Article

Homepage Article Fashion Muslim 12 Macam Aksesoris Yang…

12 Macam Aksesoris Yang Bisa Diandalkan Untuk Mempercantik Hijab Wanita

Mau tampil setingkat lebih modis dan stylish saat menggunakan hijab?. Untuk menunjang gaya penampilan anda supaya terkesan terkesan lebih manis jangan lupa tambahkan sentuhan aksesoris pada hijab yang anda kenakan. Dalam hal ini aksesoris yang anda pilih hendaknya juga disesuaikan dengan keseluruhan outfit.

Khusus untuk anda yang suka menggunakan aksesoris hijab tapi masih bingung harus memilih aksesoris yang seperti apa simak dulu yuk pembahasan mengenai beberapa macam pilihan aksesoris yang bisa diandalkan untuk memperindah tatanan hijab agar tampak lebih kekinian dan jauh dari kesan monoton.

Tuspin

Tuspin merupakan aksesoris minimalis berukuran kecil yang sangat cocok digunakan dalam berbagai macam model hijab style, baik itu hijab segi empat maupun pashmina. Sama halnya dengan jarum pentul tuspin sendiri sebenarnya juga memiliki kepala hanya saja bentuknya cenderung lebih unik dan bervariasi.

Selain tuspin berkepala mutiara ada juga lho tuspin lain yang dipakai untuk pemanis hijab wanita. Beberapa jenis tuspin yang dimaksud diantaranya ada tuspin casmir, tuspin punjab, tuspin zimbabwe dan tuspin nigeria.

1. Tuspin Mutiara

Tuspin mutiara merupakan jenis tuspin yang bagian kepalanya dihias dengan mutiara. Selain digunakan sebagai aksesoris, tuspin ini bisa juga digunakan untuk pengganti jarum pentul.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

2. Tuspin Casmir

Tuspin casmir secara umum terdiri dari jarum, mutiara dan bulu halus beraneka warna yang dikaitan dengan rantai kecil. Meski memiliki bulu-bulu namun tuspin yang satu ini tidak terlalu mencolok.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.blibli.com/

3. Tuspin Zimbabwe

Hampir serupa dengan tuspin casmir, tuspin Zimbabwe ini sebenarnya juga dihias dengan detail bulu. Bedanya bulu pada tuspin zimbabwe terdiri dari berapa lembar dan dibiarkan mengembang.

4. Tuspin Nigeria

Tuspin Nigeria menjadi satu-satunya tuspin yang biasa dibuat menggunakan bulu burung merak. Selain unik tuspin ini juga terkesan manis karena pada bagian penghubung bulu dan jarumnya terdapat mutiara.

Bros

Bros menjadi salah satu aksesoris hijab wanita yang tidak pernah lekang oleh waktu dan telah tenar sejak lama jika dibandingkan dengan aksesoris lainnya. Selain memberikan kesan cantik aksesoris ini juga bisa membuat penampilan jadi lebih berkelas asal pemilihannya juga sudah tepat.

  1. Pertimbangkan kesesuaian warna antara bros, hijab, dengan pakaian yang anda kenakan agar terlihat lebih serasi dan jauh dari kesan berlebihan.
    • Saat mengenakan hijab yang bermotif anda bisa memilih bros polos yang berwarna senada dengan pakaian atau dalaman jilbab.
    • Sebaliknya untuk mempercantik tampilan hijab yang polos anda bisa mengaplikasikan bros yang cenderung bermotif.
  2. Sesuaikan ukuran bros yang anda kenakan dengan kebutuhan sehingga nantinya bisa diperoleh tampilan yang lebih seimbang.
    • Jika anda ingin mengenakan bros di atas kepala sebaiknya pilih bros yang panjang menjuntai.
    • Jika anda ingin mengenakan bros di area bahu pilih bross yang besar dan bermotif unik.
  3. Pilih material bros yang tepat dan sesuai dengan tema acara maupun kebutuhan anda.
    • Untuk keperluan formal sebaiknya gunakan bros dari material logam dengan warna netral.
    • Sementara untuk keperluan santai sebaiknya pilih bros dengan warna terang untuk memperoleh kesan ramai dan ceria.
  4. Pilih bros yang cukup bagus dan berkualitas terutama pada bagian penitinya. Pastikan peniti yang digunakan pada bros trsebut cukup kuat agar bisa bisa digunakan di berbagai kesempatan.
  5. Perhatikan pula ukuran peniti yang ada pada bros. Peniti yang terlalu kecil akan menyulitkan anda saat menyematkannya pada hijab wanita maka dari itu lebih baik pilih peniti yang berukuran sedang.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.blibli.com/

Bros Patch

Bros patch yang memiliki tampilan pipih dan biasanya dibuat dari kain berhiaskan payet ataupun bordir juga dapat dijadikan aksesoris hijab wanita yang cukup menarik.

