Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Rok Berbahan…

10 Alasan Mengapa Rok Berbahan Katun Wajib Dimiliki Semua Wanita

Mencari rok yang berbahan adem dan nyaman digunakan untuk aktifitas sehari-hari?. Sebagai referensi mungkin bisa memilih rok berbahan katun yang menawarkan banyak keunggulan. Selain bagus  digunakan pada kesempatan casual, anda juga bisa memakai rok katun untuk acara lain yang lebih formal seperti kuliah ataupun bekerja.

Pengertian Rok

Rok dapat dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis busana penutup tubuh bagian bawah yang dibuat langsung untuk membungkus seluruh atau sebagian kaki menjadi satu dan biasa dikenakan mulai dari pinggang ke bawah melewati panggul sampai batas tertentu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemakainya.

Rok Wanita

Sumber : https://www.zalora.co.id/

Bergantung pada fungsi dan tujuan pemakaiannya, rok yang diciptakan untuk para wanita sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan ukuran. Selain itu bahan yang dipakai untuk membuatnya pun juga berbeda-beda, salah satunya bisa memakai kain katun yang menawarkan banyak keunggulan.

Rok Wanita

Sumber : https://www.etsy.com/

Kelebihan Rok Katun

Dibandingkan dengan rok wanita yang dibuat dari bahan lainnya, rok yang diciptakan dari material katun umumnya juga menawarkan banyak kelebihan. Beberapa kelebihan dari rok katun yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya untuk pelengkap gaya casual maupun formal diantaranya:

1. Bahannya Cukup Kuat

Rok wanita yang dibuat dari kain katun termasuk ke dalam jenis rok yang bagus karena bahannya terbilang awet dan tidak mudah sobek. Dengan karakteristik bahannya yang kuat maka rok wanita yang dihasikan juga jadi lebih awet dan dapat digunakan hingga bertahun-tahun lamanya.

  • Rok katun memiliki jenis kain yang sangat kuat dan tidak mudah sobek.
  • Rok katun juga cenderung tidak mudah luntur ataupun berubah warna (walau ada juga yang luntur).
  • Rok katun bisa awet hingga bertahun-tahun lamanya asal dipakai dan dirawat dengan cara yang tepat.

Rok Wanita

Sumber : https://www.fabianafilippi.com/

2. Tidak Menerawang

Rok yang dibuat dari kain katun cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh sehingga sangat cocok diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan saat bekerja di kantor, kuliah atau sekedar hangout. Penggunaan furing pada rok katun pun sifatnya juga tidak wajib (bisa pakai bisa tidak).

3. Mudah Menyerap Keringat

Rok yang dibuat dari kain katun dikenal adem dan mudah menyerap keringat, sehingga sangat cocok digunakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Selain itu kain katun juga memiliki kemampuan yang baik untuk meminimalisir pertumbuhan bakteri pada tubuh.

Terkait dengan bahan kain yang digunakan untuk membuatnya, secara spesifik bahan katun yang biasa dipakai untuk rok wanita sendiri sebenarnya lumayan banyak. Bahan kain yang dimaksud diantaranya:

  • Kain katun Jepang yang terbuat dari 100% bahan organik tanpa ada campuran bahan sintetis lainya. Kain ini berasal dari Jepang atau dibuat oleh pabrik tekstil yang mendapatkan lisensi resmi dari pemegang hak patennya di Jepang.
  • Kain katun rayon yang diperoleh dari kombinasi serat kapas dan rayon. Kain katun rayon ini secara umum akan terasa lebih adem, lebih nyaman saat dipakai dan dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Kain Katun Toyobo yang bertekstur halus dan lembut. Dibandingkan dengan bahan  katun jepang yang biasa, kain katun toyobo ini umumnya memiliki karakteristik sedikit lebih tebal, lebih jatuh dan cenderung glossy.
  • Kain katun Madina yang mempunyai karakteristik ringan, tidak menerawang dan jatuh. Tidak jauh berbeda dengan bahan katun yang lainnya kain katun madina secara umum juga memiliki daya serap keringat yang baik dan adem ketika digunakan saat cuaca panas.
  • Kain Katun Kenzo yang memiliki serat-serat slub elegan. Dengan memadukan kenyamanan pemakaian dan kemudahan perawatannya kain katun kenzo sangat cocok digunakan sebagai bahan rok formal maupun casual.
  • Kain cotton twill yang memiliki karakteristik berupa motif diagonal pada permukaannya. Sebagai salah satu bahan rok yang berkualitas tinggi kain cotton twill sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai warna dan tingkat ketebalan yang berbeda.

