Article

Homepage Article Kain 10 Alasan Kamu Harus Memilih…

10 Alasan Kamu Harus Memilih Kain Katun Oxford Chambray Untuk Bajumu

Kain katun oxford chambray dikenal sebagai salah satu bahan kain yang dapat digunakan untuk banyak keperluan. Untuk mengetahui apa saja keunggulan yang dimiliki kain katun oxford chambray ini langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Katun Oxford Chambray

Kain katun oxford chambray termasuk ke dalam jenis kain chambray yang mempunyai tektur rata (oxford) dan terbuat dari 100% serat katun. Seperti halnya bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, kain katun oxford chambray ini pada prinsipnya juga memiliki banyak keunggulan lho.

Kain Katun Oxford Chambray

Sumber : https://fitinline.com/

Keunggulan Kain Katun Oxford Chambray

Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilih kain katun oxford chambray sebagai pelengkap gaya busana sehari-hari diantaranya:

1. Tampilannya Sangat Khas

Kain katun oxford chambray memiliki tampilan yang sangat khas yakni permukaannya terlihat sangat rapi karena dibuat dari penyilangan dua benang hingga membentuk semacam jalinan titik-titik menyerupai pixel dalam resolusi gambar.

2. Bahannya Halus dan Lembut

Kain katun oxford chambray termasuk ke dalam jenis kain yang dibuat dengan teknik plain weave (tabby weave) sehingga teksturnya sangatlah halus dan lembut ketika diraba dengan telapak tangan.

3. Nyaman dan Dingin Saat Dipakai

Kain katun oxford chambray sangat cocok untuk digunakan di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia karena bahannya sangat breathable, nyaman  dan dingin saat dipakai.

4. Mudah Menyerap Keringat

Kain katun oxford chambray cenderung mudah menyerap keringat dan tidak panas saat dipakai karena dibuat dari 100% serat katun yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Kain katun oxford chambray memiliki kerapatan benang yang tinggi sehingga tidak menerawang. Ketika digunakan sebagai bahan pakaian, kain katun oxford chambray inipun tidak membutuhkan furing lagi.

6. Kainnya Awet dan Tahan Lama

Kain katun oxford chambray termasuk ke dalam jenis kain yang kuat dan tahan lama sehingga bisa dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama meski sudah melalui proses wash atau pencucian berulang kali.

7. Bahannya Tergolong Ringan

Kain katun oxford chambray memiliki tampilan yang terkesan jatuh dan ringan tapi tidak sampai bentuk atau lekukan tubuh ketika digunakan sebagai bahan pakaian.

8. Bahannya Tidak Kaku

Kain katun oxford chambray sangat nyaman dipakai untuk membuat busana sehari-hari karena bahannya tidak kaku dan sangat mudah dibentuk bahkan untuk pakaian yang memiliki pola rumit sekalipun.

9. Bahannya Tidak Mudah Kusut

Kain katun oxford chambray terkenal tidak mudah kusut dan senantiasa tampak rapi jadi perawatannya pun tergolong sangat mudah untuk dilakukan.

10. Warnanya Tidak Mudah Pudar

Kain katun oxford chambray memiliki kualitas warna yang sangat baik jadi tidak akan luntur saat dicuci. Bahkan meski sering dijemur di tempat yang terpapar sinar matahari warna kain katun oxford chambray juga tidak mudah pudar.

Pemanfaatan Kain Katun Oxford Chambray

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, kain katun oxford chambray sendiri pada prinsipnya dapat digunakan untuk membuat berbagai model busana pria dan busana wanita yang kekinian. Beberapa contoh busana yang dimaksud antara lain berupa:

1. Kemeja

Kemeja menjadi salah satu jenis busana yang paling banyak dibuat dari kain katun oxford chambray. Tidak hanya terbatas untuk kemeja pria saja tapi kain tersebut juga sangat cocok digunakan untuk membuat kemeja wanita.

Untuk pilihan modelnya mau dibuat dalam bentuk slim fit, regular fit maupun oversized sekalipun kemeja yang dihasilkan pasti akan tampak menarik.

  • Kemeja slim fit merupakan kemeja yang memiliki ukuran cenderung pas badan.
  • Kemeja regular fit merupakan kemeja yang ukuran cenderung longgar alias tidak pas badan.
  • Kemeja oversized merupakan kemeja yang ukurannya sengaja dibuat sngat longgar dan terkesan kebesaran.