  1. Untuk anda yang ingin mengenakan bros patch sebaiknya pilih warna bros patch yang senada dengan warna hijab dan pakaian.
  2. Bros patch dapat diandalkan untuk mempertegas gaya penampilan supaya makin menawan saat menghadiri suatu acara pesta.
  3. Bros patch dapat dikenakan dengan cara diselipkan pada bagian kepala di antara kain hijab.
  4. Bros patch sangat sesuai jika dipadupadankan dengan hijab segi empat maupun hijab pashmina.

Hijab Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

Simak juga pembahasan mengenai Kreasi Hijab Model Pashmina Yang Bisa Anda Coba Sendiri di Rumah dan 9 Tips Simpel Memilih dan Mengenakan Hijab Segi Empat Agar Tidak Mudah Lepek.

Statement Earrings

Tanpa harus mengenakan bros, sepasang anting yang manis juga bisa menjadi aksesoris hijab yang cantink dan menawan. Dalam hal ini anda bisa memilih statement earrings yang agak besar dan panjang sebagai fokus penampilan.

  1. Pilih statement earring yang berbentuk unik seperti bunga, daun, persegi atau berbagai bentuk geometris lainnya.
  2. Utamakan untuk memilih tatement earrings yang berwarna kontras dengan warna hijab anda namun tetap terlihat serasi.
  3. Untuk aksesoris hijab pilih statement earrings dengan model yang panjang atau menggantung. Selain itu anda bisa juga memilih statement earrings yang cenderung besar.
  4. Sesuaikan material dan bentuk statement earrings dengan acara yang hendak anda hadiri.
    • Statement earrings dengan material plastik yang berbentuk lucu pom-pom bisa anda gunakan untuk gaya casual saat hangout.
    • Untuk acara yang sifatnya lebih formal anda bisa menggunakan anting yang dibuat dari material lain seperti silver.

Hijab Wanita

Sumber : https://wolipop.detik.com/

Dalam pemakaian statement earrings sebagai aksesoris hijab jangan sampai menghilangkan fungsi utama dari hijab itu sendiri yaitu untuk menutup aurat. Supaya lebih aman anda bisa mengaitkan anting statement earrings pada bagian luar hijab atau pada bagian inner hijab (ciput).

Kalung Panjang

Biasa difungsikan sebagai aksesoris leher, kalung panjang yang dibuat dalam berbagai macam model, bahan dan variasi warna kini pada perkembangannya juga dapat dikenakan untuk aksesori hijab walaupun memang tidak semua model kalung bisa dipakai wanita berhijab.

  1. Untuk mempercantik tampilan hijab dan pakaian agar terlihat lebih berwarna dan tidak terlalu polos sebaiknya plih kalung yang bertali panjang.
  2. Sebagai pelengkap gaya penampilan saat mengenakan hijab, pastikan anda memilih desain kalung yang tidak terlalu mencolok agar tidak terkesan berlebihan.
  3. Kalung panjang ini bisa digunakan sebagai aksesoris yang tepat ntuk anda yang kurang suka memakai bros.
  4. Untuk hiasan hijab saat menghadiri acara pesta, pilih saja kalung panjang yang memiliki detail mutiara atau hiasan batu mulia supaya tampilan yang dihasilkan lebih berkesan anggun.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

Hair Clips

Hair clips sebenarnya termasuk ke dalam jenis aksesoris kepala yang berguna untuk menjepit rambut atau poni supaya tidak menjuntai menutupi wajah. Meski awalnya lebih sering digunakan untuk mempercantik bagian rambut kini hair pin juga mulai banyak dimanfaatkan sebagai aksesoris hijab yang keren.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

Tertarik untuk mengenakan hair clip sebagai pelengkap gaya penampilan anda tapi masih bingung menentukan padupadannya seperti apa?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa mencoba tips berikut.

