Article

Homepage Article Kain 10 Daftar Kerajinan Tangan…

10 Daftar Kerajinan Tangan Dari Kain Goni Yang Unik dan Menarik

Jadi salah satu jenis bahan kain yang memiliki tampilan sangat khas yakni memiliki rajutan benang cukup menonjol dan terkesan vintage, kain goni kerap menjadi pilihan populer dalam berbagai industri termasuk industri kerajinan tangan lho.

Beberapa point penting yang akan di bahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Goni

Kain goni termasuk ke dalam jenis bahan kin yang sering kali digunakan dalam berbagai aplikasi karena kekuatannya dan daya tahan yang dimilikinya. Beberapa karakteristik paling khas yang dimiliki kain goni yaitu:

  • Kain goni bisa dibuat dari berbagai bahan, termasuk serat alami seperti kapas atau serat sintetis seperti poliester atau nilon yang emberikan kekuatan dan keawetan pada kain.
  • Kain goni umumnya memiliki ketebalan yang cukup, dalam artian tidak terlalu tebal ataupun tipis.
  • Kain goni memiliki tekstur yang kasar dan kokoh sehingga membuatnya sangat tahan terhadap gesekan dan penggunaan yang berat.
  • Kain goni memiliki sifat penyerapan yang baik sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam produk-produk seperti tas belanja atau tas piknik.
  • Kain goni biasanya tersedia dalam warna-warna netral seperti putih atau krem, namun bisa juga ditemukan dalam berbagai pilihan warna yang lebih cerah.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://id.pinterest.com/

Kerajinan Dari Kain Goni

Mau tahu apa saja produk kerajinan tangan yang dapat dibuat dari kain goni?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa jenis produk kekinian yang biasa dibuat dari kain goni.

1. Pouch Kain Goni

Pertama ada pouch kain goni yang bisa kamu pakai untuk menyimpan barang-barang berukuran kecil agar lebih mudah dibawa ke mana saja dan lebih mudah dicari manakala hendak digunakan.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Selain digunakan untuk menyimpan barang-barang, pouch kain goni ini sebenarnya juga cocok digunakan untuk souvenir perikahan, ulang tahun maupun event penting lainnya.

Simak juga Bukan Sekedar Gaya Berikut 10 Fungsi Penting Pouch Bag.

2. Tas Kain Goni

Kedua ada tas kain goni yang dapat dijumpai dalam berbagi model yang berbeda, baik itu berupa drawstring bag, tote bag, backpack dan lain sebagainya. Beberapa kelebihan yang dimiliki tas kain goni yaitu:

  • Tas kain goni dikenal awet dan tahan lama.
  • Tas kain goni sangat kuat menahan beban berat.
  • Tas kain goni flexible digunakan di segala cuaca baik itu cuaca panas maupun cuaca hujan.
  • Tas kain goni memiliki tampilan yang vintage jadi sangat cocok dibawa kemana saja.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Dekorasi Pernikahan

Ketiga kain goni dapat difungsikan sebagai pita untuk dekorasi acara pernikahan maupun acara pesta lainnya. Dengan karakteristik kainnya yang sedemikian unik, kerajinan tangan kain goni akan memberikan sentuhan alami dan hangat pada dekorasi pesta.

Berikut beberapa cara pemanfaatan kain goni sebagai pita untuk dekorasi acara pernikahan.

  • Ikatkan kain goni yang dipotong panjang di sekitar meja untuk membuat tata letak meja makin indah.
  • Gunakan kain goni sebagai pita untuk menghiastempat duduk pengantin.
  • Bungkus batang bunga dengan kain goni sebagai pita untuk memberikan sentuhan rustik pada buket bunga pengantin.
  • Gunakan kain goni sebagai pita untuk mengikatkan undangan pernikahan atau souvenir untuk tamu.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Table Runner

Keempat kain goni yang memiliki tampilan unik dan menarik juga dapat digunakan untuk membuat table runner. Tak hanya mempercantik tampilan meja, table runner inipun juga memiliki fungsi lainnya yang tidak kalah penting, beberapa diantaranya:

  • Sebagai alternatif pengganti taplak meja.
  • Melindungi meja dari berbagai materi yang dapat merusak meja seperti tumpahan makanan dan minuman.
  • Menonjolkan kecantikan tekstur dan benda-benda lain yang ada di atas meja.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga DIY : Membuat Kreasi Table Runner Dari Bahan Kain.

5. Pemanis Perlengkapan Makan

Untuk mempercantik tampilan meja makan, kain goni bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus sendok, garpu dan juga pisau makan. Selain menarik dari segi tampilan, kerajinan kain goni yang satu ini juga memiliki peran penting untuk menjaga peralatan makan agar tidak berserakan.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://id.pinterest.com/

6. Pot Tanaman

Keenam kain goni juga dapat digunakan sebagai pembungkus pot tanaman hias yang biasa diletakkan di dalam ruangan. Misalnya saja ruang tamu, ruang keluarga, bahkan kamar tidur.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Hiasan Dinding

Ketujuh kain goni dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat hiasan dinding. Biar tampilannya makin menarik, hiasan dinding dari kain goni ini juga bisa dipercantik dengan menggunakan cat, sulaman ataupun patchwork.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://thedharmadoor.com.au/

8. Sarung Bantal Sofa

Kedelapan kain goni juga sering digunakan untuk membuat sarung bantal sofa dengan desain yang menarik. Selain dikenal kuat dan tahan lama, sarung bantal sofa dari kain goni memberikan sentuhan rustic dan hangat pada dekorasi rumah.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://www.garmentory.com/

9. Perlengkapan Dapur

Kesembilan kain goni bisa digunakan untuk membuat berbagai perlengkapan dapur, seperti sarung oven dan apron (celemek masak). Selain praktis digunakan, perlengkapan dapur dari kain goni biasanya juga dikenal tahan lama.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://www.norvilsa.com/

Download pola Pola Apron (Celemek Masak) gratis dari kami kalau kamu ingin membuat apron sendiri dengan pola yang sudah jadi.

10. Boneka

Kesepuluh kain goni yang dikombinasikan dengan pita atau dekorasi lainnya juga dapat dijadikan sebagai pilihan yang ideal untuk membuat boneka atau hiasan meja yang unik dan kreatif.

Kerajinan Tangan Kain Goni

Sumber : https://www.etsy.com/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sepuluh daftar kerajinan dari kain goni yang penting untuk kamu ketahui. Dengan mengetahui banyaknya produk kerajinan yang dapat dibuat dari kain goni, semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan ide yang tidak kalah kreatif dari berbagai produk yang sudah disebutkan di atas ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat pakaian maupun produk jahit menjahit lainnya yang tidak kalah menarik?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kain terbaik di katalog kain kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.