikuti lekuk lingkar wajah.
  • Khimar rempel yang dilengkapi dengan tambahan rempel pada baberapa bagiannya, kebanyakan bawah khimar.

Kelebihan Jilbab Ceruti

Berbicara mengenai jilbab ceruti, jadi pada prinsipnya jilbab yang diciptakan dari kain ceruti ini sebenarnya juga menawarkan banyak kelebihan dibanding jilbab lain. Beberapa kelebihan jilbab ceruti yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya sebagai pelengkap gaya penampilan diantaranya:

1. Tekstur Kainnya Menarik

Kelebihan pertama yang ditawarkan jilbab ceruti yaitu memiliki tekstur yang unik, menarik dan berbeda dengan kebanyakan kain pada umumnya.

  • Jilbab ceruti memiliki kontur atau permukaan kain yang sangat mirip dengan kulit jeruk namun cenderung lebih halus dan terdapat bintik-bintik kecil.
  • Ketika diterawang jilbab ceruti akan menampilkan serat yang membentuk gelombang seperti awan atau kabut.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://inayalooks.com/

2. Tampilannya Sangat Elegan

Selain tekstur kainnya menarik, jilbab ceruti juga memiliki tampilan yang sangat elegan dan tampak mewah saat dipakai karena kain ceruti sendiri diketahui memiliki kemiripan dengan kain sifon namun teksturnya lebih berpasir.

  • Jilbab ceruti sangat cocok digunakan dalam berbagai acara baik itu untuk acara yang bersifat casual maupun acara lain yang lebih formal.
  • Tanpa banyak detail sekalipun jilbab ceruti akan terlihat anggun dan berkelas.

3. Mudah Untuk Dibentuk

Bahan ceruti yang ringan dan jatuh menjadikan jilbab yang dibuat dari kain tersebut sangat mudah dibentuk dan sangat nyaman di kepala.

  • Jilbab ceruti memiliki bahan yang terkesan lembut dan elastis, ciri inilah yang membuat banyak orang menyukainya sebagai pelengkap gaya sehari-hari.
  • Selain menimbulkan kenyamanan lantaran kelembutannya, jilbab ceruti juga sangat elastis dan mudah dibentuk sesuai kreatifitas pemakainya.
  • Permukaan kain ceruti yang bertekstur membuat kain ini tidak licin sehingga anda bisa bebas berkreasi dengan jilbab berbahan ceruti.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://naishahijrah.com/

4. Tidak Mudah Melar

Jilbab ceruti tidak mudah melar karena sifatnya yang sedikit kaku tapi lembut. Sifat tidak mudah melar ini juga menjadi kelebihan lain dari kain ceruti, karena dengan karakteristik bahannya yang tidak mudah melar maka jilbab yang dihasilkan akan jadi lebih awet dan tahan lama.

5. Nyaman Dipakai Seharian

Jilbab ceruti diketahui memiliki tampilan yang lembut dan ringan jadi akan terasa nyaman saat dipakai untuk seharian bahkan ketika cuaca panas sekalipun.

  • Jilbab ceruti memiliki bahan yang terkesan lembut dan elastis, ciri inilah yang membuat banyak orang menyukai jilbab ceruti.
  • Selain lembut dan elastis jilbab ceruti juga dapat memberikan rasa nyaman pada pemakainya meski harus melakukan banyak aktifitas.

6. Bahannya Tidak Panas

Keunggulan lain yang sulit ditolak dari jilbab ceruti yaitu tidak panas saat dipakaikarena jenis kain ini memiliki sifat yang sangat ringan dan tidak lembab. Hal ini tentu saja akan sangat menguntungkan untuk para wanita yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia.

  • Jilbab ceruti cenderung terasa lebih adem dan tidak panas saat dipakai karena memiliki rongga-rongga yang memungkinkan kulit untuk bernafas dengan sangat mudah.
  • Saat cuaca panas jilbab ceruti bisa meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat meningkatnya suhu sekitar.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Bahannya Cukup Kuat

Jilbab ceruti termasuk ke dalam jenis jilbab yang tipis dan bisa melayang saat dipakai. Meski tergolong tipis tapi jilbab yang dibuat dari kain ceruti pada prinsipnya tetap memiliki karakteristik kuat dan tidak mudah sobek asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.

  • Jilbab ceruti sendiri dibuat dari bahan yang kuat jadi tidak mudah rusak saat dipakai.
  • Meskipun pemakaiannya sering jilbab ceruti akan tetap awet dan berumur panjang.

8. Tidak Menerawang Saat Dipakai

Dari segi tampilan sepintas jilbab ceruti memang terlihat tipis dan melayang, meski demikian bukan berarti jilbab yang dibuat dari kain ceruti jadi menerawang saat dipakai.

  • Jilbab ceruti memiliki tekstur seperti kulit jeruk yang membuatnya tidak tembus pandang dan menerawang.
  • Ketika terkena paparan cahaya jilbab ceruti tidak akan menerawang jadi cukup aman dipakai untuk melindungi rambut dan bagian atas tubuh.
  • Bahannya yang tidak menerawang, apalagi jika dibuat menjadi jilbab model rangkap menjadikan pengguna sangat leluasa beraktivitas sehari-hari.

9. Pilihan Warnanya Banyak

Jilbab ceruti hadir dengan pilihan warna yang cukup beragam dan tidak membosankan. Bahkan hampir semuanya memiliki warna yang lebih cerah dan hidup karena bahan ceruti sendiri dikenal lebih mudah mengikat warna.