4. Nyaman Dipakai Seharian

Rok katun kebanyakan memiliki model yang longgar dan tidak terlalu ketat pada bagian kaki sehingga sangat nyaman dipakai seharian. Dengan karakteristik bahannya yang juga menyerap keringat rok katun sangat cocok jika dijadikan sebagai item fashion andalan saat hangout maupun travelling.

  • Kain katun diketahui memiliki tampilan yang halus dan lembut kerena diciptakan dari serat alami berupa kapas sehingga lebih nyaman digunakan untuk beraktifitas.
  • Dengan karakteristik bahannya yang halus dan lembut tidak heran jika banyak orang tertarik menggunakan rok katun.

Rok Wanita

Sumber : https://www.pinterest.com/

5. Cocok Untuk Segala Cuaca

Rok katun sangat fleksible dan dapat dipakai dalam kondisi apapun, entah itu saat cuaca panas ataupun dingin karena bahan katun sendiri mampu menghangatkan tubuh saat dingin dan bersifat menyejukkan saat panas.

  • Ketika musim kemarau rok berbahan katun akan melindungi kulit dari panas dan debu serta meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh akibat meningkatnya suhu sekitar.
  • Ketika musim penghujan atau musim dingin datang kain katun bisa dimanfaatkan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

Rok wanita yang dibuat dari kain katun umumnya akan terasa sangat sejuk dan adem saat dipakai cuaca panas karena di dalam kain katun sendiri terdapat rongga yang memungkinkan kulit untuk bernafas dengan sangat mudah sehingga keringat tubuh akan terserap dengan baik.

  • Pori-pori yang ada di dalam bahan kain katun memungkinkan udara keluar masuk dengan baik. Dengan sirkulasi udara yang baik kain katun bisa menjaga kulit agar tetap sejuk.
  • Menggunakan rok katun di musim panas juga dapat mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembab.

6. Tidak Menyebabkan Alergi

Rok katun umumnya memiliki permukaan kain yang halus dan lembut. Karena seratnya halus dan lembut maka rok yang satu ini tidak menimbulkan akan menimbulkan alergi atau reaksi gatal pada kulit bahkan untuk orang yang berkulit sensitif sekalipun karena serat alaminya efektif untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Kain katun memiliki kandungan bahan organik berupa serat kapas sehingga aman untuk kulit sensitif.
  • Kain katun memiliki serat yang halus dan mudah menyerap keringat jadi sangat cocok digunakan untuk mencegah terjadinya alergi kulit.
  • Khusus untuk anda yang memiliki kulit sensitif dan mudah mengalami iritasi menggunakan rok berbahan katun bisa menjadi solusi terbaik.

7. Banyak Pilihan Warnanya

Sebagai bahan pembuatan rok yang berkualitas, kain katun umumnya banyak diciptakan dalam berbagai macam motif dan warna. Maka dari itu rok katun yang dihasilkan secara otomatis juga lebih bervariasi.

  • Rok katun umumnya memiliki banyak warna yang beragam mulai dari warna-warna cerah namun tidak sedikit pula yang dibuat dalam warna gelap.
  • Khusus untuk rok yang dibuat dari kain katun Jepang dan kain katun rayon pilihan motifnya juga lumayan banyak.
  • Banyaknya pilihan motif dan warna rok yang tersedia menjadikan anda lebih bebas untuk mendapatkan pilihan rok yang paling anda sukai.

8. Modelnya Cukup Bervariasi

Rok katun dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan ukuran panjang yang berbeda jadi bisa dengan mudah dipilih sesuai kebutuhan anda. Beberapa jenis model rok yang dimaksud antara lain berupa: 

  • Rok dari pola dasar yang diciptakan tanpa lipit atau kerut seperti halnya pola dasar pada rok.
  • Rok span yang didapat dari pengembangan model rok basic (rok dari pola dasar).
  • Rok span merupakan jenis rok wanita yang bagian sisi bawahnya dimasukkan 2 sampai 5 cm ke dalam sehingga terlihat kecil ke bawah.
  • Rok semi span memiliki ciri yang sangat khas yakni bagian sisinya dibuat lurus ke bawah atau bagian bawah sama besarnya dengan bagian panggul.
  • Rok pias yang diberi nama tergantung jumlah pias atau potongan yang dibuat, misalnya rok pias 3, rok pias 4, rok pias 6 dan seterusnya. Rok pias ini sangat cocok jika dijadikan sebagai rok andalan untuk ke pesta.
  • Rok kerut yang dibuat dengan model kerutan mulai dari batas pinggang atau panggul sehingga bagian bawahnya tampak melebar.

Rok Wanita

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Rok kembang yang bagian bawahnya lebar. Model rok wanita yang satu ini pada dasarnya dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yakni rok kembang bentuk setengah lingkar dan rok kembang bentuk lingkar penuh.

