Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Cara Mudah Memperbaiki…

10 Cara Mudah Memperbaiki Celana Jeans Yang Sobek Dengan Alat dan Bahan Sederhana

Celana jeans kesayangan anda kedapatan rusak lantaran jahitan tepinya terlepas atau ada bagian tertentu dari celana yang sobek akibat tergores benda tajam?. Untuk menyelamatkan celana tersebut, berikut kami bagikan beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki celana jeans.

Menjahit Ulang Jeans Dengan Tusuk Jelujur

Punya celana jeans yang masih bagus tapi jahitan pada bagian sisi maupun inseamnya ada yang terlepas?. Tanpa perlu susah-susah membawanya ke penjahit sebenarnya ada cara mudah yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya lho. Buat anda yang ingin mencobanya ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat tusukan pada salah satu ujung jahitan celana jeans pria atau celana jeans wanita yang terlepas.

  • Supaya hasil akhirnya lebih rapi usahakan untuk membuat tusukan awal dari bagian jahitan jeans yang masih utuh.
  • Tusukkan jarum dari bagian buruk celana jeans lalu arahkan hingga kembali muncul di bagian baik celana jeans.

2. Tarik jarum tersebut secara perlahan agar ikatan simpul bersandar pada bahan kain kemudian tempatkan bagian ujungnya pada sisi kanan garis sisi celana. Tusukkan jarum kearah kebagian bawah kain kemudian kembali keatas. 

3. Lanjutkan proses pembuatan jahitan jelujur dari sebelah kiri ke arah kanan secara selang seling, hingga semua bagian sisi celana yang terbuka terjahit dengan sempurna.

Celana Jeans

Sumber : https://www.youtube.com/

4. Setelah jahitan jelujur selesai dibuat, selanjutnya tarik perlahan salah satu ujung benangnya untuk merapatkan kedua garis sisi celana jeans. 

Celana Jeans

Sumber : https://www.youtube.com/

5. Hasilnya celana jeans anda akan tampak seperti baru lagi.

Celana Jeans

Sumber : https://www.youtube.com/

Menjahit Ulang Jeans Dengan Tusuk Tikam Jejak

Selain menggunakan teknik jelujur sebenarnya ada lagi cara lain yang bisa anda terapkan untuk memperbaiki jahitan sambungan sisi dan inseam celana jeans yang terlepas, yakni dengan menggunakan tusuk tikam jejak.  Langkah-langkah menjahit celana jeans dengan tusuk tikam jejak yaitu:

1. Balikkan celana jeans agar bagian buruknya berada di luar. Jika sudah selanjutnya tandai jahitan sisi dan juga inseam celana jeans pria atau celana jeans wanita yang rusak.

2. Siapkan jarum jahit tangan dan juga benang jahit kemudian gunakan untuk menjahit ulang bagian jahitan celana jeans yang rusak.

  • Tusukkan jarum jahit pada bagian bawah kemudian tarik benangnya secara perlahan agar ikatan simpul bersandar pada bahan kain.
  • Dari bagian atas bahan kain tusukkan jarum jahit ke bawah dengan jarak kurang lebih 5 mm ke arah kiri dari posisi tusukan jarum sebelumnya.
  • Tusukkan kembali jarum jahit dari bagian bawah dengan jarak kurang lebih 10 mm ke arah kanan dari jahitan yang baru saja dibuat kemudian tarik benangnya secara perlahan.
  • Tusukkan kembali jarum jahit menuju bagian bawah kain sejauh 5 mm ke arah kiri (tepat pada tusukan jarum yang pertama kali dibuat).
  • Jika sudah tusukkan jarum jahit melalui bagian buruk kain dengan jarak kurang lebih 10 mm ke arah kanan dari jahitan yang baru saja dibuat.   
  • Ulangi langkah-langkah diatas untuk mendapatkan hasil jahitan yang lebih panjang. Jika prosesnya dilakukan dengan benar maka jahitan akan terlihat sedikit menindas satu sama lain pada titik ruas jahit sebelumnya.

3. Selesai memperbaiki jahitan pada celana sekarang balikkan kembali celana jeans agar bagian baiknya berada di luar, kemudian setrika bekas jahitannya agar lebih rapi.

Menjahit Sobekan Kecil Pada Celana Jeans

Bila anda menemukan celana jeans pria atu celana jeans wanita yang sobek di bagian tertentu misal bagian lutut sebisa mungkin segera perbaiki kerusakan tersebut agar tidak bertambah parah. Sebab sobekan sekecil apapun bisa saja membesar menjadi lubang dalam waktu 4 minggu dan semakin sulit diperbaiki.

