Article

Homepage Article Fashion Design Perkembangan Jersey Bola…

Perkembangan Jersey Bola Timnas Indonesia Dari Masa ke Masa

Dikenal sebagai salah satu jenis pakaian yang menjadi kebanggaan sekaligus identitas anggota yang mengenakannya, jersey bola yang dimiliki Timnas Indonesia dari ke waktu memang terus mengalami berbagai macam perubahan terutama dari segi desain atau modelnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Jersey Bola Timnas

Jersey bola timnas merupakan sejenis pakaian khusus yang terdiri dari kaos serta celana pendek dan biasa digunakan oleh pemain saat bermain sepak bola. Tidak jauh beda dengan jersey bola yang dikenakan oleh tim sepak bola dari negara lain, jersey bola yang dimiliki timnas Indonesia dari masa ke masa juga mengalami banyak perubahan.

Transformasi Jersey Timnas Indonesia

Mau tahu seperti apa transformasi jersey yang dikenakan oleh timnas Indonesia sejak dahulu hingga sekarang?. Lebih jelasnya langsung simak pembahasan berikut yuk.

1. Jersey Timnas Indonesia 1986

Melawan timnas Korea Selatan pada ajang Pra Piala Dunia di tahun 1986, timnas Indonesia diketahui memakai jersey tandang warna hijau dengan kerah V neck dan aksen putih di bagian bahu hingga ujung lengan.

Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Masih di tahun yang sama, pada laga Pra Piala Dunia timnas Indonesia juga mengenakan jersey kandang berwarna merah dengan setelan celana berwarna putih. Sedangkan jersey untuk kiper atau penjaga gawang berwarna hijau.

Jersey Bola

Sumber : https://www.footballkitarchive.com/

2. Jersey Timnas Indonesia 1991

Pada ajang SEA Games Manila 1991 timnas Indonesia kembali mengenakan jersey bola berwarna merah dengan kerah berbentuk lingkaran warna putih dan lambang garuda di bagian dada kanan serta celana berwarna putih.

Jersey Bola

Sumber : https://www.footballkitarchive.com/

3. Jersey Timnas Indonesia 1996

Pada ajang Piala Asia 1996 di UEA, Timnas Indonesia diketahui mengenakan jersey berwarna merah dengan celana yang juga berwarna merah. Bedanya pada jersey ini sudah tidak ada lagi logo seperti sebelumnya melainkan nomor punggung pemain.

Jersey Bola

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Jersey Timnas Indonesia 1997

Pada ajang SEA Games 1997 Timnas Indonesia kembali mengenakan jersey yang dibuat dalam kombinasi merah putih dengan corak garis-garis pada bagian badan.

Jersey Bola

Sumber : https://www.bukalapak.com/

5. Jersey Timnas Indonesia 1998

Menggandeng apparel ternama asal Jerman, pada tahun 1998 Timnas Indonesia diketahui juga mengubah desain mereka. Meski sama-sama didominasi warna putih dan merah, kali ini tampilan jersey yang dihasilkan tampak lebih meriah.

Jersey Bola

Sumber : https://twitter.com/addogerardo/

6. Jersey Timnas Indonesia 2001

Bekerja sama dengan apparel Nike asal Amerika Serikat, awal tahun 2001 timnas Indonesia pernah memakai jersey yang didominasi warna putih dan di beberapa bagian terdapat warna merah.

7. Jersey Timnas Indonesia 2004

Pada ajang Piala Tiger di akhir tahun 2004, Timnas Indonesia kembali menggandeng brand Adidas untuk mendesain jersey bola yang memiliki lambang burung Garuda besar yang ada di dada. Jersey berwarna merah tersebut dilengkapi pula dengan celana berwarna putih.

Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

8. Jersey Timnas Indonesia 2006

Jersey Timnas Indonesia Pada Ajang Piala AFF Cup 2006, Timnas Indonesia kembali menggunakan jersey dari apparel Nike yang didesain dalam warna merah dengan aksen putih di kedua sisi badan sebagai identitas.

Jersey Bola

Sumber : https://www.footballkitarchive.com/

9. Jersey Timnas Indonesia 2007

Berikutnya di tahun 2007, timnas Indonesia lebih memilih untuk mengenakan jersey dari apparel Nike yang dibuat dalam warna dasar merah dengan motif garis dua garis putih pada bagian kiri bawah. Jersey ini dilengkapi pula dengan lambang garuda di bagian dada kiri.

