Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Mengapa Kain Katun…

10 Alasan Mengapa Kain Katun Poplin Stretch Lebih Unggul Dari Poplin Lainnya

Butuh rekomendasi bahan kain yang halus, lembut, mudah menyerap keringat dan memiliki memiliki kemampuan untuk meregang dengan cukup baik untuk membuat busana sehari-hari?. Untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan berbusana mungkin anda bisa memilih kain katun poplin stretch sebagai bahan utamanya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Katun Polin Stretch

Kain katun poplin strech merupakan salah satu varian kain poplin yang memiliki tingkat kelenturan tinggi dan sifat kainnya cenderung strech / melar. Berdasarkan komposisi penyusunnya, kain katun poplin strech sendiri umumnya banyak dibuat dari campuran cotton (serat katun) dan spandex dengan perbandingan tertentu.

  • Serat cotton / katun yang lebih dominan membuat kain katun poplin strech mempunyai sifat adem di kulit dan cenderung mudah menyerap keringat.
  • Sedangkan serat spandex yang terkandung di dalamnya membuat kain katun poplin strech mempunyai sifat sedikit stretch dan nyaman dipakai.

Kain Katun Poplin Stretch Kain Katun Poplin Stretch

Sumber : https://fitinline.com/

Sementara jika dilihat dari namanya, nama poplin pada bahan kain ini sebenarnya adalah bahasa dagang yang biasa digunakan untuk menyebutkan jenis bahan kain dengan konstruksi 133×72. Artinya adalah dalam 1 inchi kain katun poplin stretch terdapat 133 helai benang lusi dan 72 helai benang pakan.

Keunggulan Kain Katun Polin Stretch

Layaknya bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian kain katun poplin stretch ini sebenarnya juga memiliki banyak keunggulan. Beberapa keunggulan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain katun poplin stretch sebagai bahan pakaian diantaranya:

1. Memiliki Elastisitas Yang Baik

Kain katun poplin stretch memiliki daya elastisitas dan kemampuan untuk meregang dengan sangat baik karena dilengkapi dengan serat spandek untuk menambah fleksibilitas dan kenyamanan kain pada saat digunakan.

  • Kain katun poplin stretch nyaman digunakan untuk pakaian karena lebih fleksibel dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan bentuk tubuh.
  • Dibanding varian poplin lainnya kain poplin stretch inipun terkenal lebih padat.

2. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kain katun poplin stretch termasuk ke dalam jenis bahan unggulan untuk berbagai produk fashion karena memiliki jalinan benang cukup erat, sehingga membuatnya lebih kuat dan lebih tahan lama meski sudah dicuci berkali-kali.

Karakteristik kainnya yang kuat juga dipengaruhi oleh tipe anyaman yang diterapkan dalam pembuatan kain katun poplin stretch. Tipe anyaman yang dimaksud yakni berupa anyaman plat/polos.

  • Anyaman plat sendiri merupakan bentuk anyaman kain yang paling tua dan paling sederhana tapi justru dikenal paling kuat dibanding jenis anyaman lainnya.
  • Pada anyaman plat benang lusi dan juga benang pakan yang menjadi benang penyusun kain diposisikan secara saling menyilang sehingga membentuk garis kotak-kotak.

3. Handfeelnya Halus dan Lembut

Kain katun poplin stretch tergolong ke dalam jenis kain yang memiliki handfeel halus dan lembut. Dengan karakteristik bahannya yang sedemikian lembut, kain ini akan terasa nyaman saat bersentuhan dengan permukaan kulit.

4. Adem dan Bersifat Menyejukkan

Kain katun poplin stretch memiliki karakteristik adem dan bersifat menyejukkan jadi sangat cocok digunakan di daerah yang beriklim tropis dan cenderung panas seperti Indonesia.

5. Memiliki Daya Serap Yang Baik

Kain katun poplin stretch termasuk ke dalam jenis kain yang memiliki daya serap cukup baik dibanding kain poplin PE.

  • Kandungan serat katun yang ada di dalam bahan kain katun poplin stretch membuatnya memiliki permeabilitas atau kemampuan untuk dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Semakin tinggi kandungan serat kapas maka daya serap yang dimilikinya pun semakin kuat.

6. Ringan dan Terkesan Jatuh

Tidak jauh berbeda dengan Kain Poplin Plat, Kain Poplin TC dan Kain Poplin PE, kain katun poplin stretch dapat dikategorikan ke dalam jenis bahan kain yang ringan dan terkesan jatuh. Meski demikian, saat digunakan kain ini tidak akan menempel di kulit dan tidak mencetak lekukan tubuh.

7. Bahannya Tidak Menerawang

Kain katun poplin stretch cenderung tidak menerawang karena memiliki konstruksi benang yang rapat dan lumayan tebal. Dengan begitu saat digunakan sebagai bahan pakaian, kain ini tidak perlu lagi diberi tambahan furing.

8. Bahannya Tidak Berbulu

Kain katun poplin stretch cenderung tidak berbulu sehingga debu, rambut, atau partikel lainnya tidak akan mudah menempel pada bahan yang satu ini.

9. Warnanya Bright dan Tidak Luntur

Kain katun poplin stretch memiliki warna yang bright dan tidak luntur, jadi sekalipun sudah dicuci berulang kali warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik.

10. Cenderung Tidak Mudah Kusut

Kain katun poplin stretch dikenal tidak mudah kusut ataupun berkerut jadi sekalipun digunakan dalam waktu lama tampilan kainnya akan tetap rapi.

Kegunaan Kain Katun Polin Stretch

Terkait dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, kain katun poplin stretch ini sangatlah cocok digunakan untuk berbagai busana pria dan busana wanita yang membutuhkan fleksibilitas cukup tinggi.

1. Busana Pria

Untuk pelengkap gaya penampilan pria kain katun poplin stretch dapat dikreasikan menjadi kemeja dan baju koko. Kemeja pria yang dibuat dari kain katun poplin stretch inipun tidak hanya terbatas pada kemeja yang berpotongan regular tapi juga yang slim fit atau cenderung pas badan.

2. Busana Wanita

Sedangkan untuk pelengkap gaya penampilan wanita kain katun poplin stretch ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan gamis wanita, dress, tunik, rok, celana dan berbagai model blus yang kekinian.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai keunggulan kain katun poplin stretch lengkap dengan contoh produk yang dapat dibuat dari bahan tersebut. Yang pasti dengan adanya campuran katun dan spandex, kain katun poplin stretch ini akan sangat nyaman digunakan karena mewarisi sifat-sifat katun yang adem dan spandex yang stretch.

Butuh bahan kain katun poplin stretch berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana pria dan busana wanita?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun Poplin Stretch (PST) yang kami miliki.

Download juga Pola Baju Pria dan Pola Baju Wanita siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.