Article

Homepage Article Fashion Design Trend Busana Muslim Yang…

Trend Busana Muslim Yang Bakal Booming Selama Tahun 2023

Tahukah anda bahwa perkembangan trend busana muslim ternyata juga dipengaruhi oleh perkembangan mode dan perkembangan teknologi lho. Untuk tahun 2023 misalnya, selain didominasi oleh model baju yang sudah lama ada terdapat pula inovasi motif yang bakal menghiasai trend busana muslim selama satu tahun kedepan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Busana Muslim

Busana muslim merupakan istilah yang biasa digunakan untuk mendefinisikan busana yang dipakai semua umat Islam baik itu pria (muslim) maupun wanita (muslimah). Tidak jauh beda dengan busana lain yang dikenal dalam dunia mode, setiap tahunnya busana muslim yang dibuat untuk pelengkap penampilan pria dan wanita juga terus mengalami perkembangan.

Trend Busana Muslim 2023

Khusus untuk tahun 2023, trend busana muslim diprediksi akan mengarah pada kombinasi gaya kontemporer dan elegan yang didukung dengan desain yang inovatif. Beberapa trend busana muslim yang dimaksud antara lain berupa:

1. Warna Pastel Yang Lembut

Pertama ada trend penggunaan outfit dalam warna-warna pastel yang lembut dan memberi kesan feminin. Beberapa kelebihan yang dimiliki warna pastel diantaranya:

  • Warna pastel dikenal sebagai warna yang lembut dan feminin, sehingga sangat cocok untuk digunakan oleh perempuan.
  • Warna pastel dapat digabungkan dengan berbagai macam warna lain untuk menciptakan paduan warna yang indah dan menarik.
  • Warna pastel dapat menampilkan kesan yang fresh dan bersih jadi bisa juga digunakan dalam situasi formal  maupun casual.
  • Warna pastel dapat digunakan di segala musim (baik itu musim panas maupun musim dingin) sehingga bisa digunakan sepanjang tahun.

Busana Muslim

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Warna Coklat Yang Netral

Selain warna pastel, warna cokelat juga diprediksi bakal menjadi trend busana muslim untuk tahun 2023. Salah satu alasannya yaitu karena warna cokelat terbilang netral dan mudah dipadupadankan dengan berbagai corak warna lain.

Beberapa kelebihan yang dimiliki warna coklat diantaranya:

  • Warna coklat dapat digunakan untuk menciptakan kesan yang mewah dan eksklusif, sehingga cocok digunakan dalam produk-produk fashion yang berkualitas tinggi.
  • Warna coklat dapat digabungkan dengan berbagai macam warna lain untuk menciptakan paduan warna yang indah dan menarik.
  • Warna coklat dapat digunakan dalam berbagai jenis pakaian, sehingga memberikan fleksibilitas pada pemakainya manakala ingin menggabungkannya dengan aksesoris.
  • Warna coklat dapat menampilkan kesan yang natural dan alami, sehingga cocok digunakan dalam fashion yang mengutamakan kesan alami.

Busana Muslim

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Motif Geometris dan Abstrak

Desain bermotif geometris dan abstrak yang modern bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk anda yang mau tampil beda dalam setiap kesempatan.

  • Motif geometris sendiri merupakan motif yang terdiri dari garis-garis, bidang dan bentuk-bentuk geometris seperti persegi, persegi panjang, lingkaran dan segitiga.
  • Sementara untuk motif abstrak polanya tidak mengikuti bentuk atau rupa yang ada di dunia nyata, melainkan tercipta dari imajinasi atau interpretasi seniman.

4. Pemakaian Aksesoris Yang Unik

Trend berikutnya yang bakal booming yakni pemakaian aksesoris yang unik dan mencolok seperti bros, anting dan kalung.

5. Trend Hijab Motif Printing

Pemakaian hijab yang didesain dengan teknologi tinggi seperti digital printing juga diramalkan bakal meningkat di tahun 2023.

