Article

Homepage Article Fashion Design 10 Cara Mudah Merawat Jaket…

10 Cara Mudah Merawat Jaket Gunung Biar Tetap Awet

Merawat jaket gunung dengan cara yang tepat menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan agar fitur-fitur penting yang ada pada jaket bisa berfungsi dengan baik dan dapat memberikan perlindungan yang maksimal pada tubuh saat digunakan di pegunungan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jaket Gunung

Jaket gunung adalah sejenis jaket yang dirancang khusus untuk digunakan dalam kondisi cuaca ekstrem di pegunungan. Jaket ini biasanya terbuat dari bahan yang tahan air dan angin, serta dilengkapi dengan lapisan isolasi di bagian dalamnya untuk menjaga kehangatan tubuh dan menangkal hawa dingin.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://www.tog24.com/

Karena jaket gunung memiliki berbagai macam fitur yang berbeda dengan jaket harian, maka jaket gunung inipun juga harus dirawat dengan cara yang baik dan benar agar fitur-fitur penting yang ada pada jaket tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan tidak mudah mengalami kerusakan.

Cara Merawat Jaket Gunung

Mau tahu bagaimana cara terbaik yang dapat dilakukan untuk merawat jaket gunung?. Sebagai referensi berikut kami bagikan beberapa tips merawat jaket gunung yang bisa kamu coba.

1. Cek Label Perawatan

Setiap jaket gunung biasanya memiliki label perawatan yang menjelaskan cara mencuci dan merawatnya. Jadi sebelum kamu melakukan pencucian sebaiknya selalu cek label jaket tersebut terlebih dahulu lalu ikuti petunjuk perawatan yang disarankan.

  • Baca label perawatan untuk mengerrahui apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan pada jaket.
  • Label perawatan pada jaket gunung sendiri biasanya terpasang pada bagian pinggang atau leher jaket.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://www.cleanipedia.com/

2. Kendorkan Bagian Tali

Kendorkan seluruh tali yang terdapat pada bagian pinggang, bagian hoodie dan bagian jaket yang lain, agar kotoran dan lumpur yang mungkin melekat pada jaket gunung bisa hilang secara tuntas.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://id.carousell.com/

3. Cek Kantong dan Hoodie

Lakukan pengecekan pada bagian kantong dan juga hoodie pada jaket. Jika masih ada beberapa barang seperti permen, benda tajam dan juga uang yang tertinggal di dalam saku atau hoodie sebaiknya keluarkan lebih dulu sebelum jaket dicuci.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://id.carousell.com/

4. Perhatikan Jahitan Jaket

Perhatikan jahitan jaket karena pada bagian jahitan ini biasanya ada lapisan seal yang bisa  membuat jaket tahan terhadap air dan juga angin. Jika ada kotoran yang menempel di bagian tersebut kamu bisa membersihkannya menggunakan air saja.

5. Gunakan Deterjen Yang Tepat

Gunakan deterjen yang tepat yakni deterjen bebas dari kandungan bahan pemutih atau pelembut kain. Alternatif lain kamu juga bisa mencuci jaket gunung dengan menggunakan shampoo atau sabun khusus untuk bahan kain yang waterproof.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://www.amazon.com/

Jangan mencuci jaket dengan menggunakan sabun colek karena sabun ini biasanya memiliki kadar pH yang tinggi dan bisa merusak fitur waterproof maupun fitur windproof pada jaket.

  • Fitur waterproof dan windproof bisa hilang dan tidak berfungsi secara maksimal jika perawatan yang diberikan kurang tepat.
  • Saat kemampuan dan fitur jaket tersebut menurun, maka jaket gunung akan menjadi jaket biasa yang tidak bisa menangkal air dan hawa dingin.

6. Cuci Dengan Air Dingin

Cuci jaket dengan air dingin untuk mencegah kerusakan serat kain dan lapisan tahan air yang ada pada jaket gunung. Khusus untuk pembilasan jaket yang paling akhir sebaiknya gunakan air yang mengalir.

7. Jangan Meremas Jaket

Untuk menghilangkan kelebihan air, jaket gunung yang sudah selesai di cuci dan dibilas cukup dikibaskan beberapa kali tidak perlu diremas.

  • Memeras jaket hanya akan membuat serat dan struktur jaket gunung menjadi rusak.
  • Memeras jaket  bisa merusak bahan dan mengurangi efektivitas lapisan tahan air.
  • Meremas jaket juga bisa membuat seal pada bagian jaket lebih mudah terkelupas dan risiko kebocoran sangat mungkin terjadi.

8. Angin-Anginkan Jaket

Setelah dicuci, keringkan jaket dengan cara digantung di tempat yang teduh dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Jangan menjemur jaket gunung secara langsung di bawah sinar matahari, karena panas matahari bisa merusak bahan jaket, warna dan juga fitur-fitur jaket yang lainnya.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://www.tokopedia.com/

9. Teknik Penyimpanan

Jaket gunung yang sudah benar-benar kering sebaiknya disimpan dengan cara digantung menggunakan ganger yang lebar agar tampilannya senantiasa terlihat rapi saat digunakan.

  • Simpan jaket di tempat yang kering untuk mencegah jamur dan bau tidak sedap.
  • Hindari melipat jaket dalam waktu lama karena dapat menyebabkan kerutan permanen.
  • Jangan menyimpan jaket gunung di lemari yang sudah sesak karena akan membuatnya terlihat kusut.

10. Hindari Penggunaan Parfum

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk merawat jaket gunung yaitu dengan tidak menyemprotkan parfum ke jaket karena parfum yang biasa kamu gunakan bisa saja mengandung bahan kimia yang justru bisa merusak lapisan jaket.

Selain menerapkan sejumlah cara yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa memberikan perawatan tambahan pada jaket gunung.

1. Periksa Lapisan Anti Air

Secara berkala periksa lapisan tahan air (DWR) pada jaket gunung. Jika fitur ini tidak lagi berfungsi secara maksimal, aplikasikan kembali produk DWR sesuai petunjuk.

  • Semakin lama digunakan lapisan waterproof pada jaket gunung biasanya akan mengalami aus dan penipisan.
  • Supaya fitur waterproof tersebut tetap bekerja dengan baik, kamu bisa menyemprot permukaan jaket dengan menggunakan waterproof spray.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://www.amazon.com/

2. Segera Perbaiki Kerusakan

Jika ada kerusakan pada jaket seperti sobekan atau jahitan yang lepas, segera perbaiki dengan perekat khusus atau jahitan agar kerusakan tidak bertambah parah.

Merawat Jaket Gunung

Sumber : https://www.pinterest.com/

3. Jauhkan Dari Bahan Kimia

Jauhkan jaket gunung dari bahan kimia berbahaya seperti bahan bakar atau pelarut yang dapat merusak bahan jaket.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk merawat jaket gunung. Dengan perawatan yang tepat, jaket gunung yang kamu miliki pastinya akan tetap berfungsi dengan baik dan dapat memberikan perlindungan yang optimal saat digunakan di alam bebas.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket gunung?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Kain Parasut, Kain Taslan dan berbagai Bahan Jaket terbaik lainya yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.