Article

Homepage Article Kain Tekstil Ciri Khas Kain Corduroy…

Ciri Khas Kain Corduroy Yang Penting Untuk Anda Ketahui

Pernah menjumpai produk pakaian yang dibuat dari kain corduroy?. Kalau sahabat Fitinline memiliki baju, jaket atau celana yang dibuat dari bahan yang memiliki pola garis-garis parallel timbul pada permukaan kainnya bisa jadi pakaian tersebut dibuat dari bahan kain yang bernama corduroy. 

Karakteristik Kain Corduroy

Sumber : https://simple.wikipedia.org/

Bila diamati secara sekilas, permukaan kain corduroy sendiri sebenarnya lebih terlihat seperti dibuat dari sambungan garis parallel “cord” yang dipisahkan oleh sebuah jalur. Jalur yang memisahkan tiap-tiap cord tersebut berperan juga sebagai alas dasar atau base. Tingkat ketebalan garis cord mempengaruhi seberapa besar kehangatan kain.

Karakteristik Kain Corduroy

Sumber : https://www.etsy.com/

Untuk saat ini kain corduroy banyak dibuat dari berbagai jenis serat seperti katun, acrylic, rayon, poliester, dan gabungan dari beberapa jenis serat. Beberapa ada juga yang digabung dengan bahan spandek, sehingga bahannya dapat diregang (stretch) secara vertikal ataupun horizontal.

Karakteristik Kain Corduroy

Sumber : http://sipant.com/

Mungkin pada era 70-an cukup banyak produk pakaian jadi yang dibuat dari bahan kain corduroy, misalnya saja pakaian olahraga dan pakaian kerja bagi kaum pria. Tapi kalau sekarang bahan ini lebih banyak dipakai dalam berbagai keperluan lain termasuk celana, overall, gaun, karpet, sweater, gorden, dan soft furnishing.

Karakteristik Kain Corduroy

Sumber : http://thezoereport.com/

Karakteristik Kain Corduroy

Sumber : http://www.theoutfitrepeater.com/

Meski digunakan untuk fungsi yang berbeda, sifat dan karakteristik corduroy pada prinsipnya belum banyak yang berubah sejak akhir abad ke-18. Salah satu karakteristik dari kain corduroy yang paling khas adalah memiliki tekstur yang tidak kasar, lembut, dan tahan lama. 

Karakteristik Kain Corduroy

Sumber : https://www.ebay.co.uk/

Pakaian yang dibuat dari bahan kain corduroy umumnya juga lumayan nyaman saat dipakai karena tidak terlalu panas. Perawatannya pun terbilang sangat mudah, anda tinggal mencucinya secara teratur seperti saat mencuci pakaian-pakaian sehari-hari. Tapi ingat jangan terlalu sering.

Mencuci pakaian berbahan corduroy terlalu sering, dikhawatirkan akan membuat serat kainnya menjadi cepat rusak dan tidak bisa bertahan lebih lama. Oleh karena itu sebaiknya rawatlah pakaian berbahan corduroy anda dengan sebaik-baiknya ya.

Karakteristik Kain Corduroy

Sumber : http://wheretoget.it/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.