Tunic

Dalam dunia desain fashion maupun desain baju, tunic atau tunik dapat didefinisikan sebagai gaun berpotongan longgar yang didesain untuk menutupi bagian dada, bahu, dan punggung pemakainya. Busana yang diciptakan oleh para desainer dengan ukuran panjang hingga sebatas pinggul atau diatas lutut ini biasanya dibuat dengan atau tanpa lengan dan dilengkapi sebuah tali pada bagian pinggangnya. Berdasarkan cerita yang berkembang, busana ini konon merupakan gaun pendek yang dikenakan sebagai pakaian sehari-hari orang Yunani, Romawi Kuno, hingga kekaisaran Romawi Timur. 

 

Tunic

Sumber : http://www.myfashionlife.com

Pada masa Romawi Kuno, masyarakat yang termasuk kedalam golongan pria muda dan prajurit biasa mengenakan tunic berwarna putih yang didesain dengan panjang sebatas lutut. Sedangkan para bangsawan dan hakim umumnya mengenakan tunic yang panjangnya hingga pergelangan kaki. Sebagai pelengkap ditambahkan pula toga di atas tunic.

Tunic

Sumber : http://pinnedpretty.com

Berbeda dengan gaya berbusana para bangsawan Romawi, rakyat biasa hanya diperbolehkan mengenakan tunik yang dibuat dari kain wol berwarna putih dan tidak diizinkan mengenakan tunik berwarna ungu yang diidentikkan dengan warna kaisar. 

Tunic

Sumber : http://butikqueena.blogspot.com

Pada awalnya tunik yang diciptakan tanpa lengan disebut dengan nama colobium. Karena dianggap terlalu feminim, model tunik kemudian mulai dikembangkan oleh desainer baju kedalam bentuk busana berlengan panjang atau tunic yang panjangnya hingga pergelangan kaki. Julius Caesar biasa mengenakan tunik berlengan panjang yang dilengkapi dengan hiasan di sekitar pinggang. 

Tunic

Sumber : http://www.coco-fashion.com

Model pakaian pria yang terdapat pada masa Romawi kuno, terdiri dari tunik dalam, tunik luar, dan toga. Sementara untuk busana wanita terbagi atas palia, tunik dalam, dan tunik luar yang disebut stola.

Tunic

Sumber : http://pixgood.com

Desain baju dan tampilannya yang elegan menjadikan tunik sebagai busana multi fungsi yang dapat dikenakan pada berbagai acara formal maupun casual. Pada kesempatan resmi, tunik biasanya dikenakan bersama sabuk yang melingkari bagian pinggang pemakainya. Namun saat berada di rumah, tunic dibiarkan  longgar tanpa pengikat. 

Tunic

Sumber : http://www.coco-fashion.com

Pada zaman modern seperti sekarang ini, tunik yang panjangnya hanya seukuran pinggul sering kali dikenakan sebagai blus longgar oleh para wanita untuk kesempatan bersantai.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.