Article

Homepage Article Cara Menjahit Cara Mudah Membuat Fishnet…

Cara Mudah Membuat Fishnet Jeans Dari Celana Jeans Bekas

Mau tetap tampil keren dengan fishnet jeans tanpa harus keluar duit banyak untuk membeli celana jeans yang baru?. Mungkin tutorial membuat fishnet jeans dari celana jeans bekas yang kami bagikan berikut bisa membantu anda.

Beberapa point penting yang akan dibahas salam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fishnet Jeans

Fishnet jeans termasuk dalam kategori celana jeans yang memiliki tampilan sangat khas yakni memiliki aksen sobek di beberapa bagian seperti halnya ripped jeans tapi pada bagian yang sobekan tersebut diisi dengan material jaring alias kain jaring-jaring yang bergaya edgy.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Jika sebelumnya banyak perempuan yang mengenakan stocking jaring (fishnet stocking) sebagai dalaman dari celana jeans sobek, kini pada akhirnya banyak produsen celana yang justru sengaja membuat celana jeans sobek dan mengisi bagian tersebut dengan kain jaring-jaring.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Cara Membuat Fishnet Jeans

Tertarik untuk membuat kreasi fishnet jeans alias celana jeans dengan variasi jaring-jaring pada bagian yang sobek?. Sebagai referensi anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Untuk membuat fishnet jeans siapkan terlebih dahulu sejumlah alat dan bahan yang terdiri dari:

  • Celana jeans bekas yang masih bagus.
  • Kapur kain untuk menandai celana jeans.
  • Gunting untuk memotong bahan kain.
  • Kain jaring-jaring yang berpori besar untuk pelengkap celana jeans.
  • Jarum pentul untuk menyematkan bahan kain jaring-jaring.
  • Benang dan jarum jahit tangan untuk menjahit kain jaring-jaring.

2. Menentukan Desain Fishnet Jeans

Selesai menyiapkan alat dan bahan seperti yang sudah disebutkan di atas selanjutnya tentukan desain fishnet jeans yang ingin anda buat, terutama bagian mana yang ingin anda sobek dan seperti apa pola sobekan yang mau diperlihatkan.

3. Menandai Celana Jeans

Dengan menggunakan kapur kain tandai bagian celana jeans yang ingin anda lubangi. Dalam hal ini anda bebas mau melubangi bagian paha, bagian lutut, bagian tulang kering celana atau justru ketiganya.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.aliexpress.com/

4. Melubangi Celana Jeans

Setelah pola pada celana jeans selesai dibuat selanjutnya lubangi celana tersebut dengan menggunakan gunting khusus kain. Untuk memberikan efek yang lebih menarik sikat bagian tepi bekas potongan bahan jeans agar benangnya sedikit berumbai.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. Memotong Kain Jaring-Jaring

Ukur seberapa besar lubang celana jeans yang anda buat lalu potong kain jaring-jaring sesuai kebutuhan. Jangan lupa beri kampuh yang cukup lebar untuk menjahitnya.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.aliexpress.com/

6. Menjahit Celana Jeans

Jahit potongan kain jaring-jaring bersama dengan celana jeans sesuai langkah-langkah berikut.

  • Selipkan kain jaring-jaring pada bagian dalam celana dengan posisi bagian baiknya berhadapan dengan bagian buruk celana.
  • Untuk menahan posisinya agar tidak mudah bergeser sematkan jarum pentul.
  • Setelahnya anda bisa mulai menjahit kain jaring-jaring dan celana jeans dengan menggunakan benang dan jarum jahit tangan.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk menjahit kain jaring-jaring pada celana jeans sendiri ada banyak sekali jenis tusuk jahit yang bisa anda pilih. Beberapa jenis tusuk jahit yang dimaksud antara lain berupa:

  • Tusuk jelujur yang mempunyai arah horizontal, dimana ukuran dan jarak tusuk jahitan yang dibuat pada kain selalu diatur sama panjang. Berdasarkan jaraknya tusuk jelujur inipun dapat dibagi menjadi tiga macam kategori:
  • Tusuk jelujur yang jaraknya dibuat tidak sama alias secara sembarangan.
  • Tusuk jelujur dengan jarak tertentu yang dibuat dengan jarak sama atau konsisten.
  • Tusuk jelujur renggang / tusuk renggang yang jaraknya dibuat satu spasi. Tusuk ini dibuat dengan benang yang dirangkap jadi ketika jahitan selesai akan ada jejak jahitan terakhir.
  • Tusuk balik (back stitch) / tusuk tikam jejak yang jika dilihat dari bagian atas tampilannya terlihat seperti jahitan mesin namun jika dilihat dari bagian bawah tampak seperti jahitan rangkap.

7. Penyelesaian Akhir

Sebagai penyelesaian akhir periksa kembali ada tidaknya jahitan yang terbuka. Jika tidak ada berarti fishnet jeans yang anda buat sudah siap untuk digunakan. 

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Khusus untuk pelengkap gaya berhijab anda bisa juga memodifikasi celana fishnet jeans ini dengan mengisi bagian yang sobek dengan tambahan lain agar aurat tetap tertutup.

  • Cara paling simple yaitu sebelum anda menjahit kain jaring-jaring dengan celana jeans jangan lupa tambahkan potongan kain polos yang berwarna netral di dalamnya.  
  • Jika sudah anda bisa menjahit celana jeans, kain jaring-jaring dan kain polos secara bersamaan dengan mengunakan jarum jahit tangan dan benang.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tips Padupadan Fishnet Jeans

Buat anda yang berani tampil beda dengan fishnet jeans, anda bisa menjadikan celana jeans yang satu ini sebagai fashion item andalan saat hangout bersama teman-teman. Untuk ide padupadannya anda bisa memasangkan fishnet jeans dengan berbagai model baju kekinian, seperti halnya:

  • Kaos oblong yang berpotongan simple yakni didesain tanpa tambahan kancing, kerah maupun saku.
  • Baby tee yang didesain dalam ukuran mungil dengan potongan di atas pusar dan tampak pas dengan bagian dada.
  • Ringer shirt  alias kaos yang berwarna kontras leher dan ujung lengannya.
  • Crop top yang sengaja diciptakan dalam ukuran pendek sehingga saat dikenakan terkesan menggantung. Panjangnya sendiri kebanyakan hanya berkisar antara 40 - 50 cm saja.
  • Tank top yang didesain tanpa lengan dan cenderung terkesan seksi saat dikenakan.

Fishnet Jeans

Sumber : https://www.dhgate.com/

Untuk anda yang mau tampil lebih edgy tinggal padupadankan busana yang anda pakai dengan sneakers atau sepatu boots kesayangan yang memberikan kesan stand out namun tetap modern sebagai statement pada penampilan.

Fishnet Jeans

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumah cara saderhana yang bisa anda coba untuk membuat kreasi fishnet jeans dengan celana jeans bekas. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk membuat fishnet jeans sendiri yang sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Denim yang kami miliki.

Untuk anda yang ingin membuat celana jeans sendiri dengan menggunakan pola yang sudah jadi anda bis juga mendownload pola celana jeans model skinny dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.