  1. Gunakan hair clips warna terang untuk dijadikan statement. Dalam hal ini anda bisa memadukannya dengan model hijab apapun entah itu hijab segi empat maupun pashmina.
  2. Tampilkan kesan ceria dengan mengenakan tiga buah hair clips sekaligus dengan warna berbeda. Supaya tampilan yang dihasilkan tidak menumpuk pilih hair clip yang berukuran kecil.
  3. Untuk anda yang mau tampil beda gunakan hair clips yang memiliki motif dan warna sama di bagian sisi kiri dan kanan hijab.

Bobby Pin

Selain hair clip ada juga aksesori rambut yang sapat dimanfaatkan untuk memperindah hijab segi empat, hijab pashmina maupun model hijab lainnya. Aksesoris yang dimaksud yakni berupa bobby pin.

  1. Dahulu bobby pin hanya dibuat dalam warna hitam, namun saat ini pilihan warna dan bentuknya lumayan banyak.
  2. Selain difungsikan untuk mempermanis tampilan hijab wanita, bobby pin ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk menahan hijab agar tidak bergeser dan terlepas.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.pinkyparadise.com/

Headpiece

Khusus untuk anda yang suka tampil lebih manis dan girly dalam setiap kesempatan coba kenakan aksesoris hijab yang dibuat dalam bentuk headpiece. Oleh para hijabers biasanya headpiece ini lebih sering dikenakan saat menghadiri acara formal hingga semi formal.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.bridestory.com/

Tertarik untuk mengenakan headpiece sebagai pemanis penampilan anda?. Beberapa model headpiece yang dapat dijadikan sebagai alternatif pelengkap gaya berhijab anda diantaranya.

  1. Headpiece beads black yang terbuat dari dua tali warna hitam dengan ornamen batuan merah kecil.
  2. Headpiece gems white yang terbuat dari rangkaian batu putih berkilau untuk menghadiri acara pesta maupun acara semi formal lainnya.
  3. Headpiece rose red yang sangat cocok dipadukan dengan hijab polos berwarna hitam.
  4. Headpiece garland gold yang dilapisi dengan warna emas sehingga sangat sesuai dikenakan untuk menghadiri acara formal maupun acara pesta.
  5. Headpiece magnifique black dengan aksen bulat besar pada salah satu sisi ini memberikan kesan fun dan ceria.
  6. Headpiece pearls light brown dengan ornamen mutiara berwarna cokelat yang sangat sesuai dikenakan untuk acara santai, kuliah hingga acara formal.
  7. Headpiece chain black model rantai yang cantik sangat serasi dipadukan dengan jilbab berwarna cerah dan kalem.

Sebagai aksesoris hijab, sebuah headpiece biasanya dapat dipakai di rambut dulu baru ditutup beberapa bagiannya dengan hijab atau bisa juga langsung dipakai di bagian luar hijab. Bagaimanapun gaya hijab yang anda pilih headpiece ini pasti akan membuat penampilan jadi makin modis dan stylish.

Bandana

Untuk aksesoris hijab segi empat maupun hijab pashmina polos anda bisa menggunakan bandana sebagai aksesoris hijab yang modis.
Jika anda ingin tampil keren di acara formal usahakan untuk memilih bandana yang tidak memiliki banyak motif agar terlihat elegan.
Sementara kalau anda ingin menghadiri acara yang tidak terlalu formal, anda bisa memakai  bandana yang motifnya lebih ramai.

Hijab Wanita

Sumber : http://www.busanamuslimtrendy.com/

Bando

Sama halnya dengan headband, sebenarnya bando juga merupakan aksesori kepala yang dikenakan di rambut atau di sekeliling kepala. Jika di masa lalu sebuah bando lebih sering digunakan untuk menahan rambut agar tidak menghalangi wajah, kini bando juga mulai dikreasikan menjadi aksesoris hijab.

  1. Bando dapat dipakai sebagai aksesoris hijab segi empat maupun hijab pashmina.
  2. Sebagai aksesoris hijab bando biasanya banyak terbuat dari bahan elastis seperti plastik atau logam dengan bentuk tapal kuda.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.elevenia.co.id/

Berencana untuk menjadikan bando sebagai aksesoris andalan anda saat mengenakan hijab?. Berikut beberapa hal paling penting yang wajib anda perhatikan saat memilih bando.

  1. Pilih bando yang nyaman di bagian belakang telinga agar kepala anda tidak terasa sakit saat mengenakannya.
  2. Pilih tipe bando yang sesuai dengan tema acara dan keseluruhan outfit anda.
  3. Untuk menampilkan kesan yang lebih elegan dan berkelas pilihan warna dan bahan bando yang sesuai dengan kebutuhan.