Untuk memperbaiki sobekan celana jeans yang tidak terlalu lebar cara paling mudah yang bisa anda lakukan yaitu:

1. Potong benang yang terdapat pada sobekan celana dengan menggunakan gunting yang tajam, usahakan untuk memotong bagian ini sedekat mungkin dengan kain.

Celana Jeans

Sumber : https://id.wikihow.com/

2. Balik celana jeans agar bagian buruknya berada di luar kemudian satukan kedua tepi sobekan celana sehingga posisinya berada pada satu garis yang sama. Untuk menahan posisinya agar tidak bergeser sematkan jarum pentul.

3. Siapkan jarum jahit dan benang (pilih benang yang serupa dengan celana jeans) kemudian jahit sobekan pada celana jeans secara bolak-balik sampai lubang pada celana tertutup dengan sempurna.

Celana Jeans

Sumber : https://id.wikihow.com/

4. Usahakan untuk menjahit sedekat mungkin dengan sobekan kemudian potong sisa benangnya supaya lebih rapi

Celana Jeans

Sumber : https://id.wikihow.com/

5. Setelah sobekan pada celana jeans selesai dijahit anda bisa menyetrika celana jeans untuk meratakan jahitannya dan menghaluskan kerutan pada celana jeans.

6. Sebagai penyelesaian akhir balikkan kembali celana jeans agar bagian baiknya berada di luar kemudian setrika ulang bekas jahitannya agar lebih rapi.

Celana Jeans

Sumber : https://id.wikihow.com/

Memperbaiki Jeans Sobek Dengan Jahitan Zig-Zag

Selain menerapkan cara menjahit celana jeans seperti yang telah disebutkan di atas, anda juga bisa menambal celana jeans pria maupupn celana jeans wanita yang sobekannya lebih panjang dengan menggunakan bahan kain kemudian menindasnya dengan jahitan zig zag.

Cara paling praktis yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki celana jeans yang sobek dengan jahitan zig-zag yaitu:

1. Siapkan celana jeans, potongan bahan kain (misalnya kain katun) untuk menambal celana, gunting, jarum pentul, benang jahit dan mesin jahit.

2. Balikkan celana jeans agar bagian buruknya berada di luar kemudian rapikan benang-benang yang terdapat pada lubang celana dengan sangat hati-hati, jangan sampai membuat lubang atau robekan celana menjadi semakin besar.  

Celana Jeans

Sumber : http://yarnandlaces.com/

3. Tempatkan potongan bahan kain pada bagian celana jeans yang berlubang dengan posisi bagian baiknya berhadapan dengan bagian buruk celana jeans.

Celana Jeans

Sumber  : http://yarnandlaces.com/

4. Balikkan celana jeans agar bagian baiknya berada di luar kemudian satukan kedua tepi robekan celana. Untuk menahan posisinya agar tidak bergeser sematkan jarum pentul. 

Celana Jeans

Sumber  : http://yarnandlaces.com/

5. Jahit bagian tambalan celana yang berlubang dengan mesin jahit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan pola jahitan berbentuk zig-zag.

6. Lakukan proses menjahitnya secara berulang-ulang sampai lubang celana tertutup dengan sempurna.

Celana Jeans

Sumber : http://yarnandlaces.com/

7. Setelah proses menjahit selesai selanjutnya balikkan bagian dalam celana supaya bagian buruknya berada diluar.

8. Rapikan tambalan kain yang terdapat pada bagian dalam celana dengan menggunakan gunting yang tajam supaya sisa kainnya tidak terlalu lebar. 

Celana Jeans

Sumber : http://yarnandlaces.com/

9. Setelah itu balikkan kembali bagian buruk celana supaya berada di dalam. Hasilnya celana jeans kesayangan anda siap untuk digunakan.

Celana Jeans

Sumber : http://yarnandlaces.com/

Menambal Celana Jeans Dengan Viselin

Butuh cara alternatif yang lebih praktis untuk menambal celana jeans yang sobek di bagian dekat saku belakang?. Untuk memperbaiki celana jeans yang sobek anda bisa menempelkan viselin pada bagian dalam celana jeans yang sobek kemudian menyetrikanya hingga celana benar-benar tertutup rapat.

