Article

Homepage Article Fashion Design Ketahui Pentingnya Peran…

Ketahui Pentingnya Peran Creative Director Dalam Industri Fashion

Di antara sekian banyak jenis profesi yang ada di dunia fashion, profesi creative director pada prinsipnya sangat diperlukan oleh setiap brand pakaian. Selain bertanggung jawab penuh atas keseluruhan desain yang dihadirkan, creative director sebenarnya juga memiliki tugas dan tanggung jawab lain yang tidak kalah penting lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Creative Director

Creative director dapat didefinisikan sebagai pemimpin dari suatu tim kreatif yang bertanggung jawab pada image besar dari suatu perusahaan lewat cara-cara kreatif. Untuk menjalani profesi ini seseorang creative director pastinya dituntut untuk berfikir kreatif terkait dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sebuah brand ke masyarakat.

Creative Director

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tanggung Jawab Creative Director

Sebagai orang nomor satu di sebuah tim kreatif, creative director sendiri tpada prinsipnya memiliki peran yang sangat penting untuk menumbuhkan kreativitas orang-orang dalam timnya dan melakukan beberapa tugas tambahan lainnya. Beberapa tugas dan tanggung jawab yang dimaksud antara lain berupa:

1. Membuat Konsep Kreatif

Creative director bertugas untuk membuat konsep kreatif kemudian  menerjemahkan ide dan konsep tersebut menjadi sebuah produk fashion berkualitas.

  • Proses ini dimulai saat creative director melakukan pertemuan dengan client.
  • Hal-hal yang dibahas pada pertemuan tersebut yaitu apa yang diinginkan client dan apa yang bisa dilakukan oleh tim kreatif.

Creative Director

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Menentukan Tema Koleksi

Creative director bertugas untuk menentukan tema, model koleksi pakaian serta warna yang akan diterapkan dalam sebuah produk fashion.

  • Creative director tidak mendesain pakaian melainkan merumuskan dan memberi kesan kepada desainer mengenai konsep menyeluruh untuk koleksi tertentu dan label secara keseluruhan.
  • Creative director berperan untuk menentukan desain apa yang harus dibuat, apa yang akan menarik bagi target pasar dan bagaimana konsep akan diterapkan pada pakaian.

3. Memberi Arahan Pada Tim

Creative director bertugas untuk memberi arahan kepada tim kreatif dan mengatur jalannya proyek yang diberikan oleh client.

Creative Director

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Mengawasi Pekerjaan Tim

Creative director bertanggung jawab untuk mengawasi pekerjaan tim secara maksimal, termasuk mengecek sejauh mana pekerjaan yang dilakukan dan apa yang dihasilkan oleh timnya.

5. Membuat Laporan Kinerja

Creative director berkewajiban membuat laporan kinerja dari tim kreatif yang dipimpinnya, bisa berupa waktu hingga kualitas pengerjaan.

  • Setiap pekerjaan yang sudah dilakukan oleh tim kreatif akan masuk ke dalam catatan creative director.
  • Catatan tersebut selanjutnya akan dikumpulkan menjadi sebuah laporan yang akan dipresentasikan ke atasan hingga ke client.

Keterampilan Yang Harus Dimiliki

Untuk dapat melakukan tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas tentunya seorang cerative director juga harus memiliki keahlian atau keterampilan khusus yang berkaitan dengan bidang tersebut.

1. Memahami Visi Misi Brand

Creative director harus memahami visi misi brand sehingga bisa memberikan pesan kepada customer lewat setiap koleksi fashion yang dibuat. Visi dan misi dari sebuah perusahaan sendiri juga sangat berpengaruh untuk meningkatkan motivasi dan semangat karyawan dalam bekerja dan mewujudkan tujuan perusahaan.

2. Memahami Trend Terbaru

Creative director harus memahami trend terbaru yang sedang diminati masyarakat untuk menentukan seperti apa model fashion yang akan diproduksi, baik dengan cara melakukan riset tren d ataupun meninjau data penjualan.

Creative Director

Sumber : https://id.pinterest.com/

Hubungan antara kreativitas dengan trend yang begitu erat, membuat seseorang yang ingin duduk di posisi creative director harus memiliki pemahaman terhadap trend terbaru.

  • Dengan memahami trend kemungkinan untuk membuat merek atau iklan terdongkrak semakin besar.
  • Dengan memahami trend anggaran yang dibutuhkan untuk pengerjaan pun tidak akan terlalu besar.

3. Punya Kreatifitas Tinggi

Creative director harus memiliki kreativitas yang tinggi sehingga dapat terus memberikan ide segar untuk perusahaan. Beberapa cara tak terduga yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif diantaranya:

  • Bekali diri dengan pengetahuan yang luas terkait dengan segala hal yang berhubungan dengan industri fashion.
  • Luangkan waktu untuk mencari informasi tentang apa yang sedang menjadi trend dan diminati masyarakat dari banyak sumber.
  • Hubungkan setiap inspirasi yang anda terima kemudian olah menjadi suatu hal yang baru.

4. Punya Jiwa Kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan dibutuhkan untuk menjadi cerative director karena skill ini memiliki keterkaitan erat dengan tugas sehari-harinya sebagai pemimpin tim.

  • Sifat penting yang harus dimiliki seorang pemimpin yaitu mendengarkan saran, ide dan tanggapan dari orang lain lalu mengembangkannya.
  • Dengan keterampilan memimpin yang baik maka resiko konflik yang mungkin timbul di antara tim kreatif dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

Creative Director

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Kemampuan Berkomunikasi

Selain memiliki jiwa kepemimpinan, untuk menjadi creative director seseorang juga harus memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan keseluruhan tim yang dipimpinnya.

6. Skill Project Management

Untuk dapat memberi arahan dan mengatur jalannya proyek yang diberikan oleh client, creative director yang berada di industri fashion juga harus memiliki skill project management /  skill perencanaan yang baik karena deadline suatu proyek ditentukan oleh creative director.

  • Tanpa project management yang baik proyek yang dikerjakan bisa saja berhenti begitu saja di tengah jalan.
  • Tanpa project management yang baik proyek yang dikerjakan bisa saja melebihi budget yang diberikan oleh client.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tugas dan tanggung jawab serta kualifikasi yang harus dimiliki creative director dalam dunia fashion. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi gambaran pada anda terkait dengan apa saja hal-hal yang harus dilakukan dan dipersiapkan jika ingin menjadi creative director.

Yang pasti untuk menjadi creative director yang baik tolok ukurnya tidak hanya sebatas seberapa lama anda bekerja, tapi juga sebaik apa karya yang anda buat, seluas apa wawasan yang anda miliki, prestasi apa saja yang pernah anda dapatkan dan bagaimana nantinya anda memimpin tim kreatif sebagai bagian penting dari perusahaan.

Untuk mengetahui apa saja jenis-jenis profesi lain yang masih ada hubungannya dengan dunia fashion simak juga pembahasan mengenai 21 Profesi di Dunia Fashion dan Peran Masing-Masing.

Tapi kalau anda yang mau tahu lebih banyak lagi informasi terkait dengan teknik menjahit dan tips mendesain busana anda bisa mendownload E-Book Menjahit dan E-Book Mendesain yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.