Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fashion Item Wanita Yang…

10 Fashion Item Wanita Yang Awalnya Dibuat Untuk Pria

Sering dianggap sebagai barang-barang yang bisa memberi kesan modis dan stylish pada penampilan wanita, tahukah kamu bahwa sepatu hak tinggi dan rok yang identik dengan wanita awalnya justru lebih dulu diciptakan dan dipakai oleh para pria lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Evolusi Dalam Fashion

Evolusi dalam fashion adalah proses perubahan gaya berpakaian dan aksesori dari waktu ke waktu. Tidak hanya modelnya saja yang berubah, tapi bukti adanya evolusi dalam fashion juga bisa dilihat dari banyaknya fashion item pria yang kini mulai banyak diadopsi oleh wanita untuk menciptakan gaya yang unik dan beragam.

Jenis-Jenis Fashion Item

Terkait denhan hal tersebut, lantas apa sajakah barang-barang fashion untuk wanita yang ternyata dulu diciptakan untuk pria?. Berikut adalah beberapa contoh fashion item yang awalnya dibuat un-tuk pria kemudian diadopsi oleh wanita dan menjadi bagian penting dari fashion wanita.

1. High Heels

Pertama ada high heels alias sepatu hak tinggi yang dulu biasa dipakai oleh kaum pria di ka-wasan Asia Barat untuk berkuda sejak abad ke-10. Kemudian high heels mulai populer di Ero-pa sejak abad ke-17 dan langsung diadopsi oleh bangsawan laki-laki, termasuk Raja Louis XVI.

Fashion Item

Sumber : https://timesofindia.indiatimes.com/

Sejak wanita mulai menganut mode fashion maskulin dengan mengenakan high heels karena membuat kaki mereka tampak lebih kecil, high heels selanjutnya menjadi identik dengan mode wanita dan tidak lagi dikenakan oleh pria.

Fashion Item

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Hand Bag

Kedua ada handbag atau tas tangan yang awalnya dibuat untuk pria sebelum menjadi fashion item yang populer di kalangan wanita. Dulu pada abad pertengahan di Eropa, pria dari berbagai kelas sosial kerap menggunakan tas kecil (pouches) yang diikatkan pada sabuk mere-ka untuk menaruh uang dan barang.

Terinspirasi dari hand bag yang dikenakan para pria desainer kemudian mulai membuat hand-bag modern untuk wanita pada awal 1900-an dengan tambahan pengait dan kompartemen agar lebih praktis.

Fashion Item

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Rok dan Gaun

Ketiga ada rok dan gaun yang kerap dijadikan sebagai fashion item favorit oleh para wanita yang gemr berpenampilan feminin.  

Penggunaan rok dan gaun oleh pria pada masyarakat kuno menjadi suatu hal yang normal, contohnya seperti laki-laki kaum Zulu dan Skotlandia.
Rok biasanya juga kerap dipakai oleh kaum pria saat berperang karena dianggap bisa mem-beri ruang untuk bergerak.

Fashion Item

Sumber : https://thefashiontag.com/

4. Legging

Kempat ada legging yang dikenakan pertama kali oleh pria pada abad ke-14. Dari yang semula digunakan oleh para pria, seiring perubahan zaman (tepatnya pada abad ke-19) legging kemudian bertransformasi menjadi fashion item wanita sehingga kaum pria berhenti me-makainya.

Fashion Item

Sumber : https://m.global.jdsports.com/

5. Celana Panjang

Kelima ada celana panjang yang secara eksklusif dikenakan oleh pria. Namun pada abad ke-20 (terutama setelah Perang Dunia II), celana panjang mulai diterima sebagai bagian dari pakaian wanita, baik untuk keperluan kerja maupun fashion sehari-hari.

Fashion Item

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Download juga pola celana pria dan celana wanita siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat celana panjang sendiri dengan pola yang sudah jadi.

6. Blazer

Keenam ada blazer yang awalnya menjadi bagian dari seragam pria dan sering digunakan da-lam konteks formal atau semi-formal. Kalau untuk sat ini blazer telah menjadi fashion item yang sangat populer di kalangan wanita, baik untuk penampilan profesional maupun gaya kas-ual.

Fashion Item

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Crop Top

Ketujuh ada crop top yang memiliki nama lain half shirt, midriff top hingga cutoff shirt.

  • Crop top menjadi bagian dari fashion pria, terutama di kalangan penggemar kebugaran dan binaragawan pada era 1970-an dan 1980-an.
  • Dengan ukurannya yang cukup pendek, crop top dulu sering digunakan untuk memamerkan perut mereka yang rata. 

Fashion Item

Sumber : https://www.reead.com/

Dari yang awalnya hanya digunakan oleh kaum pria, pada era 1990-an dan 2000-an crop top mulai sering digunakan oleh para wanita yang suka berpenampilan sedikit terbuka.

Maraknya penggunaan crop top dikalangan wanita didorong oleh trend fashion yang lebih bebas dan ekspresif.
Crop top juga menjadi simbol fashion yang berani dan sering terlihat dalam budaya pop, ter-masuk dalam video musik, film dan acara televisi.

Fashion Item

Sumber : https://www.decathlon.lt/

Simak juga 7 Alasan Mengapa Kaos Crop Top Cocok Diandalkan Untuk Gaya Sehari-Hari.

8. Celana Jeans

Kedelapan ada celana jeans awalnya dirancang sebagai pakaian kerja untuk pria oleh Levi Strauss pada abad ke-19. Tapi sejak pertengahan abad ke-20, celana jeans mulai banyak dicip-takan dengan berbagai gaya dan potongan yang disesuaikan untuk wanita.

Fashion Item

Sumber : https://shopduer.com/

9. Kemeja

Kesembilan ada kemeja berkerah dengan kancing depan (button-up shirt) yang bagian dari busana pria tradisional. Kalau untuk saat ini kemeja telah menjadi bagian penting dari pakaian wanita, baik dalam gaya formal maupun kasual.

Fashion Item

Sumber : https://www.uniqlo.com/

Download pola kemeja siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kemeja sendiri dengan pola yang sudah jadi.

10. Dasi dan Dasi Kupu-Kupu

Kesepuluh ada dasi dan dasi kupu-kupu yang awalnya menjadi aksesori pria kemudian mulai diadopsi sebagai bagian dari fashion wanita, terutama dalam gaya androgini yang memberikan kebebasan bagi para wanita untuk mengekspresikan diri.

Fashion Item

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kesimpulan

Itu dia sepuluh daftar fashion item yang mulanya diciptakan untuk pria namun kini justru lebih iden-tik dengan wanita. Mulai dari alasan praktis atau karena suatu barang dinilai lebih berguna bagi wanita dari pada pria, faktanya ada banyak alasan mengapa peralihan fashion item tersebut bisa terjadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.