Rok Wanita

Sumber : https://www.uniqlo.com/

  • Rok lipit yang mempunyai garis-garis lurus dari pinggang ke bawah. Bergantung pada arah jatuhnya lipit model rok wanita ini bisa dibedakan lagi menjadi tiga jenis yakni:
    • Rok lipit pipih yang lipitannya dibuat searah seperti rok sekolah murid SD.
    • Rok lipit hadap yang lipitnya dibuat berhadapan sehingga lipatan yang dihasilkan di belakang tepinya saling membelakangi.
    • Rok lipit sungkup yang lipitannya dibuat berlawanan, misalnya lipit yang satu dibuat kekanan maka yang satu lagi dibuat ke kiri.

Rok Wanita

Sumber : https://www.indiamart.com/

  • Rok bertingkat yang dibuat dalam beberapa tingkat ada yang dua tingkat ada yang tiga tingkat. Rok wanita dengan model bertingkat ini umumnya sering dijumpai pada busana muslim.
  • Rok plisket yang memiliki tekstur berlipat-lipat di seluruh bagiannya. Berdasarkan metode pembuatannya, lipatan kecil pada kain seperti halnya yang sering terlihat pada rok plisket sendiri secara garis besar dapat dibuat dengan dua macam cara.
    • Teknik pembuatan lipit pada rok plisket dengan menggunakan mesin otomatis
    • Teknik pembuatan lipit pada rok plisket dengan cara manual menggunakan bantuan setrika dan cairan kimia khusus berupa obat plisket.

Salah satu kelebihan dari rok plisket yaitu dapat memberikan ilusi lebih ramping dan menambah kesan fenimin bagi yang mengenakannya.

Rok Wanita

Sumber : https://shopee.co.id/

9. Mudah Dipadupadankan

Rok katun sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai macam outfit lain yang menarik, mulai dari kaos, blouse wanita, blazer hingga sweater. Tidak hanya menimbulkan kesan feminim tetapi rok katun juga bisa membuat penampilan jadi lebih stylish.

  • Untuk sekedar bersantai di rumah anda bisa memadukan rok pias, rok kerut, rok kembang ataupun rok lipit dengan kaos ataupun sweater.
  • Untuk keperluan kondangan, rok lilit yang dibuat dari kain katun polos dapat dipadukan dengan kebaya kutu baru.
  • Untuk pelengkap gaya formal kenakan rok dari pola dasar, rok span atau rok semi span kemudian tambahkan blouse dan blazer sebagai atasannya.
  • Untuk menghadiri acara pesta anda bisa juga memadupadankan rok pias dengan blouse.

10. Perawatannya Sangat Mudah

Rok katun umumnya cukup mudah untuk dibersihkan dan noda yang menempel pun bisa dengan mudah dihilangkan. Untuk mencuci rok katun sendiri anda bisa menggunakan cara manual yakni dengan kedua tangan ataupun mesin cuci. Meski demikian pencucian dengan kedua tangan lebih dianjurkan.

  • Rok katun yang mudah dibersihkan dan dikeringkan akan memudahkan penggunanya saat melakukan perawatan.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan rok katun bisa dibilang cukup cepat dan tidak memakan waktu lama.

Untuk merawat rok berbahan katun sebaiknya selalu gunakan teknik hand-wash atau mencuci dengan tangan karena cara ini akan memberikan umur lebih panjang pada rok anda. Jemur rok dengan hanger dan jangan memanaskannya secara langsung di bawah terik sinar matahari agar warnanya tetap terjaga.

Berkeinginan untuk membuat rok sendiri tapi masih bingung harus mulai dari mana?. Kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih detail lagi tentang prosedur pembuatan rok maka anda bisa mendownload video tutorial menjahit dari kami.

Video ini menjelaskan cara membuat pola rok, mulai dari cara membuat pola dasar rok kemudian dikembangkan menjadi pola rok lurus, pola rok A, pola rok span dan pola rok setengah lingkaran.

Video ini menjelaskan cara menjahit rok span termasuk penyelesaian bagian belahan belakang, pemasangan risleting, pemasangan ban pinggang serta penyelesaian berupa sum dan pemasangan kancing.

Selain itu anda juga bisa menyimak pembahasan mengenai Cara Praktis Membuat Berbagai Model Rok Untuk Penjahit Pemula pada artikel Fitinline terdahulu.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan rok katun yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilikinya sebagai pelengkap gaya penampilan. Sesuai karakteristik bahannya yang halus, lembut dan mudah menyerap keringat, rok berbahan katun secara umum juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada kain katun.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah tapi masih bingung dimana anda bisa mendapatkannya?. Kalau sahabat Fitinline ingin mencari bahan kain katun atau bahan lainnya untuk membuat produk pelengkap fashion anda tidak perlu bingung lagi karena Fitinline menyediakan banyak pilihan kain yang anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.