Article

Homepage Article Fashion Design 10 Cara Menyiasati Sepatu…

10 Cara Menyiasati Sepatu Yang Kebesaran Agar Nyaman Dipakai

Sempat membeli sepatu secara online, tapi setelah sampai ternyata ukurannya kebesaran di kaki kamu?. Selama selisih ukuran sepatu dengan kaki tidak terlalu besar, maka kamu masih bisa menyiasatinya dengan beberapa cara berikut.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Dampak Buruk Sepatu Yang Kebesaran

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara menyiasati sepatu yang kebesaran penting untuk diketahui juga bahwa memakai sepatu yang kebesaran faktanya dapat menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan dan kenyamanan kaki lho.

Berikut adalah beberapa dampak buruk yang bisa terjadi, jika kamu terlalu memaksakan diri untuk menggunakan sepatu yang ukurannya kebesaran alias tidak sesuai dengan ukuran kaki kamu.

1. Lecet dan Blister

Sepatu yang kebesaran cenderung menyebabkan gesekan berlebihan antara kaki dan sepatu, yang dapat mengakibatkan lecet dan blister (melepuh) pada kulit.

2. Ketidakstabilan

Sepatu yang kebesaran bisa menyebabkan ketidakstabilan saat berjalan atau berlari, meningkatkan risiko terkilir atau terjatuh.

3. Nyeri dan Ketegangan Otot

Sepatu yang kebesaran dapat menyebabkan perubahan dalam cara berjalan, yang dapat menyebabkan nyeri dan ketegangan otot karena tekanan berlebih pada area kaki, pergelangan kaki dan betis.

4. Masalah Postur

Sepatu yang kebesaran dapat menyebabkan masalah postur tubuh yang mungkin berdampak pada punggung, pinggul dan lutut.

5. Kelelahan

Sepatu yang kebesaran membuat kaki harus bekerja lebih keras untuk menjaga stabilitas dan posisi yang tepat dalam menahan sepatu agar tidak mudah lepas sehingga dapat menyebabkan kelelahan lebih cepat.

Cara menyiasati Sepatu Yang Kebesaran

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan jika ingin menggunakan sepatu yang kebesaran untuk bepergian dan mengurangi risiko masalah kesehatan yang mungkin timbul.

1. Gunakan Kaus Kaki Tebal

Pertama gunakan kaos kaki yang lebih tebal untuk membantu mengisi ruang ekstra di dalam sepatu. Tapi agar kamu tetap merasa nyaman saat beraktivitas, sebaiknya pilihlah kaus kaki yang bisa menyerap keringat.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Gunakan Kaus Kaki Panjang

Kedua kamu juga bisa mengenakan kaos kaki panjang sebagai opsi yang tepat untuk mengakali sepatu kebesaran. Caranya yaitu setelah memakai kaus kaki panjang, turunkan kaus kaki dan lipat menjadi dua dan masukkan ke dalam sepatu.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.amazon.com/

3. Gunakan Foot Pad

Ketiga gunakan foot pad yang biasa ditujukan sebagai kaus kaki balet untuk mengatasi sepatu yang kebesaran.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.amazon.co.uk/

4. Gunakan Gel Pengisi Sepatu

Kempat gunakan gel pengisi sepatu untuk menunjang bagian telapak kaki di dalam sepatu sehingga kamu akan merasa nyaman meski menggunakan sepatu yang kebesaran. Gel pengisi sepatu inipun dapat dijumpai dalam berbagai model dan bisa disesuaikan dengan kakimu.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.tokopedia.com/

5. Tambahkan Insole Sepatu

Kelima tambahkan insole untuk membantu mengurangi ruang ekstra di dalam sepatu dan memberikan lebih banyak dukungan pada kaki kamu. Jika satu penggunaan satu insole masih kurang, kamu bisa menggunakan dua sekaligus agar volume dalam sepatu lebih terisi.

  • Insole sendiri merupakan bagian dalam sepatu yang biasa menjadi alas atau pijakan kaki.
  • Insole bisa membuat sepatu jadi lebih nyaman dipakai untuk berjalan karena bisa mengisi ruang kosong antara kaki dan sepatu.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.slightshop.com/

6. Bantalan Tumit

Keenam tambahkan bantalan tumit (heel pads) di bagian belakang sepatu untuk mengurangi gesekan yang bisa menyebabkan lecet dan menyiasati sepatu yang kebesaran. Dengan teksturnya yang lembut, bantalan tumit ini juga akan membuat kaki terasa nyaman saat beraktifitas.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.blibli.com/

7. Gunakan Toe Fillers

Ketujuh gunakan produk khusus seperti toe fillers yang memang dirancang untuk mengisi ruang ekstra di sepatu, yakni bagian depan ujung telapak kaki hingga jari-jari.

  • Beberapa toe fillers ada yang dilengkapi penutup pada bagian atas jari-jarinya untuk mengurangi gesekan saat memakai sepatu tanpa kaus kaki.
  • Selain itu ada juga toe filler yang didesain dengan ujung yang lebih mengerucut supaya bisa digunakan pada alas kaki lainnya, seperti high heels.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.ebay.com/

8. Shoe Tape

Kedelapan gunakan shoe tape yang terlihat mirip dengan double tape, hanya saja produk yang satu ini memang diciptakan untuk mengatasi masalah sepatu yang kebesaran. Cara penggunaannya yaitu tinggal tempelkan saja shoe tape di tumit dan dijamin kakimu akan lebih menempel pada sepatu.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.amazon.com/

9. Ikat Tali Sepatu Lebih Ketat

Khusus untuk kamu yang menggunakan sepatu bertali, mengikat tali sepatu dengan lebih ketat juga dapat membantu kaki tetap pada tempatnya dan mengurangi pergerakan berlebih di dalam sepatu.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.nike.com/

10. Tambahkan Elastic Band

Untuk menyiasati sepatu yang kamu bisa juga menambahkan elastic band pada sepatu yang kamu pakai. Caranya tinggal pilih model dan warna elastic band yang cocok dengan sepatu kemudian gunakan untuk menahan sepatu dan bagian kaki.

Mensiasati Sepatu Yang Kebesaran

Sumber : https://www.ebay.com/

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara di atas tapi ternyata tidak cukup membantu, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa sepatu ke tukang sepatu profesional. Mereka mungkin dapat menyesuaikan ukuran sepatu atau menambahkan padding yang lebih permanen.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengakali sepatu yang kebesaran. Semoga metode-metode yang kami bagikan bisa membuat sepatu yang kebesaran jadi lebih nyaman dipakai dan mengurangi risiko cedera atau ketidaknyamanan saat berjalan ya.

Simak juga:

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.