  • Teknologi digital printing sendiri dapat digunakan untuk memberikan variasi motif dan warna pada hijab.
  • Hijab printing memang tidak akan pernah gagal membuat tampilan jauh lebih trendy.
  • Teknologi printing yang diaplikasikan pada hijab inipun bisa membuat tampilannya terlihat lebih modern dan menarik.

Busana Muslim

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Trend Penggunaan Cardigan Rajut

Untuk pelengkap gaya layering anda bisa mengenakan cardigan dari bahan rajut dengan berbagai model busana lain seperti dress yang berpotongan basic seperti inner dress dan maxi dress.

  • Cardigan rajut sangat cocok jika dipadukan dengan dress dengan tampilan bergaya klasik.
  • Cardigan rajut akan semakin menarik jika dibuat dengan berbagai kombinasi warna cerah sehingga tampak playful.

Busana Muslim

Sumber : https://shopee.co.id/

7. Kembalinya Busana Muslim Klasik

Trend busana muslim berikutnya yang juga bakal menghiasi dunia mode Indonesia yaitu berupa model busana klasik muslim seperti baju koko, gamis dan kaftan yang lebih santai dan nyaman.

  • Baju Koko

Baju koko merupakan baju dengan kerah tegak di leher yang dilengkapi dengan sejumlah kancing dibawahnya. Untuk pilihan modelnya beberapa jenis baju koko yang bisa diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan pria antara lain berupa:

  • Baju koko dengan leher berbentuk O atau V yang sangat cocok dikenakan untuk pria yang berleher besar.
  • Baju koko lengan panjang yang cocok dipakai saat beribadah ke masjid atau menghadiri acara keagamaan lainnya.
  • Baju koko lengan pendek yang bisa diandalkan sebagai baju sehari-hari maupun baju kerja.
  • Baju koko panjang yang memiliki panjang hingga ke mata kaki.
  • Baju koko 3/4 dengan panjang hingga ke lutut yang dikenal pula dengan nama Kurta.

Busana Muslim

Sumber : https://www.serbada.com/

  • Gamis

Di antara berbagai model busana yang ada gamis termasuk ke dalam salah satu busana yang masih banyak peminatnya di tahun 2023. Hanya saja gamis yang akan menjadi tren adalah gamis motif atau printing.

  • Dari segi desain cuttingan gamis akan sama saja seperti sebelumnya yaitu berpotongan lurus.
  • Tapi secara detail, gamis yang dilengkapi dengan motif akan lebih banyak diminati para muslimah.

Busana Muslim 

Sumber : https://www.tokopedia.com/

  • Kaftan

Selain gamis ada juga kaftan yang didesain dalam bentuk terusan longgar dan cukup panjang. Dilihat dari desain dasarnya kaftan sendiri umumnya memiliki bentuk kotak tetapi ada pula yang dimodifikasi dengan tambahan draperi maupun kerutan pada bagian pinggang.

Busana Muslim

Sumber : https://www.jd.id/

Butuh bahan kain berkualitas untuk membuat baju koko, gamis maupun kaftan?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Katun, Kain Linen, Kain Poplin yang kami miliki.

Download juga Pola Baju Koko, Pola Gamis dan Pola Kaftan siap pakai dari kami kalau anda ingin membuat busana muslim sendiri dengan pola yang sudah jadi.

8. Kembalinya Model Hijab Klasik

Untuk pelengkap gaya berhijab pilihlah hijab klasik seperti pashmina, hijab segi empat serta hijab syar'i yang menampilkan kesan rapi dan tidak ribet. Trend hijab ini sangat cocok digunakan untuk berbagai acara seperti ke kampus, kerja, meeting, kondangan dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itu dia gambaran singkat mengenai trend busana muslim 2023 bisa coba anda ikuti. Semoga infomasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih busana muslim yang tepat agar penampilan anda sehari-hari tetap modis dan tidak terkesan ketinggalan zaman ya.

Terlepas dari banyaknya trend baru yang terus bermunculan, namun yang paling penting adalah pastikan anda menemukan gaya berbusana yang membuat anda nyaman dan tetap percaya diri saat mengenakannya.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.