Article

Homepage Article Fashion Design 10 Apparel Ternama Yang…

10 Apparel Ternama Yang Menjadi Sponsor Timnas Indonesia

Sadar gasih kalau desain baju jersey yang dikenakan timnas sepak bola Indonesia seringkali mengalami perubahan dari waktu ke waktu?. Selain menarik bagi para penggemar perubahan tersebut bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti pergantian sponsor dan perubahan desain yang diinginkan oleh federasi sepak bola.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jersey Bola

Baju jersey bola adalah baju jersey yang dirancang khusus sebagai seragam pemain sepak bola selama pertandingan namun pada perkembangannya juga mulai dijadikan sebagai koleksi oleh para pecinta bola.

  • Baju jersey bola kebanyakan terbuat dari bahan yang ringan dan nyaman digunakan untuk bermain bola.
  • Baju jersey bola biasanya memiliki desain dan warna yang unik untuk membedakan antara tim yang berbeda, dengan nomor pemain dan nama di bagian belakang.
  • Baju jersey bola biasanya juga dapat menjadi salah satu simbol identitas dan kesetiaan penggemar terhadap tim mereka.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tidak hanya didominasi oleh beberapa apparel global yang namanya memang sudah mendunia, sepanjang sejarah PSSI terdapat pula beberapa apparel lokal dari dalam negeri yang dipercaya menjadi sponsor Timas Indonesia lho.

Apparel Pendukung Timnas

Mau tahu apa saja apparel yang pernah menjadi sponsor Timnas Indonesia sejak dulu hingga saat ini?. Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut kami bagikan sepuluh daftar apparel yang menyediakan seragam bertanding timnas Indonesia.

1. Adidas

Pertama ada apparel Adidas asal Jerman yang pernah menjadi sponsor Timnas Indonesia dalam tiga periode yakni pada tahun 1983-1995, 1998-2000, dan 2004. Salah satu jersey Adidas untuk Timnas Indonesia yang paling ikonik yaitu berupa jersey untuk SEA Games 1989 dan SEA Games 1991.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Diadora

Kedua ada apparel Diadora asal Italia yang menjalin kerjasama dengan PSSI untuk menyediakan baju jesey timnas Indonesia pada Pra Piala Asia 1996 dan Piala Tiger 1996.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Asics

Ketiga ada apparel asal Jepang bernama Asics, singkatan dari kalimat bahasa Latin “anima sana in corpore sano” yang memiliki arti “dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.  Apparel ini sempat menjalin kerja sama dengan PSSI untuk menyediakan baju jersey bola di ajang Piala Asia 1996.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://id.pinterest.com/

4. Mikasa

Keempat ada apparel Mikasa yang menjadi sponsor Indonesia untuk SEA Games 1997. Pada kesempatan tersebut Mikasa membuat jersey utama untuk Timnas Indonesia dengan dasar warna putih yang dikombinasikan dengan warna merah dari dada ke bawah.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://id.pinterest.com/

5. UHLSport

Kelima ada UHLSport asal Jerman yang menjadi sponsor Timnas Indonesia pada 1997 dalam kurun waktu yang relatif sangat singkat.

  • UHLSport sendiri merupakan produsen peralatan olahraga Jerman yang didirikan oleh Karl Uhl pada tahun 1948 sebagai “Haase & Uhl OHG”.
  • Sebelum menggunakan nama “UHLsport GmbH” pada tahun 1994, perusahaan tersebut pun diketahui sempat berganti nama menjadi “Karl Uhl GmbH”.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://uhlsportturkiye.com/

Untuk Timnas Indonesia, UHLSport mendesain baju jersey bola yang dominan warna merah dengan bendera merah - putih di sisi kiri dada. Selain itu terdapat pula kerah merah dengan lis putih yang menjadi aksennya, serta pola grafik di sisi lengan.

6. Nike

Keenam ada apparel Nike asal Amerika Serikat yang mendukung Timnas Indonesia paling lama sepanjang sejarah PSSI yakni pada periode 2000 - 2003 dan periode 2007 - 2020. Salah satu desain jersey yang paling ikonik yakni berupa jersey untuk Piala Asia 2007.

  • Jersey timnas untuk Piala Asia 2007 memiliki warna merah yang dominan dengan kerah putih dan lis putih di lengan.
  • Terdapat pula dua garis putih di sisi kiri bawah baju yang menjadi pemanis jersey timnas untuk Piala Asia 2007.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Gazali

Ketujuh ada apparel Gazali asal Semarang Indonesia yang membuat jersey Timnas Indonesia untuk Piala Asia 2004. Dari beberapa brand yang ada, apparel Gazali sendiri diketahui menjadi produk lokal pertama yang digandeng oleh PSSI untuk menjadi sponsor Timnas Indonesia.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://www.instagram.com/officialkjti/

8. Puma

Kedelapan ada apparel Puma asal Jerman yang menjalin kerjasama dengan PSSI untuk menyediakan baju jersey Timnas Indonesia pada Asian Games 2006.

  • Desain baju jersey kreasi Puma untuk timnas Indonesia didominasi warna Merah dengan aksen lis putih di lengan dan ada garis putih di bahu.
  • Untuk memperindah tampilannya baju jersey tersebut dilengkapi pula dengan Bendera Merah-Putih yang menjadi latar lambang Garuda di dada kiri.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://id.pinterest.com/

9. Mills

Kesembilan ada apparel perlengkapan olahraga asal Indonesia di bawah PT Mitra Kreasi Garmen Ltd. yang resmi berdiri dengan nama Mills Sport pada 2018.

  • Brand lokal Mills diketahui sempat menjadi sponsor baju jersey timnas Indonesia pada tahun 2020 - 2024.
  • Selama menjalin kerjasama dengan PSSI, Mills sendiri diketahui pernah mengeluarkan beberapa edisi baju jersey bola.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://mills.co.id/

10. Erspo

Terakhir ada brand lokal Erspo (singkatan dari ergonomic sporty outfit) yang dipercaya PSSI untuk membuat jersey timnas Indonesia terbaru yakni jersey timnas Indonesia 2024.

  • Erspo sendiri merupakan anak perusahaan Erigo yang fokus di bidang sport fashion seperti jersey dan apparel.
  • PSSI menjalin kerjasama dengan brand lokal Erspo untuk jersey Timnas Indonesia dengan nilai kontrakRp 16,5 miliar.
  • Dalam persaingan tender apparel jersey timnas Indonesia 2024-2025, Erspo berhasil mengalahkan 19 brand lain.

Jersey Timnas Indonesia

Sumber : https://www.instagram.com/erspo.official/

Kesimpulan

Itu dia sepuluh daftar apparel global dan apparel lokal yang pernah menjadi sponsor Timnas Indonesia dalam sepanjang sejarah PSSI. Dengan pesatnya perkembangan industri fashion di tanah air, semoga kedepannya semakin banyak apparel lokal yang berkesempatan menjadi sponsor Timnas Indonesia ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan yuk intip koleksi Bahan Kaos terbaik di katalog kain kami.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.