Kain Katun Oxford Chambray

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Baju Koko

Selain kemeja ada juga baju koko alias baju takwa yang biasa dikenakan sebagai pelengkap gaya penampilan pria.

Kain Katun Oxford Chambray

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Gamis

Berikutnya kain katun oxford chambray bisa juga dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan gamis yang nyaman dan stylish.

  • Gamis wanita yang dibuat dari kain katun oxford chambray bisa dikreasikan dalam banyak model dan variasi yang berbeda.
  • Sementara untuk pelengkap gaya penampilan pria modelnya justru cenderung lebih simple dan tidak terlalu banyak detail.

4. Blus Wanita

Blus yang memiliki tampilan sangat khas yakni tidak selalu menggunakan kancing penuh pada bagian depan dan model kerahnya pun cenderung lebih beragam juga bisa dibuat dari kain katun oxford chambray.

5. Dress

Untuk anda yang suka memakai busana terusan anda bisa memanfaatkan kain katun oxford chambray sebagai bahan pembuatan dress wanita. Beberapa contoh dress yang dimaksud yakni berupa loose dress, midi dress, a-line dress, tiered dress dan berbagai model dress lainnya.

Kain Katun Oxford Chambray

Sumber : https://www.johnlewis.com/

6. Jumpsuit

Selain dijadikan sebagai bahan dress, kain katun oxford chambray juga sangat cocok dipakai untuk membuat jumpsuit.

  • Jumpsuit sendiri merupakan sejenis busana terusan yang diperoleh dari penggabungan blus dan celana panjang.
  • Desainnya yang lurus dan menyatu mulai dari bagian leher sampai kaki menjadi ciri paling khas yang membedakan jumpsuit dengan model baju lain.

Kain Katun Oxford Chambray

Sumber : https://poshmark.com/

7. Tunik

Dengan karakteristik bahannya yang halus, lembut dan tidak panas saat dipakai, kain katun oxford chambray juga sangat ideal digunakan sebagai bahan pembuatan tunik. Untuk pilihan modelnya tunik yang dibuat dari bahan ini antara lain berupa:

  • Simple tunik yang memilili potongan sederhana dan tidak terlalu banyak detail.
  • Tunik asimertis yang memiliki potongan tak simetris, kebanyakan di bagian bawahnya.
  • Tunik abaya yang diperoleh dari kombinasi antara tunik dan abaya.
  • Tunik ruffle yang dilengkapi dengan detail ruffle yang cantik.
  • Tunik full kancing yang memiliki bukaan dengan banyak kancing di bagian depan.

8. Rok

Untuk pelengkap gaya penampilan yang lebih feminim, jadikan kain katun oxford chambray sebagai bahan pembuatan rok. Mau dipadupadankan dengan blus, kaos, tank top atau busana lainnya rok yang dihasilkan pasti akan memberi kesan stylish pada penampilan anda.

9. Cardigan

Fashion item berikutnya yang juga bisa dibuat dari kain kain katun oxford chambray yakni berupa cardigan. Model cardigan yang dimaksud antara lain berupa:

Long cardigan yang memiliki potongan lebih panjang hingga ke betis bahkan mencapai mata kaki.
Kimono cardigan yang memiliki desain layaknya kimono atau yukata, dimana lengan tangannya dibuat lebar.

10. Rompi

Terakhir ada rompi yang bisa dijadikan sebagai outer saat memakai kaos ataupun blus. Salah satu rompi yang cukup populer yakni berupa rompi vest yang juga dapat dikenakan sebagai pelengkap gaya berhijab.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah keunggulan kain katun oxford chambray lengkap dengan berbagai macam fashion item yang dibuat dari bahan tersebut. Dengan mengetahui banyaknya keunggulan yang dimiliki kain katun oxford chambray semoga anda bisa lebih mudah menemukan bahan kain yang tepat dan sesuai kebutuhan ya.

Ingin membuat kemeja, baju koko, blus dan gamis sendiri dengan pola yang sudah jadi?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola baju siap pakai yang kami miliki.

Kalau anda butuh bahan kain katun oxford chambray berkualitas dengan harga murah untuk membuat berbagai model busana di atas, anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Oxford Chambray (PST) yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.