Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Fakta Menarik Seputar…

10 Fakta Menarik Seputar Celana Jeans

Siapa yang tidak mengenal celana jeans?. Sebagian besar dari anda pasti sudah sangat familiar dengan fashion item yang satu ini. Meski sudah sering memakai celana jeans namun tahukah anda jika celana jeans tersebut ternyata memiliki sejarah panjang dan riwayat yang cukup aneh. 

Fakta Tentang Jeans

Sumber : https://www.jbrandjeans.com/

Untuk menjawab rasa penasaran anda, kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk menggali beberapa fakta tersembunyi tentang celana jeans yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. 

Fakta Tentang Jeans

Sumber : http://www.saga.co.uk/

  • Kata jeans merupakan kata yang diadaptasi dari “gene”, sebuah nama serat yang diimpor dari Genoa Italia.
  • Terinspirasi dari jeans yang dibuat di Genoa para penenun di kota Nimes, Perancis kemudian mulai memproduksi kain yang sama persis dengan jeans buatan Genoa. Setelah melalui berbagai eksperimen lahirlah kain jenis lain yang dikenal sebagai kain denim.
  • Levi Strauss dan Jacob Davis merupakan dua tokoh yang dianggap memiliki peran paling penting dalam sejarah perkembangan jeans di dunia.
  • Jeans yang kita kenal sekarang awalnya hanya diproduksi dalam bentuk overalls. Ironisnya bahan kain denim justru lebih populer pada celana jeans daripada overalls.
  • Saat pertama kali diproduksi, celana jeans yang dibuat untuk wanita ritsletingnya selalu ditempatkan di bagian kanan pinggang. Setelah masa perang dunia kedua, barulah retsleting pada celana jeans wanita diletakkan di bagian depan.
  • Benang berwarna keemasan yang dipakai dalam jahitan celana jeans sebenarnya merupakan bagian dari merek dagang Levi’s milik Levi Strauss.
  • Celana Jeans yang diberi merek “501 Jeans” merupakan jenis celana jeans tertua yang pertama kali dibuat oleh perusahaan Levi Strauss. Usia celana jeans tersebut mencapai 115 tahun.
  • Celana jeans pernah dianggap sebagai simbol pergerakan dan perlawanan remaja di Amerika pada tahun 1950-an, bahkan penggunaannya sempat dilarang di beberapa tempat umum, seperti sekolah, teater, dan restoran.
  • Tanggal 20 Mei 1873 dianggap sebagai hari jadi celana jeans karena tepat pada tanggal tersebut Jacob Davis dan Levi Strauss & co. memperoleh hak paten untuk celana jeans.
  • Bahan pewarna yang biasa diaplikasikan pada celana jeans awalnya diambil dari warna biru natural tumbuhan indigo. Tapi di masa sekarang pewarna jeans kebanyakkan menggunakan bahan sintetis.

Fakta Tentang Jeans

Sumber : http://www.mudjeans.eu/

Semoga bermanfaat.

Mencari bahan kain denim berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa melihat koleksi kain denim kami Di Sini.

Kain Denim

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.