Khusus untuk anda yang hendak mencoba cara ini ikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut:

1. Siapkan celana jeans yang ingin anda perbaiki, viselin untuk menambal celana, setrika untuk merekatkan viselin dan juga gunting.

Celana Jeans

Sumber : http://www.littlemissdexterous.com/

2. Posisikan agar bagian buruk celana berada di luar kemudian potong benang yang terdapat pada sobekan celana dengan menggunakan gunting yang tajam. Usahakan untuk memotong bagian ini sedekat mungkin dengan kain.

3. Rapatkan kedua tepi sobekan celana sehingga posisinya berada pada satu garis yang sama.

4. Jika sudah tempatkan potongan viselin pada bagian celana yang sobek dengan posisi bagian viselin yang memiliki perekat berhadapan dengan bagian buruk celana.

Celana Jeans

Sumber : http://www.littlemissdexterous.com/

5. Sebagai penyelesaian akhir gunakan setrika untuk merekatkan viselin dengan celana. Kemudian balikkan agar bagian baik celana berada di luar. 

Celana Jeans

Sumber : http://www.littlemissdexterous.com/

Sampai di sini celana jeans sebenarnya sudah suiap untuk anda gunakan. Tapi kalau mau mendapatkan celana jeans yang kuat seperti baru lagi, maka anda bisa menjahit sambungan celana yang sobek dengan menggunakan jahitan zig-zag.

Menambal Celana Jeans Dengan Detail Patch

Trend menambal celana jeans yang sobek atau berlubang dengan detail patch kini bukan lagi menjadi hal yang memalukan. Buktinya belakangan ini banyak juga anak muda yang sengaja memodifikasi celana jeans mereka dengan menambahkan patch demi mendapatkan tampilan yang kekinian. 

Celana Jeans

Sumber : https://www.romwe.com/

Untuk menambal celana jeans dengan patch sendiri tidak diperlukan keahlian khusus dalam menjahit, karena hasil jahitannya pun juga tidak harus serapi jahitan tangan profesional. Bagi anda yang ingin mencoba menambal celana jeans dengan patch anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan celana jeans pria dan celana jeans wanita yang berlubang, lengkap dengan detail patch yang akan anda pakai untuk menutup lubang celana jeans.

2. Potong benang yang terdapat pada sobekan celana dengan menggunakan gunting yang tajam kemudian pasangkan detail patch yang sudah anda siapkan untuk menambal celana jeans pada bagian luar celana yang berlubang.

3. Jahit celana jeans beserta patch hingga menjadi lebih kuat.

4. Selesai menjahit patch pada bagian celana yang sobek anda bisa menyetrika bagian tersebut agar tampak lebih rapi dan rapat.

Celana Jeans

Sumber : https://www.depop.com/

Selain menggunakan patch anda juga bisa menutupi bagian yang sobek dengan kain perca atau bahan denim lainnya lho.

1. Dalam mengaplikasikan kain perca pada celana jeans anda tidak perlu menempelkan banyak potongan bahan dengan warna dan motif yang terlalu ramai.

2. Cukup tambahkan beberapa aksen sederhana agar celana jeans yang anda miliki jadi makin seru dan menarik untuk dilihat.

3. Semakin berantakan jahitan yang anda buat justru akan semakin bagus hasil yang anda dapatkan.

Celana Jeans

Sumber : https://www.indiamart.com/

Sekalipun teknik menambal celana dengan detail patch maupun kain perca pada awalnya memang ditujukan untuk jeans, namun teknik ini juga dapat dilakukan untuk menambal jaket maupun item fashion yang lain.

Menambal Celana Jeans Dengan Sulam Sashiko

Menghias celana jeans dengan sulam sashiko menjadi teknik berikutnya yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki celana jeans yang berlubang. Tapi sebelumnya anda harus menambal bagian celana jeansnya terlebih dahulu dengan menggunakan bahan lain yang masih utuh. 

Celana Jeans

Sumber : https://miniaturerhino.myshopify.com/

Prinsip awal pembuatan celana yang dihias dengan sulam sashiko sendiri kurang lebih sama seperti dengan teknik menjahit perca pada celana jeans, hanya saja pada penyelesaiannya ditambahkan sulam sashiko.

1. Siapkan celana jeans yang hendak anda tambal beserta potongan bahan kain untuk menutup lubang celana jeans.

2. Potong benang yang terdapat pada sobekan celana dengan menggunakan gunting yang tajam.

3. Tempatkan potongan bahan kain pada bagian dalam celana jeans yang berlubang kemudian jahit dengan tusuk jelujur.

4. Untuk mempercantik tampilan celana tambahkan sulam sashiko agar jahitan celana jeans yang dihasilkan memiliki struktur yang hangat dan menjadi lebih kuat.