Jersey Bola

Sumber : https://www.footballkitarchive.com/

10. Jersey Timnas Indonesia 2008

Masih dengan apparel yang Sama yakni Nike, jersey Timnas Indonesia masih tetap mempertahankan warna merah untuk jersey mereka. Bedanya jersey ini memiliki logo garuda di dada kiri dan nomor pemain di bagian dada tengah serta sedikit corak putih pada bagian kerah leher.

Jersey Bola

Sumber : https://www.footballkitarchive.com/

11. Jersey Timnas Indonesia 2010

Jersey timnas Indonesia pada 2010 dibuat lebih simple dengan corak motif garuda yang cukup besar pada bagian depan yang menunjukkan identitas bangsa Indonesia. Untuk jersey kandang warnanya dibuat merah sementara untuk jersey tandang dibuat putih.

Jersey Bola Jersey Bola

Sumber : https://www.footballkitarchive.com/

12. Jersey Timnas Indonesia 2016

Pada Piala AFF 2016 timnas Indonesia menyiapkan dua warna berbeda yaitu warna merah dengan sedikit aksen hijau pada bagian lengan dan kerah belakang untuk jersey kandang. Sementara untuk jersey tandang warnanya justru lebih dominan putih dengan sedikit aksen warna hijau.

Jersey Bola Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

13. Jersey Timnas Indonesia 2018

Pada ajang jersey Asian Games 2018 Timnas Indonesia memilih untuk mengenakan jersey kandang yang dibuat oleh apparel Li-Ning.

  • Jersey kandang timnas Indonesia pada tahun 2018 dibuat dalam warna merah dengan aksen motif hitam pada bagian bawah baju.
  • Sementara jersey tandang timnas Indonesia pada tahun 2018 lebih di dominasi warna putih dan terdapat corak berwarna merah pada bagian bawahnya.

Jersey Bola Jersey Bola

Sumber : https://www.tokopedia.com/

14. Jersey Timnas Indonesia 2020

Pada tahun 2020 Timnas Indonesia telah menggunakan apparel lokal yaitu Mills untuk memproduksi jersey mereka. Kesan elegan terlihat dari adanya lambang apparel Mills dan logo Garuda yang dibuat mengkilap serta didesain timbul.

Jersey kandang timnas Indonesia kala itu dibuat dalam warna merah dengan sedikit corak putih pada bagian kerah belakang.

  • Jersey kandang timnas Indonesia ini juga memiliki motif abstrak dengan warna hitam sedikit samar.
  • Pada bagian celana berwarna putih dan memiliki corak merah di bagian sisinya.

Untuk jersey tandang dibuat dalam warna dominan putih dengan aksen hijau di bagian dada, leher dan ujung lengan. Sedangkan untuk jersey ketiga dibuat dalam warna serba hitam.

Jersey Bola

Sumber : https://www.lazada.co.id/

15. Jersey Timnas Indonesia 2022

Selanjutnya pada tahun 2022 Mills selaku apparel resmi timnas Indonesia kembali meluncurkan jersey terbaru yang mengusung konsep “masa lalu dan masa depan”. Jersey buatan Mills ini terinspirasi dari kejayaan timnas Indonesia pada ajang SEA Games di tahun 1987.

Untuk jersey kandang, Timnas Indonesia 2022-2023 tetap menggunakan merah hati sebagai warna utama dengan sentuhan putih.

  • Jersey kandang ini kerahnya menggunakan model v-neck yang diberi tambahan kerah model polo.
  • Perubahan mencolok lainnya terdapat pada lambang Timnas Indonesia yang berada di dalam sebuah perisai berwarna hitam.

Jersey Bola

Sumber : https://www.blibli.com/

Untuk jersey tandang Timnas Indonesia 2022-2023, Mills menggabungkan dasar putih dengan garis-garis jacquard tone-on-tone yang halus secara keseluruhan.

  • Sedangkan untuk jersey ketiga Timnas Indonesia, Mills juga meluncurkan jersey warna hitam yang mengusung filosofi Negeri Bahari. Semangat negara maritim tecermin dalam motif pola ombak yang ada di jersey alternatif ini.

Jersey Bola

Sumber : https://www.instagram.com/millssportid/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai transformasi jersey Timnas Indonesia dari masa ke masa. Karena jersey yang dikenakan oleh setiap klub bola saat bertanding di lapangan juga menunjukkan identitas suatu negara, maka jersey yang didesain untuk sebuah tim nasional pastinya selalu dibuat dengan sebaik mungkin.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola dan 3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang sejumlah fakta unik dan menarik terkait dengan jersey bola.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.