Head Jewelry

Head jewelry menjadi aksesoris hijab berikutnya yang mampu mengubah tampilan hijab segi empat, hijab pashmina maupun model hijab lainnya jadi makin cantik. Meski pada awalnya lebih sering digunakan hiasan hijab para pengantin, namun kini anda juga bisa menggunakannya saat pergi ke pesta.

Hijab Wanita

Sumber : https://www.bukalapak.com/

Bucket Hat

Bucket hat menjadi salah satu aksesoris hijab yang bisa anda pakai jika ingin memberikan sentuhan berbeda pada gaya casual. Selain mampu memberikan kesan lebih modis pada penampilan bucket hat ini juga sangat cocok dikenakan untuk berbagai acara santai.

  1. Catatan sejarah menyebutkan nama bucket hat sendiri diambil dari bentuknya yang terlihat seperti bucket atau ember.
  2. Sebagai aksesoris penutup kepala bucket hat pertama kalinya dijadikan item fashion pada tahun 1960-an.
  3. Pada tahun 1980-an bucket hat ini menjadi lebih populer di kalangan para rapper dan menjadi tren street wear untuk casual outfit.
  4. Keberadaan topi ini pun mulai dikenal dan digandrungi oleh para remaja khususnya remaja wanita, semenjak para idol Korea mulai memakai bucket hat.

Hijab Wanita

Sumber : https://id.pinterest.com/

Berencana untuk membeli bucket hat sebagai pelengkap gaya penampilan anda saat mengenakan hijab segi empat maupun hijab pashmina tapi masih bingung harus memilih yang seperti apa?. Berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan untuk mendapatkan bucket hat yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilih bucket hat yang didesain dalam warna-warna netral dan bermotif simple kalau anda lebih suka tampil simple.
  2. Pilih bucket hat yang tidak biasa dan berwarna warni kalau anda suka bergaya unik.
  3. Untuk aktifitas sehari-hari pilih bucket hat yang cenderung polos agar tampilan yang dihasilkan tampak lebih casual dan santai.

Sekalipun aksesoris yang dapat dipakai untuk mempermanis tampilan hijab lumayan banyak namun ingat penggunaannya jangan terlalu berlebihan. Beberapa hal penting yang wajib anda pertimbangkan saat akan memadupadankan aksesoris hijab diantaranya:

  1. Pastikan aksesoris yang anda pilih sudah sesuai dengan tema outfit secara keseluruhan.
    • Untuk keperluan pesta misalnya anda bisa mengenakan bross dan tuspin mutiara.
    • Untuk gaya casual cukup kenakan aksesoris hijab yang simple seperti headband atau kalung panjang.
  2. Dalam memilih aksesoris perhatikan kesesuaian kombinasi warnanya dengan outfit yang hendak anda kenakan.
    • Hindari perpaduan warna-warna yang terlalu kontras seperti warna merah dengan biru langit.
    • Selain itu hindari juga pemakaian aksesoris dengan warna yang sama untuk mempertegas keindahan dari aksesoris yang anda pakai.
    • Kalau mau aman anda bisa memilih aksesoris hijab yang warnanya kontras namun masih terlihat cocok dengan warna pakaian.
  3. Untuk gaya hijab yang cenderung simple kenakan aksesoris yang sedikit besar. Sebaliknya kalau hijab yang anda kenakan sudah memiliki aksen tersendiri sebaiknya gunakan aksesoris hijab yang simple.
  4. Hindari aksesoris yang berdetail meriah jika anda mengenakan busana yang memiliki motif ramai. Supaya kesan yang ditimbulkan tidak terlalu menumpuk sebagai gantinya gunakanlah aksesoris yang cenderung polos.
  5. Sesuaikan aksesoris yang anda kenakan dengan usia. Jika anda masih remaja anda bisa memakai kalung ataupun bros yang berdetail lucu, namun kalau anda sudah merasa dewasa sebaiknya gunakan aksesoris yang lebih elegan.

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam pilihan aksesoris yang dapat anda pakai untuk mempercantik tampilan hijab wanita, entah itu hijab segi empat, pahmina maupun model hijab wanita yang lainnya. Semoga artikel yang kami bagikan bisa menjadi sumber inspirasi bagi anda sahabat Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.