Celana Jeans

Sumber : https://miniaturerhino.myshopify.com/

Dalam teknik menjahit sashiko sendiri, benang yang sering dipakai umumnya merupakan benang berwarna putih sementara untuk pola sashikonya bisa berbentuk garis, lingkaran, kotak, diamond dan pelangi. Tapi kalau anda suka bereksperimen anda juga bisa memakai benang selain putih. 

Celana Jeans

Sumber : https://id.pinterest.com/

Memperbaiki Saku Celana Jeans Yang Rusak

Pernah menjumpai saku depan celana jeans yang bagian mulutnya tampak usang karena sudah terlalu lama digunakan?. Untuk memperbaiki kerusakan ini anda bisa mencoba tips sederhana sebagai berikut.

1. Siapkan celana jeans yang sudah rusak bagian mulut sakunya, gunting, pendedel, jarum jahit tangan dan benang jahit, serta potongan bahan kain untuk melapisi mulut saku jeans.

2. Dengan menggunakan pendedel bongkar jahitan yang terdapat pada bagian atas dan bagian sisi mulut saku kemudian rapikan mulut saku celana jeans dengan menggunakan gunting.

3. Potong bahan kain yang sudah anda siapkan untuk menutup mulut saku lalu lipat seperti layaknya anda membuat bisban.

  • Lipat kain secara memanjang menjadi dua bagian tanpa perlu dipress.
  • Lipat sisi kanan dan sisi kiri kain ke bagian tengah agar berada dalam satu garis yang sama.
  • Untuk menahan bentuknya agar tidak berubah anda bisa menyetrika kain tersebut dengan suhu tertentu agar lipatan yang terbentuk menjadi permanen.

4. Pasangkan potongan bahan kain yang sudah anda buat sebelumnya pada bagian lengkungan mulut saku celana jeans kemudian jahit sepanjang bagian tepinya dengan menggunakan tangan.

5. Jahit ulang bagian atas dan bagian sisi mulut saku dari bagian buruk celana jeans kemudian rapikan sisa benangnya.

6. Sebagai penyelesaian akhir anda bisa menyetrika bagian mulut saku yang sudah selesai dijahit agar tampak lebih rapi dan rapat.

Celana Jeans

Sumber : https://www.yelp.com/

Memodifikasi Jeans Yang Sobek Menjadi Ripped Jeans

Celana jeans yang anda miliki menjadi sobek dengan sendirinya lantaran sudah terlalu lama dan terlalu seringnya dipakai?. Mungkin ide memodifikasi celana jeans yang sudah terlanjur sobek menjadi ripped jeans bisa menjadi alternatif pilihan paling tepat yang bisa anda coba.

Untuk membuat ripped jeans sendiri alat dan bahan yang anda butuhkan sangatlah sederhana, yakni hanya terdiri dari celana jeans yang sudah sobek namun masih bisa dipakai, gunting, jarum dan pinset.

1. Mula-mula tandai bagian celana yang ingin diberi efek ripped. Supaya lebih gampang pilih saja bagian celana jeans yang memang sudah berlubang.

2. Dengan menggunakan jarum, tarik serat jeans yang mengarah vertikal hingga menyisakan serat jeans yang berbentuk horizontal. Jika sahabat Fitinline mengalami kesulitan saat menarik serat jeans, maka anda bisa menariknya dengan bantuan pinset.

3. Ulangi langkah-langkah tersebut untuk membuat efek ripped pada bagian jeans lainnya. Hasilnya akan diperoleh tampilan jeans yang lebih fresh dan trendy.

Celana Jeans

Sumber : http://shinningmfr.com/

Gunakan Plaster Untuk Menambal Celana

Masih bingung mengatasi celana jeans yang sobek?. Gunakan saja plaster untuk menambal celana anda yang sobeknya tidak seberapa. Jika ingin tampil sedikit rebel anda juga bisa menempelkan plester di bagian luar celana dengan bentuk silang.

Butuh bahan kain denim berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jeans pria maupun celana jeans wanita?. Anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain denim kami Di Sini.

Demikian pembahasan singkat cara mudah memperbaiki celana jeans yang dapat kami bagikan untuk anda. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak tentang tips dan trik seputar desain fashion yang tidak kalah seru simak terus artikel dari kami ya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.