  • Jilbab ceruti mudah didapatkan dan hadir ke dalam berbagai pilihan warna.
  • Jilbab ceruti memiliki warna yang lebih hidup karena kainnya dikenal mampu mengikat warna dengan baik.
  • Banyaknya pilihan warna jilbab yang ditawarkan akan akan membuat anda tampil lebih cantik dan menawan.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Selain pilihan warnanya cukup banyak, jilbab ceruti umumnya juga tidak mudah luntur dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. Dengan demikian warna kain ceruti yang ada pada jilbab tidak akan mengotori pakaian lain saat dicuci bersamaan.

10. Bisa Dibordir

Jilbab ceruti termasuk ke dalam jenis jilbab yang dapat dibordir. Dengan adanya tambahan  bordir pada jilbab ceruti, maka jilbab yang dihasilkan pun sudah pasti akan menjadi semakin cantik dan menarik.

Untuk mengerjakan sebuah bordir pada jilbab ceruti sendiri setidaknya dikenal dua jenis teknik bordir yang bisa diterapkan. Teknik yang dimaksud yakni berupa bordir tangan dan bordir mesin.

  • Bordir Tangan

Bordir tangan merupakan teknik bordir yang pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan tangan. Karena dibuat dengan tangan, bordir ini jelas mempunyai nilai seni yang lebih tinggi apalagi jenis tusukannya lebih bervariasi.

  • Bordir Mesin

Bordir mesin merupakan teknik bordir yang proses pembuatannya dikerjakan dengan mesin. Mesin yang dimaksud bisa berupa mesin jahit biasa, mesin bordir listrik dan juga mesin bordir komputer.

Jilbab Ceruti

Sumber : https://shopee.co.id/

11. Bisa Dipakai Tanpa Inner

Sesuai dengan karakteristik kain ceruti yang memiliki permukaan bertekstur dan tidak licin, jilbab ceruti secara umum juga mewarisi sifat yang ada pada bahan tersebut. Karena sedikit bertekstur dan tidak licin jadi jilbab ceruti bisa dengan mudah dipakai tanpa tambahan inner hijab.

12. Harganya Cukup Terjangkau

Jilbab yang dibuat dari kain ceruti sangat mudah untuk ditemukan dan kebanyakan juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, jadi anda bisa tetap membelinya tanpa perlu khawatir uang tabungan anda akan terkuras habis.

  • Dari segala keunggulan yang dimilikinya, alasan inilah yang membuat banyak orang tertarik membeli jilbab berbahan kain ceruti.
  • Meski memang dijual dengan harga yang cukup terjangkau namun bukan berarti kualitas jilbab ceruti lebih buruk dibanding jilbab lainnya.
  • Dengan menggunakan jilbab ceruti yang sangat terjangkau anda bisa lebih hemat dan menyisihkan uang yang anda miliki untuk keperluan lain.

13. Perawatannya Sangat Mudah

Jilbab ceruti cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Untuk mencuci jilbab ceruti sendiri anda bisa menggunakan cara manual yakni dengan kedua tangan.

  • Jilbab yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan jilbab ceruti bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.

Kekurangan Jilbab Ceruti

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya jilbab yang dibuat dari kain ceruti sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran mudah terbawa angin dan rentan rusak jika terkena suhu setrika yang terlalu panas.

  • Jilbab ceruti kurang kuat untuk menahan hembusan angin jadi kalau digunakan untuk di tempat yang terbuka kadang sangat mudah terbawa angin.
  • Jilbab ceruti juga sangat rentan rusak jika terkena panas setrika yang terlalu tinggi karena permukaan kainnya akan menjadi mengkerut.

Tips Merawat Jilbab Ceruti

Berkeinginan untuk membeli jilbab ceruti tapi masih bingung bagaimana harus merawatnya nanti?. Untuk memastikan agar jilbab ceruti yang anda miliki kelak tetap awet dan berumur panjang simak dulu tips berikut yuk. 

  • Pertama-tama pisahkan jilbab ceruti dari jenis bahan pakaian lain yang berpotensi luntur karena bahan ceruti dikenal sangat mudah menyerap warna.
  • Cuci jilbab ceruti dengan air sabun kemudian bilas hingga bersih dan tidak ada busa sabun yang tertinggal.
  • Keringkan jilbab ceruti dengan cara diangin-anginkan di tempat yang bersih dan tidak terpapar terik sinar matahari secara langsung.
  • Setelah kering segera angkat jilbab kesayangan anda dari tempat jemuran kemudian simpan di tempat yang bersih.
  • Bila anda ingin menyetrika jilbab ceruti disarankan untuk melapisi bagian permukaannya dengan bahan lain agar panas yang ditimbulkan dari setrika tidak langsung bersentuhan dengan permukaan jilbab.

Untuk membersihkan jilbab ceruti yang terpapar noda minyak, taburkan bedak saat noda masih baru kemucian cuci jilbab ceruti tersebut seperti biasa. Tapi kalau jilbab kesayangan anda terkena noda darah atau keringat, sebaiknya rendam jilbab dalam larutan detergen selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah kelebihan dan kekurangan dari jilbab ceruti yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan mengetahui keunggulan yang dimiliki jilbab ceruti semoga kedepannya anda bisa lebih mudah untuk menemukan jilbab yang benar-benar berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jilbab tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.