Article

Homepage Article Cara Menjahit Kreasi Dompet/Pouch Sederhana…

Kreasi Dompet/Pouch Sederhana Dari Bahan Kain

Dompet atau pouch dapat didefinisikan sebagai suatu kantung yang biasa digunakan untuk menyimpan barang-barang dalam berbagai macam ukuran. Untuk membuat kreasi pouch sendiri sahabat Fitinline bisa memanfaatkan berbagai macam jenis kain, salah satunya kain kanvas bermotif yang bisa dengan mudah dijumpai di toko kain

Pouch Tutorial

Beberapa bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah pouch diantaranya:

  • Satu lembar kain bermotif untuk bagian luar pouch.
  • Satu lembar kain bermotif untuk bagian dalam pouch.
  • Interfacing.
  • Satu buah ritsleting biasa.

Sedangkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat pouch yaitu berupa mesin jahit, benang, jarum jahit, jarum pentul, gunting, rotary cutter set (cutter, mat, ruler), dan setrika. 

Pouch Tutorial

Sebagai permulaan, ukur terlebih dahulu panjang ritsleting yang telah anda siapkan. Ukuran ini nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam memotong bahan kain.

Pouch Tutorial

Gambar pola pouch secara langsung di atas bahan kain yang akan digunakan sebagai bagian terluar dari pouch kemudian potong dengan bantuan rottary cutter. Sesuaikan ukurannya dengan panjang ritsleting ditambah kampuh sebesar 1 cm pada masing-masing sisinya. Jumlah potongan kain yang diperlukan untuk bagian luar pouch yaitu sebanyak dua lembar. 

Pouch Tutorial

Ulangi langkah diatas untuk memotong bahan kain yang akan digunakan sebagai bagian dalam pouch. Supaya ukurannya sama, sahabat Fitinline bisa menjiplak potongan bahan kain yang telah diperoleh dari langkah sebelumnya. 

Pouch Tutorial

Siapkan pula dua lembar interfacing yang berukuran sama dengan ukuran utama pouch, kemudian rekatkan pada masing-masing potongan bahan kain yang diperoleh pada langkah pertama dengan menggunakan bantuan setrika.  

Pouch Tutorial

Pouch Tutorial

Letakkan salah satu potongan bahan kain bagian dalam pouch pada meja yang datar dengan posisi bagian baiknya menghadap keatas, kemudian tempatkan ritsleting seperti contoh berikut.

Pouch Tutorial

Letakkan potongan kain terluar dari pouch diatasnya dengan posisi terbalik sehingga bagian baiknya berada di bawah. Jika diperlukan sematkan beberapa buah jarum pentul untuk menahan posisinya agar tidak bergeser.

Pouch Tutorial

Jahit lurus tumpukan bahan kain beserta ritsleting tersebut secara bersamaan seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Untuk memudahkan proses menjahit, sebaiknya ganti terlebih dahulu sepatu jahit anda dengan sepatu khusus untuk memasang ritsleting.

Pouch Tutorial

Pouch Tutorial

Dengan cara yang sama, jahit bahan kain dan ritsleting yang terdapat pada sisi lain dari pouch. Tempatkan hasil jahitan yang diperoleh dari langkah sebelumnya diatas potongan bahan kain bagian dalam pouch yang lain dengan posisi bagian baiknya menghadap keatas.

Pouch Tutorial

Letakkan satu lagi potongan kain terluar dari pouch diatasnya dengan posisi terbalik. 

Pouch Tutorial

Dengan menggunakan sepatu jahit khusus untuk menjahit ritsleting, jahit tumpukan bahan kain beserta ritsleting tersebut secara bersamaan.

Pouch Tutorial

Hasilnya akan diperoleh bentuk jahitan seperti gambar berikut ini. Tindas sepanjang tepi ritsleting supaya terkesan lebih rapi.

Pouch Tutorial

Bentangkan kedua sisi pouch kemudian jahit sepanjang bagian tepinya menggunakan sepatu jahit biasa. Sisakan sedikit celah pada sisi bagian dalam pouch seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut untuk memudahkan anda ketika membalik pouch. 

Pouch Tutorial

Pouch Tutorial

Pouch Tutorial

Rapikan sisa benang dan kain yang bertiras dengan menggunakan bantuan gunting, kemudian balikkan pouch secara bertahap.  

Pouch Tutorial

Pouch Tutorial

Setelah pouch terbentuk secara sempurna sahabat Fitinline tinggal menyetrika pouch tersebut supaya terkesan sedikit lebih rapi.

Pouch Tutorial

Pouch Tutorial

Bagaimana? Cukup mudah dan sederhana bukan? Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dan detail mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan pouch, sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial  dibawah ini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.